Informasi

Hewan Dan Tumbuhan Langka Yang Ada Di Indonesia

Published on

Hewan Dan Tumbuhan Langka Yang Ada Di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. Namun selain itu, Indonesia memiliki berbagai spesies hewan dan tumbuhan langka yang kini terancam punah.

Banyak hewan di Indonesia yang ada sekarang sudah langka dan hampir punah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan dana hilang.

Hewan Dan Tumbuhan Langka Yang Ada Di Indonesia

Mulai dari faktor seleksi alam hingga faktor kesengajaan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Melihat fenomena tersebut, pemerintah juga tidak tinggal diam.

Hewan Dan Tumbuhan Langka Yang Dilindungi Di Indonesia

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kepunahan flora dan fauna di Indonesia. Upaya tersebut meliputi pelestarian dan perlindungan satwa dan tumbuhan langka di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasatwa.

Selain itu, tren jual beli online menjadi salah satu faktor dibalik maraknya perdagangan satwa langka di Indonesia.

Satwa liar yang sering diperdagangkan secara ilegal antara lain trenggiling, hiu, harimau, badak bercula satu, dan kura-kura.

Hewan-hewan ini dijual secara ilegal untuk diambil kulit/bulunya, dagingnya dan bagian tubuh lainnya untuk dijadikan obat tradisional, aksesoris atau makanan.

Hewan Langka Di Indonesia Yang Wajib Dilindungi

Cara mereka melakukannya adalah dengan menyebarkan iklan di website atau media sosial. Setelah calon pembeli merespons, akun tersebut akan dihapus untuk menghilangkan sidik jari.

Meski di Indonesia sendiri, larangan perdagangan satwa langka juga tertuang dalam UU No. 5 tahun 1990

Pengenaan sanksi atau hukuman terhadap mereka yang memperdagangkan satwa langka juga tidak cukup efektif untuk membuat mereka jera.

Melimpahnya flora dan fauna di Indonesia menuntut setiap warga negara untuk ikut serta dalam pelestarian dan perlindungannya dari kepunahan.

Jenis Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Nyaris Punah

Katak kayu mutiara adalah amfibi yang menjadi sangat langka akibat penggundulan hutan sehingga sulit beradaptasi dan populasinya terus menurun.

Hewan endemik dari pulau Jawa ini memiliki kulit berwarna jingga dengan bintik-bintik putih yang membuatnya terlihat seperti mutiara.

Populasi Elang Flores hanya sekitar 100 hingga 240 ekor karena kondisi biologis dan habitat yang semakin menurun.

Kucing jenis ini memiliki bulu berwarna coklat muda dan merah pada bagian kaki dan ekornya serta memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari kucing emas Asia.

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Seperti namanya, jenis penyu ini memiliki leher panjang seperti ular dan hanya bisa ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Satwa ini termasuk dalam kategori satwa langka dan dilindungi, karena populasinya semakin berkurang akibat berkurangnya habitat satwa tersebut.

Tarsius merupakan jenis primata langka yang memiliki ukuran tubuh kecil dengan bulu berwarna coklat dan mata yang besar.

Populasi hewan yang dapat ditemukan di hutan Sulawesi sangat sedikit bahkan terancam punah akibat penebangan liar yang telah mengurangi habitatnya.

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Harus Dilindungi

Seperti namanya, monyet jenis ini berwarna hitam hampir di sekujur tubuh dengan sedikit warna perak di bagian pundak.

Monyet ini biasanya hidup berkelompok sekitar 5 sampai 15 atau bahkan lebih di hutan Sulawesi. Namun karena populasinya yang semakin berkurang, monyet ini masuk dalam daftar hewan yang perlu dilestarikan.

Hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di Sungai Mahakam ini termasuk dalam kategori satwa langka dan dilindungi karena populasinya yang sedikit, hanya tersisa sekitar 50 ekor.

Jalak Bali merupakan burung endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bali. Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, burung ini termasuk dalam kategori satwa yang dilindungi karena populasinya yang semakin berkurang.

Contoh Poster Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan (download)

Kanguru pohon merupakan hewan langka asli Papua dengan ciri khas bulu tubuhnya yang berwarna hitam dan warna kuning pada beberapa bagian tubuhnya.

Jenis kangguru ini juga memiliki ekor berwarna putih dan berat badan sekitar 9 kilogram. Populasi kanguru pohon di Indonesia juga sangat langka, bahkan diperkirakan hanya sekitar 50 ekor saja.

Burung mirip burung hantu ini disebut primata terkecil di dunia karena bobot tubuhnya hanya sekitar 80-140 gram dan panjangnya hanya 12-15 cm.

Populasi satwa langka di Indonesia semakin hari semakin berkurang dan hal tersebut memprihatinkan. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melindungi dan melestarikan satwa langka agar tidak punah.

Perlu Diketahui, Ini 6 Hewan Langka Di Indonesia Yang Bersifat Dilindungi

Suaka margasatwa khusus untuk hewan langka disebut suaka margasatwa, yaitu tempat untuk melindungi, melestarikan, dan mendorong kelangsungan hidup di habitat asli hewan langka yang terancam punah.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan burung cantik yang satu ini bukan? Burung yang berasal dari daerah Papua ini memang terkenal dengan warna bulunya yang indah.

Burung cendrawasih jantan memiliki ekor panjang terkulai dengan bulu berwarna cerah yang dimulai dengan warna kuning. merah, jingga, biru, coklat, dan ungu.

Badak bercula satu atau biasa dikenal dengan badak jawa merupakan satwa langka yang hanya bisa ditemukan di Banten, lebih tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon.

Jenis Fauna Di Malaysia Yang Perlu Diketahui Beserta Gambarnya

Selain itu, maraknya perburuan liar menyebabkan populasi badak bercula satu semakin berbahaya. Spesies badak ini biasanya diburu untuk diambil culanya yang dipercaya dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Kadal terbesar dan tertinggi di dunia ini memiliki panjang tubuh hingga 3 meter. Hewan ini dapat ditemukan di pulau Komodo, Flores, Rinca dan Padar.

Hewan endemik tunggal ini masih berkerabat dekat dengan dinosaurus dan merupakan spesies hewan purba tertua yang masih hidup hingga saat ini.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fosil dinosaurus yang ditemukan di Indonesia yang memiliki kesamaan struktur tubuh dengan komodo.

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Hewan langka yang dilindungi di pulau Kalimantan adalah orangutan. Orangutan terdaftar sebagai satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah karena populasinya menurun dan terancam punah.

Tidak hanya orangutan kalimantan, menurut data IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), orangutan sumatera juga mengalami penurunan populasi.

Sebagai upaya melindungi dan melestarikan populasi orangutan yang semakin menipis dan mengkhawatirkan, pemerintah telah membangun Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah dan Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh.

Anoa merupakan hewan langka asli Sulawesi yang berpenampilan seperti kerbau namun memiliki ukuran tubuh yang kecil. Hewan endemik ini dapat hidup di dataran dan pegunungan, namun populasinya semakin berkurang.

Tentukan Ide Pokok Paragraf 1 3 Pada Bacaan Yg Berjudul “ayo,lestarikan Hewan Dan Tumbuhan Langka

Hal ini disebabkan perburuan anoa yang besar untuk dimakan, meskipun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan mabuk.

Burung yang memiliki jambul 2-4 helai yang menonjol ini dapat ditemukan di Pulau Jawa, tersebar di hutan Gunung Kavi, Gunung Salak dan beberapa gunung lainnya.

Burung ini memiliki bentuk tubuh yang padat dengan garis-garis coklat tua di bagian dada dan garis-garis coklat tua yang tebal di bagian perut, hanya tersisa sekitar 250 ekor saja.

Gajah Sumatera merupakan hewan yang terancam punah dan dilindungi. Hewan besar dengan tinggi sekitar 1,7 hingga 2,6 meter ini mengalami penurunan populasi akibat perburuan gadingnya.

Sindografis: Bunga Bangkai Tumbuhan Langka Yang Terancam Punah

Untuk melindungi keberadaannya, pemerintah melakukan konservasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Sejauh ini, jumlah gajah sumatera hanya sekitar 2.000 ekor.

Indonesia juga memiliki hewan endemik berbulu indah lainnya yaitu burung merak. Tidak hanya di india, burung merak juga bisa ditemukan di Malaysia dan India.

Perburuan yang gencar dari hewan-hewan ini yang menyebabkan jumlahnya semakin berkurang setiap harinya. Salah satu upaya pelestarian populasi satwa langka adalah melalui konservasi burung merak di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Baluran Jawa Timur.

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga dengan segala kekayaan flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Ini Dia Bunga Bunga Langka Yang Ada Di Dunia, Dari Indonesia Ada

Namun dengan kondisi alam Indonesia yang beragam, kita juga harus ikut serta dalam pelestarian satwa dan tumbuhan langka di Indonesia.

Jadi mengapa kita harus melindungi hewan langka dan tumbuhan langka? Padahal kepunahan adalah hal yang wajar dan bisa terjadi secara alami.

Alasan paling masuk akal mengapa kita harus menjaga alam adalah karena setiap makhluk hidup memiliki perannya masing-masing dalam suatu ekosistem.

Misalnya, populasi ular di sawah menurun drastis dalam 10 tahun terakhir akibat perburuan oleh manusia, karena dianggap sebagai hama tanaman. Jika perburuan ular di sawah terus dilakukan, populasi tikus akan meningkat.

Ini 10 Hewan Langka Di Indonesia Yang Dilindungi Dan Terancam Punah

Sementara itu, populasi ular sawah yang menurun juga akan mengancam populasi elang karena ular menjadi makanan elang.

Jika hal ini tidak ditanggapi dengan serius, anak cucu kita tidak akan mengenal hewan dan tumbuhan endemik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Keanekaragaman flora dan fauna Indonesia juga menjadi kebanggaan tersendiri, sehingga lebih dikenal masyarakat dunia dan menjadi tujuan wisata.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kepunahan hewan dan tumbuhan langka di Indonesia disebabkan oleh seleksi alam dan ulah manusia.

Pelestarian Hewan Kelas 4 Sd

Selain itu, perdagangan ilegal satwa langka juga menyebabkan penurunan populasinya. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan satwa langka, antara lain sebagai berikut.

Salah satu cara melestarikan satwa langka adalah dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penangkaran dan perlindungan satwa dari kepunahan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999

Jenis satwa yang termasuk dalam kategori dilindungi merupakan populasi kecil yang mengalami penurunan jumlah yang signifikan dan wilayah persebarannya yang terbatas (endemik).

Jika masyarakat memahami pentingnya menjaga, melindungi dan melestarikan satwa langka, maka ancaman kepunahan satwa langka dapat dihindari dan dicegah.

Tanaman Paling Langka Di Dunia, 2 Ada Di Indonesia

Anda dapat memprioritaskan pendidikan di tempat-tempat di mana hewan dan tumbuhan langka sering diburu di Indonesia, seperti masyarakat di sekitar hutan atau pesisir.

Untuk membantu pemerintah mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan langka, Anda dapat memberikan dukungan moril dan material.

Anda dapat mengikuti kampanye gerakan perlindungan lingkungan atau memberikan bantuan keuangan kepada lembaga pemerintah atau swasta sesuai kemampuan Anda.

Salah satu cara sosialisasi kepada masyarakat juga dapat dilakukan secara tertulis, dengan menggunakan papan larangan atau papan peringatan tentang dampak negatif perburuan satwa dan tumbuhan langka di Indonesia yang menyebabkan kepunahan.

Cara Melindungi Satwa Langka Di Indonesia Agar Tidak Punah

Tulis seruan Anda kepada publik untuk melindungi hewan yang terancam punah. Cara ini dapat membantu upaya pemerintah dan lembaga yang peduli terhadap alam dapat terlaksana dengan baik.

Seperti itu

Gambar hewan dan tumbuhan langka di indonesia, tumbuhan dan hewan langka, poster hewan dan tumbuhan langka, hewan yang langka di indonesia, hewan dan tumbuhan yang langka, hewan dan tumbuhan langka di indonesia, hewan dan tumbuhan langka indonesia, nama hewan dan tumbuhan langka di indonesia, daftar hewan dan tumbuhan langka di indonesia, hewan langka di indonesia, gambar hewan langka yang ada di indonesia, contoh poster hewan dan tumbuhan langka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA