Informasi

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Published on

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta – Ada banyak pantai eksotis dan menawan untuk memanjakan mata Anda. Bagi yang ingin bersantai di Gunungkidul, jangan lewatkan Pantai Pok Tungal di Desa Tepas, Kecamatan Tepas, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebenarnya alasan pantai ini disebut pantai “Poke Tungal” adalah karena ada pohon yang tumbuh di pantai ini, yaitu pohon Duras.

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Tamu atau pengunjung Anda diharapkan untuk ikut menjaga kebersihan pantai dan tidak merusak pepohonan.

Pantai Pok Tunggal Dan Suasana Bukit Panjung Gunungkidul

Struktur pantainya cukup halus dan anginnya tidak terlalu kencang, tenda mudah didirikan dan tidak mudah roboh di pantai ini.

Masyarakat sekitar dan pengelola pantai juga bisa menyediakan tenda kemah, sehingga Anda tidak perlu membawanya dari rumah.

Jika sudut pengambilan foto sudah tepat, maka akan didapatkan foto seperti di bawah ini, seolah-olah ada pohon di tengah gurun pasir dan pantai.

Jika Anda sedang merencanakan Makrab, Pantai Pok Tungal bisa dijadikan sebagai alternatif tempat berkumpul dan mempererat silaturahmi antar sahabat.

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yang Memiliki Pasir Yang Lembut, Yogyakarta

Toko-toko di sekitar pantai memiliki penjual makanan laut kecil yang bisa Anda beli untuk memburu biota laut ini.

Jika Anda menyewa lounge di pantai kecil, tersedia gazebo kecil gratis untuk bersantai atau bersosialisasi.

Di pagi hari sebelum matahari terbit, air pantainya jernih sehingga Anda dapat dengan mudah melihat karang di bawah air.

Untuk mencapai Pantai Pok Tungal dibutuhkan waktu 2 jam dari kota Yogyakarta, sekitar 65-71 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini terletak di Desa Tepas, Kecamatan Tepas, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 3 jam dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Pok Tunggal. Setelah mencapainya, wisatawan menghadapi jalan yang sangat sempit dan berbatu. Setelah melewati jalan yang sangat mengasyikan, mata disuguhi pemandangan alam yang sangat menawan. Hamparan pasir putih dan laut biru menjadi penawar penat setelah menempuh perjalanan yang melelahkan.

Keindahan Pasir Putih Di Pantai Pok Tunggal

Terdapat sebuah pohon yang menjadi icon dari pantai ini. Kehadirannya menambah sentuhan alami yang membuat suasana menyenangkan. Pantai Pok Tungal merupakan salah satu keindahan pantai yang menakjubkan di Gunungkidul. Berada di tempat ini, segala penat dan penat yang Anda rasakan akan langsung sirna sepenuhnya.

Bali hanya memiliki pantai pasir putih. Pantai Pok Tungal memiliki pasir putih bersih dan halus. Pantai ini dikelilingi oleh 2 batu karang besar yang memberikan pemandangan indah dari beberapa tumbuhan hijau. Ombak di Pantai Pok Tungal begitu tenang sehingga traveler bisa bermain air tanpa khawatir.

Jika Anda mengunjungi pantai ini, jangan lewatkan matahari terbenam. Perpaduan warna langit dan laut sangat indah dan menenangkan. Selain bermain air dan menikmati sunset. Traveler bisa menyewa tenda untuk bermalam dan menikmati langit berbintang dengan suara ombak yang menenangkan.

Wisatawan tidak perlu membawa perbekalan karena banyak toko di sekitar pantai. Fasilitas lain di pantai ini juga lengkap. Ada toilet umum, kamar mandi bersih, tempat ibadah, gazebo dan penginapan. Biaya untuk menikmati keindahan Pantai Pok Thungal juga terjangkau. Harganya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan biaya parkir Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat. Jika ingin bermalam menggunakan tenda, harus membayar Rp 10.000 untuk kebersihan.

Peta Wisata Pantai Poktunggal

Saya berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir. Kita semua bisa kembali beraktivitas dan berlibur untuk menenangkan hati. (dt)

JAKARTA – Festival Ulang Tahun Pulau Seribu telah berakhir. Perayaan HUT ke-21 Pulau Tidung pada Sabtu (26/11) berlangsung sangat…

TourismIndonesia.id, Pulau Bidadari, Jakarta – Nama Maulana memang belum banyak dikenal di kawasan event organizer (EO). Namun karena ketekunan dan keuletannya dalam menjalankan bisnis EO-nya…

JAKARTA – Menyambut Hari Jadi Kepulauan Seribu ke-21 yang akan tiba pada Rabu, 9 November 2022, Pemerintah Daerah Kepulauan Seribu menggelar festival seni dan kuliner…

Pantai Pok Tunggal Tiket Masuk Februari 2023, Lokasi

JAKARTA – Menyambut HUT Kepulauan Seribu (HUT) ke-21, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan berbagai kegiatan musik…

Ramadan tahun ini semakin semarak, dimana WisataIndonesia.id dengan bantuan Media PVK Group menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk berbagi kebaikan, momen untuk mendapatkan… Destinasi wisata pantai Yogyakarta tidak ada habisnya. Khususnya di bagian selatan Yogyakarta, Pantai Pok Tungal adalah salah satu pantai terkenal di Yogyakarta. Daya tarik yang menarik dari Pantai Pok Tungal adalah tebing-tebing bebatuan yang berdiri seperti benteng yang melindungi pantai dari hiruk pikuk dunia luar.

Pantai Pok Tungal memiliki panorama yang indah dengan perbukitan karst, pasir putih dan ombak biru yang magis bagi pengunjung. Kita bisa menjelajahi bagian unik dari Pantai Pok Thungal. Misalnya, di sisi timur dan barat Pantai Pok Thungal, pantai ini dikelilingi oleh terumbu karang yang tinggi. Meski Pantai Pok Tungal terbilang baru, namun pantai ini mulai populer sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2012 lalu.

Sebuah pohon durus yang kokoh berdiri di pinggir pantai yang kemudian menjadi ikon wisata Pantai Pun Tungal Gunungkidul. Pohon tunggal (satu pohon) inilah yang menginspirasi nama pantai tersebut sebagai Pok Tungal yang berarti “satu pohon”. Pohon Duras sangat rindang, namun menurut masyarakat setempat, pohon ini konon sangat sulit tumbuh.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Patai Pok Tunggal Gunung Kidul Jogja Terbaru

Jadi begitu pohon tumbuh, kelangsungan hidup mereka sangat dilindungi oleh masyarakat setempat. Kesuburan pohon Duras dianggap sebagai simbol kemakmuran bagi masyarakat setempat. Jadi, jangan coba-coba memanjat pohon karena Anda akan mendapat peringatan keras dari penduduk setempat yang mengawasi.

Tak jauh dari pantai juga terdapat mata air tawar dari sungai di bawahnya. Selain keunikan Pantai Pok Tungal, mata air baru ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat. Pengunjung Pantai Pok Tungal juga bisa melihat keberadaan mata air ini.

Pemandangan pantai Pok Tungal benar-benar menakjubkan. Tips menikmati pemandangan pantai adalah dengan menikmatinya dari bukit ke arah barat. Anda juga bisa menikmati sisi timur tebing. Selain itu, jika beruntung, Anda akan menjumpai beberapa mamalia liar di sekitar pantai. Jika lelah menjelajah, Anda bisa menikmati pantai dengan berenang sepuasnya di bibir pantai. Pasir pantai di sini cukup kasar dan sangat aman untuk berenang.

Sunset di Pantai Pok Tungal di Gunung Kidul banyak dicari oleh para ahli travel. Jika Anda melewatkan momen untuk menikmati sunset di pantai yang satu ini, wajib hukumnya.

Wisata Pantai Pok Tunggal Liburan Bersama Teman Dan Keluarga

Selain itu, kawasan pantai juga cocok untuk berkemah atau hiking. Bermalam di tenda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, menikmati semilir angin malam dengan deburan ombak. Bahkan tersedia persewaan tenda dome dari warga sekitar bagi yang ingin bermalam di pantai Pok Thungal ini.

Cara menuju Pantai Pok Thungal sangat mudah. Pantai Pok Tungal terletak di Kecamatan Tepus. Dibutuhkan sekitar 2,5 jam untuk mencapai tujuan pantai atau surga tersembunyi ini dari pusat kota Yogyakarta. Istilah ini cocok untuk Pantai Pok Tungal di Gunung Kidul. Keunikan pantai ini terletak di balik perbukitan karst yang membentenginya.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai Pok Tungal ini. Mulailah dengan aktivitas yang mudah seperti berenang, berjemur, dan berfoto.

Perjalanan ke Pantai Pok Tungal di Gunung Kidul tidak mahal karena biaya masuk dan parkir relatif murah.

Pantai Pantai Gunung Kidul

Pengelola pantai menjual tiket masuk dengan kisaran harga Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk minibus.

Harga sewa area camping yang harus Anda bayar adalah Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Pantai Pok Tungal relatif mudah diakses dari Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten dan Solo.

Jika Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta, jaraknya sekitar 80 kilometer atau 2 jam dengan sepeda motor atau mobil.

Diindonesiaaja Pantai Pok Tunggal. Perjuangan Menuju Surga Tersembunyi Di Kabupaten Gunung Kidul D.i. Yogyakarta

Singkatnya, jika Anda memulai dari Yogyakarta, rute yang harus Anda tempuh adalah menuju Wonosari kemudian belok ke selatan menuju Tepas.

Setelah melewati gerbang tol dan melihat pertigaan, belok kiri menuju Pantai Pok Thungal.

Selalu ada satu hal unik yang menarik minat pengunjung yaitu sungai bawah tanah di Pantai Pok Tungal.

Menariknya, pantai ini memiliki sungai bawah tanah yang tidak bercampur dengan air laut yang tawar dan asin.

Local Guides Connect

Apalagi kondisi air lautnya yang masih alami, tenang dan bersih, sehingga sangat mendukung kegiatan ini. Namun, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri jika ingin melakukan diving maupun snorkeling.

Saat ini tren yang berkembang adalah mengunggah berbagai foto wisata menarik di media sosial. Media sosial adalah media utama untuk menunjukkan kehadiran Anda.

Nah, jika tujuan wisata Anda adalah mencari foto berkualitas, Anda bisa mengunjungi spot foto menarik di Pantai Pok Tungal.

Ada banyak spot foto yang bisa Anda pilih, di antaranya menaiki tangga, mendaki ke puncak bukit karst, serta sunrise dan sunset terbaik.

Pesona Dan Sensasi Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Jika Anda terlalu malas untuk mendaki bukit karst, berfoto dengan laut dan langit biru sebagai latar belakangnya sungguh menakjubkan.

Pantai Pok Tungal sebenarnya terbuat dari bebatuan karst yang ditumpuk dan ditumpuk. Kehadiran batu-batu karang yang menjulang tinggi seperti benteng pasti akan menarik minat para pecintanya

Seperti pantai lainnya, selalu ada tempat berkemah atau piknik

Pantai di gunung kidul yogyakarta, pantai pok gunung kidul, pok tunggal gunung kidul, pantai pok tunggal, penginapan di pantai pok tunggal, pantai pok tunggal gunung kidul, hotel dekat pantai pok tunggal, pantai pok tunggal yogyakarta, penginapan dekat pantai pok tunggal, pantai gunung kidul yogyakarta, pantai baron gunung kidul yogyakarta, penginapan pantai pok tunggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA