Informasi

Goa Di Jogja Gunung Kidul

Published on

Goa Di Jogja Gunung Kidul – Berlibur beberapa hari dalam setahun tentu bukan masalah dan justru bisa sangat bermanfaat bagi kita agar terhindar dari stres kerja. Kita tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk liburan solo. Pasalnya, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik.

Bagi Anda yang rutin berlibur ke Jogja, pasti tahu tentang Goa Pindul. Kini gua tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Ini menjadi dikenal luas dan menjadi ikon wisata Gunung Kidul (Gunung Kidul).

Goa Di Jogja Gunung Kidul

Wisata Gua Pindul Gunung Kidul akan menawarkan aktivitas yang membutuhkan keberanian yang lumayan, Gua Tubung yang juga menawarkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah saat Anda menyusuri gua di bawahnya. Itu pasti momen yang sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk Gunung Kidul Terbaru

Jika belum tahu letaknya, maka gua ini berada di Desa Gelran 1, Kecamatan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidur, Yogyakarta. Selain itu, goa ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, dan memakan waktu sekitar 2 jam jika berangkat dari Yogyakarta.

Jika Anda berkendara sendiri, maka Anda bisa memulainya dari Yogyakarta dan mengikuti rute yang sama dengan KDS Fun dan Bukit Bintang menuju tempat wisata tersebut. Setelah itu ikuti saja jalan utama hingga melewati Tleseh dan Taman Hutan Raya.

Kemudian temukan pertigaan Gading dan ambil jalan menuju Qonosari. Kemudian tiba di perbatasan kota. Kemudian Anda akan melihat Bundaran Sinoyo dimana Anda bisa mengajak penduduk setempat untuk pergi ke tempat wisata tersebut.

Namun jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Yogyakarta menuju Terminal Kewangan. Kemudian naik bus lagi ke Wonosari dan turun di pertigaan Grogol. Anda kemudian dapat naik ojek ke lokasi.

Goa Pindul, Indahnya Sungai Bawah Tanah Di Yogyakarta

Tentu saja, Anda tidak perlu khawatir tentang tiket. Karena harganya sangat terjangkau dan pas di kantong anda. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang kecuali Anda pergi ke kota untuk membeli oleh-oleh nantinya.

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk kawasan Goa Pindul Gunung Kidul adalah 10.000/orang, sedangkan harga tiket masuk tempat wisata Goa adalah 35.000/orang.

Jadi biaya masuk goa hanya 45.000 cash, tapi harga inipun belum termasuk perlengkapan rafting seperti baju, pelampung. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengikuti kegiatan tersebut, tentunya Anda perlu mengatur sewa dan biaya pemandu.

Anda harus ingat bahwa harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, yang tentunya tergantung dari kebijakan pengelola tempat wisata tersebut. Tentu saja, jangan heran jika Anda datang belakangan, lokasi dan harganya akan berbeda.

Cave Tubing Goa Pindul Kang Haris (gunung Kidul)

Jika Anda ingin bermain Goa Pindul Gunung Kidul sampai puas, Anda perlu mengetahui jam bukanya. Kini objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00 WIB. Karin bisa datang kapanpun kamu butuhkan.

Kalau ditanya fasilitas objek wisata ini memang sangat lengkap, termasuk resto dengan berbagai macam makanan. Ada juga tempat parkir di sebelah pintu masuk utama. Selain itu, ada tempat parkir yang disediakan untuk layanan charter wisata.

Selain itu, ada penginapan untuk satu malam, harganya bervariasi, sekitar 50.000 rupee, dan berbagai layanan pendukung disediakan.

Itu saja yang perlu diketahui tentang wisata menarik di Goa Pindul Gunung Kidul. Semoga bisa menjadi informasi bagi yang benar-benar ingin mengunjungi tempat tersebut. Setelah sukses dengan wisata goa Jomblang yang selama ini menjadi primadona, kini hadir wisata goa yang tak kalah hebatnya di Kabupaten Yogyakarta bernama Gua Tanding Gunungkidul. Jalur Destinasi Caving Gunungkidul semakin menambah referensi dan juga memudahkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengidentifikasi Destinasi Caving Yogyakarta. Keindahan sungai bawah tanah serta keajaiban stalaktit dan stalagmitnya begitu memukau sehingga membuat semua orang terpesona melihatnya.

Bukit Bintang Jogja Tiket & Pesona Memukau Mei 2023

Baru diresmikan pada awal tahun 2016 lalu, objek wisata Gunungkidul ini merupakan replika wisata Gua Pindul dan tergolong menakjubkan. Dibandingkan dengan Gua Pindul Gunungkidul yang sudah terkenal di kalangan wisatawan, pesona yang ditawarkan Gua Tanding tak kalah indahnya. Selain itu, lokasi kedua wisata goa tersebut juga tergolong kawasan dan sungai yang sama, kemungkinan keberadaan wisata ini merupakan wujud otentik yang sesuai dengan keindahan Gua Pindul yang tercermin dari namanya “Taping”. Namun ada perbedaan di antara keduanya, yaitu terowongan sungai bawah tanah Goatantine lebih panjang dan ruang di dalam gua lebih besar.

Setidaknya wisata Gua Tanding menjadi pilihan lain wisata Gunungkidul, karena teman-teman tahu wisata Gua Pindul sangat ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah saat liburan. Mungkin ini bisa menjadi alasan yang kuat bagi pihak pengelola untuk membuka dan mengembangkan objek wisata Gunungkidul ini sebagai alternatif untuk mengharapkan wisatawan dari Gua Pindul dalam jumlah besar. Selain itu, keindahan yang ditawarkan di sana tidak kalah dengan Goa Pindul.

Informasi Kuliner Jogja : Rute, Tempat & Quick Menu Cafe n Resto Sleman Jogja Nganjuk Tourist Information : Harga Tiket, Arah & Lokasi Gunung Songong di Nganjuk Jawa Timur​​

Sejarah Goa Tanding Gunungkidul bermula ketika masyarakat desa Bejiharjo (Harto Tanding) ingin menggali sumur untuk air, namun karena mereka menggali sumur tetapi tidak ada air yang keluar, maka niat Pak Hart adalah untuk menggali sumur yang lebih dalam. , jadi saat linggis digali Sumur, lubang yang ditembusnya ada di perut bumi. Mbah Harto Tanding dan keluarganya datang melintasi gua. Awalnya, tidak ada akses ke gua kecuali dari sumur Pak Harto. Gua ini juga dinamai Goa Tanding karena status gua bawah tanahnya yang lebih besar dari Gua Pindul yang bergengsi. Oleh karena itu, permainan ini dinamai Harto Tanding yang berjasa menemukan objek wisata Gunungkidul. Dahulu gua sangat gelap dan sirkulasi udara sangat sedikit, setelah lubang ventilasi dibuka, masalah ini mudah diatasi.

Gua Braholo Gunungkidul, Pertapaan Yang Kini Jadi Cagar Budaya Nasional

Saat sobat menyusuri sungai bawah tanah Gua Tanding, pengunjung akan melihat deretan stalaktit dan stalagmit aneh yang menggantung di langit-langit gua. Ternyata keberadaan stalagtit dan stalagmit ini masih hidup, sobat bisa buktikan dengan menyorotkan senter ke stalaktit dan stalagmit tersebut, lalu saksikan keindahan gemerlap kristalnya. Lebar goa 4-8m, tinggi goa 4-11m, dan panjang goa 450m, bisa dibayangkan betapa luasnya Goa Tanting Gunungkidul. Perahu karet tersebut dapat menampung 6 orang dan wisatawan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menikmati pemandangan goa yang indah.

Namun goa di Gunungkidul semacam ini merupakan jalan buntu yang tidak ada habisnya, sehingga lalu lintas keluar masuk goa menggunakan pintu yang sama. Hal ini kini menjadi kendala semakin banyaknya antrean wisatawan karena waktu tunggu giliran yang sangat lama, terutama pada akhir pekan dan hari libur dimana wisatawan sangat ramai. Tapi teman-teman jangan khawatir, untuk mengatasi masalah ini, ketua rombongan berangkat khusus dengan rombongan perahu karet, 2-3 perahu sekali jalan.

Jogja Travel Information : Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta Bandung Travel Information : Alamat dan Harga Tiket Wisata Tangkuban Perahu Bandung Goa Tanding Karangmojo

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika lokasi wisata sangat dekat dengan lokasi Goa Pindul, tidak sulit bagi sobat yang sudah berwisata ke Goa Pindul untuk menemukan lokasi objek wisata tersebut. Alamat detailnya ada di Pedukuhan Titleran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Sobat sudah pernah mendengar tentang wisata Gunung Gambal? Mendaki gunung, Anda dapat melihat karpet hijau besar seperti sawah, lembah dan bahkan hiking di Waduk Gajah Mungkur. Jarak dari gunung ke tempat wisata sekitar 21 kilometer atau 40 menit perjalanan dan terdapat peta navigasi untuk membantu taman menemukan tempat wisata.

Goa Jomblang Terletak Di Gunungkidul, Ini Lokasi Dan Pesonanya

Bagaimana dengan rute Gua Tanding? Untuk teman-teman di Yogyakarta, kondisi jalan di sana tergolong bagus dan mulus. Di jalan Wonosari-Jogja, lanjutkan di jalan provinsi sampai bundaran Siyono lewat Bukit Bintang. Sesampainya di sana, sudah banyak papan penunjuk jalan yang siap memandu teman-teman ke tempat-tempat wisata. Jika Anda merasa tempat wisata sulit ditemukan, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Orang Yogyakarta dikenal santun dan memiliki filosofi bahwa orang Yogyakarta memiliki hati yang lembut.

Untuk menikmati keindahan wisata goa di Gunungkidul ini, setiap wisatawan harus merogoh kocek yang tidak sedikit, sekitar Rp. 250.000 Paket wisata Gunungkidul lebih mahal dari tiket masuk Gua Pindul, hanya karena wisatawan tidak akan menyesal menyaksikan keindahan dinding karst yang berkilauan dengan emas yang eksotis. Oh iya, paket wisata sudah termasuk penggunaan perahu Zodiak, guide, refreshments, safety package dan tempat istirahat berupa gazebo.

Sekian artikel tentang sejarah Gua Tanding Gunungkidul, lokasi dan harga tiket, semoga bermanfaat untuk evaluasi destinasi di Gunungkidul. Jika Anda memiliki waktu luang, lihat artikel lain di situs untuk ulasan perjalanan, wisata kuliner, dan akomodasi di berbagai daerah, terima kasih. , Wisata Gua Pindul Jakarta merupakan tempat wisata yang terletak di Yogyakarta, 7 km sebelah selatan Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. 3 jam perjalanan ke tempat ini

Goa sriti gunung kidul, goa pindul gunung kidul, goa pindul gunung kidul yogyakarta, goa di gunung kidul, goa tanding gunung kidul, goa gunung kidul, goa jomblang gunung kidul, wisata goa pindul gunung kidul, wisata goa di gunung kidul, goa grubug gunung kidul, wisata goa gunung kidul, tiket masuk goa pindul gunung kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA