Informasi

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

Published on

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu – You are here Beranda Informasi tempat wisata di Jawa Barat Gunung Tangkuban Perahu, wisata legendaris yang indah di Jawa Barat

Berwisata di pegunungan dengan udara segar dan panorama yang indah memang sesuatu yang sangat menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Wisata alam yang bisa menjadi alternatif adalah Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan gunung berapi aktif di utara Bandung tepatnya di Cikole, Lembang, Jawa Barat, sekitar 20 km dari pusat kota Bandung.

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

Destinasi wisata populer di dalam dan sekitar kawasan Bandung, Gunung Tangkuban Perahu memiliki banyak peminat, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Terlepas dari namanya yang terkenal terkait dengan legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memang merupakan tempat wisata yang sangat indah. Ketinggian Gunung Tangkuban Perahu adalah 2.084 dpl atau sekitar 6.873 kaki. Suhu di gunung ini 17 derajat Celcius pada siang hari dan bisa mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari. Karena suhunya yang dingin, jangan lupa untuk membawa sweater dan jaket saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Update Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu Bandung Per Orang & Kendaraan 2023

Gunung Tangkuban Perahu masih tergolong gunung api aktif yang statusnya masih dipantau oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa tanda gunung ini aktif adalah adanya gas belerang dan sumber air panas yang mengalir di kaki gunung, seperti Ciater. Saat berkunjung ke gunung ini, sangat disarankan untuk membawa masker mulut untuk menghindari bau gas belerang yang menyengat. Destinasi wisata ini juga merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga kekuatan, keindahan, dan udara segarnya.

Berbeda dengan gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu memanjang dan terlihat seperti perahu terbalik. Hamparan perkebunan teh yang luas juga terdapat di lereng bukit yang membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Tangkuban Perahu menawarkan keindahan pegunungan yang indah dengan udara yang segar dan memiliki daya tarik lain berupa 3 kawah belerang tinggi yaitu Kawah Upa, Kawah Ratu dan Kawah Doma. Tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi syuting untuk foto prewedding, iklan dan film.

Kawah Chariot adalah yang terbesar dari tiga kawah paling terkenal di Gunung Tangkuban Perahu. Untuk mencapai kawah ini, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan dari tempat yang akan mengantarkan Anda ke Kawah Ratu. Jalan menuju kawah tidaklah sulit sehingga banyak wisatawan yang datang. Di sini Anda bisa melihat pemandangan yang indah. Tanah di sekitar kawah biasanya berwarna putih dengan bebatuan kekuningan akibat kandungan belerang. Anda juga bisa melihat asap mengepul dari kawah.

Kawah Upas terletak di sebelah Kawah Ratu. Untuk menuju ke sana, Anda harus menyusuri jalan yang terjal dan berpasir. Mungkin karena itulah jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini lebih sedikit dibandingkan Kawah Ratu. Selain itu, Kawah Upa juga lebih kecil dan dangkal. Kawah Doma terletak di dataran yang lebih rendah dari Kawah Rati. Berbeda dengan Kawah Ratu yang hanya boleh dilihat dari jauh dan dibatasi pagar kayu, Kawah Doma bisa dilihat dari dekat. Anda bahkan bisa menguji panas kawah dengan merebus telur di sini.

Sampah Tangkuban Parahu Capai 16 Meter Kubik

Seperti kebanyakan gunung di Indonesia yang cerita rakyatnya diturunkan dari generasi ke generasi, Gunung Tangkuban Perahu memiliki cerita pembentukannya. Kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Dahulu kala hiduplah seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Kecantikan Dayang Subi pun diketahui banyak orang. Dayang Subi tinggal berdua dengan anaknya yang bernama Sangkuriang di padang pasir. Dayang Sumbi sangat menyayangi Sangkuriang dan mereka hidup bahagia bersama anjing kesayangannya Tumang, yang sebenarnya adalah ayah Sangkuriang.

Singkat cerita, Dayang Sumbi memasang syarat untuk Sangkuriang yang ingin menikahi Dayang Sumbi. Pemuda itu harus bisa membuat danau dan perahu dalam semalam. Menjelang pagi, danau dan perahu yang dibuat Sangkuriang hampir selesai. Dayang Subi khawatir dan berdoa agar matahari segera terbit. Doanya terkabul, matahari terbit, dan Sangkuriang belum juga menyelesaikan perahunya. Sankkuriang lalu melempar perahu yang setengah jadi itu ke tengah danau dengan marah. Perahu mendarat terbalik. Perahu inilah yang kemudian disebut Gunung Tangkuban Perahu. Dilihat dari jauh, Gunung Tangkuban Perahu berbentuk perahu terbalik.

Selain ketiga kawah tersebut, ada hal menarik lainnya di Gunung Tangkuban Perahu yaitu pohon Manaras. Pepohonan yang tumbuh subur di sekitar tempat wisata ini memiliki daun berwarna merah dan rasanya mirip dengan daun jambu biji jika dimakan. Menurut warga sekitar, daun pohon ini bisa mengobati diare. Uniknya, mereka juga percaya bahwa halaman ini juga bisa membuat awet muda. Dayang Subi dipercaya selalu memakan daun ini agar tetap cantik dan awet muda. Wisata Bukit Tangkuban Perahu buka setiap hari dari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tiket masuk wisata weekday ini adalah Rp 20.000 untuk turis mancanegara, turis asing Rp 200.000, sedangkan biaya parkir kendaraan Rp 25.000, bus Rp 110.000, dan sepeda motor Rp 12.000. Harga tiket naik menjadi Rp 30.000 untuk tiket akhir pekan, dan Rp 300.000 untuk turis asing, Rp 35.000 untuk parkir, Rp 150.000 untuk bus dan Rp 17.000 untuk sepeda motor. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat musim kemarau.

Fasilitas, Sarana Dan Prasarana

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda memiliki pilihan antara dua rute: Keluar tol Pasteur menuju Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu. Keluar tol Padalarang ke arah Cimahi – belok kiri ke Jalan Kolonel Masturi – pertigaan ke Jalan Raya Lembang, belok kiri – Bukit Tangkuban Perahu. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih rute berikut ini: Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Bukit Tangkuban Perahu. Dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun ke pinggir kawah. dari Bukit Tangkuban Perahu.

PT KSM Wisata Internasional. Artikel ini kami izinkan untuk disebarluaskan karena menyebarkan informasi pariwisata Indonesia JAUH LEBIH PENTING daripada hak cipta. Disini kita bisa menikmati kawah yang indah dan sejuk.

Di balik keindahan Tangkuban Perahu terdapat legenda Sangkuriang yang sangat terkenal. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke sana, cek dulu informasi wisata Tangkuban Perahu Bandung untuk tempat, rute, harga, dan legenda berikut ini!

Gunung Tangkuban Perahu selalu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang jatuh cinta dengan ibunya Dayang Sumbi. Ketika Sangkuriang ingin menikahi ibunya, Dayan Sumbi menetapkan syarat yang mengharuskannya membuat perahu dan danau dalam satu malam.

Mount Tangkuban Perahu, Bandung, Indonesia

Namun, usahanya gagal, sehingga ia menendang perahu. Posisi perahu yang terbalik pada saat terjadi benturan diyakini membentuk gunung Tangkuban Perahu.

Saat Anda mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, Anda akan melihat keindahan kawahnya. Inilah Kawah Ratu, Kawah Upa dan Kawah Doma yang indah. Ketiga kawah ini letaknya berjauhan, jika ingin menjelajahi semuanya pastikan datang pagi-pagi sekali.

Bosan berjalan-jalan di kawasan turis ini? Anda bisa menunggangi kuda yang disewakan oleh penduduk setempat. Harganya hanya Rp 50.000 per naik kuda.

Jika Anda suka bersepeda atau gowes, Anda juga bisa melakukannya di Tangkuban Perahu. Banyak pengendara sepeda datang ke sini, terutama di akhir pekan.

Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Lokasi & Sejarah

Tidak perlu takut lapar saat datang ke sini, karena banyak warung yang menawarkan aneka kuliner. Dilengkapi juga dengan minuman panas untuk dinikmati di hari yang dingin.

Informasi lengkap mengenai tempat wisata di Tangkuban Perahu Bandung, bisa Anda dapatkan terlebih dahulu untuk liburan Anda. Selalu berhati-hati dan ikuti protokol kesehatan! Gunung setinggi 2.084 meter ini terletak sekitar 20 km sebelah utara kota Bandung dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pada siang hari, suhu udara di sekitar gunung bisa mencapai 17 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari suhunya bisa mencapai 2 derajat Celcius.

Hingga saat ini gunung yang terkait dengan legenda Sangkuriang tersebut masih merupakan gunung api aktif yang kondisinya masih dipantau oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu 2023

Selama kurang lebih 20km berkendara dari Bandung, Anda akan disuguhi pemandangan hutan pinus dan kebun teh yang terbentang dari kejauhan.

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu ini bisa Anda masuki saat dibuka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

, jika ingin masuk ke kawasan wisata gunung tangkuban perahu harus membayar retribusi,

Setibanya di sini, pengunjung dilarang mendarat di kawasan kawah, karena gas belerang yang dihasilkannya masih beracun dan berbahaya.

Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu Kembali Dibuka Untuk Wisatawan

Meski tidak seramai Kawah Ratu, Kawah Domas merupakan pengalaman menarik yang hanya bisa Anda dapatkan di sini,

Namun yang tidak boleh Anda lewatkan dari kawasan ini adalah menikmati hamparan kebun teh yang indah termasuk hutan dan lembah dengan pohon matinya.

Destinasi ini letaknya agak masuk ke dalam hutan, sehingga Anda harus berjalan kaki beberapa ratus meter dari kawah Upas.

Jadi sebaiknya Kwah Upas adalah tempat pertama yang Anda kunjungi sebelum pergi ke kawah lain.

Mulai Dibuka Lagi, Pengunjung Gunung Tangkuban Parahu Berangsur Meningkat

Ada juga hutan dengan pepohonan khas pegunungan vulkanik, mulai dari hutan pegunungan, padang rumput, dipterocarp atas, dan hutan pegunungan.

Sebagai permulaan, ada Tahu Susu yang tak kalah enaknya, dan Oncom Raos yang terbuat dari olahan kacang tanah yang difermentasi.

Ada banyak kios yang menjual berbagai souvenir mulai dari

Wisata alam gunung tangkuban perahu, tempat wisata gunung tangkuban perahu, taman wisata tangkuban perahu, objek wisata gunung tangkuban perahu, tiket wisata tangkuban perahu, wisata sekitar tangkuban perahu, wisata ke tangkuban perahu, wisata gunung tangkuban perahu, wisata dekat tangkuban perahu, wisata tangkuban perahu, paket wisata tangkuban perahu, wisata alam tangkuban perahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA