Informasi

Oleh2 Khas Semarang Yg Terkenal

Published on

Oleh2 Khas Semarang Yg Terkenal – Apakah Anda berencana untuk mengunjungi dan menghabiskan liburan Anda di Semarang? Jika iya, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Semarang untuk orang tersayang atau teman di kampung halaman!

Semarang telah menjadi tempat pertemuan berbagai budaya selama ratusan tahun. Banyak peninggalan sejarah berupa bangunan, pemukiman dan makanan. Sebut saja Lumpia Semarang, masakan asal China yang bahan-bahannya mudah ditemukan di Semarang.

Oleh2 Khas Semarang Yg Terkenal

Bagi Anda yang sedang berada atau berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Tengah ini, banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Simak beberapa oleh-oleh khas Semarang berikut ini.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal Dan Murah

Belum ke Semarang kalau belum suka lumpia. Lumpia Semarang benar-benar unik, diolah dengan resep turun temurun, dan enak. Banyak penjaja lumpia legendaris yang bisa ditemui di kota ini, seperti Lumpia Mbak Lien, Lumpia Sik Mee Mee, Lumpia Gang Lombok dan lain-lain.

Lumpia tradisional Semarang terdiri dari rebung (bambu muda). Memiliki cita rasa yang nikmat, dengan tekstur yang renyah di bagian luar dan relatif lembut di bagian dalam. Selain lumpia kering, Anda juga bisa membeli lumpia basah. Perbedaan yang paling mencolok adalah warnanya. Lumpia kering berwarna coklat keemasan dan lumpia basah berwarna putih.

Selain lumpia, makanan populer lainnya di Semarang adalah Bandeng Presto. Ikan bandeng dimasak dalam panci presto dengan suhu tinggi. Alhasil, ikan bandeng ini tidak hanya empuk, tapi juga tulang punggung. Berkat duri lunaknya, ikan bandeng presto ini aman dikonsumsi tanpa takut ditusuk.

Kalau untuk oleh-oleh, ikan bandeng presto biasanya dikemas dalam plastik kedap udara agar awet. Semarang memiliki banyak brand bandeng presto yang terkenal. Bandeng Juwana, Bandeng Bonafide, Bandeng Presto, Rumah Bandeng HJ. Ju dan banyak lainnya. Ada orang yang suka makan bandeng presto langsung, tapi biasanya ikan bandeng ini digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Semarang Kekinian

Wingko adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan serpihan kelapa. Wingko memiliki tekstur yang lembut, berserat dan manis. Wingo Tripp konon berasal dari Tripp, Lamongan, Jawa Timur, namun popularitasnya semakin meningkat setelah dijual di Semarang.

Karena komposisinya, sayap bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. Makanan ini juga sangat tahan lama. Ada banyak produsen berbagai merk Wingco Trip enak di Semarang, beberapa diantaranya adalah Wingco Trip Stamp Kereta Api, Wingco Trip Diariana dan Wingco Trip Ticket Tiga Kelapa Muda.

Tumpi adalah sejenis makanan ringan yang menyerupai potongan kacang. Rasanya enak, teksturnya juga renyah. Tumpi bisa dimakan sebagai camilan seperti kentang goreng atau sebagai lauk nasi. Tak heran jika banyak yang menyebut Tumpi sebagai irisan kacang khas Semarang.

Yang membedakan Tumpi dengan selai kacang lainnya adalah toppingnya. Di sebagian besar tempat lain, kacang rapuh biasanya ditambahkan pada udang, ikan asin, atau kedelai. Tumpi menggunakan kacang hijau sebagai lauk. Camilan kering ini bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Oleh Oleh Khas Semarang Terbaru 2023

Di Indonesia, nama roti ini bisa diartikan sebagai “roti balok”. Ada cerita tersendiri terkait dengan nama ini, karena tekstur rotinya yang keras dan kental dengan warna coklat membuat orang menganggap roti ini sebagai bahan lelucon blokade kereta api. Nama itu sudah menjadi legenda!

Ganj Rail Roti biasanya memiliki rasa kayu manis. Roti ini sangat langka, bahkan di Semarang. Dahulu roti ini banyak dijual di Pasar Johar, namun setelah terjadi kebakaran di pasar, para pedagang memutuskan untuk mengganti stoknya. Roti Rel Ganjel baru mudah ditemukan sebelum upacara Dugderan. Roti ini dibagikan kepada penduduk setempat selama bulan Ramadhan.

Setiap daerah, termasuk Semarang, memiliki batik khasnya masing-masing. Ada bentuk khusus batik Semarangan bernama Lawang Seu, Warak Ngendog, Tugu Muda, Blakok dan Assam.

Ada juga kampung bertema batik di desa Rejomulyo di Semarang Timur, Semarang. Desa yang juga dikenal sebagai Kampoeng Dhadoel ini dibuka pada Oktober 2017. Jadi jika ingin membawa pulang kain batik yang cantik, datanglah ke desa ini. Selain bisa membeli batik, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di Semarang.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Tahu Bakso bukanlah makanan khas kota Semarang. Namun, tahu bakso ala Semarang memiliki ciri khas yang membuatnya terkenal, antara lain rasa yang enak, harga yang murah, dan pilihan yang banyak. Hal lainnya, bakso tahu di Semarang dieja “X” untuk menggantikan “KS” pada bakso yaitu “Baxo Tahu”.

Ibu Pudji adalah penggagas tahubakso. Produk Bu Pudji dijual di banyak tempat di kota Semarang. Apalagi banyak perusahaan sejenis lainnya yang berusaha mengimbangi kepopuleran Bakso Tahu Bu Pudji. Lucunya, Anda bisa membeli tahu bakso berbagai merek di Semarang.

Khas kuliner Semarang yang mulai populer adalah kue mosi atau moachi. Meski bukan kue tradisional Semarang, namun sentuhan lokal yang diberikan pembuat moachi kota ini membuat oleh-oleh khas Semarang ini menjadi istimewa. Moaci sendiri terbuat dari tepung beras ketan dan isian kacang yang lembut dan nikmat. Yang membedakan Moachi Semarang dengan yang lain adalah tahi lalat yang ditaburkan di kulit moasi.

Salah satu produsen Moachi Semarang yang paling terkenal adalah Moachi Mithun. Merek ini telah ada selama 30 tahun. Dahulu, moasi dianggap sebagai jajanan pasar, yang kemudian dimodifikasi hingga memiliki khasiat khusus. Moaci Gemini sangat ramai dikunjungi turis, terutama di musim Lebanon.

Loenpia Semarang, Jejak Kuliner Sejak Abad 19

Kue Spekkoek adalah kue lapis Belanda. Berasal dari Eropa, adonan kemudian dibuat dengan berbagai bahan yang terdapat di Indonesia. Lontong Speckkoek Waiki terkenal di Semarang.

Pada umumnya kue lapis dibuat dengan bentuk persegi dan berukuran sangat besar. Namun yang populer di Semarang adalah pekoek, yang dijual satu paket dengan lantong. Ukurannya relatif kecil dan harganya juga murah. Bahkan kamu bisa melihat pabrik pembuatan oleh-oleh khas Semarang ini lho!

Kue sarang lebah merupakan kue tradisional lama yang sudah ada di Semarang selama berabad-abad. Terkadang orang menyebut kue sarang burung ini karena bentuknya yang tidak beraturan. Bahan dasar kue ini adalah tepung beras, santan, dan rempah-rempah yang unik. Memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang renyah.

Kue sarang lebah juga biasanya ditaburi dengan gula cair atau madu. Rasanya akan lebih enak. Kelembutan kuenya, ditambah dengan gurihnya rasa nasi dan santan, semakin nikmat dengan manisnya gula cair atau gulali. Namun berhati-hatilah saat membawanya pulang, karena jika ditekan, kue sarang lebah kemungkinan besar akan pecah.

Makanan Khas Semarang Wisata Kuliner Maknyus » Ranggawisata

Kopi yang dihasilkan di Semarang mungkin tidak setenar kopi khas Indonesia lainnya seperti kopi Aceh Gayo, Lampung, Bali Kintamani atau Toraja. Namun galur produksi kopi khas Semarang mulai bergema salah satunya karena pariwisata daerah yang semakin maju.

Kopi khas Semarang yang pertama adalah kopi Gunung Kelir yang berasal dari kabupaten Jambu. Anda bisa datang ke tempat minum kopi atau membeli biji dan bubuknya langsung. Ada juga kopi pisang. Tempat tersebut juga telah memantapkan dirinya sebagai Kampoeng Kopi Banaran yang memproduksi dan mengolah kopi lokal serta menarik wisatawan.

Satu lagi makanan khas Semarang yang layak dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Roti Brilian. Berhasil bertahan selama lebih dari 25 tahun, keistimewaan roti ini terletak pada rasanya yang manis namun tidak terlalu menyengat. Selain itu, bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan dan tidak mengandung bahan pengawet.

Brillian Bread telah menghasilkan berbagai varian rasa mulai dari coklat, almond, keju, cappucino dan masih banyak lagi. Anehnya, gerai resmi Roti Brillian ini terlihat seperti kastil. Dari luar, Anda akan mengira itu adalah toko mainan karena bentuk dan warnanya.

Rekomendasi Lumpia Semarang Yang Rasanya Melegenda

Apakah Anda siap untuk mengalami warisan Semarang? Hati-hati, mencari memorabilia khas Semarang dapat membuang waktu perjalanan Anda karena pilihannya beragam. Putuskan apa yang Anda inginkan terlebih dahulu untuk menghemat waktu.

Seorang anak gunung yang selalu suka pergi ke pantai dan bermimpi menemukan pantai sebanyak mungkin di Indonesia. Wisata kuliner dan pecinta kopi seperti Bali Kintamani. Sibuk membaca dan menulis saat tidak menonton sepak bola. Selain itu, kota Semarang juga terkenal dengan cita rasa makanannya yang berbeda. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang untuk berlibur atau sekedar untuk kulineran.

Jika Anda sedang berlibur di Kota Semarang, tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga. Sebenarnya banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang di kota Semarang, namun ada satu oleh-oleh khas kota Semarang yang enak dan wajib kamu coba yaitu Wingko Babat.

Warga Kota Semarang pasti mengenal jajanan yang satu ini, namun masyarakat dari luar Kota Semarang pasti tidak mengenal Wingko Babat. Pasti penasaran banget dengan Wingko Flak ini? Jadi, Wingo Babat adalah sejenis makanan yang terbuat dari kelapa kering, gula halus, tepung ketan putih dan santan. Konon ada yang aneh dalam sejarah Wingo Babat, menurut kisah nyata Wingo Babat berasal dari daerah wisata Kabupaten Lamongan di Jawa Timur.

Oleh Oleh Khas Semarang Dan Harga Nya (wajib Dibawa Pulang)

Sejarah Wingo Babat diyakini berasal dari awal abad ke-20. Ini diprakarsai oleh pendiri generasi pertama Wingo Babat, pria keturunan Tionghoa bernama Lo So Xiang. Lo So Xiang memiliki dua orang anak, yang pertama laki-laki bernama Lo Lan Eng dan yang kedua perempuan bernama Lo Lan Hua. Dan pada tahun 1944, Lo Lan Hwa dan suaminya The Ek Zhong beserta kedua anaknya The Geok Kwie (umur 6) dan The Gwat Kwie (umur 4) pindah ke Kota Semarang karena lingkungan sangat mencekam akibat Perang Dunia II tahun itu. waktu. Akibatnya, kerusuhan pun melanda wilayah Tripa.

Dan setelah pergi ke Kota Semarang, Lo Lan Hwa mengetahuinya

Lumpia khas semarang yang terkenal, toko oleh2 khas semarang, jajanan khas semarang terkenal, oleh2 khas semarang dan harganya, kuliner khas semarang yang terkenal, oleh2 khas makassar yang terkenal, oleh2 khas semarang, oleh2 khas semarang terdekat, oleh oleh khas semarang yang terkenal, oleh2 khas solo yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, oleh2 khas semarang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA