Connect with us

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Informasi

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka – Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna. Jumlah spesies flora dan fauna yang ditemukan peneliti mencapai ribuan.

Menurut situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, jumlah flora atau spesies tumbuhan di Indonesia mencapai sekitar 6.000 spesies. Pohon, semak, rerumputan, bahkan parasitoid dan anggrek merupakan jenis penyebaran terbesar.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Sedangkan fauna di Indonesia memiliki lebih dari 207.100 spesies. Jumlah ini terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Hewan Dan Tumbuhan Langka, Jawaban Soal Tvri 29 September 2020 Halaman All

Di balik kekayaan flora dan fauna yang begitu besar, Indonesia juga memiliki daftar hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi.

Status tumbuhan dan satwa terancam berdasarkan kategori status ditetapkan oleh International Union for Conservation of Nature yang dikutip dari buku 50 Threatened Plants in Indonesia terbitan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ada tiga kategori status kelangkaan menurut IUCN Red List, yaitu Critically Endangered atau CR, Endangered atau EN dan Vulnerable atau VU. Kategori tersebut kembali diturunkan menjadi lima kriteria, yaitu:

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (KLH) mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1 jumlah hewan dan tumbuhan langka di Indonesia. /. 12/2018 Perubahan Kedua atas Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Doc) Kliping Hewan Langka

Secara total, 904 tumbuhan dan satwa langka dilindungi oleh negara, dengan rincian 787 jenis satwa dan 117 jenis tumbuhan. Berikut 5 tumbuhan dan hewan langka di Indonesia yang patut dilestarikan dan dilindungi.

Kantong semar merupakan tumbuhan yang memiliki jumlah spesies terbanyak di Indonesia. 59 spesies Kantong Semar telah dinyatakan sebagai tumbuhan langka dan dilindungi.

Siapa sangka anggrek merupakan tumbuhan yang memiliki jumlah spesies langka terbanyak kedua setelah tumbuhan kantong semar. Dalam daftar yang diterbitkan kementerian, terdapat 28 spesies anggrek yang masuk dalam daftar tumbuhan langka dan dilindungi.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Tumbuhan Rafflesia yang paling terkenal adalah spesies Rafflesia arnoldi. Tak hanya itu, ada 13 spesies tumbuhan Rafflesia yang dinyatakan langka.

Jenis Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Nyaris Punah

Diantaranya Rafflesia Raksasa, Rafflesia Bengkulu, Rafflesia Gadut, Tindawan Biring, Rafflesia Lawang, Rafflesia Walikota, Rafflesia Mulut Kecil, Rafflesia Hadiah, Rafflesia rochuseni, Rafflesia Tuan-Mude, Rafflesia Zollingariana, Rafflesia Rafflesia dan Kemullesia.

Bunga marmer merupakan salah satu tumbuhan langka yang dikenal dengan nama latin Amorphophallus titanum. Jumlah total bunga bangkai di Indonesia bisa dihitung dengan jari. Secara total, hanya ada 25 spesies yang tersebar di beberapa wilayah negara. Ada 8 spesies di Sumatera, 6 di Jawa, 3 di Kalimantan dan 1 di Sulawesi.

Bunga embun tepung atau biasa disebut Anaphylis javanica hanya dapat ditemukan di kawasan Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Rinjani.

Nama latin Harimau Sumatera adalah Panthera tigris sumatra. Dikutip dari World Wide Fund for Nature, populasi harimau sumatera saat ini hanya 400 ekor.

Gratis Desain Contoh Hewan

Burung Cendrawasih terkenal dengan bulunya yang sangat indah. Kutipan dari inventarisasi dan identifikasi populasi Cenderawasih di kawasan lindung CA. Di Waigio barat, sanderwasih merah (Paradisia rubra) diperkirakan memiliki populasi sekitar 279 individu dan sanderwasih gundul (Cicineurus repubblica) memiliki total populasi 68 individu.

Badak bercula satu ini dikenal dengan nama latin Rhinoceros sondaicus. Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon [TNUK] saat ini tercatat 74 ekor. Badak dewasa berjumlah 59 ekor [32 jantan dan 27 betina] dan 15 ekor anak [8 jantan dan 7 betina].

Nama latin elang jawa adalah Nicetus bartelsi. Berdasarkan data statistik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saat ini terdapat sekitar 300-500 ekor Elang Jawa.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Komodo adalah hewan yang sangat terkenal di Indonesia. Karena mereka hanya tinggal di satu pulau yang bernama Pulau Komodo. Nama latinnya adalah Varanus komodoensis. Populasi komodo saat ini lebih dari 3022 ekor. SEA Games: Final SEA Games 2023 Momen lucu kontroversi: Penjaga gawang Thailand berlari dari gawang, hanya untuk meninju pemain internasional U-22 Indonesia. Klik disini!

Cara Untuk Melindungi Hewan Dan Tumbuhan Agar Tidak Cepat Punah Halaman All

Foto pamflet tak bertanggal ini memperlihatkan anak Harima Sumatera yang difoto bersama induknya di Kebun Binatang Wroclaw di Polandia. Di usia dua bulan, Harimu Sumatra mulai belajar tentang dunia luar dan belajar berburu dari ibunya Nuri. (Kebun Binatang Wrocław melalui AP)

, Jakarta – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keanekaragaman hayati yang kaya baik dari segi flora maupun fauna. Padahal, Indonesia memiliki banyak hewan dan tumbuhan langka.

Sebagian besar hewan langka di Indonesia sudah terancam punah. Jumlahnya tidak terlalu besar, sehingga satwa langka ini dilindungi oleh pemerintah.

Baca Juga: Dampak perubahan aturan kuota pemain asing di Ligue 1: Tenaga kerja impor naik 50 persen, peluang pemain lokal berkurang

Lkpd Selamatkan Hewan Dan Tumbuhan Worksheet

Hal itu sebagai upaya menjaga kelestarian satwa dan tumbuhan langka yang ada. Selain itu, agar satwa langka tersebut tidak dapat diperjualbelikan secara terbuka.

Undang-undang tersebut mengatur tentang larangan perdagangan satwa yang dilindungi, serta kepemilikan atau kepemilikan satwa langka yang dilindungi tersebut.

Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Perlindungan Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, Bab V. Perlindungan Jenis Tumbuhan dan Satwa, § 21 par. menyimpan, memelihara, mempertahankan hidup, memelihara, mengangkut, dan memperdagangkan satwa yang dilindungi.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Indonesia memiliki banyak hewan dan tumbuhan langka. Keberadaan hewan dan tumbuhan langka ini sudah pasti dilindungi oleh pemerintah. Apa saja hewan dan tumbuhan langka di Indonesia?

Tanaman Khas Indonesia Yang Tak Ada Di Tempat Lain

Seorang pemandu taman nasional bertemu komodo di Pulau Rinka, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Pulau Rinca yang merupakan inti dari Taman Nasional Komodo. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Video NewsSpotlight Rafael Varane dan 4 pesepakbola ini memenangkan gelar Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama

8 kontrak dan transfer yang telah disetujui untuk musim panas 2023: persaingan ketat dari MU, Liverpool hingga Chelsea

Foto: Pertarungan massal di final SEA Games 2023, malu! Para pemain dan ofisial Thailand menghajar manajer timnas U-22 Indonesia

Docx) Nama Nama Hewan Langka

Foto: Parade Gol Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023, Ramadan Sananta dan Fajr Fatur Rahman Gakor

GAMBAR: Kemarahan Bernardo Silva saat pertahanan Real Madrid di Liga Champions ambruk, Manchester City melaju ke final Indonesia negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman hayati, flora dan fauna. Selain itu, Indonesia memiliki banyak hewan dan tumbuhan langka yang saat ini terancam punah.

Banyak hewan di Indonesia yang keberadaannya sudah langka dan hampir punah. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kepunahan organisme.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Dari faktor seleksi alam hingga faktor kesengajaan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Melihat kejadian tersebut, pemerintah pun tidak tinggal diam.

Daftar Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kepunahan flora dan fauna di Indonesia. Upaya tersebut meliputi pelestarian dan perlindungan satwa dan tumbuhan langka di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasatwa.

Selain itu, tren jual beli online menjadi salah satu faktor dibalik maraknya perdagangan satwa langka di Indonesia.

Satwa liar yang sering diperdagangkan antara lain trenggiling, hiu, harimau, badak bercula satu, dan penyu sisik.

Hewan-hewan ini dijual secara ilegal untuk diambil kulit/bulunya, dagingnya dan bagian tubuh lainnya untuk digunakan dalam pengobatan tradisional, sebagai suplemen atau sebagai makanan.

Anak Cucu Kita Terancam Tak Mengenal Mereka, Berikut 7 Hewan Langka Terancam Punah Yang Mungkin Anda Juga Asing Mendengarnya

Cara mereka melakukan ini adalah dengan menyebarkan iklan di situs atau media sosial. Saat pembeli potensial merespons, mereka menghapus akun untuk menghilangkan jejak digital mereka.

Meski hanya di Indonesia, larangan perdagangan satwa langka juga tercantum dalam UU No. 5 tahun 1990.

Bahkan penjatuhan sanksi atau hukuman bagi pelaku perdagangan satwa langka pun tidak cukup efektif untuk menghentikan mereka.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Melimpahnya flora dan fauna di Indonesia menuntut setiap warga negara untuk ikut serta dalam pelestarian dan perlindungannya dari kepunahan.

Hewan Dan Tumbuhan Langka

Katak mutiara adalah amfibi yang menjadi sangat langka karena penggundulan hutan, yang membuatnya sulit untuk beradaptasi, dan populasinya terus menurun.

Endemik pulau Jawa, hewan ini memiliki kulit berwarna jingga dengan bintik-bintik putih yang membuatnya tampak seperti mutiara.

Akibat kondisi biologis dan habitat yang semakin memburuk, populasi elang Flores hanya berkisar antara 100 hingga 240 ekor.

Kucing jenis ini memiliki bulu berwarna coklat muda dan merah pada bagian kaki dan ekor serta ukuran tubuh yang lebih kecil dari Asian Golden Cat.

Docx) Hewan & Tumbuhan Langka

Seperti namanya, penyu jenis ini memiliki leher panjang seperti ular dan hanya bisa ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Hewan ini tergolong satwa langka dan dilindungi karena populasinya semakin berkurang akibat rendahnya habitat hewan tersebut.

Tarsius adalah spesies primata langka dengan ukuran tubuh kecil dengan bulu coklat dan mata besar.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka

Satwa yang terdapat di hutan Sulawesi memiliki populasi yang sangat rendah dan terancam punah akibat penebangan liar yang telah mengurangi habitatnya.

Hewan Langka Dan Tempat Perlindungannya Di Ind

Seperti namanya, jenis monyet ini berwarna hitam hampir di seluruh tubuh dengan sedikit warna perak di bagian pundak.

Monyet ini biasanya hidup berkelompok 5 sampai 15 atau lebih di hutan Sulawesi. Namun karena populasinya yang semakin menipis, monyet ini masuk dalam daftar hewan yang harus dilindungi.

Hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di Sungai Mahakam ini tergolong satwa langka dan dilindungi karena memiliki populasi yang sangat sedikit, hanya sekitar 50 ekor saja yang hidup disini.

Jalak Bali merupakan burung endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bali. Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, burung ini tergolong satwa yang dilindungi karena populasinya yang semakin berkurang.

Satwa Dan Tumbuhan Langka [sumber Elektronis]

Kanguru pohon merupakan hewan langka asli Papua yang memiliki bulu hitam dan warna kuning pada beberapa bagian tubuhnya.

Kanguru jenis ini juga memiliki ekor berwarna putih dengan berat sekitar 9 kg. Populasi kanguru pohon di Indonesia juga sangat langka, juga diyakini ada disekitarnya

Nama hewan dan tumbuhan langka di indonesia, poster hewan dan tumbuhan langka, nama hewan dan tumbuhan, contoh poster hewan dan tumbuhan langka, contoh hewan dan tumbuhan langka, gambar poster hewan dan tumbuhan langka, poster pelestarian hewan dan tumbuhan langka, gambar hewan dan tumbuhan langka, hewan dan tumbuhan langka, hewan tumbuhan langka, 10 hewan dan tumbuhan langka, jenis hewan dan tumbuhan langka

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top