Informasi

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Published on

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas – Tidak punya cukup uang untuk membeli mobil baru? Anda bisa membeli mobil bekas berkualitas. Berikut tips membeli mobil bekas yang paling aman.

Tips membeli mobil bekas memang tidak semudah yang dibayangkan karena harus melalui proses yang benar. Membeli mobil bekas memiliki banyak keuntungan dibandingkan membeli mobil baru. Salah satunya adalah Anda dapat langsung menggunakannya. Yang terpenting, harga jual mobil bekas jelas lebih murah dan Anda tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu tinggi. Karena setiap tahun ada kemungkinan pajak tahunan akan diturunkan, tergantung berapa harga pajak kendaraan baru yang dimiliki.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Apalagi bagi Anda yang belum banyak menabung, mobil bekas mungkin bisa menjadi pilihan ketimbang membeli mobil baru dengan harga lebih mahal. Tapi apakah benar membeli mobil bekas dalam kondisi seperti ini?

Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas

Perlu diingat bahwa meski bisa menghemat biaya, ada banyak tantangan untuk membeli mobil bekas. Tentu saja, membeli mobil bekas harus penuh kehati-hatian. Terburu-buru untuk membeli dapat mengakibatkan kerugian di masa depan. Apalagi bagi Anda yang masih belum paham cara memilih mobil bekas untuk pemula atau cara mengecek sendiri mesin bekas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Tujuannya bukan untuk tetap aman secara finansial. Berikut ini kami akan memberi tahu Anda apa yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas yang paling aman.

Sebelum memilih mobil bekas untuk dibeli, tips membeli mobil matic atau manual yang pertama adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin dibeli. Sehingga Anda dapat merencanakan skema pembayaran dari awal dan tidak mengganggu keuangan Anda di kemudian hari. Ada dua cara untuk melakukan ini, termasuk:

Tips beli mobil bekas online atau offline dengan kredit, perhatikan berapa bunga yang dikenakan. Pada umumnya membeli mobil bekas memiliki bunga yang lebih tinggi yaitu bisa mencapai 6% dibandingkan dengan mobil baru yang biasanya hanya 3%.

Lima Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bagi Para Ibu Muda

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membayar deposit yang cukup besar atau memilih jangka waktu pembayaran yang cukup lama. Namun, biaya tersebut ditutupi oleh biaya pajak yang stabil setiap tahun dan bahkan dapat menurun tergantung pada tahun produk mobil tersebut dirilis.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan dan tidak menjadi pilihan utama saat membeli mobil bekas secara kredit. Ada alasan bagus mengapa tidak disarankan untuk membeli mobil bekas secara cicilan atau kredit, yaitu biaya bulanan bisa semakin meningkat.

Ada dua cara untuk mengukur keterjangkauan mobil. Pertama, pastikan dana darurat tidak digunakan untuk membeli mobil bekas, dan kedua, pastikan jumlah modal kerja masih dalam kisaran kekayaan bersih 15 sampai 20 persen jika Anda membelinya secara tunai. .

Dana darurat di sini adalah simpanan tunai yang hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat, seperti saat ada PHK atau ada anggota keluarga yang mengalami kecelakaan atau sakit parah.

Awas Rugi, Simak Hal Yang Wajib Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Perhatikan juga cicilan bulanan. Juga, pastikan pembayaran bulanan tidak melebihi 35 persen dari pendapatan bulanan, dan total tunggakan hutang tidak melebihi 50 persen dari total nilai properti.

Kelebihan kredit mobil bekas dapat dilakukan dengan syarat tidak bertransaksi tanpa lembaga keuangan yang bertindak sebagai perpanjangan tangan. Secara umum, ke depan jika pihak yang berwajib tidak mengetahuinya, akan terjadi permasalahan dalam pengurusan dokumen.

Kredit over-the-counter terlihat lebih cepat, namun masih lemah dari segi hukum. Perbuatan ini sebenarnya merupakan perbuatan yang dilarang oleh undang-undang. Mobil hukum kredit ini terikat dengan perjanjian jaminan fidusia dalam UU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia).

Paragraf kedua Pasal 23 UU Fidusia menyatakan bahwa penerima fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan atau menyewakan benda jaminan fidusia yang menjadi obyek jaminan fidusia, yang tidak tunduk pada penyerahan, kecuali dengan izin tertulis terlebih dahulu dari administrator kebangkrutan.

Tips Memilih Dan Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips paling penting untuk membeli mobil bekas secara online adalah dengan melakukan survey di website. Anda dapat melakukan survei tempat dengan pedagang offline. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan mobil bekas yang berkualitas. Sebaliknya, jika hanya mengecek ketersediaan melalui website atau online, besar kemungkinan terjadinya penipuan terkait kondisi mobil. Jadi ada baiknya mengecek ketersediaan mobil yang ada secara online maupun offline.

Pembeli mobil bekas biasanya tidak sabar dan cenderung mencari mobil yang selama ini mereka incar, meski ada baiknya bersabar dan mencari secara menyeluruh. Hal ini agar pembeli mendapatkan mobil bekas yang sehat dan siap pakai. Tidak hanya itu, pembeli juga harus memperhatikan identitas penjual sebelum bertransaksi. Karena ada kemungkinan penipuan, baik uangnya diambil atau kejahatan lainnya.

Jika menurut Anda memang cocok dengan mobil yang Anda incar, sebaiknya jalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi informasi tentang mobil yang Anda cari. Karena ada berbagai mobil yang dijual dengan cara dititipkan ke dealer. Jadi coba cari tahu kenapa mobil ini dijual, kenapa mobil ini dijual dengan titipan. Banyak juga yang nego langsung dengan penjual. Namun, ada baiknya untuk melihat mobil yang Anda cari terlebih dahulu dan kemudian mengajukan penawaran.

Tak hanya penjual, hal yang perlu diperiksa lebih lanjut ada pada bodi dan eksterior mobil. Anda perlu memperhatikan setiap komponen body mobil, apakah masih terlihat dan dapat berfungsi dengan baik. Ingatlah untuk tetap memperhatikan meskipun terlihat tanda-tanda perbaikan atau kualitas cat yang tidak merata. Pastikan semua komponen bodi masih dalam kondisi sempurna. Detail lain yang biasanya terlewatkan adalah pemeriksaan celah bodi dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil.

Tips Membeli Mobil Bekas Dan Memilih Dealer Mobil Bekas Terbaik

Pastikan bagian dalam mobil tidak terlalu banyak mengubah struktur, warna, atau mesin. Selain itu, hindari memilih mobil konversi jika Anda memang ingin menggunakannya untuk mobilitas Anda. Sebaiknya periksa komponen yang baru saja diperbaiki, karena mungkin ada bekas benturan atau goresan yang menandakan kecelakaan.

Buka kap mesin dan coba perhatikan, jika mesin tidak terawat, biasanya masih terlihat sisa-sisa debu. kemudian suara mesin selama 5-10 menit dan buka kap mesin untuk mendengar apakah suara mesin pelan atau teredam. Jika macet, kemungkinan mesin mobil tidak bekerja dengan baik. Anda juga bisa melihatnya dengan mengecek warna asap yang dikeluarkan mobil.

Aki bekerja dengan cara mengalirkan listrik ke komponen-komponen di dalam mobil. Tips membeli mobil bekas secara online atau offline ini adalah untuk memastikan mobil yang ingin dibeli tidak memiliki aki yang jelek. Biasanya ditandai dengan lampu mobil yang tidak seterang biasanya. Bahkan dengan suara klakson yang seolah menghilang.

Suspensi mobil yang bermasalah dapat dilihat dari mobil yang tidak seimbang, atau cenderung Umumnya hal ini dikarenakan mobil sering mengangkat beban berat. Dia juga bisa mengemudikan mobil yang lebih sulit dikendarai dalam kondisi buruk.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Serah Terima Mobil Baru, Kalau Ada Cacat Langsung Minta Ganti Unit

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat Anda menutup bagasi belakang mobil. Ketika Anda mencoba untuk menutupnya, Anda akan melihat mobil suka goyang, hal ini disebabkan karena suspensi mobil yang rusak.

Masalah ban kempes mungkin terlihat sepele, namun jika terlalu sering diabaikan bisa merusak suspensi mobil Anda. Selain itu, disebutkan dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang, terutama saat berkendara melalui jalan berlubang. Jadi, jika Anda menemukan ban mobil yang sudah tidak berfungsi dengan baik, pertimbangkan untuk membeli mobil bekas. Karena setelah itu tentunya butuh tabungan untuk memperbaikinya.

Rem parkir mobil dan semua bagian pengereman di dalam mobil adalah yang paling penting untuk diketahui cara kerjanya. Jika Anda merasa rem mobil Anda tidak terlalu kencang, masalahnya mungkin ada pada bantalan rem yang mulai aus. Nah, tips membeli mobil bekas secara online atau offline kali ini adalah dengan mengecek buku servis dan history perawatan yang pernah atau pernah dilakukan.

Untuk menghindari masalah, gunakan senter dan periksa apakah bantalan rem telah berkurang ketebalannya, tersisa sekitar 1/4. Anda juga harus lebih peka terhadap bantalan rem, jika ada suara memekik saat melakukan pengereman, Anda perlu menggantinya.

Tips Beli Mobil Bekas Via Online Agar Tak Kena Tipu

Kemudian, saat mengecek kondisi mobil, mulailah dengan memeriksa interior mobil. Ada banyak komponen internal yang diuji kinerjanya. Misalnya, AC, sistem audio, dan sakelar lampu. Anda juga harus memastikan semua fitur berfungsi dengan baik, terutama fitur keselamatan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu perhatikan kondisi interior mobil. Coba duduk di kursi depan dan belakang, apakah masih nyaman, cek kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan juga bau di dalam, apakah interiornya bau apek? Jika iya, bisa jadi ini pertanda mobil kebanjiran.

Mesin merupakan bagian penting dari proses pemeriksaan mobil. Pengecekan performa mesin pada mobil bekas memang harus dilakukan secara cermat dan teliti.

Periksa juga secara menyeluruh kebocoran oli di blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, Anda bisa melakukan test drive dimana showroom atau dealer atau tenaga penjualan meminta calon pembeli untuk test drive mobil tersebut.

Agar Tak Salah Pilih, Begini Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Saat test drive, perhatikan baik-baik mulai dari kecepatan kendaraan, bahan bakar, kondisi rem, girboks, hingga kaki atau individual mobil, agar bisa menilai apakah mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak. bukan. Berikut cara mengecek mesin mobil bekas dan apa saja yang harus diperhatikan saat test drive.

Kami menyarankan Anda menanyakan riwayat layanannya sebelum membeli mobil bekas. Karena akan lebih memudahkan Anda jika mobil bekas yang dibeli dirawat dengan baik di bengkel resmi.

Anda juga bisa mengetahui kondisi kendaraan target Anda dengan cara mengecek riwayat servis kendaraan tersebut. Perhatikan juga apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan berkala secara disiplin dan hal ini didokumentasikan dengan baik dalam file service atau booklet.

Jika pada akhirnya Anda menemukan bahwa mobil tersebut rusak karena kecelakaan, banjir, atau perawatan yang tidak tepat, hindari saja.

Perhatikan Odometer Saat Membeli Mobil Bekas

Langkah selanjutnya ketika mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas adalah dengan mengambilnya untuk test drive. Dealer terpercaya biasanya memberikan test drive kepada calon pembeli.

Biasanya Anda bisa

Yang harus diperhatikan saat membeli rumah, yang harus diperhatikan saat membeli rumah second, yang harus diperhatikan saat membeli laptop, yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas, yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas, saat membeli laptop apa yang harus diperhatikan, apa yang harus diperhatikan ketika membeli laptop, apa yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas, yang harus diperhatikan saat membeli macbook second, yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr, yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas, yang harus diperhatikan saat beli mobil bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA