Connect with us

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta Bali

Wisata Bali

Pantai Kuta Bali

Bagian Selatan Bali memang terkenal akan keindahan pantai yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Kuta Bali. Salah satu pantai yang jumlah pengunjungnya selalu dalam kategori banyak, bahkan di hari biasa sekalipun.

Ini sangat wajar mengingat pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah saja, namun fasilitas yang tersedia juga sudah memadai. Bahkan apabila Anda mencari penginapan yang tidak jauh dari pantai, sudah tersedia dengan harga yang beragam.

Lokasi dan Akses Jalan

Pantai Kuta Bali terletak di bagian Selatan dari Kota Denpasar, tepatnya berada di Kabupaten Badung. Lokasinya pantai ini tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai dan dapat ditempuh dengan durasi waktu kurang lebih 30 menit apabila jalanan lancar.

Akses jalan menuju lokasi bisa dibilang mudah dan bisa menggunakan kendaraan apa saja. Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda nantinya akan turun di Central Parkir Kuta, kemudian dilanjutkan menggunakan shuttle bus untuk menuju ke pantai.

Berbeda lagi apabila menyewa motor maupun mobil, tarifnya beragam tergantung dari kendaraan yang dipilih. Umumnya tarif penyewaan motor untuk satu hari adalah Rp100.000,00 – Rp200.000,00. Sedangkan untuk tarif penyewaan mobil berkisar Rp350.000,00 – Rp500.000,00. Jangan datang saat hari besar keagaaman seperti Nyepi, karena pantai ini akan ditutup.

Sejarah Masa Lalu

Sebelum menjadi pantai yang terkenal di penjuru dunia, Kuta Beach pada mulanya hanyalah kampung nelayan biasa. Seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini kemudian berubah menjadi pelabuhan keragaman dari kota maupun negara lain.

Tempat ini kemudian berkembang menjadi lebih besar lagi semenjak kedatangan Mads Lange pada abad ke-19. Mads merupakan salah satu pedagang dari Denmark dan menjadi salah satu orang yang terkenal di keluarga raja Bali pada saat itu.

Pantai Kuta Bali

Foto Instagram: @caionugroz

Melihat potensi Pantai Kuta Bali malam hari yang bagus, Mads menyarankan masyarakat dan pemerintah untuk melengkapi fasilitas dan berbagai kebutuhan lainnya agar dimasa depan nanti pantai ini siap menerima banyak orang. Hal ini kemudian terbukti beberapa tahun dan hingga sekarang pantai ini masih ramai dikunjungi.

Salah satu sejarah yang mungkin terlupakan dari Pantai Kuta Bali adalah dahulunya merupakan habitat dari penyu hijau. Penyu ini merupakan salah hewan yang keberadaannya sudah jarang ditemukan dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Pemerintah kemudian memindahkan habitat penyu ini ke Pantai Tanjung Benoa Bali agar lebih aman dan di sana juga tidak terlalu padat seperti Pantai Kuta Bali. Di sana Anda bisa memberi makan dan sebagainya, tentunya dengan pengawasan pihak pengelola

Kegiatan di Tempat Wisata

1. Menikmati Matahari Terbenam

Ketika berada di pantai, tidak lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan jingga di ufuk. Menjelang sore hari sekitar pukul 5-6 dan apabila cuaca sedang cerah, siluet senja akan hadir sebagai menutup hari sebelum akhirnya berganti malam hari.

Anda bisa bersantai di sekitar pantai atau duduk santai di warung makan yang ada di area pantai. Jangan lupa untuk mengambil foto ketika senja sedang dalam waktu terbaiknya. Gunakan kamera terbaik untuk menghasilkan foto dan momen yang tidak terlupakan.

2. Berselancar

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil, sehingga masih cocok untuk berselancar. Apabila tidak membawa papan selancar, Anda bisa menyewa dari pedagang di sepanjang pantai ini.

Harga penyewaannya beragam tergantung dari besar dan bahan yang digunakan. Umumnya harga sewa untuk papan selancar berkisar Rp150.000,00-Rp250.000,00 dengan durasi waktu 2 jam. Bagi yang ingin belajar juga bisa karena sudah ada pemandu profesional.

3. Mencicipi Makanan dan Minuman

Di sepanjang area pantai ini Anda akan menemukan banyak pedagang kecil maupun besar yang menawarkan aneka makanan serta minuman. Bagi yang ingin mencicipi makanan atau camilan lokal, tidak ada salahnya untuk membelinya dari pedagang tersebut.

4. Mencoba Pijatan Masyarakat Setempat

Apabila Anda sudah dalam kondisi lelah bermain di pantai, maka sudah ada ibu-ibu dari masyarakat setempat yang menawarkan jasa pijatnya. Adapun tarif yang ditawarkan beragam, namun umumnya dimulai dari Rp75.000,00 untuk satu jam.

5. Berenang

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Bali adalah berenang di pinggir pantai bersama dengan teman-teman Anda. Jika ingin lebih seru, Anda bisa melakukan olahraga air seperti bermain voli dan sejenisnya. Namun, perlengkapan seperti ini akan lebih baik untuk membawa sendiri.

Sarana dan Prasarana

Berbicara tentang sarana dan prasarana yang disediakan, bisa dikatakan sudah lengkap. Fasilitas umum di area pantai untuk wisatawan sudah memadai, namun perlu ditingkatkan pada aspek tertentu. Area parkir memang luas, tetapi ketika musim liburan menjadi sangat penuh.

Kebersihan pantai juga perlu dijaga agar tidak kotor mengingat tempat sampah yang disediakan masih kurang, terutama ketika musim liburan tiba. Apabila ingin kuliner, maka bisa keluar dari area pantai dan mengunjungi beberapa tempat yang direkomendasikan, begitu juga dengan penginapan.

Informasi Tiket Masuk dan Operasional

Operasional pantai ini dibuka setiap harinya pada pukul 06:00-18:00 WITA. Pengecualian untuk hari tertentu, pantai ini bisa saja tutup. Adapun untuk harga tiket masuknya tergolong murah dan ada juga biaya parkir kendaraan. Berikut detailnya:

Kategori Harga
Tiket Masuk Rp15.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Masalah Kebersihan Pantai

Kebersihan pantai ini patut diperhatikan oleh pihak pengelola maupun kesadaran wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung selalu mengeluhkan hal yang sama, yaitu penumpukan sampah, utamanya adalah ketika musim liburan tiba.

Tumpukan sampah yang berlebihan ini bisa menjadi penilaian buruk bagi wisatawan mancanegara terhadap kebersihan Pantai Kuta Bali. Padahal pantai ini telah memiliki citra yang sudah dibangun sejak lama dan bisa hilang karena sampah tersebut.

Penginapan Sekitar

1. Maharani Beach Hotel

Lokasi hotel ini tidak jauh dari pantai dan hanya berjarak sekitar 170 meter saja. Fasilitas yang ditawarkan tergolong lengkap dan Anda bisa memilih sesuai dengan budget serta keinginan. Adapun harga yang ditawarkan mulai Rp650.000,00 per malam.

2. Wina Holiday Villa Kuta Bali

Satu lagi penginapan yang tidak boleh dilewatkan adalah Wina Holiday. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 450 meter dari Pantai Kuta Bali. Di area penginapan tersedia kolam renang bersama dan fasilitas menarik lainnya. Harga per malam mulai Rp375.000,00 saja.

3. Amazing Cabin

Penginapan satu ini cocok untuk Anda yang solo traveler. Jarak dari pantai hanya 200 meter dan memiliki harga terjangkau, yaitu sekitar Rp120.000,00 per malam. Hanya saja di sini Anda tidak mendapatkan sarapan dan fasilitasnya masih belum banyak.

4. Grand Istana Rama Hotel

Lokasi penginapan ini masih di sepanjang Jl. Pantai Kuta dan memiliki fasilitas yang sudah memadai. Anda bisa memilih paket sesuai dengan keinginan masing-masing. Harga yang ditawarkan untuk satu malam dimulai dari Rp420.000,00 saja dan bisa bertambah sesuai fasilitas yang diinginkan.

5. Hotel Satriya Cottage

Salah satu penginapan yang menawarkan fasilitas spa hingga jasa tur. Lokasinya juga tidak jauh dari pantai, hanya sekitar 200 meter saja. Adapun penawaran harga terbaiknya adalah Rp450.000,00 untuk satu malam dengan fasilitas tertentu.

Keindahan Pantai Kuta Bali memang tidak terelakkan, terutama ketika sunset tiba. Namun ketika berlibur ke sini, pastikan Anda menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan menjaga citra dari Pantai Kuta.

Continue Reading

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top