Connect with us

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Informasi

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok – Ketika ibu saya kembali dari Lombok 1 bulan yang lalu, dia membawa kotak perhiasan mutiara yang indah dari Lombok. Saat itu, ibu saya dengan bangga memamerkan keberhasilannya membeli beberapa jenis perhiasan mutiara murah tapi cantik dari Lombok. Bayangkan sebuah gelang dengan 3 mutiara air tawar (yang tampaknya asli dan bukan tiruan) yang ibu saya dapatkan seharga 10k.

Sedangkan bros mutiara kecil diambil untuk 12 mil. Sebenarnya, sejauh yang saya tahu, mutiara terbuat dari kerang laut dalam proses yang panjang. Ini bisa bertahan hingga satu tahun dan cangkang hanya bisa menghasilkan 1 mutiara. Lalu bagaimana ibu bisa murah? Karena perjalanan kali ini juga “duduk” di toko perhiasan mutiara dan pasar seni yang juga menawarkan perhiasan mutiara, saya mencoba membandingkan jenis mutiara yang umum di sana.

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Lombok terkenal dengan budidaya mutiara, baik mutiara air tawar maupun mutiara air laut. Mutiara memang salah satu permata kelas atas yang dikatakan dipakai oleh bangsawan Romawi saat menghadiri perjamuan orang-orang paling terkenal di negara itu. Cleopatra yang merupakan ikon kecantikan wanita pada masanya juga menyukai perhiasan jenis ini. Makanya saya juga suka berburu mutiara asli, bagus dan murah tentunya. hehe…

Akram Mutiara Lombok

Sesampainya di Lombok, guide bus kami mengingatkan bahwa selain terkenal dengan mutiaranya, Lombok juga terkenal dengan para pedagangnya, salah satunya adalah teman yang menawarkan perhiasan mutiara. Padahal, perhiasan mutiara yang ditawarkan para penjual ini relatif murah, namun siapa yang tahu keasliannya. Hanya mereka yang tahu.. 😛

Scammers dikenal konstan di pulau ini. Mengapa? Saya selalu bertemu dengan vendor yang sama setiap kali saya mengunjungi tempat wisata yang berbeda. Diketahui para pedagang kaki lima sudah siap mengikuti bus kelompok kami dengan sepeda motor untuk mengambil dagangannya di setiap halte rombongan kami. Di mana pun kami berada, di Lombok Utara-Selatan dan di tempat lain, saya tiba-tiba bertemu dengan pengusaha yang sama di daerah itu. Hehe..mereka di grup yang kadang bikin saya kesal karena terus mencoba dan membeli..hoooooo..

Perhiasan Mutiara seperti dua kata yang tak terpisahkan. Sebuah identitas yang erat kaitannya dengan pulau Lombok. Tidak sah ke Lombok kecuali membawa mutiara sebagai oleh-oleh. Lombok tidak hanya kaya akan keindahan alam, pantai dan karya-karya menakjubkan lainnya. Lombok juga terkenal dengan mutiaranya.

Ada berbagai tempat yang menjual perhiasan mutiara di Pulau Lombok, mulai dari tipe galeri hingga tipe jalanan. Bahkan di depan hotel, di pusat kota Mataram dan di hotel/resort di Pantai Senggigi, banyak sekali orang yang menjual berbagai perhiasan mutiara. Harganya tentu beragam mulai dari mutiara “palsu”, bukan mutiara asli yang harganya sangat murah, hingga mutiara yang bernilai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Itu semua tergantung pada kualitas, serta lokasi penjualan.

Terpesona Kilauan Mutiara Lombok

Kualitas tertinggi, mutiara air laut, mutiara air tawar dan mutiara aspal. Bagi orang-orang di dunia mutiara, sekilas mutiara ini terlihat sama. Namun, jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat perbedaannya.

Ada banyak pusat perdagangan mutiara yang tersebar di sekitar pulau Lombok. Salah satunya adalah Pusat Kerajinan Emas dan Mutiara Sekarbela. Sekarbela adalah sebuah desa sekitar 4 kilometer dari pusat kota Mataram. Terletak di Desa Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Karena sejarahnya, Sekarbela merupakan persawahan yang kemudian menjadi sentra kerajinan emas dan mutiara dengan harga bersaing. Sekarbela telah lama berdiri sebagai pusat pengrajin dan pusat perdagangan emas dan mutiara.

Menurut informasi yang diperoleh, sentra kerajinan mutiara Sekarbela sudah ada sejak lama. Sejak itu dia terkenal. Pada awalnya, para pedagang Sekarbela adalah para pedagang dari Arab. Banyak orang Arab pertama kali datang untuk berdagang, tetapi kemudian menetap di Sekarbela dan menikah dengan penduduk setempat.

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Kunjungan ke Mataram ini bukan yang pertama, sudah dilakukan berkali-kali. Namun, ada satu hal yang membuat saya penasaran dan bertanya. Mengapa setiap kali mereka mengatakan ingin pergi ke Sekarbela, sopir yang mengantar mereka selalu berkata, “Sebaiknya jangan ke Sekarbela, Bu. Lebih baik pergi ke tempat lain, nanti saya tunjukkan. satu-satunya tempat saya akan menjual mutiara yang saya tunjukkan dijamin asli adalah sertifikat.Akhirnya, kami ditemani oleh tempat lain di mana mutiara dijual, yaitu ruang pameran penjualan mutiara, atau sebagai gantinya, galeri .

Cincin Mutiara Air Tawar Rangka Lapisan Rhodium 17

Diperkirakan, harganya terlalu mahal, tidak ramah kantong. Namun, ini terjadi pada saya dua kali. Saya berpikir, “Wow, ini pasti trik sopir mobil sewaan.” Mungkin karena galeri ini bekerja dengan driver. Dengan berat hati, ketika meminta kembali ke Sekarbela, sopir itu menjelaskan: “Di Sekarbela, saya tahu ada perajin. Banyak yang buruk. Mutiara yang dijual bukanlah mutiara asli, melainkan dari cangkang yang berbentuk “seperti mutiara”. BENAR? Bisakah kerang diolah agar terlihat seperti mutiara? Atau ini juga trik dari drivernya? Hehe… Kamu memang lebih pandai menipu sopir sewaan itu untuk mencari tahu tentang Sekarbella. Akhirnya dengan raut wajah yang berubah, sang sopir pun setuju untuk membawanya ke Sekarbela.

Ternyata Pusat Kerajinan Emas dan Mutiara Sekarbela mengacu pada kawasan di sepanjang Jalan Sultan Kaharuddin. Di sepanjang jalan, terdapat deretan kios dan toko yang menjual berbagai jenis perhiasan berhiaskan mutiara. Perhiasannya pun berbeda-beda, ada yang terbuat dari emas kuning, emas putih, perak atau sekadar berlapis emas, bahkan stainless. Tentu saja harganya bervariasi tergantung bahan dasar perhiasan dan jenis mutiaranya. Ada mutiara budidaya laut dan mutiara budidaya air tawar. Desainnya meliputi kalung, cincin, anting-anting, gelang, bros, dan aksesoris lainnya. Yang paling disukai pembeli tentu saja fitur Lombok yang desainnya dipadukan dengan mutiara. Mutiara yang tersedia selain dibedakan dari jenis budidayanya juga tersedia dalam berbagai warna, putih, kuning keemasan, coklat dan hitam. Menurut penjualnya, mutiara air laut yang ditanam di Lombok dikenal dengan sebutan “

Yang terlintas di pikiran adalah Lombok memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan Bali. Lombok bisa saling membantu dalam pariwisata Bali. Namun sayangnya, pengelolaan pariwisata di Lombok masih kurang. Orang bisa belajar banyak dari Bali.

Jika semua pembalap melakukan ini, maka akan mempengaruhi perkembangan Sekarbela. Sementara potensi yang tersimpan dari Sekarbella sangat besar. Seiring berjalannya waktu, reputasi Sekarbella bukan tidak mungkin akan hilang. Apakah ada seseorang yang harus dilindungi? Berkunjung ke Lombok kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Kawasan yang memiliki banyak tempat wisata terkenal ini memiliki berbagai macam oleh-oleh yang unik dan menarik, antara lain kain tenun sasaki, mutiara lombok, baju lombok, madu sumbawa, rumput, jambu mete dan minyak di sumbawa. Selama kunjungan saya ke Lombok pada bulan Oktober 2013, saya berkesempatan mengunjungi tiga tempat yang menjual tiga oleh-oleh utama di Lombok, yaitu sentra tenun lagu di desa Sade, sentra penjualan perhiasan mutiara di Sekarbela dan sentra makanan khas Lombok di Phoenix. Makanan. .

Full Mutiara » Mutiara Tawar » Gelang Full Mutiara Tawar

Mutiara adalah nama Lombok. Dikatakan tidak sah pergi ke Lombok kecuali membawa mutiara. Untuk mendapatkan berbagai perhiasan mutiara di Lombok, kami (saya dan teman-teman) mengunjungi Sekarbela, tempat yang dulunya adalah persawahan yang kemudian menjadi pusat kerajinan emas dan mutiara yang kini banyak dikunjungi wisatawan. Toko perhiasan Sekarbela terletak di jalan Sultan Kaharudin, yang terletak di desa Karang Pule, sekitar 4 kilometer dari kota Mataram.

Harga mutiara yang dijual di toko Sekarbella bervariasi sesuai dengan keasliannya. Makin orisinil makin mahal harganya bisa mencapai puluhan juta. Ada juga yang super murah, tapi imitasi. Dan itu tidak cantik. Siapa yang tidak ingin memiliki mutiara asli dengan kualitas terbaik? Semua orang menginginkan ya, termasuk saya. Tapi ya memang begitu, Anda harus pandai melihat, mengamati dan meneliti untuk melihat perbedaannya.

Desain perhiasan mutiara di sini dipadukan dengan bahan dasar seperti emas kuning, emas putih, perak atau hanya berlapis emas, bahkan ada yang tahan karat. Jenis mutiara sendiri dibedakan dari budidayanya, ada mutiara budidaya laut dan mutiara budidaya air tawar. Karena mutiara ada yang berwarna putih, kuning keemasan, coklat dan ada juga yang berwarna hitam. “Mutiara Laut Selatan” adalah nama mutiara air laut yang tumbuh di Lombok. Selain memiliki tekstur yang berbeda dengan mutiara air tawar, warnanya lebih creamy (emas). Tentu saja, mutiara air laut lebih mahal daripada mutiara air tawar.

Pusat Oleh Oleh Mutiara Lombok

Salah satu daerah penghasil Songket Sasak konon adalah Dusun Bun Mudrak di Desa Sukarara, Lombok Tengah. Tapi kami tidak pergi ke sana, ke desa Sade. Sade merupakan salah satu pemukiman di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade juga kaya akan produk Songket Sasak. Kain yang terdapat di desa ini bermacam-macam, ada yang berupa selendang, pasmina, kain solat, sarung, kain panjang dan bahan sandang.

Kayla Mutiara Lombok

Sebagai pengunjung desa Sade, Anda tidak hanya akan melihat hasil kerajinannya saja, tetapi juga proses pembuatannya. Para penenun perempuan desa ini mudah ditemukan karena biasanya mereka menenun di teras depan rumahnya di antara deretan kain tenun yang dipamerkan. Wisatawan juga bisa mencoba menggunakan alat-alat yang digunakan dalam menenun. Hanya mengambil gambar, atau benar-benar ingin mencoba dengan cacing.

Proses pembuatan baju tidak mudah dan tidak singkat. Proses seperti itu tidak membuat harga kain tenun menjadi murah. Harga kerajinan tenun berkisar dari 300 ribu rubel hingga 4-5 juta rubel. Tergantung pada produk. Saat menghitung harga, sulit untuk membeli, tetapi ketika Anda melihat “keringat” pembeli, hati Anda sakit. Ini adalah tampilan yang berantakan tanpa membeli. Lagi pula, membeli karya mereka seperti membantu melestarikan keberadaan tekstil tradisional Indonesia.

Bepergian ke mana saja, oleh-oleh

Pusat oleh oleh di lombok, pusat oleh oleh mataram lombok, pusat grosir mutiara lombok, pusat mutiara di lombok, pusat penjualan mutiara di lombok, pusat kerajinan mutiara di lombok, pusat oleh-oleh khas lombok, oleh oleh mutiara lombok, pusat oleh oleh sasaku lombok, pusat oleh oleh lombok murah, pusat oleh oleh lombok, pusat mutiara lombok

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top