Connect with us

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Informasi

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur – Sebelum masuk ke daftar tempat wisata di Jawa Timur, mari kita bahas gambaran besar tentang apa yang terjadi di Jawa Timur. Jawa Timur merupakan provinsi tujuan wisata terlengkap di Indonesia. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, gua, dan air terjun. Selain itu, wisatawan yang menyukai taman bermain dapat mengunjungi banyak tempat di kawasan Batu dan Lamongan.

Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki tujuan masing-masing. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 15 destinasi wisata terbaik di Jawa Timur yang selalu diburu wisatawan saat liburan. Berikut ulasan lengkapnya.

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Gunung Bromo adalah tujuan luar negeri yang terkenal di Jawa Timur. Setiap tahun, ribuan turis asing dari Eropa mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur ini terutama saat musim panas. Mereka ingin melihat sendiri keajaiban Gunung Bromo di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam Di Lereng Gunung Argopuro, Situbondo Jatim

Terletak di Probolingo, gunung ini memiliki 3 objek wisata yang tidak bisa ditolak dengan mudah. Yang pertama adalah lautan pasir yang luas. Berjalan dari tempat parkir menuju puncak bukit terasa seperti memasuki gurun pasir. Kedua, remote viewing, yang bisa dilakukan oleh Instagram. Dari kawasan Penanjakan Anda bisa melihat matahari terbit menembus kabut.

Yang ketiga adalah perasaan menunggang kuda di padang pasir. Jika Anda tidak memiliki tenaga untuk bepergian, sewalah kuda di kaki gunung dan kemudian naiki tangga.

Kawah Ijen menjadi simbol lain dari Jawa Timur, ketenarannya tidak kalah dari Bali. Terletak di kawasan Banyuwangi, kawah gunung yang terus mengeluarkan belerang ini menjadi tujuan para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan singkat sambil menikmati pemandangan yang fantastis.

Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang unik adalah aktivitas penambangan belerang. Puluhan orang telah menggali sejak dini hari untuk membawa potongan-potongan batu belerang turun dari gunung ke dasar. Selain itu, Kawah Ejen memiliki api biru, salah satu fenomena alam terbaik di dunia.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Menakjubkan Di Jawa Timur

Di pagi hari, lubang di gunung ini bersinar biru seperti api. Untuk melihat ini, sebaiknya wisatawan berangkat pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari agar matahari tidak menyembunyikan fenomena indah ini.

Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 adalah taman bermain di Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan atraksi unik yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dengan harga tiket masuk yang berbeda-beda, mulai dari Rp30.000 hingga Rp170.000 per orang, tergantung paket yang Anda pilih, Anda bisa merasakan liburan yang seru.

Di Jatim Park 1, Anda bisa bermain hingga puas dengan berbagai atraksi yang disediakan. Selain itu, kamu bisa menikmati dua atraksi seru di Jatim Park 2. Yang pertama adalah Batu Secret Zoo, yang menampung banyak hewan dari dunia yang berbeda, dan yang kedua adalah Museum Hewan, yang memiliki koleksi hewan mati dan diawetkan untuk tujuan pendidikan.

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Buat yang masih penasaran dengan Jatim Park 2, bisa baca review lengkapnya: Jatim Park 2, tamasya keluarga dengan berbagai wahana di Malang

Wisata Alam Malang Ini Punya Pesona Tersembunyi

Jatim Park 3 adalah tujuan wisata baru mereka. Ada beberapa zona di dalamnya: Little Amsterdam, Japanese Village, India, Korea, Forbidden City China, Dino Park, Zombie World dan lain-lain. Selain fotografi, beberapa daerah memiliki atraksi olahraga khusus.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur ini, disarankan untuk datang pada hari biasa. Saat akhir pekan atau hari libur, kawasan ini menjadi ramai, sehingga Anda tidak akan bisa menikmati semua atraksi secara maksimal.

Museum Angkut terletak di Batu yang masih menjadi pusat wisata Jawa Timur. Destinasi wisata di Jawa Timur ini memiliki banyak koleksi kendaraan dari zaman dahulu hingga zaman modern. Aneka sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat kecil dipajang untuk menarik banyak wisatawan.

Selain menyuguhkan koleksi kendaraan yang luas, museum seluas hektar ini juga memiliki bagian bertema. Bagian dari museum ini dirancang agar terlihat seperti kawasan Eropa hingga Hollywood kuno. Terkadang akan ada parade seperti karnaval.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Wisata Alam Setigi Gresik Jawa Timur

Dengan koleksi lebih dari 300 kendaraan, lokasi Museum Angkut sangat cocok untuk berfoto. Setiap hari, ratusan orang berfoto di tempat-tempat menarik atau berfoto selfie bersama teman-temannya.

Jika Bali punya Devil’s Tears, Pacitan punya Claire Beach yang menyemburkan air ke udara. Saat ombak menghantam bebatuan, tetesan air menyembur ke udara, sehingga siapa pun yang berada di dekatnya bisa basah kuyup tanpa harus menyelam ke laut.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Clare dapat menikmati perbukitan karang alami yang diukir oleh air karang dan ombak besar yang selalu menjadi daya tarik. Apalagi alam sekitarnya juga masih alami karena dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Ya, karena Claire Beach berada di Samudera Hindia, ombaknya sangat kuat. Faktanya, pasang surut setiap hari terus berubah, sehingga tidak cocok untuk berenang atau kegiatan laut lainnya.

Tempat Berkemah Di Jawa Timur, Cocok Untuk Liburan Bareng Keluarga

Setelah melewati area pulau utama, kita akan beralih ke area Madura yang menawarkan destinasi menarik. Ada sebuah pulau bernama Gili Labak di daerah Sumenep, yang keindahannya bisa dibandingkan dengan Gili Trawangan di Nusa Tenggara Timur di daerah Lombok.

Gili Labak dapat diakses dengan perahu motor dengan harga sewa Rp 350.000 untuk 15 orang. Setelah melakukan perjalanan melalui kawasan Kalyangate, wisatawan melihat sebuah pulau kecil dengan lautan biru jernih dan pasir putih yang lembut.

Di tempat wisata di Jawa Timur ini, wisatawan dapat menikmati aktivitas menyenangkan seperti berenang di perairan yang tenang, berjalan-jalan di sekitar pulau kecil dan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang. Gili Labak adalah alternatif wisata pulau yang menarik dan damai di Jawa Timur bahkan Indonesia.

Taman Nasional Baluran terletak di dua wilayah perkotaan, Situbondo dan Banyuwangi. Mencakup area seluas 25.000 hektar, kawasan ini terbagi menjadi beberapa area berbeda. Yang pertama adalah daerah pegunungan yang puncak tertingginya adalah Gunung Bouran. Ada juga hutan musim, hutan bakau pesisir dan sabana.

Rekomendasi Wisata Hits Di Pulau Jawa Yang Bikin Jatuh Hati

Atraksi paling menarik dari taman nasional ini terletak di padang sabana yang luas. Saat musim hujan tiba, kawasan tersebut berubah menjadi hijau dengan satwa liar. Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Jawa Timur dapat melihat banteng, kerbau liar, coyote, kijang, kijang, dan macan tutul.

Wisatawan dapat mengunjungi banyak titik pengamatan di Batangan, Becol dengan banyak burung merak, burung pegar dan rusa, Bama dekat pantai, Manting dan Kalitopo untuk menikmati berbagai binatang dan pemandangan.

Candi Penataran terletak di Kecamatan Buruh dan tidak jauh dari gunung Kelud. Dibangun oleh 3 generasi kerajaan, kompleks candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Wisatawan dapat melihat altar utama, bangunan Kuil Naga, dan Kuil Petir di bagian belakang.

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Yang membuat candi Penataran menarik adalah medannya. Anoman Obong, relief yang menggambarkan kehidupan pada masa kerajaan mengandung banyak cerita dan banyak relief yang menggambarkan orang asing. Konon di masa lalu negara-negara kepulauan biasa bekerja sama dengan negara asing seperti Amerika Serikat.

Telaga Sarangan Wisata Alam Di Kaki Gunung Lawu Magetan Jawa Timur

Tidak ada biaya masuk untuk kawasan wisata di Jawa Timur. Wisatawan dapat berdonasi dan mengisi buku tamu. Setiap 4 bulan, pada malam bulan purnama, program artistik diselenggarakan di tengah kuil, yang menarik seniman dari dalam dan luar negeri.

Gua Gong adalah salah satu gua terindah di Asia Tenggara, menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit serta ukiran alam di dalamnya. Wisatawan yang ingin menikmati tempat wisata di Jawa Timur harus membayar biaya sebesar 5.000 rupiah. Juga, karena gua gelap, wisatawan dapat menyewa senter seharga Rs 5.000.

Pengunjung yang memasuki goa dapat melihat berbagai stalagtit dan stalagmit berukuran besar. Dibentuk selama jutaan tahun, beberapa batu diberi nama Jawa seperti Selor Giri, Selo Pakuan Buwono dan Selo Bantara Angin, yang memiliki penampilan lebih menarik dan perasaan magis.

Seperti namanya, suara keras terjadi ketika bagian dari batu di dalam gua terkena. Bunyi yang keras menggema sehingga menyerupai pertunjukan gamelan. Tak heran jika kawasan gua besar ini pernah dijadikan tempat konser 4 negara.

Tempat Wisata Di Kabupaten Jember Jawa Timur

Hal yang paling menarik dari mengunjungi Pantai Sukamade adalah perjalanannya yang cukup menantang. Wisatawan harus berjalan melewati hutan selama 3-4 jam di jalan berbatu sebelum mencapai area mess. Setelah sampai di hotel, wisatawan bersantai sejenak sebelum menjelajah di malam hari.

Berbeda dengan pantai lain yang bisa dinikmati di pagi atau sore hari, mengunjungi pantai ini pada malam hari lebih menarik. Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Jawa Timur seringkali dibawa untuk mencari penyu yang sedang bertelur di pasir. Jadi wisatawan harus datang pada malam hari dan mengikuti perintah penjaga atau pengawas.

Para jagawana melarang siapa pun untuk membawa lampu atau lampion saat memandu para wisatawan. Lingkungan yang redup sangat penting untuk penjelajahan ini, karena kura-kura mudah stres dan takut cahaya. Jika suara atau cahaya terlalu terang, mereka berhenti bertelur dan kembali ke laut.

Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur

Air terjun Koban Rondo menjadi daya tarik utama di Batu beserta berbagai taman bermainnya. Terletak di lereng pegunungan, air terjun ini menawarkan 3 atraksi bagi para pengunjung. Pertama tentu saja aliran air dari atas bukit yang memberikan efek embun segar meski di hari yang panas.

Tempat Wisata Menarik Di Tulungagung

Lain adalah pemandangan yang menarik. Terletak di kaki perbukitan, kawasan ini dipenuhi dengan hutan lebat. Hewan liar seperti monyet terkadang turun di pagi atau sore hari

Tempat wisata alam jawa timur, wisata alam di jawa timur, tempat wisata alam di jawa tengah, tempat wisata alam di jawa, tempat wisata di malang jawa timur, tempat wisata di ngawi jawa timur, tempat wisata paling bagus di jawa timur, tempat wisata di jawa timur, tempat wisata di jember jawa timur, tempat wisata di jawa timur yang terkenal, tempat wisata yang bagus di jawa timur, tempat wisata di kediri jawa timur

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top