Connect with us

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Informasi

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia – Indonesia memiliki beragam hewan unik, namun beberapa di antaranya langka Apa saja hewan langka di Indonesia yang terancam punah? Dengan luas 735.400 mil persegi dan terletak di antara dua benua besar, Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman flora dan fauna yang luas, baik dengan karakter Asia, Australia, maupun transisi.

Namun sayangnya, di antara ribuan jenis tumbuhan dan satwa yang hidup di wilayah Indonesia, ada sekitar 294 jenis tumbuhan dan satwa Indonesia yang masuk dalam daftar spesies langka (langka) dan perlu dilindungi. Itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1999 tentang “Spesies Flora dan Fauna yang Dilindungi”.

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan sekitar 30 spesies satwa langka yang telah memasuki kawasan kritis dan banyak upaya yang harus dilakukan untuk melestarikannya. Sebenarnya, istilah spesies langka tidak dikenal di dunia konservasi, tetapi disebut “spesies yang terancam punah”. Istilah ini biasa digunakan oleh berbagai lembaga atau organisasi konservasi internasional seperti IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Hewan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah Dan Wajib Dilindungi

Bekerja sama dengan berbagai negara, organisasi global ini terlibat aktif dalam menangani berbagai sumber daya alam (tumbuhan dan hewan) yang masuk dalam Red List of Threatened Species.

Orangutan, baik yang hidup di pulau Sumatera atau Kalimantan, juga merupakan spesies yang terancam punah. Menurut laporan IUCN, populasi orangutan sumatera telah menurun hingga 80% selama 75 tahun terakhir. Antara tahun 1998 dan 1999, tingkat kehilangan dilaporkan sekitar 1.000 jeruk per tahun.

Sementara itu, pada tahun 2004, para ilmuwan memperkirakan populasi orangutan di Indonesia dan pulau Kalimantan Malaysia adalah sekitar 54.000 individu. Berbeda dengan orangutan Kalimantan, orangutan sumatera memiliki kantong pipi yang lebih panjang pada orangutan jantan.

Populasi paus sumatera saat ini mungkin tidak melebihi 300, sehingga spesies ini merupakan salah satu dari enam subspesies paus yang bertahan hingga saat ini dan diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah atau sangat terancam punah menurut WWF. . Warna kulit harimau sumatera berkisar dari kuning kemerahan hingga oranye tua, yang paling gelap dari semua harimau. Dibandingkan dengan semua subspesies harimau yang hidup saat ini, tubuhnya juga relatif kecil Karena kegiatan pembukaan lahan, habitatnya menyempit, yang menempatkan mereka pada risiko kepunahan

Hewan Langka Yang Dilindungi Di Indonesia

Akibat aktivitas manusia, habitat komodo (Baranus komodoensis) di alam semakin berkurang dan oleh karena itu IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang terancam punah. Biawak besar ini sekarang dilindungi oleh peraturan pemerintah Indonesia dan taman nasional, Taman Nasional Komodo, telah didirikan untuk melindungi mereka. Habitat utama buaya raksasa ini hanya ada di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Komodo pertama kali didokumentasikan oleh orang Eropa pada tahun 1910

Pada tahun 1912, Peter Anthony Owens, direktur Museum Zoologi di Buettengorg, menerbitkan dokumen tentang komodo setelah menemukan foto dan kulit reptil tersebut.

Jalak pasir pertama kali ditemukan pada tahun 1910 12 Nama ilmiah Jalak Bali diambil dari nama ahli zoologi Inggris Walter Rothschild, yang mendeskripsikan spesies ini pada tahun 1912. Jalak pasir hanya ditemukan di hutan barat Bagian dari pulau Bali Burung ini merupakan satu-satunya spesies yang ada di Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang binatang Provinsi Bali Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Untuk menghindari ancaman kepunahan yang serius, sebagian besar kebun binatang di dunia menjalankan program penangkaran jalak pasir (Leucopser rothchildi).

Ini Dia Fakta Unik Trenggiling, Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) juga menjadi perhatian pemerintah dan ahli ekologi. Badak Sumatera (Rhino de Sumatra) dan Badak Jawa (Javaan rohina) adalah dua dari 5 spesies badak yang selamat dari kepunahan, selain badak India, badak hitam Afrika, dan badak putih Afrika. Namun, kedua geng ini sudah dalam kategori risiko rendah Status konservasi yang terancam punah ini telah diberikan kepada spesies badak di Indonesia sejak tahun 1996.

Ternyata, kanguru tidak hanya dimiliki oleh Australia, karena Indonesia juga memilikinya Kanguru pohon wondiowai merupakan salah satu spesies hewan langka endemik yang hidup di Pulau Pandaua. Berdasarkan spesimen yang ditemukan Ernst Mayr, hewan yang memiliki nama ilmiah Dendrolagus Mayr ini diperkirakan memiliki berat sekitar 9,25 kg. Bulunya hitam pekat dengan beberapa bintik kuning Pantat dan kaki berwarna merah dengan ekor putih Populasi pasti kanguru pohon Wondaiwoi belum diketahui secara pasti

Namun, menurut Daftar Merah IUCN, perkiraan populasi kanguru pohon ini sekitar 50 individu Inilah sebabnya mengapa kanguru pohon Wondaiwai atau kanguru pohon Wondaiwai termasuk dalam Daftar Merah IUCN sebagai spesies yang Sangat Terancam Punah atau Sangat Terancam Punah.

Anua merupakan hewan endemik pulau Sulawesi di provinsi Sulawesi Tenggara Hewan ini termasuk spesies peralihan (Asiatic-Australis). Hewan yang diklasifikasikan sebagai spesies langka telah menghadapi kepunahan sejak tahun 1960-an. Faktanya, populasi telah menurun drastis dalam sepuluh tahun terakhir Diperkirakan saat ini tidak lebih dari 5.000 individu di alam liar. Ancaman kepunahan tidak lepas dari perilaku masyarakat yang sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Ada dua spesies hewan ini, yaitu ano dataran dan gunung

Hewan Endemik Yang Bisa Ditemukan Di Indonesia

Maskot provinsi Sulawesi Tenggara ini hidup di hutan lebat yang sulit didekati manusia. Inilah sebabnya mengapa hewan-hewan ini tidak dapat menjadi hewan ternak, karena mereka tidak dapat dijinakkan

Monyet Sulawesi Hitam atau Macaca nigra dalam istilah ilmiah atau lebih sering disebut Monyet Jambul adalah salah satu dari beberapa spesies batu mulia yang keberadaannya semakin langka dan terancam punah. Monyet Hitam Sulawesi merupakan hewan endemik pulau Sulawesi, di provinsi Sulawesi Utara. Ciri utama monyet ini adalah jambul di kepalanya Dalam bahasa Inggris, primata langka ini disebut dengan berbagai nama antara lain Celebes crested macaque, Celebes black ape, Celebes black macaque, Crested black macaque, Gorontalo macaque, dan Sulawesi macaque.

Sedangkan kera ini dalam masyarakat setempat biasa disebut Yak, Bolai, Dihe Dalam bahasa latin (ilmiah) kera hitam Sulawesi disebut Macaca nigra yang identik dengan Macaca lambicus (Miller, 1931) Macaca malayanus (Desmoulins, 1824). Monyet hitam Sulawesi semakin langka dan terancam punah. Bahkan diklasifikasikan dalam status konservasi Sangat Terancam Punah (Kritis) dari Daftar Merah IUCN

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Lumba-lumba raksasa atau Orcaella brevirostris dalam bahasa latin adalah mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar yang hampir punah karena populasi hewannya hanya 50 hewan berdasarkan data tahun 2007 dan berada di urutan tertinggi hewan Indonesia yang terancam punah. Ilmuwan internasional telah mengklasifikasikan populasi lumba-lumba Mahakam di Sungai Mahakam di Kalimantan Timur sebagai sangat terancam punah. Banyak faktor yang mempengaruhi populasi lumba-lumba

Lkpd Tema 3 Subtema 2 Hewan Langka Worksheet

Berkurangnya pasokan makanan di alam liar, perambahan perahu ponton ke habitatnya, dan penggunaan racun oleh nelayan setempat menjadi faktor penyebab penurunan populasi lumba-lumba.

Harimau jawa sudah lama punah dan spesies sejenis yang ada di pulau jawa adalah macan tutul jawa atau dalam bahasa latin disebut panthera pardus melas. Ikon provinsi Jawa Barat, hewan langka ini endemik pulau Jawa dan termasuk dalam sembilan subspesies macan tutul dunia (Phantera pardus). Macan tutul jawa yang tergolong status konservasi “Critically Endangered” ini memiliki dua subspesies, yaitu macan tutul berwarna terang dan macan tutul hitam yang biasa disebut macan kumbang.

Meskipun warnanya berbeda, kedua kucing besar ini adalah subspesies yang sama Menurut laporan IUCN, jumlah macan tutul Jawa yang hidup di habitatnya tidak lebih dari 300 ekor.

Dalam bahasa Inggris, Sulawesi Forest Tortoise yang terdapat di pulau Sulawesi disebut Sulawesi Forest Tortoise. Secara resmi, hewan langka ini memiliki nama latin Leucocephalon uwonoi yang identik dengan Geomida uwonoi dan Hesemis uwonoi. Penyu hutan sulawesi ini biasa juga disebut penyu para

Jenis Ikan Langka Di Lautan Indonesia

Julukan itu diberikan karena bentuk mulutnya yang unik seperti burung beo Penyu hutan Sulawesi (Bik para turtle) merupakan salah satu dari 7 spesies reptil langka di Indonesia. Bahkan masuk dalam daftar 25 Penyu Terancam Punah dan Penyu Air Tawar Dunia – 2011 yang dikeluarkan oleh Koperasi Konservasi Penyu.

Sebelumnya, penyu hutan Sulawesi tergolong dalam genus Hesomys, namun sejak tahun 2000 dimasukkan dalam genus tunggal Leucocephalon. Istilah ‘yuwonoi’ dalam nama ilmiahnya mengacu pada Frank Yuwono yang pertama kali menemukan spesimen pertama penyu hutan Sulawesi ini di pasar Gorontalo di Sulawesi.

Elang Flores atau Nisatus floris merupakan jenis elang berukuran besar sekitar 71 – 82 cm yang juga memperkaya keanekaragaman burung di pulau-pulau tersebut. Meski namanya Elang Flores, burung ini juga ditemukan di Lombok, Kepulauan Sumbawa dan Kepulauan Satonda dan Rinca, selain Pulau Flores, Nusa Tenggara. Tren populasi elang emas menurun, itulah sebabnya Badan Konservasi Dunia IUCN memasukkannya sebagai spesies “di ambang kepunahan” (Critically Threatened/CR). Jumlah orang dewasa di seluruh distribusi diperkirakan sekitar 100 pasang dengan wilayah jelajah sekitar 10.000 kilometer persegi.

Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Elang ini dicirikan oleh tubuh bagian bawahnya yang berwarna putih, hidup di kawasan hutan dataran rendah dan pegunungan hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Teknik berburunya yang mudah dilihat terdiri dari berburu dari tempat bertengger dan terbang ke udara menggunakan arus udara hangat.

Hewan Langka Worksheet

Ekidna paruh panjang barat (Zaglossus bruijnii) atau biasa disebut ekidna paruh panjang barat dalam bahasa Inggris adalah hewan endemik asli Papua dan Australia (punah) yang hidup di ketinggian 1300-4000 meter di atas permukaan laut. Padang rumput habitat

Hewan yang langka di indonesia, hewan langka di indonesia yang dilindungi, gambar hewan langka yang ada di indonesia, hewan langka yang di lindungi di indonesia, hewan langka di indonesia, hewan langka yang terancam punah di indonesia, hewan hewan langka yang ada di indonesia, hewan langka di indonesia yang hampir punah, hewan dan tumbuhan langka yang ada di indonesia, contoh hewan langka yang ada di indonesia, hewan yang tidak langka di indonesia, hewan langka indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top