Informasi

Wisata Labuan Bajo Terletak Di

Published on

Wisata Labuan Bajo Terletak Di – Labuan Bajo adalah ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo terletak tepat di ujung barat Pulau Flores, juga mengunjungi tempat wisata di Ende Flores. Mayoritas penduduk Labuan Bajo memiliki pekerjaan di atas air, Anda bisa melihat banyak yacht dan perahu di teluk. Pemandangan indah di ibu kota Manggarai Barat ini sungguh menakjubkan, gubuk-gubuk kayu beratap jerami dan berbagai pepohonan di lingkungan sekitar menjadi objek utama pemandangan di Labuan Bajo ini.

Labuan Bajo merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang akan berlibur ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, sehingga Labuan Bajo sangat ramai dikunjungi. Jika Anda sedang berlibur di Labuan Bajo, Anda bisa menjelajahi berbagai pulau di sekitar Labuan Bajo mulai dari Pulau Sambil, Pulau Bidadari, Pulau Sabolo dan Kanawa. Di bagian selatan Labuan Bajo ada jalan menuju Pulau Rinca di mana Anda bisa melihat banyak kelelawar beterbangan saat senja. Saat ini banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo sehingga berbagai fasilitas sudah tersedia. Berikut rekomendasi 20 tempat wisata di Labuan Bajo yang bisa dikunjungi saat liburan, diantaranya sebagai berikut.

Wisata Labuan Bajo Terletak Di

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Labuan Bajo terletak di Pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan tempat tinggal komodo, jumlah kodo yang hidup saat ini mencapai 2.500 ekor. Selain komodo, yang menarik wisatawan adalah eksotisme keindahan alam Pulau Komodo. Pulau-pulau kecil di sekitarnya sangat menawan dengan air laut yang biru jernih dan selalu bersih. Selain Pulau Komodo, ada juga Taman Nasional Komodo yang didirikan pada tahun 1980. Taman ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi Komodo dari kepunahan dan melindungi flora yang hidup di sekitar Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Destinasi Wisata Di Indonesia

Taman Nasional Komodo ini terdiri dari beberapa pulau antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinca dan pulau-pulau kecil lainnya. Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di Taman Nasional Komodo antara lain melihat komodo secara langsung, bermain air di laut, menyelam, snorkeling. Selain itu, kita juga bisa berkeliling pulau Komodo dan mengunjungi pulau-pulau kecil lainnya. Dan satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah menyelam di batu samsia jika ingin berenang bersama penyu dan hiu, kemudian menyelam di batu kristal jika ingin melihat ikan yang berbeda seperti ikan barramundi, ikan kakatua dan berbagai jenis ikan komodo dan yang terakhir menyelam di Manta Point penyelaman ini adalah titik terbaik untuk menyelam karena kita bisa melihat pari manta dari dekat. Biaya masuk Taman Nasional Komodo adalah Rp. 102.500 per orang.

Gili Laba adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, jangan lewatkan mengunjungi Gili Laba. Karena keindahan alam yang sangat menawan di Gili Laba, luasnya laut terlihat sangat indah dari puncak gunung. Pemandangan air laut yang berwarna biru jernih dengan pasir putihnya bisa terlihat berdiri dari Gili Laba. Dari atas Gili Labu Anda bisa melihat pemandangan Pulau Komodo secara umum. Saat musim hujan, warna pepohonan di sekitar gunung berwarna hijau dan saat musim kemarau warna pepohonan menjadi kuning.

Dalam perjalanan menuju gunung di Gili Laba, Anda akan melewati lereng yang berbeda, jadi persiapkan segala sesuatunya, karena Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki ke puncak Gili Laba. Jalur pendakian menuju puncak dapat diakses dari rute manapun karena tidak ada titik eskalator khusus. Meski butuh tenaga ekstra, namun sesampainya di puncak Gili Laba, semuanya akan terbayar dengan pemandangan luar biasa keindahan alam pulau Komodo. Jika tidak ingin mendaki ke puncak, Anda juga bisa bermain air, berjemur, dan snorkeling. Perjalanan ke Gili Labu dari Pulau Komodo memakan waktu sekitar 1 jam, namun jika dari Labuan Bajo memakan waktu sekitar 4 jam.

Pulau Rinca adalah salah satu gugusan pulau yang terletak di Kepulauan Komodo. Selain di Pulau Komodo, komodo kemungkinan besar hidup di Pulau Rinca, walaupun luas Pulau Rinca tidak seluas Pulau Komodo, namun komodo yang hidup di pulau Rinca berjumlah sekitar 1500 individu. Pulau Rinca memiliki jarak yang lebih dekat dari Labuan Bajo, di pulau ini titik tertingginya adalah Gunung Ora dengan ketinggian 670 meter di atas permukaan laut. Selain komodo, ada hewan lain yang hidup di pulau ini seperti kerbau, burung, dan babi hutan.

Hotel Dengan Pemandangan Indah Di Labuan Bajo, Mulai Dari Rp 300 Ribuan!

Di Pulau Rinca, pengunjung ditawari untuk mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan, yaitu program penanaman mangrove. Dengan membayar Rp. 150.000 pengunjung diberikan bibit mangrove yang bisa diberi label dengan nama kita. Akses menuju Pulau Ranca jika dari Labuan Bajo bisa menggunakan kapal Dewaan. Perjalanan ke Pulau Rinca memakan waktu 2 jam dari Labuan Bajo dan kapal berlabuh di Dermaga Loh Buaya. Harga tiket masuk Pulau Rinca adalah Rp25.000 per orang. Beberapa fasilitas yang tersedia di pulau Rinca adalah rumah-rumah di sekitar kawasan lindung, warung makan dan toilet.

Cekungan air terjun Wulang terletak di kawasan hutan Mbeliling. Air terjun ini terletak di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, air terjun ini terlihat seperti ngarai yang hijau tetapi versi yang lebih sempit. Beberapa bebatuan yang mengapit di sepanjang sungai bisa didaki karena bebatuan ini tidak memiliki sisi yang tajam. Jika Anda memiliki hobi lompat batu, maka Anda bisa melompat di bebatuan setinggi 6m di air terjun Cekungan Wulang ini, namun terlebih dahulu Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemandu karena terkadang debit air bisa berkurang jika musim kemarau dimulai.

Hal yang perlu diperhatikan adalah membawa makanan dan minuman karena tidak ada tempat makan di air terjun ini. Jalan menuju air terjun cekungan wulang berjarak 30 KM dari pelabuhan Labuan Bajo atau sekitar 1 jam kemudian anda akan sampai di Desa Wersawe yang merupakan gerbang utama air terjun cekungan wulang, di desa Wersawe ini anda harus menuliskan nama anda di buku tamu dan menyewa memandu. Untuk sampai ke air terjun ini anda harus berjalan kaki melewati hutan, bebatuan dan semak belukar dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan sedikit tenaga ekstra. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengunjungi wisata air terjun di Lombok.

Pulau Kanawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur dengan luas sekitar 35 hektar. Pulau ini memiliki keindahan alam yang indah dan mempesona, terutama pantai dan bawah lautnya. Keindahan alamnya terlihat dari air laut yang berwarna biru kehijauan dan juga pasir putihnya yang selalu sangat bersih. Keindahan bawah laut pulau ini tidak kalah indahnya dengan Taman Bawah Laut Bunaken.

Biaya Ke Labuan Bajo

Meski keindahannya bisa dilihat dari atas permukaan laut, berbagai terumbu karang, ikan warna-warni, mola-mola dan penyu dapat terlihat dengan jelas, hal ini karena air lautnya selalu sangat jernih. Keunikan pulau ini adalah ketika menjelang sore, air laut surut secara perlahan. Bagi pengunjung yang ingin menyelam di Pulau Kanawa, tersedia pusat menyelam. Jika ingin bermalam di Pulau Kanawa, sudah ada sekitar 13 cottage, harga sewa cottage mulai dari Rp. 300.000/malam. Jalan menuju Pulau Kanawa berjarak sekitar 15 KM dari Labuan Bajo dan dapat ditempuh dengan speedboat. Harga tiket fast boat adalah Rp 60.000 per orang atau Anda bisa menyewa perahu seharga Rp 250.000.

Gua Rangko adalah sebuah gua yang terletak di Desa Rangko, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Gua Cap adalah gua yang air lautnya berwarna biru jernih dihiasi dengan berbagai stalaktit yang membuat pemandangan di sekitar gua sangat eksotis. Namun, untuk mencapai tempat ini cukup sulit karena lebih mudah diakses dengan sepeda motor. Lokasi goa rangko belum tersedia di google maps, hal ini dikarenakan goa rangko berada di desa terpencil dengan jalan yang masih rusak dan belum beraspal.

Cara untuk mencapai Gua Rangku sangat sulit melewati jalan berbatu dan semak belukar dengan jalan yang naik turun. Namun dalam perjalanan terakhir ke gua, keindahan alam mulai terpancar dan jalan beraspal. Biasanya tempat wisata di Labuan Bajo sering disinggahi oleh orang kulit hitam, mereka adalah penduduk asli Desa Rangko yang menawarkan diri untuk menjadi pemandu. Setelah sampai di desa Rangko, pengunjung harus menggunakan perahu nelayan dengan tarif sekitar Rp 300.000 hingga Rp 350.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Saat sampai di goa, pengunjung bisa berenang dengan bebas sambil menikmati keindahan alam di sekitar goa.

Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang terkenal setelah Pulau Komodo. Berbeda halnya dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, di Pulau Padar ini kita tidak dapat menemukan komodo. Untuk mencapai Pulau Padar, Anda membutuhkan kapten dan pemandu yang berpengalaman. Di pulau padar hanya tumbuh rerumputan dan tidak ada pohon besar.

Taka Makassar Labuan Bajo

Dari atas Pulau Padar kita bisa melihat keindahan lautan di sekitar Pulau Padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Jika akan berkunjung ke Pulau Padar disarankan untuk menggunakan sepatu karena jika ingin ke puncak Pulau Padar tidak akan nyaman dengan sandal. Jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner di Lombok juga.

Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi di dalam dan sekitar Labuan Bajo. Selain ketujuh tempat tersebut, banyak juga tempat yang bisa kamu kunjungi di Labuan Bajo, berikut ini banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Labuan Bajo:

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo. Segel Labuan Bajo

Labuan bajo terletak di kecamatan, wisata labuan bajo terletak di wilayah, labuan bajo terletak di pulau, peta wisata labuan bajo, labuan bajo terletak di provinsi, spa di labuan bajo, labuan bajo terletak di, wisata di labuan bajo, labuan bajo terletak di daerah, labuan bajo terletak dimana, honeymoon di labuan bajo, wisata labuan bajo terletak di pulau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA