Informasi

5 Tempat Wisata Di Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Published on

5 Tempat Wisata Di Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi – Tempat wisata di Wonosobo menawarkan pemandangan alam yang indah serta udara pegunungan yang sejuk. Sehingga beberapa di antaranya cocok sebagai destinasi wisata untuk segala usia.

Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang populer di kalangan wisatawan mancanegara adalah Desa Diang yang terletak di Dataran Tinggi Diang.

5 Tempat Wisata Di Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Secara administratif Dataran Tinggi Dieng sendiri termasuk dalam 3 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Itu adalah:

Destinasi Dieng Yang Bakal Bikin Kamu Sulit Move On

Namun, wisata Wonosobo bukan hanya wisata sejarah dan wisata alam. Ada tempat wisata yang menawarkan tren kekinian, lengkap dengan spot-spot instagrammable, dan bernuansa romantis.

Pesona keindahan Dieng sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, banyak yang menyebutnya negeri di atas awan. Nama Dieng merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Die Hieyang yang artinya indah dan langka.

Istilah “apalah arti sebuah nama” tidak berlaku di Dieng. Karena namanya menggambarkan pesona alam yang luar biasa.

Desa Dieng merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi, terletak di Dataran Tinggi Dieng. Sementara DT Dieng ada di sana, ada tempat lain yang sangat populer karena memberikan pemandangan yang layak untuk Instagram. Diantara mereka:

Wisata Dieng Wonosobo Dan Harga Tiket Masuk 2022

Oleh karena itu, Dieng adalah nama sebuah desa di Dataran Tinggi Dieng. Dan Dieng berarti Dataran Tinggi Dieng yang termasuk dalam 3 kabupaten di Jawa Tengah.

Pesona keindahan Dieng sering disebut sebagai negeri di atas awan. Apalagi saat kabut pagi masih menyelimuti kawasan itu, julukan negeri di atas awan ini tentu tak terbantahkan.

Rekomendasi tempat wisata di wonosobo yang romantis, dan instagramable yaitu Telga Warna. Lokasinya masih di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Daya tarik Talga Warna tentu saja danau yang bisa berubah warna, namun tidak hanya itu. Kawasan Talgavarna juga dihiasi dengan taman yang indah.

Tempat Camping Terbaik Di Wonosobo Yang Lagi Hits (2022)

Maka tak heran jika Telga Warna wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Wonosobo, khususnya di Dieng.

Selain itu, ada Waduk Vadaslintang yang memiliki pemandangan indah yang menenangkan. Fungsi utamanya adalah untuk pembangkit listrik tenaga air dan memenuhi kebutuhan irigasi daerah sekitarnya.

Dengan alam yang asri dan lingkungan yang tidak terlalu ramai, Waduk Vadaslintang sangat cocok digunakan sebagai tempat pelarian dari kesibukan sehari-hari.

Taman Rekreasi Kalianget mungkin merupakan pemandian air panas terluas di Jawa Timur karena memiliki banyak fasilitas. Sebagai contoh:

Telaga Menjer Tiket Masuk & Aktivitas

Anda bisa mandi air panas sambil melihat pemandangan alam yang menenangkan. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh Anda lebih nyaman.

Air Terjun Sikaram atau Krug adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa, dengan ketinggian sekitar 125 meter.

Karena air terjun atau Krug Sikarm sangat tinggi, ada kalanya puncak air terjun tertutup kabut. Anda tidak boleh melewatkan pemandangan yang luar biasa ini.

Anda bisa memanjat beberapa batu di sekitar air terjun, untuk lebih dekat dengan aliran air. Tapi bersiaplah dengan air dingin yang mengalir dan udara sejuk di sekitar.

Inilah 5 Wisata Dieng Wajib Dikunjungi Tahun 2021

Lubang Sewu adalah lubang unik di tepian Waduk Wadaslintang. Lubang-lubang terbentuk pada batuan akibat erosi oleh air waduk.

Lubang Siew sangat indah, di mana bebatuan berdiri secara acak dengan ukiran yang unik. Pokoknya Instagrammable banget… Salah satu kawasan wisata di provinsi Jawa Tengah yang semakin ramai dan populer adalah Wisata Dieng Wonosubu. Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi wisata yang terus didukung oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Pasangan manis tak perlu jauh-jauh ke Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara untuk menikmati wisata alam, karena kawasan Diang memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah indahnya. Selain wisata alam, Anda juga bisa menjelajahi warisan budaya jazirah yang menjadi destinasi wisata unik dan menarik.

Ada beberapa pilihan tempat wisata saat berkunjung ke kawasan Dieng. Dari danau, kawah, pendakian bukit, pemandangan puncak bukit hingga kuil. Wisata Dieng Wonosobo bisa menjadi destinasi liburan yang direkomendasikan untuk pasangan yang manis. Yuk simak ulasan berikut ini.

Referensi Wisata Dieng Yang Wajib Kalian Kunjungi, Saat Libur Akhir Tahun 2020

Dieng adalah sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Dieng berjarak 26 km dari kabupaten Wonosobo.

Rute yang paling mudah dijangkau untuk mencapai Dieng adalah jalur keberangkatan Wonosobo yang digunakan oleh sebagian besar wisatawan. Selain menggunakan kendaraan berupa mobil pribadi, Sweet Couple bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa transportasi travel untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Dieng.

Jika Anda berangkat dari wilayah Jabodetabek tanpa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan bus umum yang berangkat dari Terminal Polu Gadong, Kampung Rambutan, Lebak Bliss, Merik, Bogor dan Bekasi. Semua bus ini akan berhenti di Wonosobo. Jadi Anda tinggal melanjutkan perjalanan mewarnai Anda.

Bagi pasangan yang suka mendaki gunung, Gunung Prao pasti tidak boleh dilewatkan jika sedang berlibur di kawasan Dieng. Gunung Prao terletak di Kecamatan Batang Kendal, Wonosobo. Ketinggian gunung ini adalah 2.590 meter atau 8.497 kaki.

Tempat Wisata Dieng Yang Wajib Dikunjungi

Puncak Gunung Prao adalah padang rumput yang luas. Saat Anda berada di puncak gunung, Anda akan melihat kumpulan awan seperti kapas. Udara di puncak gunung ini sangat dingin. Anda sejenak melupakan hiruk pikuk jalanan kota dan polusi udaranya.

Talgavarna adalah tujuan yang unik bagi wisatawan. Air danau ini berubah warna, seperti hijau, kuning dan biru. Fenomena ini terjadi karena tingginya kandungan belerang di dalam air danau. Oleh karena itu, ketika matahari memancarkan sinarnya, air danau akan tampak berwarna.

Fenomena alam ini tentunya sangat menarik bagi wisatawan. Perbukitan di sekitar Talga Varna menambah keindahan tempat ini. Anda bisa mengunjungi danau ini setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 10.000.

Wisata Dieng Wonosobo yang tak kalah menarik adalah Kawah Skidang. Lokasi lubang ini tidak jauh dari Bukit Skoneer. Keindahan pemandangan kawah selalu memukau kita, termasuk Skidang.

Destinasi Wisata Di Dieng Wonosobo

Anda dapat menikmati panorama yang menakjubkan dari kawah ini terutama di pagi hari. Saat berkunjung ke Kawah Skidang, jangan lupa memakai masker untuk menghindari bau belerang yang menyengat.

Selain menikmati panorama alam yang indah, Dieng Wonosobo juga merupakan warisan budaya pariwisata yaitu candi peninggalan Kerajaan Hindu. Salah satunya adalah Candi Arjuna.

Anda pasti akan terkagum-kagum dengan arsitektur candi kerajaan Hindu ini, terutama ukiran Kalamkara di atas pintu candi.

Jika pasangan serasi ingin menyaksikan matahari terbit yang indah, Bukit Sekonir adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Wisata Dieng Paling Diminati Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara

Anda harus datang ke tempat ini pada pukul 5 untuk melihat matahari terbit secara utuh. Jam buka tempat wisata ini mulai dari pukul 02.00 hingga 18.00 WIB.

Selain Telga Varna, ada juga Telga Pangilon di kawasan Dieng. Danau Pangelon memiliki air yang sangat jernih. Danau ini merupakan habitat berbagai jenis ikan.

Airnya sangat jernih, sehingga kita bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang berenang. Pemandangan ini tentunya sangat menarik bagi wisatawan. Masyarakat setempat memanfaatkan air danau ini untuk mengairi sawah mereka.

Pasangan kekasih bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Tiket masuknya hanya Rp 10.000.

Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi, Banyak Dataran Tinggi Yang Memesona

Batu Pandang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya di Hua Dieng. Batu Pandang Ratpanangin adalah sebuah tebing tinggi yang terletak di sebelah Telga Warna. Batu Pandang adalah tempat yang tepat bagi Anda yang menyukai spot foto estetis.

Saat berdiri di atas batu ini, Sweet Kapil Telga Warna akan terlihat sempurna. Tiket masuk Batu Pandang adalah Rp 10.000. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB.

Inilah 7 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi Bagi Pasangan Tercinta. Semua tempat wisata tersebut memiliki harga tiket yang murah dan akses transportasi yang tidak terlalu sulit. 5 Tempat Wisata Dieng Yang Menawarkan Panorama Pemandangan Alam Yang Indah – Kawasan Pegunungan Dieng memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Kawasan Kabupaten Wonosubo ini menyimpan berbagai spot wisata cantik yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jika Anda ingin berwisata ke daerah yang menawarkan nuansa alam pegunungan yang indah, maka tidak ada salahnya mengunjungi Dieng. Kawasan vulkanik aktif ini akan menawarkan keindahan alam yang tidak akan mengecewakan wisatawan yang berkunjung.

Selain keindahan pemandangannya, Dieng juga terkenal dengan wisata giringnya yang sangat menarik. Salah satu hasil pertanian masyarakat Dieng yang sangat digemari hampir di seluruh Indonesia adalah karika dan purwaseng. Purwaceng adalah tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan carica adalah sejenis buah yang mirip dengan pepaya, yang hanya tumbuh di daerah Dieng. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, berikut 5 tempat wisata di Deng yang menawarkan pemandangan keindahan alam yang spektakuler.

Wisata Dieng: Simak 5 Rekomendasi Spot Eksotis Berikut Ini!

Bukit ini merupakan salah satu titik di mana Anda bisa melihat panorama matahari yang indah. Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk melihat matahari pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April hingga Agustus. Langit biasanya cerah selama bulan-bulan ini. Demi menyaksikan matahari terbit, biasanya banyak wisatawan yang rela menginap di kawasan perbukitan Skonier ini terlebih dahulu.

Berikutnya adalah danau warna. Talga Warna adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Danau berwarna ini memiliki keunikan tersendiri yaitu warna air danau ini sering berubah-ubah, dari merah, putih, hijau hingga biru. Perubahan warna ini disebabkan oleh belerang yang ada di air danau.

Setelah ke Telga Warna ada baiknya untuk melengkapi liburan anda, anda langsung menuju Telga Pegilan. Warna air di danau ini sangat jernih, tidak seperti di danau berwarna yang airnya berwarna-warni. Dengan demikian dapat dipastikan pemandangan Danau Paigelon sangat indah, beserta deretan pepohonan hijau yang menghiasi Danau Paigelon ini.

Tempat Wisata Di Dieng Jawa Tengah Kemudian ada Kawah Skedang, sebuah kawah yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi.

Paket Wisata Dieng Tahun Baru 2020 ‐ Tempat Wisata Dieng

Tempat wisata di malaysia yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bangkok yang wajib dikunjungi, tempat wisata di lombok yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapore yang wajib dikunjungi, tempat wisata di indonesia yang wajib dikunjungi, tempat wisata di dubai yang wajib dikunjungi, tempat wisata di thailand yang wajib dikunjungi, tempat wisata di semarang yang wajib dikunjungi, tempat wisata yang wajib dikunjungi di singapura, wisata dieng yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bali yang wajib dikunjungi, tempat wisata di dieng yang wajib dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA