Connect with us

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Informasi

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal – Apakah Anda berencana untuk berkunjung dan berlibur di Semarang? Kalau begitu, jangan lupa bawa oleh-oleh Semarang untuk kerabat atau teman dan sahabat di rumahmu, ya!

Semarang sendiri telah menjadi tempat pertemuan banyak budaya selama ratusan tahun. Banyak peninggalan sejarah berupa bangunan, desa dan juga makanan. Lumpia Semarang misalnya, makanan asal China dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Semarang.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Bagi Anda yang sedang berkunjung atau akan berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Tengah ini, banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Simak oleh-oleh khas Semarang berikut ini.

Oleh Oleh Khas Bogor Kekinian Yang Terkenal Enak

Belum ke Semarang kalau belum menikmati lumpia. Bahkan, Lumpia Semarang itu istimewa, dibuat dengan resep yang diturunkan dari generasi ke generasi dengan cita rasa yang lezat. Di kota ini Anda bisa menemukan penjual legenda musim semi seperti Lumpia Mbak Lien, Lumpia Cik Me Me, Lumpia Gang Lombok dan lain-lain.

Lumpia tradisional di Semarang berisi rebung (bambu muda). Rasanya enak, dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Selain gulung kering, Anda juga bisa membeli gulung basah. Perbedaan yang paling mencolok adalah warnanya. Lumpia kering berwarna cokelat keemasan, sedangkan mata air basah berwarna putih.

Selain lumpia, makanan khas Semarang lainnya adalah Bandeng Presto. Ikan bandeng dimasak pada suhu tinggi dalam panci bertekanan tinggi. Akibatnya, yang tidak hanya susu lunak, tetapi juga di bawah duri. Dengan duri lunak, panci presto ini aman dikonsumsi tanpa takut terbakar.

Untuk oleh-oleh, bandeng presto biasanya dibungkus dengan plastik kedap udara agar tetap segar. Ada beberapa produk susu presto yang populer dari Semarang. Bandeng Yuvana, Bandeng Bonafide, Bandeng Presto, Bandeng Rumah Hj. Jum, dan banyak lainnya. Ada yang suka langsung makan bandeng presto, tapi biasanya bandeng ini digoreng dulu sebelum disantap.

Jajanan Pasar Khas Semarang

Wingko adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula dan kelapa parut. Wingko memiliki tekstur yang lembut, empuk dan manis. Wingko babat konon berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur, namun popularitasnya meningkat setelah dijual di Semarang.

Karena bahannya, wingco bisa jadi camilan yang mengenyangkan. Makanan ini juga sangat tahan lama. Ada banyak pembuat wingko babat yang enak di Semarang dengan berbagai merek, beberapa di antaranya adalah Wingko Babat Kereta Api, Wingko Babat Dyriana dan Wingko Babat Tiga Kelapa Muda.

Pangsit adalah jenis makanan ringan yang sangat mirip dengan rempeyek. Rasanya enak, teksturnya juga renyah. Anda bisa makan thumpi sebagai camilan sebagai camilan atau sebagai lauk teman makan nasi. Tak heran banyak orang menyebut Tumpi sebagai ledakan klasik Semarang.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Yang membedakan Tumpi dengan rempeyek lainnya adalah toppingnya. Di banyak tempat lain, rempeyek biasanya diisi dengan udang, teri atau kedelai. Tumpi menggunakan kacang hijau sebagai isiannya. Camilan kering ini bisa bertahan sangat lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Makanan Khas Semarang Yang Terkenal (harga & Alamat)

Dalam bahasa Indonesia, nama roti ini bisa diterjemahkan sebagai “Roti Penganjal Kereta Api”. Ada sejarah yang berbeda terkait dengan namanya, yaitu karena tekstur rotinya yang keras dan keras serta berwarna coklat, yang membuat orang bercanda membandingkan roti ini dengan balok kayu. Namanya adalah legenda hingga hari ini!

Roti Shina Ganjel biasanya dibumbui dengan kayu manis. Roti ini sangat langka, bahkan di Semarang sendiri. Sebelumnya memang banyak yang menjual roti ini di pasar Johar, namun setelah pasar terbakar, para pedagang memilih untuk mengganti produknya. Roti ganjel segar mudah diperoleh sebelum upacara Dagderan. Roti ini dibagikan kepada warga di bulan Ramadhan.

Setiap daerah memiliki batik dan ciri khasnya masing-masing, termasuk Semarang. Batik Semarang memiliki motif khusus yang disebut Loang Sewu, Warak Ngendog, Tugu Muda, Blackock dan Assam.

Semarang juga memiliki kampung batik di Desa Rejomulyo, Semarang Timur. Juga dikenal sebagai Kampoeng Djadhoel, desa ini diluncurkan pada Oktober 2017. Jadi jika ingin membawa pulang kain batik yang indah, datang saja ke desa ini. Selain bisa membeli batik, Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik di Semarang.

Wingko O, Oleh Oleh Khas Semarang Yang Sangat Lezat

Tahu Bakso bukanlah makanan khas kota Semarang. Namun, tahu sapi Semarang memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya digemari, antara lain rasanya yang enak, harga yang murah, dan banyak pilihan. Satu lagi, bakso tahu di Semarang dieja dengan “X” untuk menggantikan “KS” di bakso, yang menjadi “Tahu Bakso”.

Pendiri Tahu Bakso adalah Bpk. Puji. Produk Bu Puji banyak dijual di berbagai tempat di Kota Semarang. Selain itu, masih banyak usaha sejenis lainnya yang juga berusaha mengikuti popularitas Tahu Bakso Bu Puji. Menariknya, Anda memiliki banyak pilihan merek untuk membeli tahu bakso di Semarang.

Salah satu khazanah kuliner Semarang yang mulai populer adalah kue mochi atau moacs. Meski bukan kue tradisional Semarang, sentuhan lokal yang diberikan oleh para pembuat parit di kota membuat oleh-oleh khas Semarang ini menjadi unik. Moaci sendiri terbuat dari tepung ketan dengan isian lembut rasa kacang. Yang membedakan Moaci Semarang dengan yang lain adalah taburan wijen pada kulit moacinya.

BACA JUGA!!!  The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Salah satu produsen Semarang Moaci yang terkenal adalah Moaci Gemini. Brand ini sudah berdiri lebih dari 30 tahun, pada awalnya moacs dianggap sebagai jajanan pasar yang kemudian diubah memiliki ciri khusus. Moaci Gemini sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim mudik Lebaran.

Paket Oleh Oleh Khas Jakarta

Kue spekkoek adalah kue lapis dari Belanda. Berasal dari Eropa, kue ini dibuat dengan berbagai bahan yang bisa ditemukan di Indonesia. Di Semarang, Lontong Spekoek Waiki terkenal.

Biasanya kue lapis akan dibuat dalam bentuk persegi dan dalam ukuran yang cukup. Namun di Semarang yang terkenal adalah spekkoek yang dijual dalam karung yang sama dengan lontong. Ukurannya kecil dan harganya juga murah. Kamu juga bisa melihat produksi oleh-oleh khas Semarang ini di pabriknya lho!

Kue madu adalah kue tradisional kuno yang telah ada di Semarang selama berabad-abad. Terkadang orang menyebutnya kue sarang burung walet karena bentuknya yang tidak biasa. Bahan dasar kue ini adalah tepung beras, santan dan bumbu khas. Rasanya enak dan teksturnya renyah.

Kue madu biasanya juga dilapisi dengan gula cair atau madu. Ini akan terasa lebih enak. Intensitas kuenya, dengan rasa gurih dari nasi dan santan, semakin nikmat dengan manisnya gula cair atau gulal. Hati-hati saat membawanya pulang, karena kue madu ini rentan pecah saat ditekan.

Bandeng Presto Paling Enak Di Semarang Untuk Oleh Oleh

Kopi yang diproduksi di Semarang mungkin tidak setenar kopi spesial Indonesia lainnya seperti Kopi Aceh Gayo, Lampung, Bali Kintamani atau Toraya. Namun kembalinya produksi kopi tradisional di Semarang mulai terdengar, salah satunya karena meningkatnya pariwisata di wilayah ini.

Kopi spesial pertama Semarang adalah kopi Gunung Kelir dari kabupaten Jambu. Anda bisa datang langsung ke tempat tersebut untuk menikmati minuman kopi atau membeli biji dan bubuknya secara langsung. Ada juga Banana Cafe. Tempat ini didedikasikan sebagai Kampoeng Kopi Banaran yang memproduksi dan mengolah kopi lokal serta menarik wisatawan.

Salah satu makanan khas Semarang yang harus Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Good Bread. Sukses bertahan lebih dari 25 tahun, keistimewaan roti ini adalah rasanya yang manis, namun tidak membosankan. Selain itu, bahan yang digunakan adalah bahan pilihan dan tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Terkenal

Brilliant Bread telah menghasilkan berbagai macam rasa mulai dari Chocolate, Almond, Cheese, Cappuccino dan masih banyak lagi. Uniknya, toko resmi Brilliant Roti ini terlihat seperti istana. Dari luar, Anda mungkin mengira ini toko mainan karena bentuk dan warnanya.

Daftar Oleh Oleh Khas Semarang Dan Harganya

Sudah siap menjelajahi harta karun Semarang? Hati-hati, berburu oleh-oleh khas Semarang bisa menghabiskan waktu perjalanan Anda, karena pilihannya beragam. Putuskan apa yang Anda inginkan sebelumnya untuk menghemat waktu.

Seorang anak gunung yang selalu suka pergi ke pantai dan bermimpi menjelajahi sebanyak mungkin pantai di Indonesia. Menyukai wisata kuliner dan pecinta kopi Bali Kintamani. Anda sibuk membaca dan menulis ketika Anda tidak menonton sepak bola. Kota Semarang tentunya sangat terkenal dengan keindahan kotanya, banyak bangunan bersejarah yang masih kokoh dan asri menghiasi kota Semarang. Selain itu, kota Semarang juga terkenal dengan cita rasa kulinernya yang beragam. Tidak heran jika banyak wisatawan mengunjungi kota Semarang hanya untuk bersantai atau makan malam.

Jika Anda berlibur ke kota Semarang, belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga. Tentu banyak oleh-oleh di Kota Semarang yang bisa Anda bawa pulang, namun ada satu oleh-oleh khas Kota Semarang yang rasanya enak dan wajib Anda coba, yaitu Vinko Babat.

Bagi masyarakat kota Semarang pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini, namun bagi masyarakat luar kota Semarang pasti tidak asing lagi dengan Wingko Babat. Anda pasti penasaran dengan Vinko Babat ini? Jadi Wingko Babat adalah sejenis kue kuliner yang terbuat dari parutan kelapa, gula pasir, tepung beras putih dan santan. Ternyata ada yang istimewa dalam sejarah Wingko Babat, menurut sejarah Wingko Babat yang sebenarnya, ia berasal dari Kecamatan Babat di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Makanan Khas Semarang Yang Enak Sad!!ss Dan Hampir Punah

Sejarah Vinco Babat diperkirakan sudah ada sejak awal 1900-an. Berawal dari seorang pria keturunan Tionghoa bernama Loe Soe Siang yang menjadi pendiri Wingko Babat generasi pertama. Loe Soe Siang memiliki dua orang anak, yang pertama laki-laki bernama Loe Lan Ing dan anak kedua perempuan bernama Loe Lan Hwa. Dan pada tahun 1944 Loe Lan Hwa beserta suaminya Ek Jeong dan kedua anaknya Gyok Kwee (6 tahun) dan Gwat Kwee (4 tahun) pindah ke Kota Semarang karena saat itu suasananya sangat mengkhawatirkan karena perang dunia kedua. bahkan daerah Babat diganggu oleh kekerasan.

Dan setelah pindah ke Kota Semarang, Loe Lan Hwa mengetahuinya

Oleh oleh khas banjarmasin yang terkenal, oleh oleh khas jogja yang terkenal, oleh oleh khas padang yang terkenal, oleh oleh khas manado yang terkenal adalah, oleh oleh khas cirebon yang terkenal, oleh oleh khas solo yang terkenal, oleh oleh khas bandung yang terkenal, oleh oleh khas banyuwangi yang terkenal, oleh oleh khas jepang yang terkenal, oleh oleh khas surabaya yang terkenal, oleh oleh khas bogor yang terkenal, toko oleh oleh khas solo yang terkenal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top