Connect with us

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Informasi

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Obyek Wisata Guci Di Tegal – PENGUNJUNG yang ingin mengunjungi Obyek Wisata (OW) Guci di Kabupaten Tegal Jawa Tengah tidak perlu khawatir untuk membayar tunai. Pembayaran kemungkinan ke salah satu OW terpenting di wilayah Tegal ini sudah menggunakan metode pembayaran non tunai yaitu cukup menggunakan QR Code atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Peluncuran penggunaan sistem pembayaran melalui QRIS ini dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tegal dan digelar di pintu masuk OW Guci, Senin (15/3) sore.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan penggunaan QRIS di pusat wisata Guci tidak hanya memudahkan pelayanan pariwisata, tetapi juga bagian dari upaya pencegahan wabah.

Hanya Untuk 1.000 Pengunjung, Objek Wisata Guci Dibuka

Kata Umi, nantinya tidak hanya di OW Guci saja yang sistem pembayaran QRIS-nya berjalan, tapi di seluruh OW yang ada di Kabupaten Tegal sehingga uang dari badan pariwisata itu langsung masuk ke kas daerah.

“Awalnya metode non bayar ini akan kami gunakan di Obyek Wisata Guci yang merupakan obyek wisata andalan seluruh OW yang ada di Kabupaten Tegal,” jelas Umi.

Kepala Perwakilan BI Tegal M. Taufik Amrozy mengatakan, banyak platform yang menyediakan layanan QRIS, baik perbankan maupun non perbankan. Untuk aplikasi m-banking hampir semuanya sudah menyediakan QR Codes, dan untuk non-banking bisa menggunakan aplikasi Go Pay, OVVO, LinkAja dan lainnya.

“Apapun yang ingin digunakan, bisa menggunakan bank atau platform non bank. QRIS ini akan memudahkan pembayaran,” ujar Taufik.

Obyek Wisata Guci Suguhkan Spot Foto Yang Instragamable

QRIS juga dapat menghilangkan risiko pemalsuan. Dan yang jelas transaksi non finansial tidak perlu memberikan uang receh dan menggunakan uang yang jorok. Menurut Taufik, sistem pembayaran QRIS di masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi salah satu solusi yang paling tepat karena tidak perlu bertemu langsung atau melalui perantara keuangan.

BPBD: 681 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Cianjur 👤 Muhammad Fauzi 🕔 Selasa, 22 November 2022, 07:35 WIB

BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat sejauh ini jumlah rumah rusak akibat dampak gempa Cianjur di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat…

Obyek Wisata Guci Di Tegal

DPP KNPI: Kepuasan berujung kekerasan izin pertambangan di Maluku Utara 👤 Congrats Saragih 🕔 Selasa 22 November 2022, 07:10 WIB

Taman Wisata Air Panas Guci

Isu ketidakstabilan izin pertambangan di Maluku Utara terungkap setelah adanya temuan Tim Investigasi Kasus Pertambangan DPP KNPI yang menduga…

Berdasarkan data, ada sekitar 1.000 pedagang yang bertransaksi di kanal KBT. Mulai sekarang, pemerintah kota akan memutuskan di mana akan menjual dagangannya. Hari libur sering dimanfaatkan wisatawan untuk datang dan berkunjung untuk bersantai.

Cuaca mendung dan hujan seakan mencoba menutupi celah untuk menikmati Guci, salah satu tempat wisata (OW) di Kabupaten Tegal dengan luas 210 hektar dan terletak di sebelah utara Gunung Slamet. tingginya sekitar 1.050 meter.

Wisata Guci menawarkan berbagai kondisi alam. Pemandangannya menarik dan udaranya segar. Sejauh mata memandang, lanskap ladang pertanian dan bukit-bukit hijau tampak terang di bawah sinar matahari yang diselimuti bayang-bayang. Daya pikat destinasi wisata spa ini ternyata terlalu kuat untuk ditolak.

Wisata Guci Tegal, Semakin Cantik Dengan Jembatan Kacanya

Begitu menginjakkan kaki di Guci, hotel, losmen, dan wisma seakan memanggil Anda jika tidak tega untuk segera mengunjunginya, sebagai tempat peristirahatan dan relaksasi. Juga, kolam air panas atau hangat sehat.

“Di sini wisatawan tidak hanya melepas ketegangan hidup atau mencari ketenangan sendiri, tapi juga bisa menikmati pemandangan yang berbeda dari tempat wisata lainnya,” ujar Abdul Haris, Kepala UPTD Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.

Pusat wisata Guci, lanjutnya, menawarkan berbagai hal seperti 13 sumber air panas atau kolam, wisata hutan (ekowisata), tempat berkemah, lapangan sepak bola, lapangan tenis dan banyak lagi.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

“Ada 13 pancuran, air yang keluar dari pancuran di kawasan wisata ini konon bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik, luka dan penyakit kulit lainnya,” ujarnya.

Tempat Wisata Di Tegal Terbaru & Terhits Yang Wajib Dikunjungi!

Selain tempat wisata yang ada, di Guci juga terdapat wisata religi berupa makam Mbah Klitik. Tempat wisata ini biasanya ramai pada malam jumat di Kliwon.

Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh Gucci, mulai dari kaos dan oleh-oleh berupa buah dan sayur segar, makanan dan menikmati jagung bakar hingga sate kelinci. Ada juga kuda yang disewa dengan harga murah hanya untuk berkeliling kawasan wisata.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu, saat aktivitas Gunung Slamet terhenti, para wisatawan yang hendak berlibur ke spa Guci tidak terpengaruh dengan keadaan tersebut.

“Memang pesanan di berbagai tempat selama liburan sudah penuh. Sarana akomodasi yang ada sekitar 90% yaitu 90 hotel, 14 villa dan sekitar 100 residence dipesan oleh wisatawan dari luar daerah”, lanjutnya yang terus fokus pada peningkatan sarana dan prasarana wisata.

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Terpopuler Di Bali

Tarif Masuk Guci

Dari waktu ke waktu pengunjung Gucci terus meningkat. Sebagian besar wisatawan berasal dari wilayah Jawa Barat. OW Guci juga ramai dikunjungi wisatawan mancanegara yang ingin mendaki Gunung Slamet.

Rita Juwita (18), turis asal Kuningan, Jawa Barat, mengaku sudah 4 kali ke Guci. Menurutnya, lingkungan alam wisata Guci adalah alam terbuka, pemandangannya menarik dan udaranya segar.

“Pemandian air panas di objek wisata Guci di Kabupaten Tegal ini salah satu yang menarik. Sudah berkali-kali kami datang ke sini bersama keluarga untuk mandi dan menikmati keindahannya,” ujarnya. sebuah tempat air panas yang konon memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Pemandian Air Panas Guci atau Wisata Guci Tegal merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan Tegal.

Sarpras Di Wisata Guci

Seperti namanya, kota resor ini menawarkan air panas alami dari perut bumi disertai dengan udara pegunungan yang dingin.

Tempatnya sendiri berada di ketinggian 1300 dpl dengan suhu berkisar antara 17 derajat Celcius hingga 20 derajat Celcius.

Konon, sebelum ajaran Islam tersebar di daerah Tegal, ada seorang pendeta atau wali yang bertugas menyebarkan agama Islam di sana.

Namun ada satu hal yang berbeda, bahwa kapanpun dan dimanapun Wali berdakwah, dia selalu membawa kendi berisi air yang akan diberikan kepada orang yang dia dakwah.

Sejuknya Taman Wisata Guci Tegal

Air dipercaya memiliki banyak manfaat, sehingga permintaan air rebusan pun meningkat hingga akhirnya wali dapat memuaskannya.

Dan saat ini, air mancur ini dipasang air hujan di kawasan wisata.

Kesimpulannya, asal usul nama Guci berasal dari nama kolam air yang selalu dibawa oleh penjaganya.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Peristiwa bersejarah ini konon terjadi pada tengah malam Jumat malam Kliwon. Sehingga sampai saat ini setiap malam Kliwon banyak orang yang datang ke Guci untuk mandi. Karena percayalah, jika mereka melakukannya, keinginan mereka akan dikabulkan.

Tempat Pemandian Air Panas Di Guci Tegal Yang Cocok Untuk Menikmati Akhir Pekan

Keberadaan mata air panas ini bermula ketika berbagai pihak sedang meneliti keberadaan sumber air baru di daerah tersebut.

Sebelum populer, pemandian ini hanya digunakan oleh masyarakat setempat dengan beberapa mata air panas yang terletak di dasar goa.

Namun kini, tiga belas sumur telah dibangun di bawah gua, dan di samping sumur tersebut berdiri patung naga.

Dibawah ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa anda temukan dengan mengunjungi Wisata Guci Tegal antara lain :

Wisata Guci Tegal: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk 2022

Seperti namanya, air terjun ini sangat unik dan berbeda dengan air terjun lainnya yang aliran airnya hangat.

Untuk mencapai tempat tersebut Anda harus menempuh jalan yang sedikit terjal. Anda harus berhati-hati karena jalurnya juga licin.

Setelah berjalan beberapa meter melewati persawahan, Anda bahkan bisa melihat air terjun setinggi 5m.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Letaknya yang agak tersembunyi membuat air terjun ini cocok bagi mereka yang menyukai suasana damai, karena yang terdengar hanyalah suara air terjun.

Wow Keren!!! 5 Destinasi Wisata Alam Yang Eksotis Dan Hits Di Tegal, Yuk Eksplor Bareng Mantan Dan Keluarga

Saat kabut turun, area ini juga dipenuhi kabut. Jadi pastikan Anda mendapatkannya dalam waktu dan iklim yang bersahabat.

Lokasi air terjun ini berada sekitar 1 km di atas pemandian umum pemandian air panas 13 dengan ketinggian air terjun mencapai 15 m.

Layaknya pemandian air panas Guci, air terjun ini sering dikunjungi beberapa orang untuk berdoa/meminta berkah.

Wisata budaya mencapai puncaknya pada Jumat malam kliwon. Ini karena orang percaya bahwa jika Anda mandi di tengah malam dan meminta sesuatu, setiap keinginan akan dikabulkan.

Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah Indonesia

Selain kedua air terjun tersebut diatas, di kawasan Guci juga terdapat beberapa air terjun lainnya seperti :

Banyak pengunjung yang datang ke Guci untuk mandi agar badan terasa segar dan bugar kembali. Selain itu, air di sini tidak terlalu panas sehingga sangat aman untuk kulit Anda.

Sebaliknya, air hangat kolam ini tidak berbau belerang, sehingga nyaman digunakan untuk mandi.

Obyek Wisata Guci Di Tegal

Terdapat panjat tebing mini di tengah kolam yang dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa, serta seekor laba-laba yang dapat digerakkan setelah memanjat batu.

Hari Libur, Warga Kabupaten Tegal Kembali Nikmati Sensasi Obyek Wisata

Berendam di air panas memang sangat menyehatkan, karena akan memperlancar aliran darah, membuka pori-pori dan menutrisi kulit dengan belerang.

Di Guci untuk menarik wisatawan, ada beberapa mata air yang bisa Anda gunakan dan dipercaya aliran airnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membawa keberuntungan.

Ada dua pemandian umum di kawasan wisata Guci Tegal. Masing-masing kamar mandi ini disebut Doccia 13 dan Doccia 7, tergantung jumlah airnya.

Air yang keluar dari pancurannya konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga rematik.

Wisata Di Pemandian Air Panas Guci

Dan ada yang percaya, atau air

Obyek wisata guci kabupaten tegal, obyek wisata di tegal, obyek wisata guci terkini, obyek wisata air panas guci tegal, hotel di obyek wisata guci, villa di obyek wisata guci tegal, wisata guci tegal, obyek wisata guci tegal jawa tengah, wisata di guci tegal, hotel di obyek wisata guci tegal, obyek wisata guci, obyek wisata guci tegal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top