Connect with us

25 Hewan Langka Di Indonesia

Informasi

25 Hewan Langka Di Indonesia

25 Hewan Langka Di Indonesia – Hewan langka yang dilindungi di Indonesia – Sejauh ini para ilmuwan telah menemukan sekitar 8,7 juta spesies tumbuhan dan hewan, sedangkan 91% spesiesnya belum ditemukan di lautan. Meski dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman flora dan fauna, ternyata Indonesia memiliki banyak hewan yang terancam punah. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, baik alami maupun buatan manusia.

Desa perlu mengetahui dan mengetahui hewan apa saja yang terancam punah di Indonesia sehingga dapat berusaha menjaga dan melestarikannya. Berikut beberapa hewan langka di Indonesia yang semakin langka. apa pekerjaanmu Lihat ini!

25 Hewan Langka Di Indonesia

25 Hewan Langka Di Indonesia

Hewan langka yang pertama adalah komodo. Sebagai spesies langka pertama di Indonesia, Komodo adalah satu-satunya spesies purba yang masih hidup hingga saat ini. Nama lain hewan langka ini adalah Varatus commodensis atau Orah yang merupakan salah satu spesies reptil terbesar di dunia. Komodor memiliki gigitan yang sangat kuat dan bisa sangat mematikan, racunnya berasal dari ribuan kelenjar di area gusi. Saat ini komodo hanya ditemukan di Pulau Komodo, Flores, Gili Matang, Gili Dasami dan Rinca, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Lindungi Keberadaannya, Berikut 4 Hewan Langka Di Indonesia Yang Populasinya Terancam Punah

Akibat dibangunnya Taman Nasional Komodo, Komodo kini menjadi satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Lihat informasi lebih lanjut tentang Taman Nasional Komodo: Keindahan air yang dibawa oleh Komodo, Savannah dan Wahuana.

Jalak pasir atau Leucopsar rothschildi dalam bahasa latin merupakan hewan endemik asli Bali. Jalak pasir ditemukan pada tahun 1910 oleh seorang ahli zoologi Inggris, Walter Rothschild. Jenis burung ini memiliki ciri khas warna biru di sekitar mata dan warna tubuh yang serba putih. Jalak Bali terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Burung jalak menjadi semakin langka karena pembiakan dan perburuan burung jalak dalam jangka panjang. Jalak sendiri berkembang biak secara monogami, atau hanya memiliki satu pasangan selama musim kawin, artinya rasio jenis kelaminnya hanya 1:1. Jalak sendiri mulai berkembang biak pada umur 7-9 bulan.

Mereka menghasilkan telur dengan maksimal 3 telur dan dikonsumsi oleh induknya sekitar 16 hari sebelum menetas. Burung ini memiliki panjang 25 cm, paruh 3 cm, kepala (5 cm), leher (cm), sayap (13 cm) dan ekor (6 cm).

Penyu Belimbing Langka Di Perairan Indonesia

Macan tutul jawa merupakan hewan yang tergolong langka dan rentan serta masuk dalam IUCN Red List. Macan tutul jawa juga dilindungi oleh UU 134 Tahun 1931 tentang Perlindungan Satwa Liar. Macan tutul jawa merupakan spesies macan tutul yang berukuran paling kecil dengan penglihatan yang sangat tajam.

Spesies harimau ini merupakan hewan endemik yang hanya terdapat di Pulau Jawa sebagai habitat utamanya. Kini macan tutul jawa dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pulau Kangian dan Pulau Nusakambangan, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten hingga Taman Nasional Alas Purwo (Jawa Timur). Kelangkaan macan tutul disebabkan oleh perburuan dan habitatnya yang semakin terdegradasi oleh deforestasi dan perluasan lahan.

Burung cendrawasih yang berada di habitat aslinya di dataran rendah ini merupakan burung yang menjadi maskot pulau Papua. Terbagi menjadi 41 spesies dan hingga 38 spesies tersebar di Papua Barat, Kepulauan Torres hingga Australia bagian timur. Spesies Sendrwasih yang paling dikenal adalah Great Yellow Sendrwasih atau Paradise Apoda.

25 Hewan Langka Di Indonesia

Ukuran burung cendrawasih bervariasi tergantung spesiesnya, mulai dari spesies burung cendrawasih raja (berukuran 15 cm) hingga spesies sabit hitam (berukuran 110 cm atau 1 m). Ciri utama burung cendrawasih adalah warna bulunya yang menarik perhatian, seperti merah, hijau, dan biru. Misalnya berdasarkan penamaannya maka nama burung ini adalah cendrawasih kuning yang lebih dominan warna kuningnya, cendrawasih merah yang juga dominan warna cendrawasih merah, hijau dan biru.

Miris 13+ Hewan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah, Dilindungi

Burung Cendrawasih juga disebut burung cendrawasih atau birds of paradise di Eropa. Sayangnya, karena keindahannya tersebut, Burung Cendrawasih menjadi burung yang banyak diburu sehingga menjadi semakin langka. Cendrawasih kini menjadi instansi pemerintah berdasarkan UU No.5 Tahun 1990 dan PP No. 7 sejak 1999

Kucing merah merupakan hewan endemik asli pulau Kalimantan, penyebaran keberadaannya mulai dari dataran rendah, rawa dan pegunungan. Kucing ini merupakan salah satu hewan paling langka dan terancam sejak tahun 2002. Kucing merah Kalimantan yang bernama latin Catopuma badia ini juga dikenal sebagai kucing Kalimantan.

Diperkirakan hanya 2.500 individu yang tersisa di habitat aslinya karena perusakan habitat dan populasi kucing merah telah menurun sebesar 20% dalam beberapa tahun terakhir. Adapun ciri fisiknya, kucing merah ini memiliki warna coklat kemerahan dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dari ukuran kucing pada umumnya, namun lebih panjang pada bagian ekor dan bagian tubuhnya, kepalanya lebih kecil dan telinganya lebih bulat. .

BACA JUGA!!!  Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik Ke Dada

Ikan arwana terbagi menjadi beberapa jenis menurut warnanya, misalnya arwana silver dari Brazil, arwana hijau (Kalimantan Barat) dan arwana golden (Sumatera dan Malaysia), arwana merah sendiri asli dari Kapuas Hulu, Indonesia dan umum di Kalimantan Barat – daerah seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentaram. .

Dari Kukang Jawa Hingga Pika, Ini 4 Hewan Langka Yang Paling Pemalu Di Dunia

Satwa tersebut kini dinyatakan sebagai satwa langka dan dilindungi melalui Surat Keputusan Bupati Kapuas Hulu No. 6 Tahun 2001 yang menyatakan bahwa Danau Lindung Mpangau di Kalimantan Barat ditetapkan sebagai danau yang dilindungi. Alasan lain kelangkaannya adalah penangkapan ikan ilegal di masyarakat. Selain itu, air yang tercemar membuat landak laut sulit bertahan hidup. Selain itu berlaku hukum adat yang hanya memperbolehkan diambil jika kurang dari 5 cm.

Harimau Sumatera atau Panthera tigris sondica dalam bahasa latin merupakan spesies langka yang terancam punah. Pulau endemik Sumatera yang asli sekarang menjadi rumah bagi hanya 500 harimau Sumatera (66 harimau Sumatera telah dibunuh sejauh ini antara tahun 1998 dan 2000) karena perusakan habitat dan tingkat kematian yang tinggi. Bisnis ilegal di mana bagian tubuh diperdagangkan dengan harga tinggi di pasar gelap, seperti membuat perhiasan, tas kulit, ikat pinggang, dan lainnya.

Panjang rata-rata harimau sumatera jantan adalah 92 inci dan beratnya 140 kg atau 300 pon, harimau sumatera jantan mencapai tinggi 60 cm. Sedangkan betina tingginya sekitar 78 inci atau sekitar 198 cm dengan berat 91 kg atau sekitar 200 pon. Harimau Sumatera subur dengan masa kehamilan 103 hari dan dapat melahirkan 2 atau 3 anak harimau sekaligus.

25 Hewan Langka Di Indonesia

Menurunnya populasi harimau disebabkan berbagai faktor seperti menyusutnya habitatnya dan di antaranya adalah korporasi yang tidak bertanggung jawab. Hewan Langka – Pahami semua tentang harimau dalam serial Indonesia tentang harimau dan orangutan.

Selundupkan Orangutan Dan Hewan Langka Lain, Polisi Indonesia Tangkap Warga Rusia

Hewan Indonesia terlangka berikutnya adalah burung merak. Merak sebagai jenis burung yang termasuk dalam marga Pavo dan Afropavo serta termasuk dalam famili ayam hutan, merupakan hewan asli Asia daratan seperti India, Pakistan, Nepal, Indonesia, Myanmar, Burma, dan Afrika Tengah. Merak terutama ditemukan di bagian timur pulau Jawa di Indonesia. Habitatnya adalah daerah tropis dan liar seperti hutan dataran rendah dan dekat sumber air yang mengalir.

Burung merak sendiri lebih cenderung hidup di darat, meski tetap memiliki kemampuan terbang dalam kondisi tertentu. Mereka dicirikan dengan warna cerah dan ekor besar yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian lawan jenis saat musim kawin dimulai. Selain sebagai simbol kecantikan, bulu juga berfungsi sebagai pertahanan dari serangan musuh.

Pada siang hari burung merak ini hidup bebas atau berkelompok di darat. Pada malam hari, burung merak tidur di sekitar pohon. Burung merak sendiri bersifat nomaden atau bermigrasi secara berkala. Sayangnya, burung merak mulai mati, biasanya karena perburuan bulunya dan perdagangan barang-barang dekoratif dan kebakaran hutan.

Hewan terlangka di Indonesia berikutnya adalah duyung. Dugong adalah mamalia laut yang hidup di kawasan Indo-Pasifik dan ditemukan di perairan utara Australia di sepanjang Samudra Hindia dan Pasifik. Dugong juga merupakan kerabat dekat gajah, dengan jumlah yang semakin berkurang setiap tahunnya. Ia dugong adalah salah satu sirenia atau manatee serta manatee yang masih hidup dan dapat hidup hingga usia 70 tahun.

Cara Melindungi Satwa Langka Di Indonesia Agar Tidak Punah

Dengan panjang tubuh mencapai 3 meter dan berat mencapai 450 kg, duyung atau dugong merupakan satu-satunya mamalia laut herbivora yang berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem lamun. Dugong dapat menahan napas hingga 12 menit saat mencari makan dan berenang. Hingga saat ini, satwa tersebut masih sering diburu dan dimakan untuk diambil dagingnya, meskipun dilindungi oleh undang-undang pemerintah Indonesia, antara lain Undang-undang Nomor 7 tentang Konservasi Jenis Tumbuhan dan Satwa dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Hayati. Sumber daya alam, duyung sendiri termasuk dalam kategori biota perairan yang dilindungi.

Elang Flores Sebagai elang yang hanya terdapat di Indonesia, menyandang nama latin Nisaetus flores dan tumbuh dengan ukuran 71-82 cm. Ditemukan di beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur, mulai dari pulau Lombok, Sumbawa, Satonda, Rinca, dan Flores, elang masuk dalam daftar spesies terancam punah di Indonesia. Elang Flores hidup di hutan dataran rendah dan tinggi

Contoh hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia, artikel hewan langka di indonesia, gambar hewan langka di indonesia, jenis hewan langka di indonesia, 3 hewan langka di indonesia, 10 hewan langka di indonesia, hewan paling langka di indonesia, foto hewan langka di indonesia, 20 hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia adalah, lima hewan langka di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top