Informasi

3 Hewan Langka Di Indonesia

Published on

3 Hewan Langka Di Indonesia – DI INDONESIA HEWAN LANGKA MEMILIKI SUMBER DAYA ALAM YANG HANYA HIDUP DI INDONESIA. Sayangnya, kekayaan keanekaragaman hayati ini tidak dimanfaatkan secara bijak, yang berujung pada kepunahan dan kematian hewan langka.

Hewan ini sering diburu dan diburu. Selain itu, penggundulan hutan akibat pembalakan liar dan pembakaran liar telah menyebabkan banyak satwa liar kehilangan tempat tinggal.

3 Hewan Langka Di Indonesia

Jumlah setiap hewan semakin berkurang. Selain itu, seiring dengan tingkat kelahiran yang rendah, hewan ini termasuk langka dan punah.

Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan Langka

Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang terletak di wilayah peralihan antara Asia dan Australia. Namun, sekitar 294 spesies flora dan fauna Indonesia terdaftar sebagai spesies yang dilindungi dan terancam punah.

Nomor 27 Tahun 1999 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. Padahal, Indonesia merupakan rumah bagi ribuan spesies flora dan fauna, dan 294 spesies flora dan fauna Indonesia tergolong terancam punah dan harus dilindungi.

Sehubungan dengan itu, kami akan menjelaskan tentang 30 spesies hewan yang tergolong langka dan termasuk dalam zona kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya di bidang konservasi atau perlindungan satwa.

Sebenarnya tidak ada istilah untuk hewan langka, namun ada istilah “hewan langka” yang biasa digunakan oleh lembaga atau organisasi konservasi internasional. Sebagai contoh

Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Indonesia

Sebuah organisasi internasional yang terlibat aktif dalam penyelesaian berbagai permasalahan sumber daya alam, termasuk flora dan fauna. Khusus untuk hewan yang terdaftar sebagai terancam punah atau hampir punah

Dua spesies orangutan, orangutan Sumatera dan Kalimantan, terancam punah. Orangutan Sumatera merupakan spesies yang paling terancam punah dibandingkan dengan orangutan Kalimantan. Populasi orangutan Sumatera telah menurun 80% selama 75 tahun terakhir, menurut IUCN.

Pada tahun 1998-1999, tingkat kepunahan ditetapkan sebesar 1.000 orangutan per tahun. Sementara itu, para peneliti memperkirakan pada tahun 2004 jumlah orangutan di pulau Kalimantan Indonesia dan Malaysia sekitar 54.000 individu.

Orangutan Sumatera jantan memiliki pipi yang panjang. Ini yang membedakan spesies ini dengan orang utan yang hidup di Pulau Kalimantan.

Ejercicio De Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 1

Saat ini, jumlah total harimau sumatera tidak melebihi 300 individu. Oleh karena itu, menurut WWF, spesies harimau ini merupakan salah satu dari 6 spesies harimau yang bertahan hingga saat ini. Selain itu, tergolong fauna kritis atau hewan langka dan terancam punah.

Ciri yang membedakan harimau sumatera adalah warnanya yang hitam, kuning kemerahan dan jingga tua dibandingkan dengan semua spesies harimau lainnya. Kekhasan lainnya adalah ukuran tubuh harimau ini umumnya lebih kecil dibandingkan dengan spesies harimau lainnya.

Perluasan habitat akibat pembukaan lahan membuat harimau sumatera sulit bertahan hidup, sehingga harus dijaga dan dilindungi agar tidak punah.

Berkurang akibat aktivitas manusia di kawasan ini. Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam mengklasifikasikan komodo sebagai spesies yang sangat terancam punah.

Hewan Langka Ini Hanya Ada Di Indonesia

Biawak raksasa jenis ini dilindungi oleh peraturan pemerintah Indonesia dan taman nasional. Taman Nasional Komodo diciptakan untuk melindungi stabilitas mereka. Tempat tinggal utama kadal raksasa ini ada di pulau modern Komodo, Rinka, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami, Nusa Tenggara Timur.

Komodo pertama kali didokumentasikan oleh orang Eropa pada tahun 1910. Nama karnivora ini menjadi begitu terkenal setelah tahun 1912. Anthony Owens, direktur Museum Zoologi Buitenzorg (sekarang Bogor), menerbitkan sebuah artikel tentang Komodo setelah mengambil foto dan kulitnya. ini adalah reptil.

, ahli zoologi Inggris yang pertama kali menemukan hewan ini. dia juga yang mengumumkan penemuannya ke dunia akademik pada tahun 1912.

Bintang laut Bali hanya dapat ditemukan di Bali, terutama di bagian barat hutan. Burung ini juga merupakan salah satu spesies unik Bali, dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang.

Masih Ada! 60+ Jenis Hewan Langka Di Indonesia Dari Berbagai Daerah

Hal ini untuk memastikan bahwa risiko kepunahan tidak menjadi lebih serius. Sebagian besar kebun binatang besar dunia memiliki program konservasi bintang Bali.

), termasuk pemerintah dan penggemar satwa liar. Tikus Sumatera dan Tikus Jawa adalah dua dari 5 spesies badak yang terancam punah.

Spesies lainnya adalah badak India, badak hitam Afrika, dan badak putih Afrika. Namun, kedua spesies Batak ini sudah terancam punah.

Dan semua spesies dan jenis gajah asia sekarang diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah. Hal itu didasarkan pada Daftar Merah Spesies Terancam Punah yang dikeluarkan oleh badan internasional IUCN.

Hewan Langka Yang Dilindungi Di Indonesia

Ini karena berkurangnya habitat mereka dan perburuan yang terus berlanjut. Populasi gajah sumatera semakin ditakuti. Gajah sumatera telah kehilangan sekitar 70% habitatnya dalam 25 tahun terakhir.

Data juga menunjukkan bahwa jumlah hewan ini telah berkurang lebih dari setengah habitat aslinya. Perkiraan populasi pada tahun 2007 adalah antara 2.400 dan 2.800. Tapi sekarang, mungkin, jauh dari angka itu. Karena habitat mereka terus disusutkan dan dibunuh.

Kanguru hidup tidak hanya di benua Australia. Indonesia juga memiliki spesies kanguru yaitu kanguru pohon Wondivoi yang merupakan hewan langka yang terdapat di pulau Papua.

Berat diperkirakan sekitar 9,25 kg. Ciri lainnya adalah bulunya berwarna hitam dengan bagian kuning.

Hewan Langka Di Indonesia

Dia merah dengan ekor putih. Ukuran populasi kanguru pohon Wondiva tidak pernah ditentukan secara akurat. Namun, menurut Daftar Merah IUCN, total populasi spesies kangguru ini diperkirakan sekitar 50 ekor.

Anoa merupakan hewan yang umum di Pulau Sulawesi, terutama ditemukan di wilayah tenggara Sulawesi. Hewan ini termasuk hewan migran Asia dan Australia. Tergolong hewan langka, hewan ini sudah terancam punah sejak tahun 1960-an.

Selama 10 tahun terakhir, populasi Anoa mengalami penurunan yang signifikan. Saat ini ada kurang dari 5.000 anoa di alam liar. Risiko kepunahan seringkali tidak terlepas dari aktivitas para pemburunya.

Orang biasanya memburu hewan langka ini untuk diambil tanduk dan dagingnya. Secara umum, jenis hewan ini ada dua, anoa dataran dan anoa gunung.

Hewan Langka Di Indonesia / Dilindungi / Terancam Punah

Atau disebut monyet. Hewan ini merupakan salah satu dari sedikit spesies primata yang merupakan hewan langka yang terancam punah. Monyet hitam sulawesi merupakan hewan khas pulau sulawesi khususnya di daerah sulawesi utara.

Ciri yang paling mencolok dari monyet hitam ini adalah salib di kepalanya. Monyet ini memiliki nama lain yaitu

Spesies mamalia yang dikenal sebagai lumba-lumba air tawar. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2007, hewan ini dinyatakan punah karena jumlah hewan ini hanya 50 ekor.

Hewan langka ini berada di satwa liar Indonesia yang sangat terancam punah. Para ilmuwan di seluruh dunia percaya bahwa lumba-lumba Mahakam di Sungai Mahakam di Kalimantan Timur terancam punah.

Satwa Endemik Dilepasliarkan Di Hutan Papua, Mulai Dari Kakaktua, Nuri Kelam, Hingga Biawak

Populasi lumba-lumba dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti berkurangnya persediaan makanan di habitatnya, lewatnya perahu ponton di habitatnya, dan penggunaan zat beracun oleh nelayan. pada populasi lumba-lumba.

Harimau jawa merupakan hewan yang sudah lama punah, namun ada spesies yang mirip yaitu macan tutul jawa. Hewan langka ini memiliki nama ilmiah

Macan tutul liar telah lama diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah atau langka. Ada dua varian macan tutul jawa: macan tutul muda dan macan tutul hitam, juga dikenal sebagai macan kumbang. Meskipun kedua harimau ini memiliki warna yang berbeda, mereka termasuk dalam spesies yang sama.

Setelah membaca artikel ini, penulis berharap banyak orang yang lebih peduli terhadap kelestarian flora dan fauna di Indonesia. Hal ini dapat mengurangi resiko kepunahan dan perburuan satwa yang dilindungi. Demikian artikel tentang hewan langka di Indonesia, semoga bermanfaat dan menambah opini anda. Hewan langka adalah hewan dengan populasi rendah. Menurut BPS, ada 15 satwa yang tergolong terancam punah.

Mengenal 15 Hewan Langka Di Indonesia Yang Sudah Mulai Punah

Ketika kita datang ke kebun binatang atau taman safari, kita akan melihat binatang yang berbeda. Beberapa hewan ini endemik atau asli negara kita.

Sayangnya, banyak dari hewan asli ini terancam punah. Penyebab kepunahan bervariasi dari perusakan habitat hingga perburuan liar.

Ada banyak hewan Indonesia yang berbeda. Di bawah ini adalah deskripsi 15 spesies yang terancam punah.

Hewan endemik yang juga tergolong satwa langka adalah harimau sumatera. Hewan ini memiliki ciri khas kulit hitam dengan garis-garis gelap. Pola ini menyerupai sidik jari manusia.

Daftar Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

, tahun 2015 jumlah hewan ini 58, tahun 2016 – 71, tahun 2017 – 68.

Pada tahun 2017, jumlah gajah sumatera sebanyak 362 ekor. Angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2015 dan 2016 yang hanya berjumlah 84 dan 115 orang.

Sementara itu, faktor lain seperti kematian akibat keracunan dan pemasangan arus listrik di tempat penangkaran juga menyebabkan penurunan jumlah satwa tersebut.

, berat karakteristik gajah sumatera adalah 3 hingga 5 kg.

Hewan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah Dan Wajib Dilindungi

Gambar hewan langka di indonesia, hewan paling langka di indonesia, foto hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia, jenis hewan langka di indonesia, artikel hewan langka di indonesia, hewan laut langka di indonesia, 25 hewan langka di indonesia, contoh hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia adalah, 20 hewan langka di indonesia, 10 hewan langka di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA