Informasi

Wisata Yang Ada Di Papua

Published on

Wisata Yang Ada Di Papua – Rumah bagi pemandangan menakjubkan dan pemandangan bawah laut, Papua wajib dikunjungi, terutama bagi para pencari petualangan. Papua, yang terkenal dengan Raja Ampatnya, memiliki tempat-tempat menarik lainnya yang bahkan terjangkau oleh para pelancong beranggaran terbatas. Misalnya kota Jaipur yang berjarak sekitar 25 km dari Bandara Santani memiliki banyak tempat untuk dikunjungi. Bakpiya Mutiara Jogja merangkum 4 tempat wisata di Jayapura yang wajib dikunjungi.

Danau Santani, danau terluas di Papua ini begitu besar hingga berisi 21 pulau. Danau ini mudah diakses dan wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan menaiki perahu wisata. Untuk menarik wisatawan, situs ini menyelenggarakan Festival Danau Santani setiap tahun, biasanya di pertengahan tahun, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai masakan dan pernak-pernik khas Papua, serta berbagai pertunjukan budaya.

Wisata Yang Ada Di Papua

Bukit Jokowi dapat ditemukan pada pendakian kaki langit di Jaipur. Seperti yang bisa ditebak, nama tersebut terinspirasi dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Bersantai di lereng bukit sambil minum es krim kelapa adalah kegiatan yang populer. Pemilik kedai itulah yang menamai tempat itu “Bukit Jokowi” setelah kunjungan presiden. Selain segelas es kelapa muda, traveler tak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menikmati keindahan Teluk Utefa.

Tempat Wisata Di Papua

Terletak di dekat Bandara Santani, air terjun ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 20 menit di sepanjang jalur gunung. Meskipun ini merupakan perjalanan yang sulit, pendakian itu sepadan dengan pemandangan hutan yang menakjubkan di lereng gunung, batu-batu besar dan air terjun yang jernih. Dan bagian terbaiknya adalah tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi air terjun.

Awalnya bernama Danau Imphoto, yang populer disebut “Danau Cinta” atau “Danau Cinta” karena danaunya yang berbentuk hati. Sembari menyantap papeda (bubur sagu Papua), Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan danau, tapi juga mengagumi padang rumput luas yang mengelilinginya. Masuk ke lokasi ini tidak gratis, namun cukup terjangkau sekitar Rp 40.000 sudah termasuk biaya parkir. Jakarta Papua, provinsi timur Indonesia, dikenal dunia akan keindahan alamnya yang luar biasa. Tanah dan laut Papua sangat subur, belum lagi kaya akan biota laut dan budaya manusia. Tak heran jika Papua menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia.

Salah satu destinasi wisata paling populer di Papua adalah Pulau Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau besar dan kecil. Gumuk pasir putih, air laut jernih, bahkan tebing karang menjadi keindahan tersendiri.

Nama Raja Ampat berasal dari legenda seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur. Saat keempat telur menetas, mereka menjadi raja dari empat pulau utama – Waigeo, Batanta, Salavati, dan Misulo. Sedangkan tiga telur lainnya menetas menjadi wanita, hantu dan batu.

Keindahan Alam Wisata Raja Ampat Papua

Karena akses yang terbatas, berwisata ke tempat wisata di Papua ini cukup sulit dan cukup mahal, namun keindahan alam yang akan anda nikmati akan membuat semuanya worth it!

Keindahan alam yang masih terjaga kealamiannya seringkali sulit dijangkau wisatawan. Berperahu dan hiking adalah hal biasa. Itulah tepatnya yang harus Anda lakukan di sana! Anda bisa mengunjungi Wayag yang merupakan simbol dari Raja Ampat. Bebatuan tumbuh ditutupi dengan daun dan lumut membuat latar belakang yang sangat bagus untuk foto!

Raja Ampat memiliki banyak tempat yang indah diantaranya Pulau Misul, Pulau Salavati, Pulau Batanta dan Pulau Waigeo serta Pulau Pianem. Pulau Pianem memiliki laguna berbentuk bintang dengan air yang jernih. Tapi di tempat lain tidak kalah jelas. Ada banyak biota laut yang indah yang bisa Anda lihat dari permukaan juga. Di Papua, khususnya di Raja Ampat, Anda tidak akan melihat laut yang jelek!

Selain menikmati keindahan alam, berjalan-jalan di sekitar pedesaan dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Salah satu desa yang bisa dikunjungi adalah desa Sawinggar. Jika beruntung, Anda bisa melihat burung cendrawasih di sini! Anda juga bisa mengunjungi desa Sauvanderek yang juga merupakan desa wisata.

Tempat Wisata Di Timika Yang Paling Menarik

Keramahan penduduk setempat dan keceriaan anak-anak menyambut pengunjung dengan hangat akan membuat Anda malas untuk pulang. Di dermaga, Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan terumbu karang dari atas jembatan kayu.

Dalam suatu hubungan, tidak hanya pria yang ingin menyenangkan pasangannya. Wanita juga sering bertanya-tanya bagaimana sebenarnya cara menyenangkan pasangannya?Dalam lima tahun terakhir, Raja Ampat memang menjadi daya tarik utama wisata alam di Papua. Padahal, kawasan yang dijuluki sebagai “Negeri Mutiara Hitam” ini memiliki beragam hidden gems yang tak tertandingi.

Perpaduan dua provinsi, Papua dan Papua Barat, merupakan dataran terluas di Indonesia dengan luas 421.981 km2. Tanah Papua memiliki banyak danau, lembah, gunung, dan air terjun yang menawarkan pemandangan spektakuler. Belum lagi pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau utama dengan pantai-pantai menawan menanti Anda. Lalu apa saja tempat wisata alam di Papua? Berikut ikhtisarnya.

Lembah Blim merupakan sebuah lembah di Pegunungan Jayawijaya dengan suhu rata-rata 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Maklum, meski namanya “lembah”, wisata alam di Papua ini berada di ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi pegunungan. Bisa dibayangkan betapa asyiknya berlibur ke sini kan?

Destinasi Wisata Di Papua Barat Populer Selain Labuan Bajo

Lembah Balim juga menjadi rumah bagi beberapa suku asli Papua seperti suku Yali, Lani dan Hubula (Dani). Setiap bulan Agustus, Festival Budaya Lembah Balim diadakan untuk menampilkan pariwisata Jayawijaya dan pada saat yang sama menampilkan atraksi perang antar suku yang epik! Festival berusia tiga puluh tahun ini juga menampilkan alat musik tradisional (Pikon dan Vitavo), atraksi memasak tradisional (Bakar Batu), permainan anak-anak (Purdan dan Sikoko), dan masih banyak pertunjukan budaya menarik lainnya. Tertarik?

Di Wamena yang merupakan ibu kota Kabupaten Jayawijaya, ada lagi wisata alam di Papua yang wajib Anda kunjungi. Danau Habema atau dikenal juga dengan Danau Juginopa berjarak 48 km dari Wamena. Dengan pemandangan salah satu danau tertinggi di Indonesia, rasa lelah perjalanan sekitar tiga jam pasti terbayar.

Berada di ketinggian 3.225 mdpl, setibanya di Danau Habema Anda akan disambut oleh burung-burung eksotik yang hanya ada di Papua. Penuh dengan semak-semak, dan karena danau hampir selalu diselimuti kabut, suasananya menjadi lebih damai. Selain panorama Gunung Trikora, wisata alam di sini pasti menyenangkan!

Anda suka wisata air? Pastikan untuk mengunjungi Taman Nasional Teluk Centrwasih yang merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia. Bayangkan, luasnya mencapai 1.453.500 hektar! Teluk Sendarwasih memiliki tidak kurang dari 18 pulau dengan lebih dari 500 spesies… Bagi penyuka diving atau snorkeling, tempat ini benar-benar surga!

Objek Wisata Air Terjun Wafsarak Biak Numfor Papua

Teluk Kenderwasih adalah ‘rumah’ hiu paus jinak (Rhincodon typus). Nelayan dan warga sekitar sudah terbiasa berinteraksi dengan makhluk laut raksasa ini. Anda bisa memesan paket diving untuk berenang bersama spesies mamalia yang rata-rata berukuran 20 meter ini. Berani?

Bandara Terdekat: Bandara Dove Arthur – Nabire, kemudian menyeberang dengan perahu motor sekitar 3,5 jam.

Pada tahun 2007 Danau Panai diakui sebagai danau terindah di dunia pada Konferensi Danau Dunia. Sungguh luar biasa keindahan danau di ketinggian 1.700 mdpl ini tetap terjaga meski semakin banyak orang yang tinggal di sekitar danau.

Tempat terbaik untuk melihat keindahan danau seluas 14.500 hektar ini adalah dari puncak bukit desa Enarotli. Cobalah untuk meyakinkan penduduk setempat yang membudidayakan makanan laut seperti ikan mujair, ikan mujair, belut dan udang untuk menjual hasil tangkapan mereka – dan nikmati cita rasa masakan Papua yang segar dari danau!

Infografis 5 Tempat Wisata Menarik Di Papua Selain Raja Ampat, Apa Saja?

Ada sebuah pantai di bagian timur laut Pulau Biak yang menawarkan air laut berwarna biru kehijauan dengan pasir putih yang sangat bersih. Ada sekitar tujuh “pintu masuk” ke laut, namun salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Bosnia, yang memiliki nama lain: Pantai Segara Indah. Wow, namanya benar-benar tidak bisa berbohong!

Anda bisa berenang atau menyelam di pantai ini, namun harus berhati-hati karena arusnya cukup kuat. Ingin berjemur di bawah sinar matahari atau bersantai di angin sepoi-sepoi? Anda hanya perlu menyewa kursi pantai atau gubuk yang berjejer di sekitar pantai.

Apakah Anda memiliki keterampilan mendaki gunung yang tergolong terampil? Mungkin menaklukkan puncak tertinggi dunia ada di daftar keinginan Anda. Gunung Karstens, dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut, merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia. Wisata alam abadi berselimut salju di Papua memang bukan untuk pemula.

Mendaki pegunungan Jayawijaya bukan hanya tentang cuaca ekstrim. Ngomong-ngomong, harga mendaki gunung ini sangat mahal, karena peralatannya tidak main-main. Belum lagi biaya operator dan transportasi. Pendaki harus membayar jutaan dan melakukan perjalanan setidaknya selama tujuh hari untuk memenuhi keinginan mereka untuk berpetualang. Tapi itu tidak akan membuat Anda takut untuk menabung dan berencana menaklukkan Gunung Karstens, bukan?

Kemenparekraf Perkuat Sinergi Wujudkan Pariwisata Berkualitas Di Biak Numfor Papua

Membentang antara kota Jaipura dan Kabupaten Jaipura, danau cantik ini dikelilingi oleh 24 desa! Terletak di lereng Cagar Alam Pegunungan Cyclops, danau ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Berjalan-jalan di sekitar pulau-pulau kecil danau ini, Anda akan melihat banyak hewan darat dan laut yang unik. Anda juga bisa menjumpai pohon matoa, pohon pinang, dan pohon kayu putih.

Untuk mencapai Danau Santani, Anda hanya perlu berjalan kaki 15 menit dari Bandara Kota Jaipur. Meski memiliki waktu terbatas untuk menjelajahi wisata alam Papua, jangan lewatkan danau seluas 9.360 hektar ini!

Wisata alam di Papua tidak hanya didominasi oleh danau atau gunung, ada juga air terjun yang indah seperti Air Terjun Bihewa. Jika Anda berangkat dari bandara Docteur, akan memakan waktu sekitar dua setengah jam

Wisata alam di papua, tempat wisata di papua, wisata di papua, pulau yang ada di papua, flora dan fauna yang ada di papua, hewan yang ada di papua, objek wisata yang ada di papua, wisata di papua nugini, tempat wisata yang ada di papua, objek wisata di papua, suku bangsa yang ada di papua, wisata di papua barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA