Informasi

Oleh Oleh Khas Kebumen Jawa Tengah

Published on

Oleh Oleh Khas Kebumen Jawa Tengah – Kebumen dikenal sebagai Kota Walet. Selain itu, Kebumen memiliki banyak kuliner yang bisa dicoba. Saat Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa ada beberapa makanan khas Kebumen. Kuliner ini bisa dinikmati langsung atau dijadikan oleh-oleh khas daerah. Di bawah ini adalah daftar makanan khas Kebumen

Sale pisang ini terbuat dari pisang yang diiris tipis. Proses penjemuran menggunakan sinar matahari langsung yang membuat jualan pisang berbeda dengan yang lain. Jemuran ini membuat pisang dapat bertahan lama sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh. Setelah kering, pisang digoreng dengan lapisan tipis tepung.

Oleh Oleh Khas Kebumen Jawa Tengah

Oleh-oleh ini memiliki rasa manis dan gurih karena proses pemanggangan. Makanan khas Kebumen ini berasal dari desa Mangli di kecamatan Kuvarasan. Namun ada beberapa penjual pisang di Kebumen yang mudah ditemui saat berkunjung ke kota ini.

Lanting Aneka Rasa/makanan Khas Kebumen

Lanting merupakan salah satu oleh-oleh khas kota ini. Kebumen juga dikenal sebagai Kota Lanting karena memiliki masakan ini. Camilan berbahan dasar singkong ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Bentuknya menyerupai angka delapan dan berwarna putih.

Awalnya Lanting hanya bumbu dasar dan bawang goreng. Namun kini lanting telah berubah menjadi beberapa varian rasa yang menarik. Varietas lanting tersedia rasa balado, manis pedas, keju, jagung goreng dan rasa lainnya.

Saat berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan menu nasi khas dengan lauk sayur kikil dan nangka. Nasi Penggel adalah hidangan unik yang disajikan dengan nasi bulat. Rasa unik didapat dengan menyajikan nasi di atas daun pisang cincang. Satu porsi nasi pengel terdiri dari 7 sampai 8 butir nasi dan lauk pauk.

Anda bisa menikmati masakan ini untuk santapan Anda saat berkunjung ke Kebumen. Harga yang ditawarkan sangat murah, yaitu sekitar 8 hingga 10 ribu rupiah. Namun nasi ini tidak banyak dijual karena banyak makanan lain yang mendominasi kota Kebumen.

Mix 4 Rasa

Yutuk goreng hanya bisa ditemukan di Kota Walet ini. Pantai Kebumen memiliki banyak hewan laut. Masyarakat sekitar mudah mengolahnya dengan yutuk campuran bakwan atau kacang tanah. Rasanya seperti udang bakwon yang renyah dan asin khas seafood. Jika Anda berkunjung ke Pantai Patnahan, jangan lewatkan kuliner yang satu ini.

Nasi goreng yutuk sangat cocok sebagai pelengkap menu makan. Di kawasan pantai banyak terdapat ikan lele flakes yang cocok dengan utuk goreng.

Seperti namanya, soto ini berasal dari daerah Tamanwinangun, salah satu daerah di Kebumen. Banyak pemasok Soto berasal dari daerah ini. Soto ini berbeda karena menggunakan kuah santan yang dicampur dengan daging entok atau itik. Soto bisa dijadikan menu makan siang atau makan malam, karena mengisi peralatan makan kamar.

Daging bebek suwirnya sangat gurih dengan campuran santan yang kental. Anda bisa menambahkan kerupuk agar lebih padat. Kuliner yang satu ini harus Anda nikmati secara langsung di daerah Kebumen.

Sate Ambal Khas Kebumen Tembus Mancanegara Ikut Lapak Ganjar

Sate ini sebenarnya merupakan makanan khas dari Kebumen. Namun saat ini sudah banyak daerah sekitar yang menjual sate ambal ini. Sate Ambal sendiri berasal dari daerah Ambalresmi di pesisir selatan kota Kebumen. Bahan utamanya biasanya sama, ayam dimasak di atas bara api.

Perbedaan sate ambal dengan sate lainnya terletak pada bumbunya. Bumbu untuk sate berasal dari tempe. Tembe dibuat menjadi sambal, yang dicampur dengan jahe dan rempah-rempah lainnya untuk menciptakan rasa yang berbeda. Satu porsi sate bisa dinikmati dengan lontong atau ketupat. Harganya cukup masuk akal, sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah.

Petanahan memiliki unsur wisata pantai dan kuliner yang menggugah selera. Sajian yang bisa dinikmati dengan yutuk goreng adalah soto ayam. Kalau suka langsung beda dengan kebanyakan soto yang dijual. Kuah soto yang kental kaya akan rasa gurih dan rempah.

Satu porsi soto ayam dilengkapi dengan suwiran ayam, tauge, dan rum bites. Karena itu, seporsi soto cukup untuk makan siang sampai Soto Pak Kored adalah soto ayam yang enak dan unik di Kebumen, wilayah Petanahan.

Masakan Khas Kebumen, Sekali Coba Langsung Ketagihan

Kebumen Bengkong sangat terkenal dengan buah-buahannya. Anda bisa menemukan penjual buah bengkong di pinggir jalan di kota ini. Bengkong tersebut dirangkai dengan bambu sehingga berdiri dengan rapi layaknya penonton sepak bola. Penghasil bengkong yang terkenal adalah Prembun, karena bengkong dari kecamatan ini memiliki rasa yang segar dan sedikit manis.

Warnanya juga putih. Bentuknya yang bersih dan ideal menjadikan bengkong terbaik di kecamatan ini. Bengkong memiliki banyak air sehingga sangat cocok dinikmati saat musim panas tiba. Olahan lain dari bengkong biasanya ditambahkan ke dalam campuran salad atau pasta. Buah ini sangat baik dikonsumsi terutama untuk kesehatan kulit.

Gula Jawa atau gula merah yang dihasilkan dari daerah Kebumen adalah yang terbaik. Gula aren bisa dijadikan oleh-oleh atau dibawa pulang untuk dicampurkan ke dalam masakan rumahan. Gula yang dibuat dengan dasar air jus ini dipanaskan hingga mengental. Jus kental dibiarkan dingin di cetakan.

Gula merah yang diproduksi di kota ini dikenal tidak memiliki bahan pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Banyak pengrajin gula merah di kota ini yang sudah lama membuat gula berkualitas. Sebagian nelayan dan petani menjadikan gula merah sebagai penghasilan saat tidak bertani atau melaut. Daerah pesisir yang banyak pohon kelapa mudah menghasilkan gula ini.

Lanthing, Camilan Khas Kebumen Bercita Rasa Gurih Nan Renyah

Makanan khas Kebumen selanjutnya adalah jipong, makanan yang terbuat dari kacang tanah, gula aren dan minyak. Sebagai salah satu penghasil gula Jawa terbaik, Jipong dibuat dengan gula khas Kebumen. Menurut sejarah, zipang diproduksi dengan cara yang sama sejak zaman dahulu hingga saat ini. Sehingga Jipong akan selalu memiliki cita rasa yang sama dan unik.

Dengan rasa yang manis dan gurih, jipong merupakan camilan yang pas untuk dibawa bepergian. Jipang juga bisa dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang enak dan harga yang murah. Bobotnya yang ringan memudahkan membawa jipong sebagai oleh-oleh dari Kota Kebumen.

Berada di Jawa Tengah, kota ini memiliki banyak tempat wisata dan tentunya kuliner yang nikmat. Beberapa kuliner di Kebumen wajib dicoba. Menikmati kuliner di kota asal pasti lebih nikmat dan berbeda dibandingkan membeli di kota lain. Pastikan Anda menikmati beberapa kuliner di atas saat berkunjung ke Kota Walet ini. Setelah puas berlibur menjelajahi tempat-tempat wisata suatu daerah, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh unik yang menunjukkan identitas daerah tersebut. Terletak di Jawa Tengah, Kabupaten Kebumen memiliki sejumlah monumen unik yang populer dan banyak dicari wisatawan.

Oleh-oleh unik antara lain makanan ringan, makanan khas dan kerajinan tangan masyarakat Kebumen yang tentunya tidak mudah ditemukan di daerah lain.

Jual Suka Sari Lanting Bumbu Aneka Rasa 200gr Khas Kebumen

Sabun genang terbuat dari kuncup bunga kelapa yang belum mekar. Rasanya otentik dan lezat. Teksturnya juga kenyal. Harga Sabun Jenang mulai dari Rp 22.000 per detik.

Kue kethek dibuat dengan minyak kelapa atau air perasan blando yang dicampur dengan cabai, kenkur, garam, gula dan bumbu lainnya. Olahan tersebut kemudian dibungkus kemudian dikukus. Rasanya gurih, sedikit asin dan pedas. Harga mulai dari Rp 10.000 per buah.

Yutuk adalah sejenis hewan laut yang memiliki cangkang dan bentuknya menyerupai tempat berlindung. Hewan ini biasa ditemukan di kawasan pesisir Kebumen. Ini enak. Yutuk paling enak dimakan dengan nasi.

Saat anda berkunjung ke Kebumen anda akan melihat banyak warga yang mengambil getah dari pohon kelapa untuk diolah menjadi karamel kemudian dibentuk dan dikeringkan pada suhu ruangan.

Makanan Khas Kebumen

Keunikan keripik khas Kebumen adalah bentuknya yang kecil dan teksturnya yang padat dibandingkan dengan keripik dari daerah lain. Saat ini Emping Mendem dijual dalam berbagai rasa seperti asin, manis, balado, pedas dan keju. Harganya Rp 30.000 untuk 250 gram.

Sedikit berbeda dengan daerah lain, sale pisang khas Kebumen ini dibuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian dijemur hingga kering. Kemudian digoreng setelah menambahkan campuran tepung. Penjual pisang bisa ditemui di Desa Mangli. Setiap paket dibandrol dengan harga Rp 15.000.

Di Kebumen, biji pohon genitri dijadikan kerajinan tangan seperti tasbih, hiasan rumah unik, gelang dan kalung. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 10.000 tergantung jenis dan kesulitan pembuatannya.

Warung khas Kebumen ini memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Biasanya berkaitan dengan filosofi pola atau motif. Ciri khas batik Kebumen adalah motifnya selalu menggambarkan situasi sehari-hari atau kondisi alam. Harga mulai dari Rp 200.000 per baju.

Oleh Oleh Khas Kebumen, Ini 5 Makanan Populer Yang Wajib Kamu Borong

Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil kerajinan anyaman bambu, Kebumen memiliki banyak sekali kerajinan bambu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh seperti keranjang, tas, tikar, topi, dll. Harganya mulai dari Rp 10.000, bervariasi tergantung jenis dan tingkat kesulitannya. dari produksi.

Ciri khas keramik khas Kebumen adalah motif batik pada desainnya. Pertama, pot dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan kemudian dijemur. Setelah kering, permukaan keramik dicat dengan motif batik baik dengan tangan maupun dengan lukisan.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Kebumen yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga anda di kampung halaman. Sudah tahu mau beli apa?

IDN Times adalah media yang menyediakan platform untuk komunitas menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sendiri. Sebagai daerah yang banyak ditinggali orang-orang kreatif, banyak makanan khas yang disajikan sebagai sajian khas yang menjadi ciri khas Kebumen.

Inilah 12 Kuliner Khas Kebumen Jawa Tengah Dengan Nama Unik Dan Rasa Yang Menggoyang Lidah

Kebumen juga merupakan salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi karena banyak tempat wisata yang bagus. Apa saja tempat wisata tersebut?

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Lagending, Gua Jatijajar, Waduk Sempore dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke sini tidak akan pernah membosankan. Sebab, selain menikmati tempat wisata

Oleh oleh khas brebes jawa tengah, oleh oleh khas dieng jawa tengah, oleh oleh khas pekalongan jawa tengah, oleh oleh khas jawa tengah, oleh oleh khas salatiga semarang jawa tengah, oleh oleh khas wonosobo jawa tengah, oleh oleh khas demak jawa tengah, oleh oleh khas boyolali jawa tengah, oleh oleh khas solo jawa tengah, oleh oleh khas jepara jawa tengah, oleh oleh khas tegal jawa tengah, oleh oleh khas purworejo jawa tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 KANHA MEDIA