Connect with us

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Informasi

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Air Terjun Senaru Lombok Utara – Berkunjung ke air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Anda akan melihat air terjun yang mengalir di atas bebatuan yang berkesan. Tak hanya itu, udara sejuk dan pemandangan hijau alami menanti Anda. Pulau Lombok memiliki pesona wisata alam yang sungguh menakjubkan berpadu dengan irama santai. Di kaki Gunung Rinjan terdapat beberapa air terjun yang sangat terkenal. Ini termasuk Air Terjun Sendang Gil dan Tiu Kelep. Kedua aliran air terjun ini membentuk satu aliran. Kabut memenuhi lembah dan dingin saat Anda dekat.

Air terjun ini terletak di sisi utara di kaki Gunung Rinjani. Yang juga merupakan bagian dari rute jalan kaki. Secara administratif, Air Terjun Sendang Gil dan Air Terjun Thiu Kelep terletak di Desa Kecamatan Lombok Utara, Kecamatan Bayan, NTB. Sekitar 2,5 jam perjalanan dari kota Mataram. Mengingat jarak yang cukup jauh, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi wisata air terjun yang megah ini.

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Air terjun Sendang Gile cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Lombok ini. Anda cukup berjalan kaki hingga 15 menit. Karena letaknya yang dekat dengan pintu masuk Air Terjun Sendang Gile, maka lebih banyak dikunjungi wisatawan. Bagi Anda yang tidak menyukai medan yang terlalu berat, Air Terjun Sendang Gile adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Jelajahi Sisi Lain Wisata Lombok; Yuk Ke 10 Air Terjun Di Lombok Ini!

Di sepanjang jalan yang menuju ke dua air terjun tersebut, Anda akan melihat pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Sebagian besar flora yang tumbuh di daerah ini adalah tumbuhan tropis. seperti pohon beringin (

) Meskipun padat dan tertutup dedaunan, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena jalan menuju air terjun Sendang Gil sangat sederhana. Namun jika Anda kurang yakin, Anda bisa meminta pemandu wisata setempat untuk menunjukkan jalan menuju Air Terjun Sendang Gil.

Jalur menuju Air Terjun Sendang Gil sebagian besar berupa tangga. Cara ini cukup nyaman bagi Anda. Namun sesampainya di tempat air terjun, Anda juga harus berhati-hati. Ada banyak batu besar di sekitar air terjun. Jika Anda mendaki sedikit, Anda akan melihat bagaimana air mengalir di atas bebatuan. Anda juga bisa duduk santai di bebatuan sambil menikmati pemandangan air terjun di depan Anda. Jika cuaca cukup dingin, Anda juga bisa menemani secangkir kopi yang bisa Anda dapatkan dari kios-kios di sekitar air terjun.Ketika Anda mengunjungi air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Anda akan melihat air terjun yang mengalir di atas batu peringatan. Tak hanya itu, udara sejuk dan pemandangan hijau alami menanti Anda. Pulau Lombok memiliki pesona wisata alam yang sungguh menakjubkan berpadu dengan irama santai. Di kaki Gunung Rinjan terdapat beberapa air terjun yang sangat terkenal. Ini termasuk Air Terjun Sendang Gil dan Tiu Kelep. Kedua aliran air terjun ini membentuk satu aliran. Kabut memenuhi lembah dan dingin saat Anda dekat.

Air Terjun Tiu Kelep terletak di atas Air Terjun Sendang Gile. Aliran air terjun Sendang Gile sendiri mengalir melewati tebing setinggi 30 meter. Bebatuan yang mengalirkan air diselimuti dedaunan hijau dan duri. Nah, aliran air terjun yang menyatu dan melewati bebatuan yang diselimuti rerimbunan, daerah sekitarnya diselimuti kabut tipis. Lengkungan pelangi terkadang terlihat di dekat air terjun. Aliran air dari air terjun Tiu Kelep kemudian mengalir ke air terjun Sendang Gile.

Makan Asyik Di Waroeng Senaru, Lombok Utara

Di sepanjang jalan yang menuju ke dua air terjun tersebut, Anda akan melihat pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Sebagian besar flora yang tumbuh di daerah ini adalah tumbuhan tropis. seperti pohon beringin (

) Meskipun padat dan tertutup dedaunan, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena jalan menuju air terjun Sendang Gil sangat sederhana. Namun jika Anda kurang yakin, Anda bisa meminta pemandu wisata setempat untuk menunjukkan jalan menuju Air Terjun Sendang Gil.

Bagi Anda yang menyukai jalur menantang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep. Dibutuhkan 45 menit untuk sampai ke sana. Anda akan menaiki tangga yang agak curam. Setelah itu Anda juga akan menyeberangi sungai yang agak dangkal. Di sungai ini Anda akan merasakan kesejukan aliran air yang sangat jernih. Anda juga akan menyusuri jalan setapak sungai yang mengalir lembut. Cukup lucu.

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Petualangan Anda akan sempurna saat sampai di Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi, yaitu sekitar 45 meter. Alirannya cukup besar dan cepat sehingga menimbulkan percikan yang kuat pula. Jika tidak ingin basah, pilihan terbaik adalah memakai jaket tahan air. Sebuah pohon besar tumbuh di atas batu tak jauh dari sana.

Tour Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep juga menjadi salah satu lokasi dari perusahaan TV yaitu Trans TV tempat syuting film “Perjalananku, Petualanganku, Film” yang merupakan salah satu tontonan fenomenal anak muda Indonesia saat ini.

Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep berasal dari bahasa Sasak yang berarti “Kolam Terbang”. Sedangkan nama Sendang Gile diambil dari legenda setempat. Legenda tersebut menceritakan tentang seorang pangeran yang dikejar oleh seekor singa gila. Sang pangeran kemudian bersembunyi di balik air terjun untuk menghindari singa. Terakhir, air terjun tersebut bernama Sendang Gail. Kedua air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan meremajakan. Penduduk setempat juga percaya bahwa aliran air terjun akan meningkat jika orang-orang di sekitar berbicara lebih keras kepada keluarga, kerabat, atau orang yang mereka cintai. Di Lombok Utara, lebih tepatnya di Desa, Kecamatan Bayan, terdapat sebuah tempat yang ramai dikunjungi pengunjung yaitu Air Terjun Sendang Gail.

Namun mungkin banyak orang yang belum mengetahui dari mana asal air terjun indah nan magis ini. Air terjun ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) karena letaknya tepat di bawah pintu masuk jalur trekking.

Di balik keindahan objek ini ternyata ada mitos yang menyertainya. Konon pada masa Kedatuan Bayan tahun 1287, orang sering menyebutnya Batu Kok atau Batu Kerbau. Sendang Wolf secara tidak sengaja ditemukan oleh salah satu warga yang mengejar singa yang marah setelah memasuki pemukiman.

Air Terjun Tiu Kelep, Cantiknya Air Terjun Seperti Tirai

“Masyarakat setempat menyebut singa gila itu ‘Sendang Gile’, namun seiring berjalannya waktu pengucapan kata ‘Sendang’ berubah menjadi ‘Sendang’, sehingga air terjun ini akhirnya diucapkan sebagai Sendang Gile,” kata Lurah Isa Rahman, A. Md, Senin (10/4).

Menurutnya, pada tahun 1987, warga mulai membangun jembatan untuk mengakses kawasan yang dikenal memiliki 4 (empat) air terjun tersebut. Khususnya Sendang Gil, Tiu Kelep dan Bataran Lenjan.

“Sementara air terjun Pengumpasan letaknya di sebelah barat, tepatnya di desa adat. Jadi, sejak itu orang mulai berdatangan ke tempat itu,” jelasnya.

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Anda membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam dengan mobil untuk mencapai tempat tersebut dari Kota Mataram. Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga selama kurang lebih 15 menit dari loket tiket.

Uji Adrenalin Di Air Terjun Tertinggi Lombok

“Pemerintah mulai menjual tiket pada awal 2000-an dan juga membangun tangga,” katanya.

“Kami ingin hadir di sini agar aksi ini terus berlanjut ke depan, banyak wisatawan yang datang dan perekonomian masyarakat meningkat,” katanya. Dulu… mungkin Anda pernah mengajak anak kecil atau orang tua ragu untuk pergi ke Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani, lebih tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, beberapa tahun belakangan ini jalan semakin dipermudah.

Terdapat undakan batu yang tertata rapi untuk turun dari gerbang masuk Air Terjun Sendang Gile (air terjun terdekat). Kemudian jalan menuju Tiu Kelep masih berbatu dan relatif datar.

Tangga jembatan juga rapi dengan pegangan tangan di kedua sisi. Jembatan yang memiliki saluran air di bawahnya yang dulunya berlubang dan hanya memiliki pagar di satu sisi, kini lubang tersebut ditutup dengan jeruji besi dan terdapat pagar di kedua sisinya. Jalannya juga teduh karena berada di kawasan hutan yang merupakan bagian dari Taman Geologi Rinjani.

Wisata Lombok Air Terjun Senaru

Jadi Anda harus berhati-hati ketika harus menyeberangi sungai. Sungainya dangkal, tapi airnya cukup deras. Tapi kalaupun terpeleset dan jatuh, tidak berbahaya

Anda jatuh dan basah. Jangan khawatir, ada anak-anak setempat yang dengan cepat membantu memegang tangan kami saat kami menyeberangi sungai. Sesuatu sedang terjadi

Oh ya, anak-anak ini berani mandi di kanal di bawah jembatan. Dan meminta kami untuk mengawasi dari sangkar besi di dasar jembatan.

Air Terjun Senaru Lombok Utara

Selepas sungai kita harus melewati bebatuan besar yang terlepas dari kelembapan atau meluncur di antara tubuh kita. Setelah itu, suara air menjadi lebih jernih dan Anda mulai merasakan gemericik air, pertanda air terjun sudah dekat.

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep Keindahan Lombok Utara Yang Menjadi Satu

Total durasi jalan santai dari pintu gerbang menuju air terjun sekitar 35-45 menit. Jalan pulang kalau mau pengalaman yang berbeda bisa lewat pipa air atau saluran drainase, tapi harus punya senter. Dan Anda harus berhati-hati karena akhir-akhir ini, kata pemandu, kabel di dasar kanal banyak mencuat dan membahayakan kaki Anda.

Apakah aman untuk berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun? Aman asalkan tidak terlalu jauh di tengah. Itu dangkal di sekitar tepinya untuk berendam yang bagus. Bagi yang bisa berenang, Anda mungkin akan sedikit berada di tengah, namun tetap hindari berada langsung di bawah derasnya air terjun, karena Anda bisa tenggelam. Jadi Anda tidak bisa menikmatinya

Air terjun kelambu lombok, air terjun lombok barat, air terjun senaru lombok, air terjun lombok utara, air terjun lombok, senaru lombok utara, wisata air terjun lombok, penginapan di senaru lombok utara, air terjun senaru, air terjun senaru di lombok, air terjun di lombok, air terjun sumatera utara

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top