Connect with us

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Informasi

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Objek Wisata Murah Di Jakarta – Banyak payung menghiasi pasar seni Ancol di Jakarta pada Rabu (11/09). Saat ini, Pasar Seni Ankola menjadi tempat para seniman yang masih eksis namun harus bungkam. (/Helmi Fithiansyah)

, Jakarta – Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Disadari atau tidak, masyarakat yang tinggal di Jakarta, kota kecil ini sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata yang patut untuk dilihat.

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Meski tidak kalah besar dibandingkan Bali yang menjadi destinasi pariwisata dunia, Jakarta kini telah banyak melakukan pembenahan untuk mengembangkan industri pariwisata. Misalnya menjadikan Kepulauan Seribu di Indonesia sebagai Bali baru.

Tempat Wisata Viral Jakarta Yang Sedang Ngehits Di Tiktok

Selain itu, ada banyak tempat wisata menarik di pusat dan pinggiran Jakarta. Pengunjungnya banyak, tapi peminatnya juga banyak. Ada yang berhasil bertahan lama, namun ada pula yang sudah tutup karena sepi pengunjung.

Alasannya tentu saja berbeda. Ada orang yang kalah dengan perkembangan dan tren teknologi, ada orang yang rusak oleh waktu atau tidak bisa beradaptasi dengan zaman.

Menurut berbagai sumber, ada enam tempat wisata di Jakarta yang dulu populer dan selalu ramai pengunjung, namun kini sepi, bahkan ada yang sudah lama tutup dan tidak beroperasi lagi.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, pasar seni yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ankol (sekarang bernama Ankol Taman Impian) ini sempat menjadi tujuan wisata yang populer. Banyak karya seni para seniman Indonesia, baik berupa lukisan, kerajinan tangan atau karya seni lainnya, memiliki banyak peminat dan pembeli.

Rekomendasi Taman Di Jakarta Untuk Wisata Keluarga

Selain itu, ada panggung khusus dengan penyanyi, musisi, dan hiburan lainnya seperti komedi. Jauh sebelum stand up comedy dimulai, pasar seni sudah memiliki scene komedi yang menampilkan beberapa komedian terbaik Indonesia.

Rombongan lawak legendaris Bagito sudah beberapa kali tampil, demikian pula beberapa pelawak yang tergabung dalam rombongan Srimulat. Tapi sekarang situasinya telah banyak berubah. Meski sebagian besar lapak di galeri seni lukis dan patung masih buka, bisa dibilang tidak ada pengunjung, apalagi pembeli.

Saat ini, mereka lebih cenderung menggunakan teknologi seperti media sosial atau relasi untuk menjual karya mereka. Wisatawan yang datang ke Ankola di Jakarta Utara lebih menyukai wahana hiburan atau permainan pantai.

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Taman Impian Jaya Ankol, Jakarta Utara tetap menjadi tujuan wisata yang populer. Ankole Dreamland masih dipadati pengunjung yang merayakan liburan Tahun Baru hingga Senin siang.

Tempat Wisata Di Jakarta Timur Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan

* Fakta atau tipuan? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang dibagikan, silakan cek fakta WhatsApp nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diperlukan.

Zona Atung, zona hiburan selama Asian Games, terletak di Area Parkir Timur Senayan, Kompleks GBK Jakarta. (Bola.com/Benedict Jarendo Pradigdo)

Label tempat berkumpulnya anak muda dengan kalangan atas tak lepas dari kawasan yang dikenal dengan nama Parkir Timur (Parkit) Senayan. Meski minim sarana rekreasi, kawasan ini dijadikan arena pacuan kuda berupa jalan lebar, terutama pada malam hari.

Selain itu, banyak kelompok dan komunitas pecinta mobil modifikasi juga berkumpul di kawasan tersebut. Dari pagi hingga malam, pelataran parkir timur sering dijadikan tempat belajar mengemudi.

Cerita Akhir Pekan: 6 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Pernah Hits, Kini Tutup Dan Sepi

Di malam hari, kawasan ini berubah total menjadi lebih semarak dan penuh warna serta penuh dengan mobil, terutama di akhir pekan. Dekat kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Parkir Timur merupakan tempat nongkrong anak muda yang sangat populer di era 80-90an.

Dari otomotif hingga musik, tempat yang luas ini menyelenggarakan banyak acara untuk kaum muda. Area ini juga sering digunakan untuk syuting iklan dan film layar lebar.

Saat ini, Parkir Timur sudah kembali berfungsi sebagai tempat parkir mobil dan lahan hijau GBK. Namun, tempat ini tidak lagi populer di kalangan remaja dan hanya ramai saat ada acara.

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Kawasan Ankola memang identik dengan kawasan wisata Jakarta Utara. Warga Jakarta bisa berbangga. Karena dulu ada bioskop drive-in di Ankola, yaitu teater drive-in di distrik Ankola.

Paket Tour Malaysia 3 Hari 2 Malam Dari Bandung

Tempat ini berseberangan dengan Taman Impian Jaya Ankol. Drive-in theater adalah bioskop yang memutar film layar lebar seperti bioskop biasa, tetapi penontonnya ada di mobil mereka, yang diparkir dengan benar. Didirikan pada tahun 1970, teater drive-in ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Teater dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, dan di tengahnya terdapat layar raksasa berukuran 19 x 40 meter. Seperti namanya, Anda harus menggunakan mobil jika ingin melihat ke sini.

Teater Ankol Mobil masih ada sekitar tahun 1990 dan sejak itu berhenti beroperasi. Kini kawasan tersebut telah berubah fungsi menjadi stasiun gondola atau kereta gantung dan tempat parkir. Tapi sejauh ini ada kata “mobil teater”.

Taman Hiburan Loksari yang terletak di kawasan Jakarta Barat ini merupakan tempat berkumpul dan berkumpulnya para seniman lawas. Selain Mac Lyle, banyak artis masa lalu juga tinggal di sana. (Bambang E. Rose/Bintang.com)

Tempat Wisata Alam Jakarta Untuk Berakhir Pekan

Pada tahun 1970-an, Princen Park dan Tangkiwood merupakan kawasan budaya dan hiburan di Jakarta Barat. Setelah reputasinya tercoreng, kedua situs tersebut dihidupkan kembali pada tahun 1985 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Princen Park berganti nama menjadi Tempat Hiburan Rakyat (THR) Loksari.

Saat itu, Loksari digunakan sebagai bioskop – Merpati, Tamansari, Manga Besar dan Rukia – lapangan basket, kolam renang, berbagai kios suvenir, sekolah tari, bar, dan restoran Happy World.

Selain itu, banyak restoran yang menawarkan menu makanan ekstrim seperti ular, monyet, trenggiling, buaya, dan biawak. Memasuki tahun 1990-an, Loksari berubah menjadi kawasan kehidupan malam dan restoran yang hampir tidak pernah tidur lagi.

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Namun setelah berganti nama menjadi Plaza Loksari, kawasan hiburan tersebut kini hanya menjadi pasar atau pusat perbelanjaan. Namun, ini lebih identik dengan industri kehidupan malam. Kenangan tentang taman budaya dan tempat wisata telah hilang.

Rekomendasi Tempat Wisata Tersembunyi Di Jakarta

Nama Kafe Tenda Semanggi (KTS) sangat populer di akhir tahun sembilan puluhan. Konsep kios dengan nuansa pedagang kaki lima namun tertata rapi menjadi tren modern dalam pemasangan kios tenda. Tren ini menandai munculnya banyak kios tenda yang dikelola kaum muda.

Selain itu, banyak juga seniman yang mendirikan warung tenda sebagai usaha sampingan. Melihat peluang tersebut, Pengelola Distrik Sudirman akhirnya mendirikan KTS. Mereka mengonsep kenyamanan pengunjung yang didominasi anak muda dan sebagai destinasi wisata kuliner di Jakarta.

Hampir semua stand tenda KTS menawarkan menu harga murah. Selain itu, banyak juga acara hiburan yang diselenggarakan dan pengunjungnya hampir selalu ramai. Salah satunya adalah pembuatan Comedy Cafe yang kemudian melahirkan banyak pelawak muda berbakat.

Namun, dengan matinya tren marquee stall, KTS yang saat itu sudah beroperasi kurang lebih 10 tahun harus tutup dan digantikan oleh gedung-gedung bertingkat dan perkantoran seperti SCBD. Beberapa tempat memang masih menawarkan kuliner dengan konsep restoran dan kafe, namun sudah tidak seramai dulu.

Tempat Wisata Gratis Di Jakarta Untuk Liburan Keluarga, Berikut Ini 5 Destinasinya

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, Taman Riya Senayan menjadi salah satu tujuan wisata dan hiburan warga Jakarta. Berbagai pilihan hiburan cocok di tempat ini. Wisatawan juga dapat bersantai di danau seluas empat hektar yang merupakan lingkungan alami yang damai di jantung kota Jakarta.

Awalnya berganti nama dari Taman Riya Remaja menjadi Taman Riya Senayan, lokasinya mudah dijangkau dan berada di jantung kota, berdekatan dengan gedung DPR/MPR dan kantor pusat TVRI. Yang mungkin paling Anda ingat adalah bianglala, atau wahana dalam bentuk kincir raksasa yang berputar, yang memungkinkan Anda melihat keindahan kerlap-kerlip lampu ibu kota dari ketinggian yang menguntungkan.

Taman Rea bahkan lebih ramai saat liburan sekolah. Pada 1980-an dan awal 1990-an, grup komedi legendaris Srimulat menjadikan Taman Riya Senayan sebagai tempat mereka setiap akhir pekan.

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Mulai tahun 1990-an, beberapa tempat hiburan sudah berdiri di kawasan Ankola, antara lain Duniya Fantasy (Dufan). Bagi yang merasa Ankola terlalu jauh, bisa datang ke Taman Rhea yang saat itu direnovasi sehingga menciptakan berbagai wahana yang tidak jauh berbeda dengan wahana yang ada di Dufan.

Liburan Tahun Baru Imlek 2023: Kunjungi 3 Tempat Wisata Khas China Di Jakarta

Harga tiket di Taman Raya sangat murah. Namun memasuki awal tahun 2000-an, pengunjung mulai meninggalkan Taman Rhea Senayan yang berganti pengelolaan. Hiburan demi hiburan, kunjungan ke permainan mulai menurun, hingga kafe dan bar berjatuhan dan akhirnya tutup.

Pada tahun 2010, seluas kurang lebih 10 hektar hancur dan langsung musnah. Sejauh ini hanya satu bangunan yang tersisa di situs tersebut – kompleks restoran Pulau Dua. Berbagai rencana pembangunan, seperti pembangunan mal, tak pernah terwujud.

Untuk saat ini kawasan Taman Riya Senayan masih dalam tahap pembangunan, namun belum jelas apakah akan digunakan sebagai tempat hiburan atau lainnya. Tentu banyak warga Jakarta yang masih mengingat Taman Senayan Ria sebagai salah satu tempat wisata favorit mereka. Tinggal di Jakarta, kota yang penuh dengan gedung-gedung tinggi, terkadang bisa membuat kewalahan. Apalagi saat ini ibu kota Indonesia menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi udara terparah di dunia. Jadi mencari tempat dengan nuansa alam bisa menjadi salah satu cara untuk menyegarkan pikiran.

Meski terdapat banyak gedung tinggi, kota Jakarta memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi. Meski mungkin tak seindah kawasan perbukitan, setidaknya tempat wisata alam ini bisa menjadi kesempatan untuk mengalihkan pikiran dari hiruk pikuk jalanan ibu kota.

Daftar Tempat Wisata Jakarta Yang Paling Populer Saat Akhir Bulan, Ada Taman Mini Indonesia Indah

Pada artikel kali ini kami akan memberikan lima rekomendasi tempat wisata bernuansa alam di Jakarta. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Lihat artikel di bawah ini:

Terkenal sebagai kawasan hunian mewah, Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan objek wisata alam Hutan Mangrove. Terletak di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk, hutan mangrove yang rindang ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tiket masuknya juga tidak terlalu murah, hanya Rp 25.000 per orang.

Sebagai tujuan wisata

Objek Wisata Murah Di Jakarta

Objek wisata di jakarta pusat, objek wisata murah di bandung, tempat objek wisata di jakarta, objek wisata di dki jakarta, objek wisata murah di bali, objek wisata di jakarta, objek wisata murah di jogja, objek wisata di jakarta selatan, objek wisata alam di jakarta, objek wisata di jakarta barat, objek wisata di jakarta timur, objek wisata di jakarta utara

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top