Connect with us

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Informasi

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya – Dataran Tinggi Dieng menjadi magnet wisata untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Di Dieng, wisatawan bisa menikmati suasana liburan dengan lingkungan pegunungan yang asri dan alami. Udara yang sejuk menyejukkan, ditambah dengan pesona alam yang menarik bisa menjadi alasannya.

Secara geografis, kawasan Dataran Tinggi Dieng terletak di enam kabupaten, yakni Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Paklongan, Temanggung, dan Kendal. Namun tempat wisata di Dieng yang paling banyak berada di Wonosob dan Banjarnegara.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Setidaknya ada 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di atas awan. Hal ini karena tempat wisata tersebut letaknya berdekatan satu sama lain. Jadi saat Anda berlibur di Deng, Anda berada di lebih dari 10 tempat. apa pun? Dibawah ini adalah daftar 10 tempat wisata di Dieng yang wajib anda kunjungi saat liburan di Dieng.

Main Ke Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Pemandangan Prao Jabal selalu menjadi kenangan bagi siapapun. Tak heran jika gunung yang terletak di ketinggian 2.565 meter ini menjadi incaran para pendaki.

Di Gunung Prao, pendaki bisa menyaksikan pemandangan magis matahari terbit, lautan awan, dan pemandangan berbagai pegunungan. Meski beberapa pendaki mengatakan bahwa pemandangan matahari terbit di Gunung Prao adalah yang terbaik di Asia Tenggara.

Jika Gunung Prao masih terlalu tinggi, wisatawan bisa menuju ke Gunung Sekinir yang berada di ketinggian 2.300 meter. Bukit Sukoneer menawarkan keindahan berupa pemandangan delapan gunung yang bisa dilihat dari atas bukit. Mirip dengan Prao Jabal. Meski panorama golden sunrise-nya bisa disebut terbaik.

Untuk mencapai Bukit Sukoneer, wisatawan harus berjalan kaki selama 30-45 menit dari bawah. Tenang saja, ada tangga dan jalurnya tidak sesulit Gunung Prao.

Obyek Wisata Dieng Yang Wajib Dikunjungi

Saat berlibur di Bukit Sconere, pengunjung pasti akan melewati Danau Seabong. Karena terdapat titik awal pendakian sekaligus tempat parkir kendaraan.

Nah, wisatawan bisa berkemah di sekitar Danau Sebong sambil menunggu waktu mendaki Bukit Skonier dini hari. Areal camping di sekitar Tulag Sibong juga cukup luas dan bisa menampung ratusan tenda.

Telaga telah menjadi icon wisata di Varna Dieng dan juga menjadi destinasi favorit para wisatawan. Wisatawan bisa berjalan di jalan setapak yang mengelilingi danau. Telaga Varna terletak di dekat Telaga Pengilon.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Disebut telaga warna karena air di telaga ini bisa berubah warna. Mulai dengan warna hijau, kuning atau seperti pelangi. Inilah alasan mengapa Telga Varna memiliki kandungan belerang yang tinggi.

Tempat Wisata Dieng Yang Layak Anda Kunjungi

Ingin menikmati warna telaga dari atas? Berjalan kaki singkat ke Batu Pandang Ratapan Angina. Akses menuju lokasi Batu Pandang Ratapan Angin tidak jauh dari Tulagvarna.

Berlibur ke Dieng belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Kompleks Candi Arjuna, landmark kerajaan Mataram kuno. Ada lima candi di kompleks candi Arjuna.

Selain sebagai objek wisata, kompleks Candi Arjuna juga menjadi tempat diadakannya ritual pergantian tahun yang menyeramkan. Di tempat ini juga pengunjung bisa menikmati fenomena tetesan embun atau kristal es yang muncul di Dieng.

Lokasi Kawah Skidang yang dekat dengan kompleks Candi Arjuna menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi. Kawah Skidang merupakan salah satu gunung api aktif di Dieng.

Tips Dan Panduan Wisata Ke Dieng

Savanna Pangonan menyimpan keindahan padang rumput liar yang sangat luas. Pada musim kemarau, rerumputan menguning yang membuatnya semakin menarik.

Savana Pangunan berada tidak jauh dari kompleks candi Arjuna. Selama berada di Savannah Pangonan, pengunjung dapat menikmati kompleks Candi Arjuna dan Kawah Skidang dari atas.

Telaga Merdada merupakan telaga terbesar di Dieng yang dipenuhi dengan perkebunan kentang penduduk setempat. Telaga Merdade terletak di antara Bukit Pangonan dan Bukit Sumurup.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Danau Durango cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati lingkungan yang damai dan alami. Karena sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan Danau Durango.

Wisata Di Dieng Terpopuler

Karena berada di ketinggian 2.222 mdpl, Danau Durango disebut sebagai danau tertinggi di Jawa Tengah. Selain itu, dikenal juga sebagai Rano Kambolo kecil.

Padahal, Dieng masih menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah unik, mencengangkan, dan indah. Sebut saja Kawah Candradimuk, Telaga Menjer atau tempat wisata lainnya. Sudah merencanakan liburan ke Dieng? (Kontributor) Wisata Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu kawasan wisata yang diandalkan oleh pemerintah Jawa Tengah. Tak heran karena banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sana sekaligus.

Berikut rekomendasi IDN Times tentang beberapa destinasi atau tempat wisata menarik di Dieng. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng yang luasnya mencapai 21 hektar. Danau ini dikelilingi sawah berundak dimana perkebunan kentang menambah keindahannya.

Telaga Warna Dieng

Danau ini terletak di antara dua bukit selatan, yaitu Pangunan dan Samorup. Kawasan wisata ini sangat sepi sehingga cocok bagi anda yang ingin menghindari hiruk pikuk kota.

Dekat dengan Kawah Skidang, belum lengkap rasanya tanpa mampir ke Candi Arjuna. Menurut sejarah, candi ini merupakan gudang kerajaan Mataram kuno dan dibangun untuk memuja Dewa Siwa.

Ada lima candi lain di kawasan candi Arjuna dalam satu garis lurus. Tempatnya berada di ketinggian 2.000 meter, sehingga lingkungan dan pemandangannya sangat menyenangkan.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Berada di antara Tilg Waran dan Tilg Pangilon, Gua Simar diyakini sebagai bekas situs peninggalan raja-raja Jawa dan pemimpin Indonesia pada zaman dahulu. Hingga saat ini goa ini masih dikeramatkan dengan berbagai cerita mistis.

Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi, Banyak Dataran Tinggi Yang Memesona

Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang ke sana karena pemandangan di sekitarnya sangat indah. Jika Anda ingin mempelajari sejarah dan alam, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke sini!

Gunung berbentuk perahu ini terletak di ketinggian 2.565 meter. Dari puncak Gunung Prao, Anda bisa melihat awan putih seperti kapas.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Jabal Prao adalah matahari terbit dan terbenam. Gambarnya yang menakjubkan akan memukau Anda. Waktu terbaik untuk mendaki adalah pada musim kemarau, karena jalurnya belum diaspal.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Dieng tapi tidak sempat mampir ke Kawah Skidang. Letak cottage cantik ini tidak jauh dari Bukit Skanir. Akses menuju gurun ini sebenarnya lebih cepat melalui jalur darat dari Wonosobo.

Paket Wisata Dieng Murah Dan Menarik, Lengkap Pilihan Destinasi Yang Wajib Dikunjungi

Bawalah masker untuk menghindari bau belerang yang menyengat jika Anda tidak tahan dengan baunya. Selain menikmati keindahan sampah, Anda juga bisa melihat berbagai kerajinan celup tradisional buatan warga sekitar.

Tidak jauh dari Bukit Scooner terdapat Danau Seabong. Danau yang terletak di ketinggian 2.300 meter ini disebut Danau Di Atas Awan. Tidak diragukan lagi keindahan alam disekitarnya.

Anda bisa berkemah di tepi danau bersama keluarga atau teman. Saat bangun pagi, pikiran bisa segar dan hati menjadi tenang.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Batu Pandang Ratapan Angin ini berbentuk bukit dengan ketinggian yang sangat dekat dengan Tulag Waran, bisa juga dilihat dari tempat ini termasuk Telaga Pangilon juga terlihat dari sini.

Tempat Wisata Dieng

Tidak sulit untuk mencapai destinasi ini. Aksesibilitasnya dekat dengan objek wisata Dieng lainnya seperti Candi Arjuna, Kawah Skidang dan Telaga Varna. Jika berkendara dari kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu satu jam dengan jarak tempuh 27 kilometer.

Sebagai objek wisata utama, keindahan Telga Varna telah lama menjadi obyek kekaguman para wisatawan. Telaga ini tidak begitu besar, warnanya cantik.

Ada sebuah jembatan kayu kecil yang bisa menjadi tempat asik untuk berfoto di tepi danau. Luangkan waktu sejenak untuk berfoto, hasilnya dijamin sangat cantik. Ada banyak gua di dekat danau yang menjadi sejarah bagi masyarakat setempat.

Air Terjun Sikaram juga menjadi salah satu tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng yang wajib dikunjungi. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pantas saja suasana di sekitarnya dingin dan gersang.

Paket Wisata Dieng

Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dan luapan Danau Sibong. Airnya cukup dingin dan jernih. Foto Anda juga dijamin di sana

Candi Gatotkacha terletak di Kecamatan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, dan termasuk dalam cagar budaya Provinsi Jawa Tengah. Menurut sejarahnya, candi megah ini dinamai sesuai tokoh dari cerita rakyat Mahabharata.

Kuil Gatotakcha sendiri dibangun pada masa pemerintahan Ratu Seema, namun baru ditemukan pada tahun 1814. Bangunan tua yang penuh sejarah ini bisa menjadi sumber wawasan tambahan.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Tak jauh dari sini terdapat Museum Colasa yang menyimpan banyak informasi tentang sejarah Lempeng Diang. Anda dapat menemukan model lama di Kuil Gatotakcha, tetapi masih menakjubkan.

Maha Sky Batu Angkruk Dieng Harga Tiket Februari 2023

Di Dieng yang paling menarik ada di Bukit Sikunir. Keindahan warna merah di pagi hari akan mengejutkan Anda, sehingga disarankan untuk pergi ke puncak bukit pada pagi hari atau sebelum jam 5 pagi.

Ondo Budho merupakan sebuah tangga yang diyakini sebagai jalan setapak menuju Dataran Tinggi Dieng pada masa lalu. Ondo berarti ‘tangga’ dalam bahasa Jawa. Panjangnya mencapai hingga 25 kilometer.

Orang yang ingin berdoa atau bermeditasi di kuil Deng biasanya melalui proses ini sebagai sarana penyucian diri. Mereka juga biasanya singgah di desa Sambogan sebelum pergi ke pura.

Telaga ini sering dikaitkan dengan legenda dan legenda penduduk setempat, namun keindahannya tak terbantahkan. Danau ini sering dikatakan sebagai asal Danau Pertempuran, namun yang membedakannya adalah kejernihan airnya.

Rekomendasi Wisata Dieng Diatas Awan

Warna air di Telaga Pangilon sangat jernih dan ikan dapat hidup di dalamnya. Selain itu, penduduk menggunakan air melalui danau ini untuk mengairi lahan.

Tempat lain yang nyaman untuk dikunjungi saat matahari terbit adalah Tiang View Point. Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan sering datang untuk mencari keindahan

Di selatan Anda bisa melihat kemegahan Pegunungan Indus dengan desa Teng. Waktu tempuh hanya 30 menit dari Wonosobo. Pemandangan alam di sini membuat semua orang enggan untuk pulang.

Obyek Wisata Dieng Dan Sekitarnya

Jika sebagian besar tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng masuk dalam Kabupaten Wonosobo, maka Danau Balikumbang merupakan bagian dari Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya berada di selatan atau sekitar 200 meter dari kompleks candi Arjuna.

Lokawisata Telaga Warna Wonosobo

Danau seluas tiga hektar ini juga dianggap keramat oleh sebagian besar masyarakat Dataran Tinggi Dieng. nama

Obyek wisata jepara dan sekitarnya, obyek wisata jogja dan sekitarnya, wisata dieng dan sekitarnya, obyek wisata purwokerto dan sekitarnya, obyek wisata yogyakarta dan sekitarnya, obyek wisata bromo dan sekitarnya, obyek wisata tawangmangu dan sekitarnya, obyek wisata semarang dan sekitarnya, obyek wisata magelang dan sekitarnya, obyek wisata surabaya dan sekitarnya, harga tiket masuk obyek wisata dieng, obyek wisata dieng terbaru

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top