Connect with us

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Informasi

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula – Jika Anda tertarik dengan fotografi, ada baiknya Anda menekuni hobi ini dengan serius. Seperti yang Anda ketahui, fotografi adalah profesi yang bernilai tinggi karena tidak semua orang bisa membuat gambar yang bagus sekaligus. Untuk mengeksplorasi hobi Anda, ada baiknya membeli kamera DSLR pemula yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar terbaik.

Dengan kamera pemula, Anda bisa berlatih mengambil gambar yang bagus. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis kamera DSLR yang diproduksi untuk entry level. Berikut ini adalah berbagai jenis kamera entry-level yang bisa Anda pilih.

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Banyak kamera entry-level termasuk Canon 1200D, Nikon D3100, Sony SLT A58, Nikon D3200, dan Canon 600D. Kelima kamera ini memiliki kelebihannya masing-masing yang sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan kamera ringan yang mudah digenggam.

Rekomendasi Kamera Dslr Canon Yang Bagus

Nikon D3100 bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda karena kamera jenis ini meskipun tergolong entry level, namun hasilnya sangat memuaskan (Daftar Harga Nikon D3100). Apalagi bodi kameranya juga memiliki kualitas terbaik dan mudah dibawa-bawa. Tapi sekali lagi, memilih kamera tidak sesederhana memilih baju karena tangan satu orang bisa berbeda dengan orang lain.

Kamera entry-level atau yang sering disebut kamera entry-level biasanya memiliki beragam fitur, tombol, dan pengaturan yang mudah digunakan oleh para amatir. Anda tidak perlu mengatur fokus atau distorsi cahaya karena semuanya sudah ada di menu kamera.

Yang harus Anda lakukan adalah menekan beberapa tombol sampai pengaturannya sesuai keinginan Anda. Selain itu, kamera entry-level umumnya tidak semahal kamera semi-pro atau profesional. Jadi, kamera entry sangat diminati karena mudah digunakan dan tidak terlalu mahal. Sebaiknya pilih jenis kamera yang paling sesuai dengan tangan Anda.

Canon EOS Rebel T5 atau 1200D adalah DSLR entry-level yang solid dengan harga yang sangat terjangkau. Kamera ini merupakan peningkatan dari pendahulunya, Canon 1100D/T3, dengan resolusi video HD lebih tinggi 1080 x 1920 dan sensor 18 megapiksel untuk gambar diam. Canon 1200D juga dilengkapi dengan layar LCD berukuran 3 inci dengan 460.000 titik.

Cara Memilih Kamera Dslr Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Fotografi Anda

Fotografer pemula akan mudah memahami dasar-dasar menu, kontrol, auto kreatif, filter, dan fotografer yang lebih senior akan menghargai kontrol manual dan opsi penyesuaian yang membantu pengambilan gambar. Pengaturan yang sering diakses secara ergonomis tersedia melalui menu Q dan pengguna dari semua tingkat keahlian akan dengan mudah menemukan akses cepat ke antarmuka kamera DSLR ini. Untuk informasi selengkapnya, lihat Detail Canon 1200D.

Secara fisik sangat mirip dengan pendahulunya, D3000, kamera D3100 ini memiliki sensor CMOS 14,2 megapiksel, tidak hanya mode Live View, tetapi juga kemampuan merekam video Full HD. Dibandingkan D3000, bodi D3100 mendapat beberapa pembaruan, antara lain tombol tambahan di sisi kiri layar, tombol untuk beralih mode, tuas yang menonjol untuk mengaktifkan Live View, dan tombol langsung untuk merekam video. D3100 memiliki sistem AF baru dengan 11 titik, Nikon telah menambahkan mode fokus otomatis AF-F tambahan untuk fokus yang lebih baik dalam Live View dan fokus otomatis selama perekaman video.

Meski pembaruan bodinya kurang memuaskan, D3100 dipastikan tanpa keluhan dalam hal kualitas gambar, dengan sensor 14MP baru memberikan hasil yang sangat baik. Performa ISO tinggi meningkat secara signifikan dibandingkan D3000, sehingga foto ISO 3200 yang tinggi dapat digunakan secara nyata. Tidak diragukan lagi bahwa D3100 adalah salah satu kamera DSLR entry-level terbaik, menawarkan kualitas gambar yang sangat baik dikombinasikan dengan pengoperasian yang cepat dan harga yang terjangkau.

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Sony Alpha SLT-A58 adalah kamera SLT kelas menengah dengan sensor 20MP yang baru ditingkatkan. A58 akan menggantikan dua model, A37 dan A57, membantu menyederhanakan jangkauan perusahaan. A58 dibangun di atas fitur A57 dan menambahkan keunggulan jendela bidik OLED SVGA (800×600 piksel) dibandingkan pendahulunya. Kamera ini juga menawarkan mode fokus otomatis baru dan mode pembingkaian subjek otomatis – peningkatan dari mode potret otomatis pada A57.

Tips Memilih Kamera Dslr Bekas

Nikon memperbarui DSLR level pemula dengan menambahkan sensor CMOS 24MP. Ini bersaing dengan kamera Sony A65, A77 dan NEX-7 yang menawarkan jumlah piksel tertinggi pada saat itu untuk ukuran sensor APS-C. Walaupun kamera ini berharga sekitar $699 (harga peluncuran yang sama dengan D3100), peningkatan resolusi sensornya cukup signifikan. Meski tidak revolusioner, namun cukup menjanjikan dan bisa menjadi pilihan upgrade dari D3100, terutama bagi yang membutuhkan gambar beresolusi tinggi. Berikut adalah link untuk informasi lebih lanjut tentang spesifikasi dan harga D3200.

Canon Rebel T3i atau Canon EOS 600D mengambil semua fitur Canon 550D dan menambahkan layar LCD multi-sudut, ditambah beberapa fitur yang dirancang untuk memudahkan pemula mendapatkan hasil yang bagus. Ini termasuk Basic+ yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas mode Scene Auto, “Panduan Fitur” baru yang memberikan penjelasan singkat di layar tentang fungsi kamera dan mode otomatis yang diperbarui sekarang dikenal sebagai Scene Intelligent Auto. Informasi lebih lanjut dan harga Canon 600D dapat ditemukan di sini.

Berhubung daftar kamera terbaik untuk pemula ini cukup populer, maka saya menambahkan informasi harga kamera-kamera yang termasuk dalam daftar di atas. Semoga ini membantu memutuskan apakah ada yang ingin membelinya. Harga ini diambil per listing

Seorang penulis dan fotografer dengan hasrat terhadap teknologi, astronomi, dan realitas virtual. Mahir dalam beberapa bahasa pemrograman, khusus dalam arsitektur perangkat lunak. Jika Anda belum melakukan penelitian ekstensif, pastikan Anda melakukannya terlebih dahulu. Pahami dengan tepat apa yang membedakan kamera DSLR dengan kamera biasa, kelebihan dan kekurangannya. Secara garis besar keunggulan kamera DSLR dapat dijabarkan dalam poin-poin berikut ini:

Cara Maksimalkan Settingan Fitur Dan Tombol Kamera Dslr

Dari kelebihan tersebut, Anda juga harus mempelajari dua kelemahan utama kamera DSLR. Kelemahan pertama adalah lebih besar dan lebih berat dari kamera biasa, jadi mungkin tidak terlalu nyaman untuk perjalanan jauh. Kelemahan lainnya adalah memotret dengan kamera DSLR tidak semudah memotret dengan kamera saku. Jika Anda benar-benar pemula, Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk mempelajari cara memotret dengan kamera DSLR.

Apalagi jika Anda masih pemula, jangan sampai merek kamera menjadi faktor terpenting saat memilih kamera DSLR. Pasalnya, fitur dan kualitas berbagai merk sebenarnya hampir sama untuk kamera DSLR entry level. Saat ini, ada empat perusahaan besar yang memproduksi DSLR di seluruh dunia: Canon, Nikon, Sony, dan Pentax. Jangan biarkan fanatisme Anda terhadap satu merek membutakan Anda terhadap keunggulan merek lain.

Satu hal lagi, jika Anda memilih kamera hanya berdasarkan merek tertentu, kemungkinan besar tujuan Anda membeli DSLR hanyalah untuk memamerkan merek tersebut. Sekali lagi, jangan terkecoh dengan merk kamera DSLR.

Tips Memilih Kamera Dslr Untuk Pemula

Berbeda dengan membeli kamera saku, di mana Anda bisa membeli Canon hari ini dan dua tahun kemudian Anda bisa menukarnya dengan Nikon. Ingat, membeli kamera DSLR juga merupakan investasi. Kemungkinan besar, setelah Anda membeli kamera, Anda juga akan membeli berbagai jenis lensa. Harus diingat bahwa lensa kamera Canon tidak bisa digunakan untuk kamera Nikon, lensa kamera Nikon tidak bisa digunakan untuk kamera Sony dan sebaliknya. Jika di masa mendatang Anda tidak ingin menjual lensa yang sudah Anda miliki (yang bisa menjadi kerugian besar), tetaplah pada satu merek. Ini memungkinkan Anda untuk mengganti kamera, tetapi tetap menggunakan lensa yang Anda beli sebelumnya. Misalnya sekarang Anda memiliki kamera Canon 650D, jika Anda ingin membeli DSLR baru di masa mendatang, belilah juga merek Canon lain, seperti Canon 7D atau Canon 5D,

Tips Memilih Kamera Slr Yang Tepat Guna

Pertimbangkan juga untuk membeli kamera yang pusat layanannya mudah dijangkau. Nantinya jika ada kerusakan akan lebih mudah untuk Anda perbaiki, prosesnya lebih mudah dan biayanya lebih murah. Jadi sebelum membeli kamera DSLR, periksa dimana letak service center merek kamera tersebut.

Perhatikan resolusi yang Anda inginkan untuk kamera Anda. Rata-rata kamera DSLR sekarang memiliki resolusi minimal 12 megapiksel. Semakin tinggi resolusinya, semakin baik kualitas gambar Anda. Namun perlu juga diperhatikan bahwa semakin tinggi resolusi kamera Anda, semakin besar gambar yang ada di komputer. Misalnya, kamera 16 megapiksel dalam format gambar RAW berukuran sekitar 25 MB di komputer. Artinya, Anda harus memiliki komputer dengan RAM dan prosesor yang cukup bertenaga jika ingin mengedit gambar sebesar itu.

ISO adalah sensitivitas kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO yang dimiliki kamera, semakin baik kualitasnya saat memotret dalam gelap. Saat ini, kamera DSLR memiliki ISO minimal hingga 6400. Perhatikan juga apakah kualitas gambar yang diambil masih bagus di ISO setinggi itu. Jika perlu, bandingkan kualitas gambar dari dua merek kamera berbeda pada ISO yang sama.

Selain itu, pastikan kamera Anda dapat digunakan untuk merekam video. Jika ya, berapa ukuran resolusi maksimum video tersebut? Berapa banyak bingkai per detik (fps) yang dapat diambil kamera? Satu hal yang perlu diingat, video yang diambil dari kamera DSLR memiliki kualitas yang sangat baik, namun berukuran sangat besar. Jangan lupa untuk membawa kartu memori tambahan jika ingin berspesialisasi dalam pembuatan film dengan kamera DSLR.

Top 9 Kamera Dslr Harga 3 Jutaan Terbaik Untuk Pemula

Pegang kamera di tangan Anda. Perhatikan apakah Anda merasa nyaman memegang kamera. Terlalu besar untukmu? Apakah kamera DSLR terlalu berat? Ingat, kenyamanan memegang DSLR tidak bisa disepelekan, karena faktor ini bisa mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli model kamera DSLR, pastikan untuk memperbarui informasinya saat model berikutnya keluar. Jangan sampai Anda membeli kamera Canon 550D dan sebulan kemudian model terbaru Canon 650D hadir. Lebih baik menunggu hingga 650D diluncurkan dan membelinya; Dan Anda juga

Kamera dslr untuk pemula, harga kamera dslr untuk pemula, tips memilih kamera dslr bekas, cara memilih kamera dslr untuk pemula, memilih kamera untuk pemula, kamera dslr yang bagus untuk pemula, tips memilih kamera dslr, memilih kamera dslr untuk pemula, saran kamera dslr untuk pemula, kamera dslr terbaik untuk pemula, rekomendasi kamera dslr untuk pemula, kamera dslr sony untuk pemula

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top