Connect with us

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Informasi

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Di Nusa Tenggara Timur – Anda disini Beranda Tentang Objek Wisata Nusa Tenggara Timur Keindahan Surga Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur

Indonesia memiliki alam yang sangat indah, salah satunya Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari keajaiban bawah laut yang memesona hingga budaya unik masyarakat dataran tinggi, Pulau Alor menyembunyikan banyak kemegahan.

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Kepulauan Alor terdiri dari dua pulau besar, Alor dan Pantar, yang berbatasan dengan gugusan pulau kecil di Selat Kumbang atau Mardikasu, demikian penduduk setempat menyebutnya. Selat ini terletak di desa kecil Alor dan di Pulau Kepa. Setiap tahun di bulan Mei dan September ada fenomena aneh di sini. Suhu air lautnya dingin selama dua atau tiga hari berturut-turut, baik siang maupun malam. Selain wisata bahari, Alori juga memiliki wisata budaya dan sejarah. Penduduk lokal Pulau Alor juga sangat ramah.

Nusa Tenggara Timur, Province Of Indonesia. Satellite Imagery. Shape Outlined Against Its Country Area. 3d Rendering Stock Photo

Kepulauan Alor terdiri dari 20 pulau dan 17 wilayah. Hanya 9 pulau yang berpenghuni: Alor, Pantar, Pura, Terewang, Ternate (jangan disamakan dengan Ternate di Maluku), Kepa, Buaya, Kangge dan Kura. Sisa 11 pulau tak berpenghuni adalah: Sikka, Kapas, Batang, Lapang, Hirivi, Uohi, Watu Manu, Batu Bawa, Batu Ille, Ikan Ruing dan Nubu. Ada 42 tempat menyelam terdaftar di Alori. Salah satu wisata laut yang menarik adalah melihat duyung bersama guide Pak One.

Ada juga wisata budaya ke desa Takpala, desa Bampalola dan desa Kopidil. Lalu Museum 1000 Moko, Alquran berusia ratusan tahun di Desa Alor Besar, Air Terjun Binafui, sederet pantai indah seperti Pantai Maimol dan Pantai Welolo, lalu island hopping ke Pulau Ternate, Pulau Pura dan Pulau Kepa. Pulau Alor sendiri merupakan rumah bagi beberapa suku Flores yang masih mempertahankan cara hidup tradisionalnya. Salah satunya masih membuat baju dari kulit kerang yang dikenal dengan nama Ka Busana.

Pulau Alor juga dikenal sebagai Pulau Seribu Moko. Moko adalah drum perunggu kecil yang diyakini berasal dari budaya Dong Son di Vietnam. Namun, bagaimana gendang Dong Son prasejarah ini tiba di Alor masih menjadi misteri. Legenda setempat mengatakan bahwa moko ditemukan terkubur di dalam tanah. Barang-barang unik tersebut bisa Anda lihat di Museum Seribu Moko di Kalabah, ibu kota Pulau Alor. Museum ini juga memiliki koleksi kain tenun tangan Alori yang disebut Kawate.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi Alquran tertua (kitab suci Islam) yang pernah ditemukan di Indonesia dan Asia Tenggara. Diperkirakan berumur lebih dari 800 tahun, Al Quran terbuat dari kulit kayu dan menggunakan bahan alami untuk membuat tinta. Mei-Juli adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Alor. Namun bulan-bulan tersebut merupakan peak season atau puncak tertinggi kunjungan ke Alor. Homestay, hotel, dan pusat selam cocok untuk menginap di Alor. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Liburan Di Lembata Ntt, Ini 4 Destinasi Yang Wajib Di Kunjungi

Buat akun, jadilah anggota komunitas yang aktif menyebarkan informasi tentang keindahan Indonesia. Buat akun di sini.

PT KSM Wisata Internasional. Artikel ini kami izinkan untuk disebarluaskan karena penyebarluasan informasi pariwisata Indonesia JAUH LEBIH PENTING dari pada hak cipta. 119,8828 Koordinat: 8°38′41″S 119°52′58″E  /  8,6448°S 119,8828°BT  / -8,6448; 119.8828

Kabupaten Manggarai Barat (bahasa Indonesia: Kabupaten Manggarai Barat) adalah salah satu dari delapan wilayah administratif yang membentuk Pulau Flores, yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (Ida-Nusa Tenggara), Indonesia. Kabupaten ini berdiri pada tanggal 25 Februari 2003, memisahkan Kabupaten Manggarai dari wilayah barat. Luas wilayahnya 3.141,47 km2

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

, yang berpenduduk 221.703 jiwa pada Ksus tahun 2010, meningkat menjadi 251.689 pada KKS menengah 2015 dan 256.317 pada Ksus 2020.

Fakta Menarik Pulau Komodo Di Nusa Tenggara Timur Yang Jadi Salah Satu Situs Warisan Dunia

Kabupaten ini meliputi bagian barat Pulau Flores (Pulau Flores) dan beberapa pulau kecil yang terletak terutama di sisi baratnya, termasuk dua pulau terbesar, Komodo (Pulau Komodo) dan Rinca (Pulau Rinca), dan lainnya seperti Seraya Besar. (Pulau Seraya Besar), Seraya Kecil (Pulau Seraya Kecil), Bidadari (Pulau Bidadar) dan Longgos (Pulau Longgos). Kabupaten Manggarai Barat memiliki luas total 10.193,47 kilometer persegi (3.935,72 sq mi), dengan luas daratan 3.141,47 kilometer persegi (1.212,93 sq mi) dan luas laut 7.052 kilometer persegi (2.723 sq mi). .

Pada tahun 2010, csus Kabupaten Manggarai Barat dimekarkan menjadi tujuh kecamatan, namun kini telah terbentuk lima kecamatan lagi dengan membagi kecamatan yang ada. Mereka ditabulasikan di bawah ini dengan wilayah mereka dan populasi csus 2010 dan 2020 mereka,

Tabel tersebut juga menunjukkan lokasi kabupaten administratif, jumlah desa administratif (desa dan kota) di setiap kabupaten dan kode pos.

Catatan: (a) meliputi 139 pulau di lepas pantai barat Flores, yang terbesar adalah Komodo dan Rinca; wilayahnya juga termasuk bagian paling barat daratan Flores, termasuk ibu kota Kabupaten Labuan Bajo.

Suku Suku Di Ntt Dan Fakta Menarik Tentangnya

(c) Populasi csus Distrik Sanonggoang tahun 2010 termasuk jumlah Distrik Mbeliling baru yang diekstrak darinya antara tahun 2010 dan 2015.

(d) Jumlah csus Kecamatan Lembor tahun 2010 termasuk jumlah Kecamatan Lembor Selatan baru yang terputus darinya pada periode yang sama.

(e) Jumlah csus tahun 2010 untuk Kecamatan Kuwusi termasuk hitungan baru untuk Kecamatan Ndoso yang telah dipangkas darinya pada periode yang sama, sedangkan jumlah csus tahun 2010 untuk Kecamatan Kurusi menambahkan hitungan baru untuk Kecamatan Kurus Barati. darinya pada tahun 2018.

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

(g) Populasi csus Distrik Macang Pacari tahun 2010 termasuk jumlah Distrik Pacari baru yang diputus pada tahun 2018.

Photos Of East Nusa Tenggara: Images And Photos

Sebagian besar penduduk wilayah Manggarai Barat beragama Kristen yaitu 78,56%, dengan mayoritas beragama Katolik (77,76%) dan Protestan (0,80%). Selain itu, sebagian besar penduduk beragama Islam, yaitu 21,39%, sisanya beragama Hindu 0,4% dan Budha kurang dari 0,01%.

Orang Manggarai tinggal di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur yang terletak di Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Total populasi sekitar 350.000 orang.

Bahasa Manggarai terdiri dari beberapa dialek seperti pae, mabai, rejong, mba, pota, CTral Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. Empat dialek unggulan tersebut mungkin merupakan bahasa dari berbagai suku bangsa yang tunduk pada masyarakat Manggarai pada zaman dahulu.

Orang Komodo tinggal di Desa Komodo di Kawasan Komodo di Manggarai Barat dan berbicara bahasa Komodo yang berbahaya. Orang Komodo tinggal di sebuah desa nelayan dengan 800 keluarga. Populasi adalah 2.000 orang. Sebagian besar dari mereka adalah nelayan dan sebagian bekerja sebagai Jagawana di Taman Nasional Komodo.

Pulau Sumba, Eksotika Alam Dan Budaya Timur Indonesia

Suku Bajo atau Bajau adalah penduduk asli Nusantara yang berasal dari Kepulauan Sulu di Filipina. Suku Bajo berpindah ke berbagai tempat di Kepulauan Melayu, salah satunya Labuhan Bajo, Manggarai Barat.

Labuan Bajo artinya Pelabuhan Orang Bajo. Suku bangsa ini merupakan suku bangsa pelaut, tak heran jika banyak yang menyebutnya sea gypsy.

Kabupaten Manggarai Barat, seperti Pemerintah Daerah Flores terdekat lainnya, memiliki musim kemarau yang panjang dan panas. Dalam beberapa tahun terakhir, program penanaman pohon telah diluncurkan untuk membantu mengobati virus lokal.

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Peluang pendidikan di daerah terbatas, terutama di daerah terpencil. Beberapa LSM membantu, misalnya mengantarkan buku anak ke desa-desa terpencil.

Daftar Kabupaten Dan Kota Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Komunitas lokal yang berbeda di berbagai bagian pemerintahan mempromosikan industri pariwisata lokal, misalnya dengan mengembangkan kelompok tari lokal dan makanan lokal.

Desa Liang Ndara yang ditetapkan sebagai tujuan wisata memiliki program pengajaran tata bahasa kepada masyarakat setempat untuk mendukung industri pariwisata,

Gunung Mbeliling (Gunung Mbeliling Indonesia), salah satu puncak tertinggi di wilayah tersebut (1.325 meter), merupakan tujuan populer bagi pendaki dan wisatawan di wilayah tersebut.

Sano (Means Mount) Nggoang adalah danau kawah vulkanik seluas 513 hektar (1,9 sq mi) dengan kedalaman sekitar 600 meter (1.968,5 kaki), danau terdalam di dunia.

Musyawarah Rakyat Pulau Kecil Ntt Hasilkan Deklarasi Bubuatagamu. Apa Isinya?

Pada akhir Agustus 2013, pemerintah setempat menetapkan bahwa seluruh wilayah perairan laut dan pesisir Kabupaten hingga 12 mil laut lepas pantai seluas 7.000 kilometer persegi (termasuk laut di sekitar Pulau Komodo) sebagai kawasan lindung bagi hiu dan pari. Propinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu propinsi yang berbatasan langsung dengan negara daratan lainnya yaitu negara Timur-Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 1.192 pulau, 432 di antaranya bernama dan sisanya tidak bernama, 42 berpenghuni, dan 1.150 tidak berpenghuni.

Dari sekian banyak pulau yang ada, terdapat 5 (lima) pulau besar yang berpenghuni, yaitu Pulau Timor Timur (14.523,24 km).

. Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Rote Ndao merupakan daerah yang memiliki pulau terbanyak. Saat ini Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi wisata nasional dan internasional dengan kekayaan alam sebagai tujuan wisata.

Pulau Di Nusa Tenggara Timur

Seperti daerah lain di Indonesia, provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jumlah hari hujan di Nusa Tenggara Timur berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya, seperti Pemda Manggarai dan Manggarai Timur masing-masing 172 dan 166 hari.

Heboh Pulau Sumba, Ntt Dijual Di Situs Internet, Polri: Sudah Ditelusuri, Informasi Hoaks

Pulau komodo nusa tenggara timur, pulau ende nusa tenggara timur, pulau alor nusa tenggara timur, peta pulau nusa tenggara timur, hotel di nusa tenggara timur, nusa tenggara timur, pulau di nusa tenggara barat, pulau komodo di nusa tenggara, pulau sabu nusa tenggara timur, pulau nusa tenggara timur, loker nusa tenggara timur, hotel nusa tenggara timur

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top