Connect with us

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Informasi

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi – Media Palembang – Kota Palembang di Sumatera Selatan (Sumut) memiliki banyak tempat wisata religi yang unik untuk dijelajahi, mulai dari masjid dan museum hingga tempat-tempat yang menyimpan jejak sejarah pergerakan Islam di masa lalu. Museum Al-Quran Al-Akbar merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling populer untuk dikunjungi selama bulan Ramadhan ini.

Museum Al Qur’an Al Akbar atau Giant Al Qur’an dikenal sebagai lempengan kayu besar yang diukir dengan ayat-ayat Alquran. Museum yang terletak di Jalan Moh Amin, Gandesa, Palembang, Sumatera Selatan ini menjadi destinasi wisata religi favorit umat Islam di seluruh wilayah.

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Sejak dibuka sebagai tempat wisata religi pada tahun 2010, banyak wisatawan domestik dan mancanegara berduyun-duyun untuk melihat Al Quran berukuran besar yang dinobatkan sebagai Al Quran terbesar dan terberat di dunia oleh Museum Rekor Indonesia. Pengawas Museum Al-Quran Al-Akbar Asri mengatakan, pengunjung yang datang ke sini kerap menyempatkan waktu untuk adzan Maghrib atau Shalat.

Lengkap! 39 Wisata Di Palembang, Wajib Dikunjungi Peserta Rakernas Jkpi

Asri mengatakan, para wisatawan yang datang banyak melakukan aktivitas dan ada yang cukup asik berfoto dengan Al Quran raksasa tersebut. Tapi tidak ada yang mau membaca. Selama bulan Ramadhan, setidaknya 300 hingga 500 anak pesantren dan anak yatim berbuka puasa bersama di Al Quran Al Akbar.

“Kalau mau baca Al Quran, traveler harus naik satu lantai. Al Quran ini ada lima lantai dan tiap lantai ada tiga juz. Al Quran ini tingginya 15 meter dan lebarnya delapan meter,” kata Azri dalam siaran persnya. pada Senin (29/5).

Azri menjelaskan, dibutuhkan 45 meter kubik kayu tembesu untuk membuat Alquran yang sangat artistik. Ada 316 salinan kayu Tempesu yang diukir halus hingga 30 jus. Setiap versi Alquran tingginya 177 cm, lebar 40 cm dan berat 50 kg.

“Al-Qur’an raksasa ini dibuat oleh seluruh anak Palembang, ada 27 eksemplar. Setiap eksemplar pengukiran diamati langsung oleh Sofwatilla Mohsaib, yang diamati oleh para Hafidz Al-Qur’an dan anggota DPR RI,” Azri . dikatakan.

Tempat Wisata Di Palembang Yang Kekinian Dan Instagramable, Wajib Banget Buat Dikunjungi!

Dalam proses ini, setelah diukir dengan karton, Alquran terlebih dahulu diperiksa keasliannya. Baru kemudian dicetak dengan kertas lilin dan diletakkan di atas kayu tempezu sehingga bisa langsung diukir dengan chip.

Al Quran setebal 630 halaman dilengkapi dengan tilawah dan doa khatam untuk pemula. Setiap versi memiliki ayat suci Al-Qur’an yang diukir dengan huruf Arab di dasar coklat, dengan ornamen khas palembang di atas kuning dengan ukiran motif bunga di tepinya, yang sangat indah untuk dilihat dan dibaca.

Proses penyelesaian pengerjaan Alquran hingga delapan tahun. Selain membatasi biaya, proses pembuatan yang hati-hati membutuhkan banyak waktu. “Dibangun tahun 2002 dan selesai tahun 2009. Pengerjaannya terhenti karena kekurangan dana. Biaya menyelesaikan Al-Quran Al-Akbar tidak lebih dari dua miliar rupiah,” kata Azri.

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Wisatawan tidak bergantung pada harga standar untuk menginjakkan kaki di tempat itu. Tapi ada celengan besar untuk menampung sumbangan pengunjung untuk anak yatim piatu.

Tempat Wisata Di Palembang Yang Lagi Hits Dan Wajib Kamu Kunjungi

“Hanya sebatas menulis, dari mana asalnya? Tidak ada biaya wisata. Kami hanya menyiapkan celengan untuk INFaq dan uang ini akan dibagikan kepada anak yatim,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengakui Indonesia memiliki potensi wisata religi yang sudah diterima dunia. Selain meringkas pariwisata berdasarkan agama, juga akan disusun organisasi penduduk menurut agama dan karakteristik tempat wisata menurut arahan daerah.

Indonesia sendiri sangat beragam, mulai dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Khonghucu hingga berbagai agama lokal yang diperkirakan mencapai 245 agama. “Potensi wisata religi di Indonesia sangat besar. Banyak bangunan dan situs bersejarah memiliki arti khusus bagi umat beragama. “Selain itu, jumlah warga negara Indonesia yang besar, yang hampir semuanya beragama, sangat memungkinkan untuk pengembangan wisata religi di pulau-pulau tersebut,” kata Arif.

Menurutnya, kegiatan wisata religi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat akibat godaan transformasi ekonomi, terjadi multiplier. Hal ini didukung dengan perubahan tren pariwisata yang terjadi saat ini. Trennya adalah mengubah pariwisata dari “matahari, pasir, dan laut” menjadi “kedamaian, keberlanjutan, dan spiritualitas”.

Ini Tiga Tempat Wisata Di Jakabaring Palembang Yang Wajib Dikunjungi Traveler

“Mengenai tren ini, UNWTO memperkirakan 330 juta wisatawan global, atau 30 persen dari total kelompok wisatawan global, mengunjungi situs religi di seluruh dunia untuk tujuan spiritual dan kognitif,” kata Arif. Palembang memang identik dengan makanan. Secara khusus, Pepec. Namun, banyak hal yang membuat ibu kota Sumatera Selatan ini patut mendapat banyak perhatian. Mereka yang suka traveling juga tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Palembang. Selain eksotisme, tempat wisata di Palembang juga Instagrammable berkat paparan kearifan lokal. Tertarik dengan tempat wisata di kota ini? Lihat panduan bahasa Indonesia di bawah ini!

Menghabiskan waktu mengunjungi Kampung Arab Al-Munawar adalah bagian dari perjalanan dan harus menjadi kenyataan jika Anda pergi ke Palembang. Keunikan dan keunikan desa ini menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan.

Kampong 13 Ulu atau Kampong Arab 13 Ulu, nama lain kampung ini, penuh dengan bangunan khas dan kuno. Dari bentuk rumah piramida, sentuhan Timur Tengah dan Eropa hingga ukiran kayu di atas, Anda bisa melihat keunikannya. Penduduknya memiliki ‘nuansa’ Arab-Eropa – berhidung mancung dan bertubuh jangkung.

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Ada sebuah rumah yang dibangun 250 tahun yang lalu. Meski usianya sudah lebih dari 2 abad, rumah ini tidak terlihat tua karena lukisan itu. Ada beberapa tempat menarik dan instagrammable untuk dijadikan latar belakang selfie Anda.

Destinasi Wisata Di Palembang Yang Seru Dan Menyenangkan

Sebelumnya, kawasan ini merupakan kawasan herbal dan tidak sehat. Namun, setelah dipugar dengan indah, Pasar Sekong menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Palambang.

Bagi para Instagrammer, pasar ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjadi latar selfie Anda. Belum lagi keindahan warna dinding dan bendungan, kondisi bersih Sungai Musi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Siapa sangka bisa membuat pemandangan dengan latar belakang Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, dan Patung Liberty di tengah rimba Palembang?

Momen tersebut hanya bisa Anda dapatkan di Taman Wisata Poonthi Kayu. Hutan lindung yang luas ini telah menjadi tujuan wisata paling populer di Palambang. Terlepas dari popularitasnya, dilaporkan bahwa sekitar 1.000 orang mengunjungi daerah tersebut setiap hari untuk berwisata!

Tempat Wisata Di Palembang Yang Lagi Hits Dan Wajib Dikunjungi

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Palembang menjadi salah satu alasan mengapa Punti Kayu menjadi destinasi favorit Gen Y dan Gen Z. Dengan banyaknya spot teduh dan spot foto, bedanya asyik untuk bersantai.

Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata utama di Palambang. Meski demikian, pulau ini memiliki pesona berupa perburuan harta karun yang dibalut dengan kisah asmara yang melegenda.

Pulau ini sebenarnya merupakan dataran rendah dengan luas sekitar 30 hektar. Nuansa yang diberikan akan membuat Anda serasa berada di Chinatown.

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Salah satu daya tarik wisata utama pulau ini adalah candi 9 lantai. Selain candi, Anda juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata mulai dari candi hingga pepohonan. Tentunya jangan lupa untuk berfoto dengan background candi ini saat berkunjung!

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Populer Di Palembang

Jika ingin berwisata religi, Museum Al-Kran Al Akbar merupakan pusat wisata di Palembang yang paling cocok. Tidak ada tempat lain yang menampilkan seni yang begitu indah.

Tinggi 177 cm, lebar 140 cm dan tebal 2,5 cm, Al Quran diukir di permukaan kayu Tempesu. Total ada 315 panel kayu untuk memajang semua ayat yang tertulis dalam Al-Qur’an dalam bentuk patung yang kini terlihat sangat indah.

Sebagai destinasi wisata religi, siapapun yang datang ke sini diharapkan memiliki pandangan Hormat dan tidak merusak karya seni yang indah ini.

Jika ingin melihat properti yang istimewa, rumah terapung di Sungai Musi akan menjadi tujuan yang tepat. Rumah-rumah rakit sedikit banyak tersebar di pinggiran Sungai Musi.

Tempat Wisata Terbaik Di Asia

Anda dapat melihat dan mengalami banyak hal di sini. Rumah terapung di Sungai Mus tempat tinggal sebagian besar orang Tionghoa tidak berbeda dengan rumah dan bangunan lain, meski sebagian besar aktivitasnya akan berlangsung di atas air. Ini adalah salah satu tempat paling berkesan yang terkait dengan rumah terapung.

Anda ‘pergi’ ke rumah-rumah ini, berbelanja di pasar terapung dan minum kopi di Sungai Musi. Bahkan, di Sungai Musi telah disediakan stasiun pengisian bahan bakar untuk perahu atau ketek untuk menampung pergerakan warga sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Palaambang ini. Wow!

Stadion Jakbaring wajib dikunjungi selama Asian Games 2018 mendatang. Hampir semua pertandingan olahraga akan digelar di lahan seluas 325 hektar itu.

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Tapi Jakabaring Sport City lebih dari sekedar tempat olahraga. Ada banyak tempat menarik untuk menarik wisatawan, termasuk hutan kota yang tidak jauh dari stadion utama Jakbaring.

Wisata Alam Di Palembang, Bikin Bimbang Ketika Mau Pulang

Siapa sih yang tidak suka bermain air? Hampir semua kalangan tidak akan melewatkan kesempatan untuk bersenang-senang di taman air dengan seluncuran dan wahana lainnya, termasuk Anda, bukan?

Dari Sungai Nil, rakit, air terjun hingga pusaran air, Anda akan meninggalkan tempat itu dengan kesan mendalam. Selain itu, tiket masuknya pun murah mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 120.000. Bahkan, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah jika memanfaatkan promo yang ada.

Pergi ke Palembang berarti Anda harus menikmati kuliner khasnya. Pilihannya pasti, yaitu. Pempek, dan tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini adalah Pempek Pak Radan.

Berawal pada tahun 1984, Pimpek Pak Radan telah menjadi salah satu warung makan paling terkenal di Palembang dan kini telah membuka banyak cabang di seluruh Indonesia. Namun, keistimewaan makan pembek langsung di Palembang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Plumeria Ecopark, Objek Wisata Baru Muara Enim Yang Wajib Dikunjungi

Tidak ada yang bisa menggantikan landmark Palembang,

Tempat wisata di singapore yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapura yang wajib dikunjungi, tempat wisata di jepang yang wajib dikunjungi, tempat wisata di sabang yang wajib dikunjungi, 10 tempat wisata di bali yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bangkok yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungi, tempat wisata di eropa yang wajib dikunjungi, tempat wisata di belitung yang wajib dikunjungi, tempat wisata di thailand yang wajib dikunjungi, tempat yang wajib dikunjungi di palembang, tempat wisata di taiwan yang wajib dikunjungi

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top