Connect with us

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Informasi

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Lima Hewan Langka Di Indonesia – Keindahan alam bukanlah satu-satunya daya tarik yang dimiliki negara ini. Selain gunung yang menjulang tinggi, hamparan sawah yang hijau, dan pantai yang eksotis, Indonesia juga memiliki satwa langka yang perlu dilestarikan. Seperti di antaranya berikut ini.

Saat ini jumlahnya tidak lebih dari 500 ekor.Sebelumnya Indonesia juga memiliki harimau Bali, namun sayangnya hewan ini telah punah. Oleh karena itu, harimau sumatera memerlukan perhatian khusus, agar tidak bernasib sama dengan harimau bali.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Lebih parah dari harimau sumatera, saat ini hanya ada 300 ekor badak sumatera bercula dua. Tak hanya badak sumatera, ada juga satu badak bercula satu yang kondisinya lebih memprihatinkan lagi. Tebak berapa populasi yang tersisa hari ini? Hanya lusinan dari mereka! Anda bisa melihatnya di Suaka Margasatwa Ujung Kulon Banten. Kedua badak ini termasuk dalam 5 spesies badak yang terancam punah di dunia, bersama dengan badak India, badak putih Afrika, dan badak hitam Afrika.

Hewan Yang Dianggap Suci, Mulai Dari Monyet Hingga Harimau

Anoa merupakan hewan khas yang berasal dari Sulawesi. Sekilas memang terlihat seperti kambing, namun bedanya hewan ini sulit dijinakkan dan memiliki tanduk di kepalanya. Anoa tidak melengkung seperti kambing, ia memiliki tanduk yang tajam. Bahkan bisa melebihi 20 cm. Spesies hewan peralihan ini sering diburu untuk diambil bulu, daging, dan tanduknya.

Ternyata bukan cuma Australia, penduduk kota punya kanguru. Indonesia juga punya, lho! Dibandingkan kanguru Australia, kanguru pohon memiliki lebih banyak bulu

Dengan tubuh sedikit lebih berisi. Habitat aslinya ada di pulau Papua. Seperti badak bercula satu, hanya tersisa puluhan.

Mungkin hingga saat ini hanya lumba-lumba dan paus yang dikenal sebagai mamalia laut. Sungai Mahakam adalah rumah bagi lumba-lumba Mahakam, yang merupakan mamalia air asli Indonesia. Bedanya pesut mahakam adalah mamalia air tawar. Saat ini, hanya ada kurang dari seratus yang tersisa. Malu pada Anda, urbanis? Penurunan ini disebabkan berkurangnya persediaan makanan dan penggunaan racun oleh nelayan setempat.

Daftar Tumbuhan & Hewan Yang Dilindungi Di Indonesia

Hewan ini biasanya dirawat di kebun binatang di Indonesia untuk mendapatkan perawatan yang maksimal karena jika berada di habitat aslinya, mereka beresiko diburu oleh pemburu yang tidak bertanggung jawab. Ayo, cintai alam Indonesiamu! Kekayaan alam Indonesia memang luar biasa, termasuk flora dan faunanya. Ada banyak hewan langka yang hampir punah yang terdapat di hutan-hutan Indonesia. World Wildlife Fund (WWF) terlibat dalam perlindungan satwa langka di hutan Indonesia.

Banyak turis mancanegara yang rela datang ke Indonesia hanya untuk melihat satwa yang ada di Indonesia bahkan mengunjungi daerah terpencil.

Salah satu kera besar yang mirip dengan manusia adalah orangutan. Orangutan adalah hewan langka dan jumlahnya terus berkurang, di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Ada sekitar 55.000 orangutan di dunia. Orangutan banyak terdapat di Pulau Kalimantan dan sekitar 200 lebih di Sumatera.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Populasi orangutan yang membutuhkan hutan semakin berkurang karena habitatnya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuka lahan secara paksa. Hal ini menyebabkan beberapa orang menjadi relawan dan beberapa dari WWF ingin membantu orangutan di penangkaran di Indonesia.

Cara Melindungi Satwa Langka Di Indonesia Agar Tidak Punah

Jumlah komodo pada tahun 2017 tercatat sebanyak 3.012 ekor. Jumlah layang-layang meningkat dibandingkan tahun lalu. Pulau Komodo di bagian timur Nusa Tenggara ditetapkan oleh pemerintah sebagai taman nasional dan habitat alami komodo karena komodo merupakan hewan yang terancam punah.

Naga jantan harus melawan pejantan lain untuk mengawini betina. Proses perkawinan mereka inilah yang membuat reproduksi komodo menjadi sulit. Komodo berkembang biak dengan bertelur, komodo kecil yang baru menetas sangat rentan dimangsa oleh predator lain bahkan komodo yang lebih besar.

Ada 6 spesies penyu di Indonesia, dari total 7 spesies. Karena termasuk hewan langka, pemerintah melindunginya dengan membiakkannya di penangkaran di berbagai daerah. Daerah di Indonesia yang menjadi tempat bertelur penyu adalah Pulau Tanjung Benoa di Bali, Kepulauan Seribu dan Lombok.

Sebagian masyarakat Indonesia percaya bahwa kura-kura adalah hewan pembawa keberuntungan. Hal inilah yang membuat masyarakat terlibat dalam proses penangkaran penyu.

Kewajiban Manusia Terhadap Hewan Yang Terancam Punah

Hewan langka ini memiliki tubuh kecil berwarna coklat dengan mata yang besar, hewan ini juga suka bergelantungan di dahan pohon seperti koala. Tarsius tidak henti-hentinya melompat dari satu pohon ke pohon lainnya, karena binatang ini tidak bisa menjejakkan kakinya di tanah.

Populasi hewan ini semakin berkurang karena pembukaan lahan secara ilegal. Jadi pemerintah mulai melindungi hewan-hewan ini. Di hutan Sulawesi, tarsius berlimpah.

Harimau Sumatera merupakan satwa langka yang terancam punah pada tahun 2050. Hanya sekitar 300-400 spesies yang hidup di Sumatera. Habitat harimau semakin terganggu, terutama akibat penebangan liar lahan kelapa sawit.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Jika kita tidak ingin populasi harimau sumatera punah, kita harus mulai menjaga hutan. Cara kami menjaga hutan adalah dengan tidak mencemari lingkungan dan menghemat sumber daya alam seperti kertas.

Berikut Adalah 5 Hewan Langka Di Indonesia Dan Keterangannya

Badak bercula satu merupakan hewan langka dan termasuk lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Badak bercula satu ini dapat ditemukan di Taman Nasional Badak di kawasan Ujung Kulon. Jumlah badak bercula satu semakin berkurang akibat perburuan cula pada zaman dahulu. Saat ini, jumlah mereka di Indonesia hanya sekitar 50-60.

Burung cendrawasih merupakan hewan langka, ada empat jenis burung yang hidup di Papua. Lokasi pantauan sinar dapat ditemukan di Iso, Jalan Korea dan Gantebang di Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Masyarakat setempat di Sulawesi memberi julukan anoa cow utan, yang berarti sapi yang hidup di hutan. Hewan langka ini masih satu keluarga dengan banteng, ia memiliki kecepatan lari hingga 10 km/jam.

Hewan ini memiliki sepasang tanduk seperti banteng, namun berukuran lebih kecil dari banteng pada umumnya. Anoa sering diburu untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Hewan Hibrida Dan Keunggulannya

Populasi mereka menurun, hanya tersisa sekitar 2.469 individu di Sulawesi. Pemerintah menjadikan anoa sebagai hewan yang harus dilindungi. Gunung Ambang merupakan rumah bagi anoa yang masih sangat perawan.

Burung maleo senkawor dapat ditemukan di daerah Gorontalo, namun jumlahnya tidak banyak. Hanya sekitar 1000 dari mereka. Populasi maleo semakin menurun karena ukuran telurnya yang sangat besar, yakni lima kali lipat dari telur ayam.

Banyak orang yang tertarik mengoleksi telur maleo. Pemerintah menjadikan malea sebagai hewan langka dan patut dilindungi. Sekarang populasi mulai meningkat perlahan.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Burung merak bisa Anda temukan di Malaysia dan India, namun burung merak di Jawa dan Sumatera berbeda. Hewan langka ini memiliki bulu berwarna indah dan enak dipandang. Di negara lain, kebanyakan burung merak hanya memiliki satu corak, sedangkan di Indonesia burung merak memiliki corak yang lebih beragam, salah satunya adalah merak putih.

Hewan Ini Populasinya Paling Menurun Tajam Sejak Zaman Dinosaur

Ini adalah hewan langka dan terancam punah di Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, harus ikut serta dalam perlindungan habitat dan ekosistem satwa dengan baik, sekalipun kita bukan pejabat pemerintah. Kita tidak boleh membiarkan hewan-hewan langka ini punah di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan urusannya sendiri Berita Bisnis Berita Hiburan Berita Hukum Berita Kriminal Berita Internasional Berita Kesehatan Berita Nasional Berita Olahraga Berita Sepak Bola ‘Berita Otomotif Berita Politik Berita Teknologi Berita

Jadwal Liga Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Jerman Jadwal Liga Spanyol Jadwal Liga Prancis Jadwal Liga Indonesia

Klasemen Liga Inggris Klasemen Liga Italia Klasemen Liga Jerman Klasemen Liga Spanyol Klasemen Liga Prancis Klasemen Liga Indonesia

Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Padahal, ada beberapa spesies hewan langka dan terancam punah di hutan Indonesia saja.

Hewan Asli Pulau Sumatra, Ada Yang Terancam Punah

Penyebab kepunahannya pun cukup beragam, mulai dari perubahan habitat hingga maraknya perburuan liar. Itu juga menarik perhatian

Lalu apa saja contohnya dan mengapa kita harus melindungi satwa langka? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

) merupakan subspesies harimau yang berasal dari pulau Sumatera. Kulitnya yang belang kuning kecokelatan menjadi ciri khas hewan endemik ini.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Perusakan habitat harimau sumatera mengakibatkan kematian yang tinggi. Antara tahun 1998 dan 2000, 66 harimau dibunuh.

Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat

Harimau ini juga sering diperdagangkan secara ilegal. Bagian tubuh diketahui diperdagangkan dengan harga fantastis di pasar gelap.

Harimau Sumatera termasuk satwa endemik yang dilindungi menurut UU No. 5 Tahun 1990. Hewan langka ini mampu berkembang biak kapan saja dan masa kehamilannya kurang lebih 103 hari.

Inilah satu-satunya hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Selain itu, komodo juga merupakan spesies reptil terbesar di dunia. Pemerintah telah menetapkan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur sebagai habitat alami komodo.

Tak hanya itu, kawasan tersebut juga dinyatakan sebagai taman nasional. Taman nasional ini terbagi menjadi dua wilayah, Pulau Komodo dan Pulau Rica, tempat tinggal 2.700 ekor komodo.

Hewan Langka Yang Dilindungi Di Indonesia

Salah satu penyebab komodo sulit bereproduksi adalah proses perkawinannya. Naga jantan harus bertarung terlebih dahulu untuk kawin dengan betina. Selain itu, telur komodo yang baru menetas sangat rentan dimangsa predator lain atau bahkan komodo yang berukuran lebih besar.

Hewan langka ini merupakan salah satu dari lima spesies badak yang masih ada di dunia. Di Pulau Jawa, badak bercula satu hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Badak di Ujung Kulon, Banten.

Karena banyak yang diburu untuk diambil culanya, jumlah spesies badak semakin berkurang, dengan hanya tersisa 50 hingga 60 ekor saat ini.

Lima Hewan Langka Di Indonesia

Anoa dijuluki sapiutan, yang berarti sapi yang hidup di hutan. Hewan langka Indonesia ini memiliki sepasang tanduk yang mirip banteng, namun ukuran tubuhnya jauh lebih kecil.

Hewan Langka Yang Hanya Hidup Di Indonesia, Apa Saja?

Ini diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memburu hewan ini.

Saat ini populasi anoa di Sulawesi hanya sekitar 2.469 ekor, sehingga anoa ditetapkan sebagai salah satu

Hewan langka di indonesia, 10 nama hewan langka di indonesia, foto hewan langka di indonesia, lima hewan langka, hewan langka di dunia, jenis hewan langka di indonesia, hewan langka indonesia, nama hewan langka di indonesia, hewan langka di laut, gambar hewan langka yang ada di indonesia, hewan yang langka di indonesia, hewan langka yang dilindungi di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top