Connect with us

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Informasi

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Nama Rumah Adat Sumatera Utara – Namun, mayoritas penduduk provinsi yang beribukota Medan itu mungkin langsung merujuk pada Suku Rawa, bukan?

Termasuk salah satunya adalah rumah adat Sumatera Utara yang beraneka ragam menurut sub suku yang ada saat ini.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Asal usul nama tersebut tidak lepas dari ukuran mansion dan menjadi tempat tinggal 14 raja kuno yang memerintah Simalungun.

Deretan Rumah Adat Di Indonesia, Lengkap Dengan Keunikan Dan Penjelasannya

Uniknya rumah ini memiliki atap melengkung di bagian depan dan belakang yang menyerupai pelana kuda yang terbuat dari daun jerami atau ijuk.

Untuk memasuki Rumah Bologne, Anda harus menaiki anak tangga dengan jumlah ganjil, yang diyakini masyarakat akan membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

Dengan hiasan ini, dari mana pun orang rawa berasal, mereka dapat menjaga rasa persaudaraan di mana pun mereka berada.

Rumah tersebut berfungsi sebagai tempat putri pemilik rumah, istri tamu, dan juga tempat upacara adat.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara Lengkap Beserta Gambar Dan Keunikannya

Bangunan rumah adat ini juga merupakan bangunan dasar bagi rumah Bolon yang berciri khas lainnya seperti rumah Bolon Karo, Pakpak, Mandaling, Simalunggun, Angkola dan Toba.

Namanya berarti delapan keluarga tinggal di rumah, dan masing-masing memiliki peran dalam kehidupan ekonomi.

Keberadaan Rumah Karo juga tidak terlepas dari sejarah terbentuknya kuta atau kampung di Tana Karo yang secara bertahap dimulai dari barang (satu rumah), talun (tiga rumah) dan kuta (lebih dari lima rumah).

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Ciri khas rumah adat ini adalah atapnya yang berbentuk trapesium dan segitiga, yang disusun mendatar dan simetris dengan bahan utama bambu.

Rumah Adat Mandailing, Salah Satu Suku Di Sumatera Utara

Rumah juga dibangun di hilir (kenjahe) dan hulu (kenjulu) aliran air desa.

Sesuai dengan namanya, delapan keluarga tinggal di rumah tersebut, dan bangunan tersebut tidak memiliki sekat, namun tetap memiliki ruang untuk masing-masing keluarga.

Meski jumlahnya semakin berkurang, rumah tradisional Karo banyak ditemukan di Desa Dokan yang terletak di wilayah Karo Sumatera Utara.

Rumah adat ini dapat dijumpai di beberapa daerah di Sumatera Utara antara lain Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Khumbang Husundutan dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Rumah Bolon, Rumah Adat Yang Menjadi Lambang Budaya Suku Batak

Bentuk ini melambangkan “menarik dan menarik mparas igongken ndegol” atau mengambil resiko untuk melindungi budaya tradisional Pakpak yang sudah lama menjadi milik masyarakat Pakpak.

· Kertas ini dapat ditemukan di atap rumah sebagai simbol kepercayaan masa lalu masyarakat dalam diskusi kasus per kasus.

· Di area segitiga depan rumah, Anda bisa menemukan tiga ukiran seperti bunga cangkir, bunga pena dan bunga bunga.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

· Atap rumah Pakpak berbentuk segitiga, menggambarkan struktur adat masyarakat Pakpak: Tiina (kakak), Berru (kakak) dan Puang (keponakan).

Beragam Rumah Adat Sumatera Utara, Satu Batak Namun Berbeda Beda Bentuk

Contoh cerita yang terjadi di dalam keluarga Nasut sendiri adalah Si Barar, anak dari Raja Iskandar Muda, yang diangkat anak oleh Sutan Pulangan, yang dianggap sebagai anak orang berpengaruh.

Tujuan dari perancangan pondasi ini adalah agar rumah tahan gempa dan mencegah rembesan air yang merusak struktur kayu dengan meletakkan batu di bawahnya.

Rumah itu juga memiliki bagian yang disebut tutap ari, yang memiliki berbagai ornamen seperti bona bulu (bambu), bindu (catatan bambu), srih, raga-raga, spatomo-tomu, sankang duri, jagar-jagar, bulan, empat dihiasi dengan . Pendulum, Matahari dan Shell.

· Rumah adat Simalungun hanya memiliki satu tangga, yaitu di bagian depan rumah, dengan kisi-kisi.

Rumah Adat Sumatera Utara: Nama, Jenis, Fungsi Dan Penjelasan

Yang pertama berwarna merah, menandakan kekuatan duniawi, perselisihan manusia dan pergulatan antara kekuatan jahat dan baik.

Empat dari enam tiang tersebut berada di tengah rumah, terdiri dari dua tiang simalambo dan dua tiang manaba.

Yang kedua adalah omo cebua, yang biasanya terletak di tengah desa, dan para bangsawan, kepala desa (salawa) atau kepala negara (tuhenori) adalah pemilik atau penghuni rumah ini.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

· Rumah Nias Utara yaitu rumah yang terletak di Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Gunungsitoli.

Rumah Adat Sumatra Utara Dan Keunikannya Masing Masing

Rumah juga terdiri dari dua bagian: bagian depan digunakan oleh tamu dan bagian belakang digunakan oleh pemilik.

Rumah adat ini merupakan cerminan tata kehidupan masyarakat Melayu di Sumatera Utara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemasyarakatan, agama, adat istiadat dan kekeluargaan.

Beberapa motif yang dapat ditemukan pada dekorasi rumah Melayu adalah motif bunga, hewan, geometris, dan spasial.

Saat ini rumah melayu dapat ditemukan di Kecamatan Labuhan, Kota Medan, Kecamatan Delhi Serdang, Kecamatan Langkat, Kecamatan Batu Bara, Kecamatan Serdang Begadai dan Kecamatan Tebing Tinggi.

Pakaian Adat Sumatera Utara

Yang pertama adalah Jabu Parsakitan, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan barang dan tempat membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan adat.

Yang kedua adalah Jabu Bolon yang memiliki ciri rumah yang tidak terbagi dan digunakan sebagai tempat tinggal keluarga besar.

Namun, rumah Bolon ini terdiri dari berbagai spesies yang berbeda-beda menurut sub suku Batak dan bahkan letak geografisnya.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Secara keseluruhan rumah adat Bolon ini menggunakan konsep panggung yang ditopang oleh tiang-tiang, dan setiap bagian bangunan rumah adat ini memiliki makna atau filosofi tersendiri bagi masyarakat setempat khususnya masyarakat Batak.

Rumah Adat Batak Karo

Ya, selain rumah adat, kamu juga bisa mengeksplor budaya Sumatera Utara lainnya, salah satunya tari tradisional, tari jaring dan tari Serampang Dua Belas. Sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatera Utara. Sumatra. , provinsi ini sebagian besar dihuni oleh orang Batak.

Tak heran, Anda juga bisa menemukan rumah dari etnis lain di sini, dan keragaman ini tentunya unik di provinsi ini.

Ciri khas rumah adat di sini adalah bentuk atapnya yang menyerupai kapal terbalik dan meruncing di setiap ujungnya.

Ada juga banyak jenis rumah adat di Sumatera Utara: Rumah Bolon, Rumah Nias, Rumah Karo, Rumah Mandalin dan lain-lain.

Doc) Gambarv Dan Nama Rumah Adat Dari 33 Provinsi Di Indonesia

Setiap rumah adat memiliki peran ritual yang sangat kuat bagi bangsa atau suku bangsa masing-masing.

Hampir semua rumah adat dibangun dengan gaya landscape. Ruang bawah tanah biasanya digunakan untuk memelihara hewan peliharaan atau ternak.

Rumah adat di Sumatera Utara biasanya dibangun berjejer atau berderet. Jadi, jelas bahwa tujuan membangun rumah adalah menjadi tempat tinggal.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Adapun uraian dan gambar tentang nama-nama rumah adat di Sumatera Utara adalah sebagai berikut.

Rumah Gadang Adalah Rumah Adat Dari Daerah Sumbar, Ketahui Keunikannya

Rumah adat yang pertama adalah rumah adat suku Bolon atau Batak, dahulu rumah adat ini digunakan sebagai tempat tinggal raja atau kepala suku.

Pada saat yang sama, dapat dikatakan bahwa tidak ada ruangan khusus di dalam ruangan, bahkan tidak ada sekat berupa dinding di dalam ruangan.

Meski sebagian besar suku di Sumatera Utara adalah Dayak, kawasan ini juga merupakan rumah bagi orang Nia.

Nah disini juga anda akan menjumpai rumah adat Nias, keunikan dari rumah adat ini adalah bentuknya yang bulat seperti lonjong, ada juga yang berbentuk persegi panjang.

Desain Rumah Adat Batak, Horas!

Pada dasarnya rumah adat ini terdiri dari dua jenis yaitu Rumah Adat Omo dan Rumah Adat Omo Khada.

Rumah adat Omo sering digunakan oleh tetua adat atau tokoh adat, dan rumah adat Omo Khada digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat atau suku Nias.

Rumah adat ini terdiri dari dua bagian, ruang depan dan ruang belakang, dan ruang depan biasanya digunakan sebagai ruang penerima tamu atau kamar tidur tamu.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Karo Rumah adat yang digunakan sebagai tempat tinggal, rumah ini juga biasa disebut Siwalukh Jabu.

Rumah Bolon (keunikan, Asal, Fungsi, Bagian, Gambar)

Arti namanya adalah delapan keluarga, artinya dalam rumah adat ada 8 anggota keluarga yang memiliki tanggung jawab yang sesuai.

Rumah ini terdiri dari jabu jahe, jabu hilir, jabu julu, jabu hulu dan lain-lain.

Penerapan atau definisi kamar biasanya dilakukan untuk tujuan tertentu, seperti jenis kelamin, usia, atau peran dalam keluarga.

Partisi atau klasifikasi biasanya dilakukan dengan menggunakan dua metode: tree-end dan tree-end.

Berita Dan Informasi Rumah Adat Terkini Dan Terbaru Hari Ini

Berikutnya ada Rumah Adat Mandaling dari suku Mandaling yang terletak di perbatasan Sumatera Utara dan Riau.

Tak heran jika rumah adat ini juga banyak terdapat di Riau, karena sebagian dari suku ini berada di daerah yang merupakan bagian dari Riau.

Rumah adat ini sering disebut Baga Godang, Baga artinya rumah, Godang artinya banyak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah rumah adat mandarin cukup tinggi.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Tentunya hal ini sangat tepat karena fungsi rumah ini biasanya digunakan sebagai tempat tinggal kelompok suku Mandaling.

Desa Wisata Hutaginjang

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara, Anda bisa menemukan rumah adat ini di daerah Mandalay-Natal atau Tapanuli Selatan.

Selain itu, kawasan ini memiliki tempat-tempat wisata yang menarik, sehingga menjadi tempat persinggahan yang baik selama berada di Sumatera Utara.

Rumah adat di Sumatera Utara yang terakhir adalah Rumah Adat Pakpak yang merupakan rumah adat milik suku Pakpak.

Biasanya, ruangan ini digunakan untuk pertemuan atau percakapan antar warga, dan sering digunakan untuk berbagai acara adat yang diadakan di sini.

Rumah Adat Sumatera Utara / Batak (toba, Karo, Simalungun)

Konstruksi rumah adat ini sangat sederhana, biasanya bentuknya biasa saja dan atapnya sedikit berbeda.

Atapnya terbuat dari ijuk dan menyerupai kapal terbalik, sedangkan alasnya hanya terdiri dari dua tiang besar.

Rumah Adat Bolon adalah nama rumah adat suku Batak di Sumatera Utara. Adanya beberapa sub suku Rawa mengakibatkan arsitektur rumah adat ini terbagi menjadi beberapa jenis.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara

Terlepas dari keragaman arsitekturnya, secara umum rumah Bolon memiliki beberapa ciri yang membedakan rumah adat Sumatera Utara dengan rumah adat provinsi lain.

Rumah Adat Sumatera Utara Dan Ragam Filosofinya

Tiang penyangga rumah terbuat dari kayu dengan tinggi sekitar 1,75 meter dan diameter 40 cm.

Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, lantainya dari papan, dan atapnya dari daun jerami atau ijuk.

Memperkuat ikatan antara

Rumah adat di sumatera utara, rumah adat sumatera utara, rumah adat daerah sumatera utara, rumah adat tradisional sumatera utara, gambar rumah adat sumatera utara, nama upacara adat sumatera utara, rumah adat karo sumatera utara, nama baju adat sumatera utara, rumah adat sumatera utara adalah, rumah adat khas sumatera utara, nama pakaian adat sumatera utara, rumah adat provinsi sumatera utara

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top