Connect with us

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Informasi

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Hewan Langka Yang Hampir Punah – Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk flora dan fauna. Padahal, banyak spesies hewan yang hampir punah dan langka hanya ada di hutan Indonesia. Sejauh ini, World Wildlife Fund (WWF) juga membantu melindungi hewan-hewan ini.

Di sisi lain, telah menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara. Untuk melihat satwa langka yang terancam punah dan dilindungi ini, mereka harus pergi jauh-jauh ke Indonesia.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Orangutan adalah manusia kera yang mirip dengan manusia. Jumlah orangutan menurun di seluruh dunia. Sejauh ini hanya 55 ribu orang yang selamat. Banyak dari mereka tinggal di pulau Kalimantan dan 200 lainnya tinggal di Sumatera.

Kewajiban Manusia Terhadap Hewan Yang Terancam Punah

Terus menurunnya jumlah orangutan ini disebabkan oleh kebutuhan akan hutan yang lebat untuk menopang populasinya. Tidak hanya itu, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menduduki tempat tinggal mereka untuk mengosongkan tanah secara paksa. Ini menarik perhatian WWF dan banyak lainnya

Di tahun 2017, jumlah spesies kadal raksasa ini hanya sekitar 3012 ekor. Angka ini termasuk peningkatan dari total tahun-tahun sebelumnya. Karena kelangkaannya, pemerintah menjadikan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur sebagai taman nasional dan habitat alami komodo.

Salah satu hal yang membuat komodo sulit berkembang biak adalah proses kawinnya. Seekor komodo jantan harus berjuang untuk kawin dengan betina pertama. Tidak hanya itu, komodo yang baru menetas sangat rentan diburu predator lain atau komodo yang berukuran lebih besar.

Karena banyaknya spesies penyu yang hidup dengan sukses di Indonesia, pemerintah melindungi hewan-hewan ini dengan membangun penangkaran di berbagai daerah. Diantaranya adalah Pulau Tanjung Benoa, Bali, Kepulauan Seribu dan Lombok.

Hewan Langka Di Dunia, Jangan Sampai Punah!

Untungnya, orang Indonesia percaya bahwa kura-kura adalah hewan yang membawa keberuntungan. Jadi mereka juga banyak membantu dalam perawatan kura-kura.

Primata ini memiliki ciri tubuh kecil berwarna coklat dengan mata besar dan suka bergelantungan di dahan pohon seperti koala. Seekor tarsius tidak dapat menjejakkan kakinya di tanah karena terus-menerus melompat dari pohon ke pohon.

Jumlah satwa ini mengalami penurunan akibat penebangan liar. Alhasil, pemerintah melindungi hewan kecil ini. Tarsius banyak ditemukan di hutan Sulawesi.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Yang paling memprihatinkan, karena terancam punah, hanya tersisa 300-400 subspesies harimau sumatera di alam bebas. Banyaknya pembukaan lahan kelapa sawit secara ilegal telah mengganggu habitat harimau. Bahkan, populasi diperkirakan akan mati pada tahun 2050 jika tidak terkendali.

Hewan Langka Yang Hampir Punah Di Indonesia

, jika kita tidak ingin anak cucu kita hanya mendengar cerita tanpa melihat harimau, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga hutan. Salah satunya adalah tidak mencemari lingkungan dan menghemat sumber daya, seperti kertas yang terbuat dari kayu atau pohon.

Badak bercula satu adalah salah satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Di Pulau Jawa, hewan ini hanya terdapat di Taman Nasional Badak di kawasan Ujung Kulon, Banten. Dengan banyaknya orang yang memburu culanya, jumlah spesies badak ini terus berkurang. Sekarang hanya tersisa 50-60.

Meski sudah banyak dikapalkan ke berbagai negara, empat jenis burung cendrawasih hanya ditemukan di Papua. Wisata melihat Cendrawasih dapat dikunjungi di Iseo, Jalan Korea dan Gentebang di kawasan Nimbokrang Kabupaten Jayapura.

Anoa juga memiliki julukan yang diberikan oleh masyarakat setempat yaitu Saputan. Artinya sapi yang hidup di hutan. Karena masih satu keluarga dengan banteng, kecepatan larinya mencapai 10 km/jam.

Satwa Yang Terancam Punah Akibat Disantap Manusia

Anoa memiliki sepasang tanduk yang menyerupai lembu. Intinya, anoa umumnya berukuran jauh lebih kecil dibandingkan anoa. Sayangnya, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memburu hewan ini untuk dikonsumsi.

Kini populasi Anoa Sulawesi tinggal 2469 ekor. Hal ini menjadikan anoa sebagai salah satu satwa yang dilindungi pemerintah Indonesia. Ada pula satu habitat di hutan yang masih alami, yakni di kawasan Gunung Ambang.

Maleo Sankor masih sering terlihat di daerah Gorontalo. Namun, jumlahnya tidak banyak, hanya 10.000 orang. Penurunan populasi Melio disebabkan oleh ukuran telur yang sangat besar yaitu 5 kali lebih besar dari telur ayam.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Untungnya, setelah burung tersebut dinyatakan sebagai spesies yang dilindungi, populasinya perlahan mulai meningkat.

Perlu Diketahui, Ini 6 Hewan Langka Di Indonesia Yang Bersifat Dilindungi

Burung merak sebenarnya bisa ditemukan di Malaysia dan India. Hanya saja Jawa dan Sumatera memiliki lebih dari sekedar burung merak. Mereka memiliki bulu yang lebih berwarna dan jelek. Di beberapa negara, burung merak hanya memiliki satu corak, seperti biru atau hijau. Sedangkan di Indonesia coraknya lebih beragam, salah satunya merak putih.

Itulah beberapa hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan hampir punah. Meskipun kita bukan pejabat pemerintah, sebagai warga negara yang baik kita harus berpartisipasi dalam pelestarian habitat dan ekosistem mereka dengan baik. Jangan biarkan mereka mati di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Disclaimer: Artikel ini pernah tayang di IDNTimes.com dengan judul “Langka, 10 Hewan Unik dan Langka Hanya di Indonesia” yang ditulis oleh Berlian Rahami. dan dengan tingkat kesuburan yang rendah.

Hewan langka adalah hewan yang dilindungi. Nah, berikut 10 hewan langka di Indonesia yang terancam punah.

Ini Dia Fakta Unik Trenggiling, Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah

Sebagai salah satu jenis reptil terbesar, habitat komodo terkonsentrasi hanya di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan banyak daerah sekitarnya lainnya.

Oleh karena itu, hanya ada 2.700 ekor komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo sebagai satwa langka dan dilindungi.

Macan tutul muda juga merupakan hewan yang dilindungi. Dengan tempat tinggal utama di Pulau Jawa, kini jumlahnya hanya 350-700 ekor. Sehingga cheetah jawa dijadikan sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Menjadi salah satu simbol fauna Indonesia, burung cendrawasih juga merupakan salah satu hewan paling langka dan terancam punah di Indonesia.

Contoh Contoh Hewan Yang Harus Dilindungi

Kucing merah Borneo merupakan hewan yang dilindungi dan terancam punah. Satwa asal daratan Kalimantan ini terancam punah karena habitatnya menyusut akibat penebangan hutan di hutan Kalimantan. Dilaporkan hanya tersisa 2.500 ekor kucing merah Kalimantan hingga saat ini.

Habitat utamanya berasal dari pulau Sumatera, sehingga jumlah harimau sumatera saat ini hanya tinggal 500 ekor. Perburuan dan perusakan habitat adalah penyebab penurunan spesies asli.

Burung merak dengan bulunya yang indah dan unik merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi di Indonesia.

Perburuan liar menjadi penyebab penurunan jumlah merak. Kini populasi merak yang terdaftar hanya 10 ribu hingga 20 ribu ekor.

Dikira Sudah Punah, 7 Hewan Langka Ini Ditemukan Kembali

Duyung adalah mamalia laut yang hidup di perairan benua Indo-Pasifik dan perairan Australia. Dugong merupakan spesies yang dilindungi di Indonesia karena jumlahnya yang semakin berkurang.

Elang Flores merupakan salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Populasi Elang Flores di kawasan timur Indonesia diperkirakan hanya 100-240 ekor.

Orangutan Kalimantan merupakan salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Penyebab utama hampir punahnya orangutan Kalimantan adalah perburuan liar dan penggundulan hutan besar-besaran di habitatnya.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Badak jawa adalah endemik dan dapat ditemukan di daratan pulau Jawa, dimana sejauh ini hanya tercatat 60-70 ekor di Indonesia. Perburuan adalah salah satu penyebab utama kepunahan lokal. (OL-1)

Hewan Yang Terancam Punah Di Wilayah Indonesia Dan Daerah Asalnya

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan USAID, Siloam Hospitals menyelenggarakan pelatihan tuberkulosis 👤 Media Indonesia 🕔 Kamis, 20 April 2023, 03:44 WIB

Bacaan dan Tata Cara Takbir Idul Fitri Sesuai Petunjuk Rasulullah SAW 👤 Zubaydah Hanum 🕔 Kamis, 20 April 2023, 03:05 WIB

Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H dimulai pada malam Takbiran. Warga biasa mengucapkan Takbir atau…

Gerhana matahari bukan hanya fenomena alam, tapi hakikatnya menurut Alquran Hewan langka apa saja yang terancam punah di Indonesia? Meliputi area seluas 735.400 mil persegi, Indonesia terletak di antara dua benua besar dan merupakan negara dengan beragam flora dan fauna dengan ciri Asia, Australia, dan transisi.

Hewan Langka Yang Hanya Ada Di Indonesia

Namun sayangnya, dari ribuan jenis tumbuhan dan satwa yang hidup di wilayah Indonesia, terdapat sekitar 294 jenis tumbuhan dan satwa Indonesia yang terdaftar sebagai satwa langka (langka) dan harus dilindungi. Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang “Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi”.

Dalam artikel ini kami memaparkan tentang 30 spesies satwa langka yang telah memasuki zona kritis dan memerlukan berbagai upaya konservasi. Bahkan, dalam dunia konservasi tidak dikenal istilah hewan langka, melainkan disebut “satwa langka yang terancam punah”. Istilah ini umum digunakan oleh berbagai lembaga atau organisasi konservasi internasional seperti IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Bekerjasama dengan berbagai negara, organisasi dunia ini aktif menangani berbagai sumber daya alam (flora dan fauna) yang sudah masuk dalam daftar merah spesies terancam punah.

Hewan Langka Yang Hampir Punah

Orangutan, baik yang tinggal di pulau Sumatera maupun Kalimantan, merupakan spesies yang terancam punah. Menurut laporan IUCN, populasi orangutan sumatera telah menurun hingga 80% selama 75 tahun terakhir. Antara tahun 1998 dan 1999, tingkat kehilangan sekitar 1.000 orangutan per tahun.

Spesies Hewan Yang Akan Punah Sebelum Tahun 2030

Pada saat yang sama, pada tahun 2004, para ilmuwan memperkirakan jumlah orangutan di pulau Kalimantan baik di Indonesia maupun di Malaysia sekitar 54 ribu individu. Berbeda dengan orangutan kalimantan, orangutan sumatera memiliki kantong pipi yang panjang pada orangutan jantan.

Populasi harimau sumatera saat ini mungkin tidak melebihi 300 ekor, jadi menurut WWF, spesiesnya adalah satu

Nama hewan yang hampir punah, gambar hewan yang hampir punah di indonesia, hewan yang hampir punah di indonesia, gambar hewan hampir punah, poster hewan hampir punah, hewan langka terancam punah, gambar hewan yang hampir punah, gambar hewan dan tumbuhan yang hampir punah, hewan dan tumbuhan langka yang hampir punah, gambar hewan langka yang hampir punah, hewan laut yang hampir punah, hewan langka yang hampir punah di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top