Connect with us

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Informasi

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah – Palangkaraya menjadi salah satu kota yang masuk dalam daftar wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berlibur. Pasalnya, kota yang merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sebagian wilayah Kota Palangkaraya masih didominasi oleh hutan lindung dan kawasan lindung. Inilah salah satu keunikan dan keindahan Palangkaraya.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Selain keindahan alamnya, kota Palangkaraya juga memiliki kuliner khasnya yang unik. Ada banyak makanan khas Palangkaraya yang bisa kita coba disana.

Makanan Khas Palangkaraya Yang Enak Dan Wajib Dicoba

Oya, selain mencicipi makanan di sana, apakah ada baiknya membawa pulang oleh-oleh khas Palangkaraya untuk keluarga dan kerabat kita?

Buat kamu yang belum tahu mau beli oleh-oleh apa atau masih bingung, kali ini kami juga akan memberikan rekomendasi makanan dan oleh-oleh khas Palangkaraya.

Rekomendasi oleh-oleh yang pertama adalah kentang goreng Kelakai Palangkaraya. Kelakai sendiri merupakan tumbuhan khas asli Kalimantan Tengah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Dahulu nenek moyang kita suku dayak menggunakan tanaman kelakai sebagai obat diare, darah rendah, dan juga digunakan sebagai obat untuk menjaga kemudaan kulit.

Minuman Menyegarkan Khas Kalimantan Tengah

Kini tanaman Kelakai diolah dengan cara tersebut dan menjadi cemilan enak yang bisa kita nikmati setiap hari. Tumbuhan ini sudah menjadi makanan ringan berupa keripik kentang.

Keripik Kelakai ini bisa Anda temukan di toko oleh-oleh khas makanan di Palangkaraya, atau di banyak daerah lain di Kalimantan Tengah.

Harganya juga sangat murah, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 untuk oleh-oleh keripik untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Tingtur skate ini merupakan jenis makanan khas berupa daging cincang, karena tinder sendiri merupakan nama lain dari daging cincang. Bistik ini diolah dari bahan dasar ikan yaitu sesuai dengan namanya bangkai.

Ayoo..! Ikuti Lomba Cinderamata/souvenir Khas Kalteng 2019

Sedangkan untuk Kandas Sarai sendiri, Palangkaraya merupakan sambal khas Palangkaraya, dan bahan utamanya adalah serai. Jadi Candas Sarai Rubuk Patin ini adalah campuran ikan cincang dengan sambal Kandas Sarai.

Kombinasi ini merupakan kombinasi terbaik dan menciptakan rasa yang benar-benar nikmat, asin, harum dan tentunya pedas. Canberd Patin ini sangat cocok dinikmati dengan nasi panas yang bikin badan makin semangat.

Kalau mau beli Rabuk Patin Kandas Sarai caranya sangat mudah, tinggal jalan kaki ke toko oleh-oleh khas Palangkaraya, dijamin pasti ketemu. Padahal, ini adalah salah satu makanan khas yang sangat cocok dan sepertinya wajib untuk dijadikan oleh-oleh.

Tahu Bakso Ijo adalah nama warung yang selalu terkenal di sekitar Palangkaraya. Menikmati cita rasa yang diciptakan oleh pemilik warung, Tahu Bakso Ijjo banyak digandrungi oleh warga disana dan tentu saja menjadi bahan perbincangan.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Ini Bisa Bikin Teman Dekatmu Tambah Sayang

Dari kondisi seperti itu, jajanan khas ini menjadi terkenal dan akhirnya banyak wisatawan yang kesana untuk dijadikan oleh-oleh.

Selama ini Kuliner Bakso Tahu memiliki 2 rasa yaitu ayam dan sapi. Ketika Anda membeli kotak, Anda mendapatkan 10 bakso tahu.

Harga makanan khas ini cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000 per kotak. Jangan khawatir, semua toko oleh-oleh khas Palangkaraya akan menjual masakan lezat ini.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Bagi Anda yang menyukai makanan manis, kami sarankan untuk mencoba membeli kue Wadai Apam ini sebagai oleh-oleh.

Menikmati Palangkaraya Dalam Ketupat Kandangan Hj. Idah

Kue Wadai Apam ini merupakan makanan khas Kalimantan Tengah dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Bahkan kue ini sering dijadikan makanan atau dihidangkan pada waktu-waktu tertentu.

Saat melimpahnya ikan di wilayah Kalimantan, warga kerap membuat olahan makanan berbahan dasar ikan. Salah satu ikan yang terkenal adalah ikan Seluang.

Ikan seluang ini bentuknya kecil dan dagingnya sedikit. Jadi sebagian besar akan diproses dengan cara digoreng.

Digoreng, ikan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis, cocok untuk menemani nasi dan ditemani sambal.

Pempek Primadona Jelang Buka Puasa, Banyak Diserbu Warga Kota Palangka Raya

Produk olahan ikan Seluang ini akan mudah ditemui di toko oleh-oleh khas Palangkaraya. Karena daya tahan dan daya tahannya yang lama, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagi Anda yang belum tahu, wadi sendiri merupakan proses atau teknik fermentasi khas yang dilakukan oleh suku Dayak Kalimantan Tengah.

Proses wadi ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan dasar nasi bakar dan garam. Dan proses ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar satu minggu.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Jenis ikan yang sering dijadikan ikan wadi adalah mujair dan lele. Rasanya asin, asin, dan ada rasa asam manis saat dimakan.

Pemerintah Kota Palangka Raya Mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke 65 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. “sdm Bangkit, K…

Lemang ini merupakan makanan khas Palangkaraya, dan bentuknya sangat mirip dengan lontong. Hanya saja cara membuatnya berbeda dengan membuat lontong biasa. Jika biasanya lontong dibuat dengan cara dikukus, maka lemang ini dimasak dalam sambungan bambu.

Bahan dasar pembuatan lemang adalah beras ketan, sehingga masyarakat palangkaraya menjadikan makanan lemang ini sebagai pengganti nasi. Rasanya lebih ringan dan lembut, enak saat dicelupkan ke dalam saus sambal.

Ikan jelawat merupakan jenis ikan yang hanya hidup di daerah kalimantan. Ukurannya sedang, panjangnya sekitar 25 cm.

Umumnya ikan jelawat ini diolah dengan cara dibakar atau digoreng, kemudian dicampur dengan bumbu khusus seperti bawang putih, jahe, garam dan bumbu tambahan lainnya.

Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak Dan Maknyus

Apakah Anda tahu Batman atau tidak? Jadi hewan apa itu Batman? Ya, kelelawar. Nah di kalimantan khususnya di palangkaraya ada makanan olahan yang terbuat dari kelelawar yaitu bengamat.

Daging kelelawar biasanya dibersihkan sebelum dimasak, kemudian dimasak dicampur dengan jantung pisang dan ditambah bumbu-bumbu khasnya. Banyak orang membawa Bengamat ini sebagai oleh-oleh dari Kalimantan.

Setelah banyak pembahasan tentang oleh-oleh khas Palangkaraya berupa makanan atau masakan. Saatnya membahas oleh-oleh berupa oleh-oleh dari Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Salah satu oleh-oleh yang umum di Palangkaraya adalah topi kerang. Kayu yang digunakan biasanya kayu Nyamung.

Produk Kerajinan Kalteng Sangat Berpotensi Di Ekspor

Kayu Nyamung jenis ini dipercaya kuat dan tahan air sehingga cocok untuk dibuat berbagai jenis souvenir seperti topi, tas, kalung dan lain-lain.

Desain topi ini mirip dengan topi koboi, dan warnanya juga natural yaitu coklat dan krem. Bagi Anda yang ingin menjadikan topi ini sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Palangkaraya dengan harga sekitar Rp 80.000.

Selain membuat topi dari kulit, masyarakat Palangkaraya juga membuat kerajinan lain seperti kain, kalung, gelang, tas, dll yang merupakan ciri khas suku Dayak.

Salah satu pusat oleh-oleh khas suku Dayak adalah Pasar Besar di Jalan Batam. Semua kios yang ada di Pasar Besar menjual berbagai oleh-oleh dan pernak-pernik khas Kalimantan.

Jangan Pulang Sebelum Membawa 7 Jenis Oleh Oleh Khas Palangkaraya Ini

Itulah 11 oleh-oleh khas Palangkaraya yang bisa Anda beli dan bawa pulang untuk keluarga saat berwisata ke Kalimantan Tengah.

Bisa dilihat kalau kebanyakan makanan khas di Palangkaraya berbahan dasar ikan, jadi bagi anda yang suka makan ikan pasti akan memanjakan makanan yang ada disana Kota Palangkaraya merupakan salah satu destinasi wisata yang di inginkan para traveller. kunjungan Berbagai tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari wisata alam dan berbagai jenis wisata lainnya. Tidak lengkap rasanya jika kita berlibur ke kota ini dan tidak membawa oleh-oleh khas Palangkaraya untuk keluarga atau orang-orang tersayang. Berikut oleh-oleh khas Palangkaraya yang wajib Anda coba.

Makanan olahan di Palangkaraya banyak yang berbahan dasar ikan, termasuk ikan seluang ini. Bentuk ikan seluang yang kecil namun cukup berair ini cocok untuk proses penggorengan. Ikan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Menikmati keripik ikan seluang juga bisa dipadukan dengan mencelupkan ke dalam saus atau sambal. Produk olahan ikan seluang dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Palangkaraya. Produk ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup sehingga aman digunakan sebagai oleh-oleh Palangkaraya.

Kuliner Palangkaraya Yang Miliki Cita Rasa Gurih Dan Lezat

Wadi adalah salah satu teknik fermentasi khas suku Dayak di Kalimantan Tengah. Bahan yang digunakan untuk wadi ini adalah nasi bakar dan garam.

Prosesnya juga cukup lama yaitu sekitar seminggu dan pembuatan olahan ikan bisa memakan waktu sekitar satu tahun. Rasa wadi ikan ini unik karena berubah menjadi kuning, asin, dan asam saat kita memakannya.

Produk kuliner olahan ikan lainnya di Palangkaraya yang bisa Anda temui adalah lele rabuk sarai. Wednesday adalah nama lain dari irisan daging.

Ikan cincang dicampur dengan bahan lain seperti saus serai yang menambah rasa lebih kaya pada makanan olahan ini. Sarai jeruk keprok yang asin dan pedas disisihkan sangat cocok dengan hidangan nasi panas.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya

Kelakai merupakan salah satu tumbuhan khas Kalimantan Tengah yang memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh kita. Saat ini telah berkembang menjadi jajanan elalai, salah satunya kentang goreng elakai. Keripik lalakai bisa didapatkan di toko oleh-oleh khas Palangkaraya dengan harga yang relatif murah, sekitar Rp. 10.000,- saja.

Makanan sederhana seperti ini bisa Anda temukan di kota lain, namun bakso tahu ini memiliki cita rasa yang khas dan populer di kota Palangkaraya. Bakso tahu ijjo ini memiliki 2 varian yaitu daging sapi dan ayam.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati bakso tahu, cukup Rp 30.000 saja untuk sekotak isi 10 buah.

Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Oleh-oleh khas Palangkaraya yang satu ini patut Anda pertimbangkan sebagai oleh-oleh. Topi ini terbuat dari kulit nyamung dan dipercaya kuat serta tahan air.

Makanan Khas Kalimantan Tengah Harga Murah Tapi Enak

Dan memiliki 2 varian warna yaitu light brown dan beige. Dengan harga Rp 80.000, topi ini bisa Anda pesan sebagai oleh-oleh yang tak terlupakan.

Selain topi kulit kayu, ada banyak suvenir

Oleh oleh khas palangkaraya, peta palangkaraya kalimantan tengah, oleh oleh khas kalimantan tengah, kuliner palangkaraya kalimantan tengah, oleh oleh makanan khas kalimantan tengah, makanan khas kalimantan tengah palangkaraya, tiket pesawat palangkaraya kota palangka raya kalimantan tengah, oleh oleh khas kalimantan, kota palangkaraya kalimantan tengah, berita palangkaraya kalimantan tengah, palangkaraya kalimantan tengah, palangkaraya kalimantan tengah indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top