Connect with us

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Informasi

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Homestay Di Solok Sumatera Barat – Bagaimana rasanya tinggal di Rumah Gadang? Pertanyaan ini akan terjawab jika sobat menginap di Rumah Gadang di kawasan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan.

Baru-baru ini, saya telah berkeliling ke berbagai daerah di Sumatera Barat untuk memberikan pelatihan tentang Digital Marketing. Salah satu masalah yang sering saya hadapi adalah mencari akomodasi.

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Untuk daerah yang seringkali jauh dari ibu kota provinsi, mencari akomodasi yang cocok agak sulit. Banyak hostel yang tidak bagus.

Sewa Villa & Penginapan & Homestay Murah Di Solok Mulai Dari Rp 25,777

Beruntung, sebagian masyarakat kini mulai melihat perumahan sebagai peluang, termasuk masyarakat Rumah Seribu Gadang di Solok Selatan.

Rumah Gadang seperti diketahui merupakan rumah adat suku Minangkabau yang mayoritas merupakan masyarakat Sumatera Barat. Bentuknya unik dengan patung tinggi yang disebut gonjong.

Rumah-rumah tersebut merupakan tempat tinggal suku Minangkabau yang hidup bersama. Namun, zaman modern membuat masyarakat Minangkabau meninggalkan Rumah Gadang dan tinggal di rumah berdinding beton.

Ditambah lagi dengan budaya merantau masyarakat Minangkabau, Rumah Gadang semakin terabaikan dan tidak lagi menjadi pilihan populer sebagai tempat tinggal.

Homestay Vila Kayu Putih

Beruntung, ada sebuah kawasan di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, di mana terdapat kawasan dengan ratusan rumah gadang yang bisa dibilang sangat penting.

Di kawasan seribu Rumah Gadang ini terdapat lebih dari 100 rumah gadang yang saling berdekatan dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Usia rumah Gadang pun beragam, namun tentu saja tidak ada yang baru. Beberapa berusia hampir 200 tahun dan telah hidup selama tujuh generasi.

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Sekitar tahun 2016, atas dorongan beberapa tokoh Solok Selatan dan penggiat pariwisata, banyak pemilik Rumah Gadang yang mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk menjadikan Rumah Gadang sebagai homestay.

Homestay Murah Di Solok Mulai Dari Rp 100

Kemudian lahir 10 unit rumah tinggal. Kini mereka menjadi salah satu pilihan akomodasi di Solok Selatan bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan tempat tersebut.

Kebetulan saya sudah lama tidak mengunjungi Solok Selatan. Dan kebetulan tanggal 12 Agustus 2022 saya sempat berkunjung karena disibukkan dengan pelatihan.

Jaraknya yang jauh dari kota Padang (sekitar 5 jam dengan mobil) membuat saya datang lebih awal untuk menginap disana. Pilihan terbaik saya adalah tinggal di tempat tinggal di kawasan Seribu Rumah Gadang.

Kami memilih menginap di Homestay 007 milik Ibu Tini. Dan benar saja, malam itu ketika kami tiba kami diterima dengan baik.

Destinasi Wisata Menawan Di Solok Selatan, Heart Of Minangkabau!

Anda tidak perlu khawatir jika tinggal di hunian di Dunun Rumah Gadang karena fasilitas yang disediakan terbilang lengkap.

Kamar mandi dan toilet di homestay ini sempurna. Bahkan di beberapa rumah juga disediakan jamban duduk.

Saya dan beberapa teman yang menginap malam itu lupa membawa handuk sehingga Mrs Tiny menyediakannya malam itu juga.

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Untuk sementara kami mengobrol dan berteman dengan Ms. Tini sambil menikmati welcome drink dan makanan khas Solok Selatan yang ia siapkan.

Nova Homestay, Solok, Indonesia

Di Rumah Gadang, teman-teman akan bermalam di ruang tamu dengan kasur dan selimut yang telah disiapkan.

Untuk menginap di Dubu Dubu Gadang Kabupaten Solok Selatan dikenakan biaya Rp 250.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk sarapan dan makan malam.

Lokasi hunian tepat berada di kecamatan Gadang Seribu yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Solok Selatan.

Dari kota Padang, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dengan mobil. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengikuti rutenya melalui Google Maps.

Desa Wisata Alahan Panjang

Jika sobat sedang mencari penginapan di Solok Selatan atau ingin mengetahui tempat menginap di Rumah Gadang sobat bisa menghubungi nomor berikut :

Saya dapat merekomendasikan untuk tinggal di daerah Seribu Rumah Gadang. Selain harganya yang terjangkau, peralatan yang disediakan juga lengkap. Menjelajah Solok Selatan Part 4: Kebun Teh Alahan Panjang, Masjid Tuo Kayu Jao dan Telaga Di Ateh (Danau Kembar)

Dilanjutkan dari Sangir dimana kami menghabiskan waktu berenang di Air Pauh Duo dan mengunjungi Nagari Saribu Rumah Gadang kemudian menuju ke Alahan Panjang untuk menginap di Danau Di Ateh (Danau Atas). Karena mereka tergiur dengan perkembangan pariwisata di sini yang menampilkan akomodasi ala Eropa.

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Sesampainya di Danau Di Ateh, hari sudah sore. Memasuki kawasan wisata kita harus membayar sekitar Rp. 25.000 per orang (dewasa). Dan sepertinya di kawasan wisata itu ada pasar jadi sepertinya kurang bagus dan sampahnya berserakan dimana-mana.

Pesatnya Perkembangan Wisata Di Kecamatan Lembah Gumanti Alahan Panjang

Singkatnya kami menyewa 2 villa seharga Rp. 500.000 dan Rp. 300.000 dibayar oleh pekerja yang membersihkan villa (karena menurutnya pembayaran itu adalah hak mereka, dan saya bingung karena saya benar-benar tidak tahu harus membayar kemana, LOL). Dan sumpah, ini rumah jelek, harusnya bagus, tapi dalamnya kotor, mulai dari karpet, gorden, dinding dan sebagainya. Tidak ada kaleng di dalam maupun di luar sehingga sampah turis berserakan dimana-mana. Juga air keran tidak berfungsi dengan baik dan air panas tidak berfungsi saat udara di sini sangat dingin. Semoga ada pihak berwenang yang membaca artikel ini dan fokus mengembangkan pariwisata di sini.

Kami hanya bermalam di sini karena ingin menikmati pemandangan Danau Di Ateh. Hal lain, ketika Anda membeli makan malam di sini, pengaturan harga tidak terlalu masuk akal, sekitar Rp. 35.000 untuk potongan ayam dan beberapa sayuran, dibandingkan dengan menu yang sama sekitar Rp. 16.000-Rp. 18.000.

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, masih banyak hotel dan tempat menginap di kiri-kanan jalan.

Saat fajar, saya mencoba memandangi langit dengan latar belakang Gunung Talang. Dari atas kamu bisa melihat pemandangan seperti Eropa disana, tapi siapa sangka akan berantakan hahahaha. Sekedar menikmati keindahan danau, kami memutuskan untuk segera kembali membatalkan naik perahu keliling danau.

Nova Homestay, Sawahlunto Booking & Map

Selain danau kembar yang terkenal (Danau Di Ateh dan Danau Di Bawah), Alahan Panjang juga terkenal dengan teh Shurin. Ada banyak perkebunan teh di kota ini. Karena iklimnya yang dingin, sangat cocok untuk tanaman ini. Di satu titik, dengan latar belakang puncak Gunung Talang, di mana terowongan terlihat dengan asap terowongan, kami berhenti sejenak. Anda bisa melihat hamparan hijau kebun teh sejauh mata memandang. Berlawanan dengan kesan permukaan, Anda tidak akan melihat toko pinggir jalan yang ramai di sini.

Siang hari kami berhenti lagi di perkebunan teh yang ramai pengunjung. Untuk masuk ke farm kita dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.000 dari penduduk setempat. Perkebunan teh di sini istimewa karena jika naik ke atas bukit Anda bisa melihat gunung-gunung kecil seperti bukit Teletubbies.

Dengan pemandangan kebun teh yang luas di lereng bukit dengan semilir angin yang sejuk, pasti membuat kita ingin menginap disini.

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Sementara yang lain melanjutkan perkebunan teh, saya dan Revan menuju Masjid Tuo Kayu Jao (Masjid Tua) yang berjarak 3 km dari tempat kami istirahat. Dari jalan utama, ada 2 cara lain untuk memasuki tempat di mana masjid tua ini berada, pintunya saling berdekatan. Satu dapat dilalui dengan mobil dan satunya lagi hanya dengan sepeda motor. Dari jalan raya menuju tempat parkir masjid berjarak sekitar 300m.

Homestay Rumah Gadang Daya Tarik Kampung Wisata Budaya Kabupaten Solok

Masjid ini letaknya di sebuah lembah, beberapa meter dari masjid kami melewati tanjakan yang curam hingga akhirnya kami parkir di areal yang telah ditentukan.

Kajian sejarah, masjid ini didirikan pada tahun 1599, seiring berkembangnya agama Islam di Solok. Masjid ini merupakan masjid tertua di kota Solok.

Meski sudah ratusan tahun berlalu, kemegahan masjid ini masih terlihat. Terbuat dari kayu dan beratap ijuk berbentuk 3 susun, masjid ini bergaya masjid di Sumatera Barat, bukan rumah.

Ada gentong yang berbeda dengan masjid. Gendang digunakan untuk menandai dimulainya waktu sholat dan masih digunakan di desa-desa di Indonesia.

Padang Homestay Padang (sumatra) (indonesia)

Ya, masjid ini sudah termasuk dalam bangunan Heritage yang perlu kita lestarikan…untuk dimanfaatkan oleh generasi mendatang.

Kembali ke lokasi semula, kami melanjutkan perjalanan ke Padang Panjang melalui Danau Singkarak. Di Padang Panjang yang juga merupakan salah satu kota terdingin di Sumatera Barat, kami bermalam. Di sini kita bisa melihat Islamic Center yang kini menjadi simbol baru kota Padang Panjang, padahal tahun lalu bangunannya belum selesai di sini. Dari Padang Panjang, kami menuju Kota Padang.

Danau Alahan Panjang Danau Kembar Diateh Kebun Teh Gunung Talang Masjid Alahan Panjang Tuo Kayu Jao Solok Selatan Sumatera Barat

Homestay Di Solok Sumatera Barat

Kamis, 4 Juni 2020 Desa Wisata Ciwaluh – Curug Ciawitali Ini adalah perjalanan rombongan setelah berbulan-bulan berdiam diri di rumah akibat COVID-19. Dan kami bertekad untuk melaksanakan tour ini, karena sudah banyak tempat wisata yang terisi dan dibuka, salah satunya desa wisata Ciwaluh. Taman Kampung Ciwaluh terletak di Kampung Ciwaluh-Cigombong, masih di Bogor. Untuk memasuki desa ini kita akan melewati gerbang Liidos. Jam 6 pagi dia berangkat dari Bogor dengan 3 motor bersama Revan, Erland, Jay dan Liki. Perjalanan menuju Ciwaluh memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jalan yang kami tempuh adalah Tajur Junction menuju Ciawi, kemudian kami menuju ke Sukabumi hingga sampai di Liido. Di Liido tidak diragukan lagi kami akan melewati pos pemeriksaan, ketika ditanya kemana kami akan pergi, kami menjawab desa Ciwaluh, dan mereka mengizinkan kami untuk lewat. Di kawasan ini terdapat taman Liido di tepi danau, selain itu juga terdapat proyek Liido World/Trump yang saat ini sedang dalam pengembangan. Ini adalah pekerjaan Donna

Lembah Harau Makin Diminati Investor: Beli Tanah Susah, Kerja Sama Paling Mudah

Melanjutkan dari Curug Satu dan Gidan Biyaya, kami menuju ke Curug Ciseeng. Suasana berbeda pertama kali dan kedua kalinya di sini. Sekarang sudah didesain dengan baik, ada undakan batu, ruang ganti dan kamar mandi juga banyak. Namun ide “kealamian” air ini agak hilang karena “bersih” dari pepohonan dan bambu. Di sini kami bertemu Hasby, Abay dan saudara-saudaranya, teman-teman dari Track. Lagipula

Solok padang sumatera barat, kota solok sumatera barat, homestay di sumatera barat, kabupaten solok sumatera barat, villa di solok sumatera barat, solok selatan sumatera barat, hotel solok sumatera barat, penginapan di solok sumatera barat, hotel di solok sumatera barat, solok sumatera barat, lowongan solok sumatera barat, peta solok sumatera barat

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top