Connect with us

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Informasi

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia – Selain itu, masih banyak pengertian lain tentang konflik sosial. Konflik sosial berasal dari bahasa Latin, ‘congere’, artinya saling pukul.

Sedangkan secara sosiologis, konflik sosial dapat diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha menghancurkan pihak lain dengan menghancurkan atau menjadikan mereka impoten.

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa konflik sosial merupakan sesuatu yang melekat dalam kehidupan bermasyarakat. Ada beberapa penyebab munculnya konflik sosial.

Konflik Sosial Dan Kekerasan Dalam Masyarakat

Munculnya konflik sosial biasanya karena adanya perbedaan antara individu dan kelompok. Jika ada perbedaan pendapat, penampilan, ras, ideologi, budaya dan perbedaan lainnya.

Ada beberapa contoh konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia. Konflik sosial yang terjadi tidak hanya antar individu, tetapi juga antar kelompok.

Ketika diadakan pemilihan umum, biasanya terjadi konflik sosial, terutama pemilihan untuk pemilihan Presiden Republik Indonesia. Apalagi ketika hanya ada dua calon presiden. Inilah yang membagi perusahaan menjadi dua kubu yang berbeda. Perbedaan apa yang didukung kemudian memicu konflik.

Perang media sosial tidak bisa dihindari, dan masing-masing memberikan nama buruk kepada pihak lawan. Ini adalah salah satu bentuk konflik sosial.

Contoh Konflik Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat

Sepak bola merupakan hiburan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun sepak bola di Indonesia sarat dengan kebijakan moneter, termasuk pengaturan pertandingan, wasit, dan lain-lain.

RUU omnibus atau undang-undang hak cipta tenaga kerja menjadi kontroversi karena kebijakan ini dianggap merugikan pekerja atau karyawan.

Konflik yang terjadi pada 2 Desember 2016 atau dikenal dengan Aksi 212 ini dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan massa.

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Konflik ini terjadi untuk menganiaya Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok karena ucapannya yang dianggap menodai agama.

Teori Konflik Dan Faktor Penyebab Kekerasan Sosial

Telah terjadi sengketa catatan tanah antara perusahaan dan masyarakat setempat di daerah Mesuji. Namun, perebutan hak tersebut telah memakan banyak korban, karena salah satu pihak memilih jalan kekerasan dengan menyewa preman untuk menyingkirkan lawannya.

Terjadi konflik di Lampung. Konflik yang terjadi dilatarbelakangi oleh perbedaan sosial dan ekonomi, khususnya antara masyarakat asli Lampung dengan masyarakat pendatang, khususnya Bali.

Konflik di Sampit, Pontianak telah menjadi peristiwa yang terkenal di Indonesia. Konflik ini terjadi akibat perselisihan antara pendatang suku Madura dengan suku Dayak asli.

Ketika Papua Barat mengusulkan kemerdekaannya, sejumlah mahasiswa mendukungnya. Akibatnya, masyarakat Yogyakarta bereaksi terhadap beberapa mahasiswa yang berasal dari Papua Barat.

Konflik Dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial

Semua Memble Tak Ada Yang Bisa Meniru Sir Alex Ferguson di MU, Ini 8 Momen Terbaik Mantan Kepala Setan Merah Jakarta Konflik tak hanya muncul di ranah pemerintahan atau negara, tapi juga di ranah keluarga bahkan dunia. diri. Oleh karena itu, banyak sekali jenis konflik yang ada di sekitar kita. Konflik berarti perselisihan, ketidaksepakatan dan konflik.

Konflik berasal dari bahasa latin “configurere” yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik adalah proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

Konflik dimotivasi oleh perbedaan karakteristik yang dibawa individu ke dalam suatu interaksi. Perbedaan tersebut meliputi ciri fisik, kecerdasan, pengetahuan, adat istiadat, kepercayaan, dll.

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan tentang pengertian konflik, jenis-jenis konflik dan contoh-contohnya dalam masyarakat yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Senin (24/5/2021).

Contoh Konflik Antar Kelas Sosial Di Masyarakat Dan Cara Penyelesaiannya

Konflik adalah proses yang dimulai ketika satu pihak memiliki persepsi bahwa pihak lain telah mempengaruhi secara negatif sesuatu yang menjadi kepentingan atau kepentingan pihak pertama.

Konflik sebagai akibat dari keadaan di mana keinginan atau kehendak berbeda atau bertentangan satu sama lain, sehingga salah satu atau keduanya saling mengganggu.

Konflik adalah suatu kondisi ketidaksesuaian antara nilai atau tujuan yang ingin dicapai, baik dalam diri individu maupun dalam hubungannya dengan orang lain. Kondisi di atas dapat mengganggu bahkan menghambat tercapainya emosi atau tekanan yang mempengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja.

Konflik (dalam organisasi) adalah suatu keadaan dimana dua orang atau lebih berselisih tentang suatu hal yang mempengaruhi kepentingan organisasi dan/atau dengan munculnya perasaan saling bermusuhan.

Pdf) Konflik Kepentingan Dalam Profesi Dokter

Konflik organisasi mencakup ketidaksepakatan tentang alokasi sumber daya yang langka atau ketidaksepakatan tentang tujuan, status, nilai, persepsi, atau kepribadian.

Konflik sebagai persaingan atau konflik antara pihak-pihak yang saling bertentangan dalam keadaan atau perilaku yang bertentangan (Pickering, 2001).

Sebelum mengetahui jenis-jenis konflik, Anda perlu mengetahui akar penyebab konflik tersebut. Berikut penyebab konflik yang dapat timbul pada diri seseorang atau kelompok, antara lain:

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Setiap orang adalah individu yang unik. Artinya, setiap orang memiliki sikap dan perasaan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan sikap dan perasaan terhadap sesuatu atau lingkungan nyata ini dapat menjadi faktor penyebab terjadinya konflik sosial, karena dalam melakukan hubungan sosial seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya. Misalnya, jika ada pertunjukan musik di sebuah kawasan perumahan, tentu perasaan masing-masing penghuni berbeda. Ada yang merasa terganggu dengan kebisingan tersebut, namun ada juga yang merasa geli.

Contoh Konflik Pelajar Sekolah

Anda akan dipengaruhi oleh pola pikir dalam membangun kelompok. Pemikiran dan sudut pandang yang berbeda pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan yang dapat menimbulkan konflik.

Orang memiliki perasaan, sikap, dan latar belakang budaya yang berbeda. Oleh karena itu, pada saat yang sama, setiap orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda.

Perubahan merupakan hal yang lumrah dan wajar terjadi, namun jika perubahan itu terjadi secara cepat atau bahkan tiba-tiba, perubahan tersebut dapat memicu konflik sosial karena ketidaksiapan masyarakat menghadapi perubahan tersebut.

Jenis konflik yang pertama adalah konflik pribadi. Konflik ini terjadi karena adanya dua individu yang saling tidak menyadari kekurangan masing-masing. Dalam konflik pribadi, masing-masing individu akan berusaha menjatuhkan yang lain. Misalnya perselisihan antara ketua dan sekretaris dalam suatu organisasi dimana beberapa diantara mereka mempunyai pendapat yang berbeda. Karena tidak ada pihak yang menyerah, ada konflik di antara mereka.

Peta Konsep Pengertian Konflik Sosial Secara Umum Dan Menurut Para Tokoh Faktor Penyebab Konflik Secara Umum Konflik Sosial Faktor Penebab Konflik Di.

Jenis konflik selanjutnya adalah konflik kelompok. Konflik yang terjadi antara dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan yang sama tetapi memiliki pendapat dan cara pandang yang berbeda. Dalam konflik ini biasanya menimbulkan kerugian material dan menyebabkan kerusakan infrastruktur.

Misalnya tawuran antar pelajar di ibu kota yang melibatkan banyak peserta tawuran menyebabkan rusaknya infrastruktur kota seperti halte bus dan tanaman hias di sepanjang jalan. Perkelahian siswa sering terjadi karena ingin menunjukkan seberapa kuat atau solidnya siswa terhadap sekolah atau karena kesalahpahaman.

Jenis konflik berikutnya adalah konflik kelas. Konflik yang terjadi pada individu dan kelompok pada tingkat sekolah yang berbeda. Kelas yang dimaksud di sini adalah kedudukan vertikal seseorang atau kelompok dalam masyarakat. Misalnya, ada demonstrasi buruh yang menuntut pemilik pabrik menaikkan upah, yang dianggap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Jenis konflik berikut adalah konflik politik. Konflik politik terjadi antar kelompok dan antar individu yang berbeda pendapat. Hal ini lumrah dalam ranah politik karena setiap individu dan kelompok memiliki cara pandang, pola pikir yang berbeda, namun memiliki satu tujuan yaitu kekuasaan. Misalnya, dalam satu tahun politik, partai-partai oposisi dan partai-partai koalisi saling adu mulut dan saling menjatuhkan agar calon pimpinan memegang kekuasaan negara.

Faktor Faktor Penyebab Konflik Sosial Dan Contoh Proses Sosial

Jenis konflik berikut adalah konflik ekonomi. Konflik ekonomi sering kita jumpai dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Konflik ini biasanya terjadi karena persaingan dalam proses kegiatan ekonomi antara individu dan kelompok. Misalnya, setelah kehilangan daya saing dalam penjualan, seorang pengusaha menyebarkan berita bohong tentang produk pesaing dengan tujuan agar konsumen beralih dari produk konsumen ke produk mereka sendiri.

Konflik hukum dapat terjadi karena ketidakadilan hukum yang diderita oleh individu maupun kelompok. Ketidakadilan ini timbul karena hukum yang dinyatakan tidak sesuai atau ada penggunaan hukum yang tidak tepat.

Misalnya, satu unjuk rasa dipimpin oleh sekelompok orang yang menuntut agar hukum penerima suap tidak sesuai dengan hukum yang berlaku. Mereka merasa hukuman bagi para koruptor sepertinya jatuh dan tidak adil bagi rakyat biasa.

Konflik rasial tidak umum terjadi di masyarakat saat ini. Konflik rasial muncul dari perasaan tidak adil yang berasal dari satu ras atau ras lain yang lebih unggul. Misalnya, kejahatan seperti pembunuhan yang dilakukan oleh ras kulit hitam di Amerika adalah bentuk protes terhadap khayalan mereka karena ras kulit putih menganggap mereka kelas bawah.

Contoh Konflik Di Sekolah Yang Sering Terjadi

Konflik ini terjadi dalam keluarga karena berbagai faktor seperti kecemburuan, serta faktor ekonomi. Misalnya, beberapa anggota keluarga yang berebut warisan merasa bahwa bagian yang mereka terima tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Akibatnya, konflik dalam keluarga tidak dapat dihindari.

Konflik internasional muncul karena adanya 2 negara yang berada dalam konflik masalah ekonomi, politik atau perbatasan teritorial satu negara. Misalnya, perebutan wilayah Palestina atas Israel belum juga surut.

Konflik pemaknaan antar suku terjadi karena adanya perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya. Perbedaan tersebut meliputi bahasa, adat istiadat dan kebiasaan. Misalnya konflik suku Madura, atau yang terjadi akhir-akhir ini antara suku Bali dan Lampung.

Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia

Konflik agama sering terjadi di Indonesia yang notabene merupakan negara yang memiliki perbedaan agama, suku dan ras. Tak jarang, agama yang menjadi mayoritas merasa lebih unggul, sehingga konflik tak terhindarkan. Misalnya, pembubaran ibadah di gereja oleh seseorang karena gereja belum mendapat izin untuk membangun tempat ibadah. Jika hal ini terus dipertanyakan, maka akan menimbulkan konflik yang serius.

Contoh Kliping Konflik Sosial

Konflik ini bersifat fungsional karena adanya perbedaan cara pandang dan pemikiran antara individu dan kelompok. Dengan adanya konflik ini, maka akan menimbulkan konsensus pendapat yang berbeda-beda untuk menciptakan suatu perbaikan terhadap suatu masalah.

Misalnya dalam menyusun AD/ART organisasi terjadi pembahasan karena adanya berbagai perbedaan pendapat antara satu anggota dengan anggota lainnya. Dengan demikian, dari berbagai sudut pandang yang telah dibahas, dapat tercipta aturan-aturan yang disusun secara sistematis dan terarah.

Konflik destruktif pun terjadi

Masalah yang terjadi di indonesia, konflik yang pernah terjadi di indonesia, contoh konflik sosial yang terjadi di indonesia, konflik yang terjadi di indonesia dan cara penyelesaiannya, contoh konflik agama yang terjadi di indonesia, konflik sosial yang pernah terjadi di indonesia, konflik yang terjadi di indonesia beserta gambarnya, konflik yang terjadi di indonesia, konflik agama yang terjadi di indonesia, konflik budaya yang terjadi di indonesia, contoh konflik yang pernah terjadi di indonesia, contoh konflik rasial yang pernah terjadi di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top