Connect with us

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Informasi

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah – Kuliner Khas Tegal – Tegal merupakan kota yang terletak di wilayah Jawa Tengah dan disebut sebagai kota laut karena terletak di pesisir utara. Kedekatan Brebes membuat kuliner khas kedua kota ini dianggap sama, meski berbeda.

Bicara soal makanan khas, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini tanpa mencicipi banyak makanan khas Tegal yang siap memanjakan lidah. Dari makanan ringan hingga makanan berat, hidangan khas Tegal memiliki cita rasa otentik yang bisa membuat siapa saja ketagihan. Jadi, jika Anda tinggal di kota Tegal, Anda wajib mencoba makanan khas Tegal.

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Meski banyak yang berprofesi sebagai pedagang warteg, namun kenyataannya tidak ada warteg di Tegal. Satu-satunya warung makan di kota ini terbilang sebagai warung nasi. Nah berikut merek-merek Tegal terpopuler yang patut Anda coba.

Diah Didi’s Kitchen: Aciku…tepung Aci Asli Tegal..sudah Berbumbu..praktis..! ..membuat Tahu Aci Tegal Sendiri Di Rumah..jadi Lebih Mudah & Enak

Salah satu andalan Tegal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Glabed Ketupat. Makanan dengan nama unik ini hanya bisa kamu temukan di Tegal lho. Kupat adalah sejenis bola nasi yang dibungkus daun kelapa selama proses memasak. Pementasan Kupat Glabed biasanya terdiri dari potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal dan kerupuk mie kuning serta diberi kuah santan kental di atasnya.

Biasanya Kupat Glabed juga disajikan dengan telur rebus, ayam atau sate berbagai jenis seperti sate ayam, sate ayam atau sate kerang. Secara eksklusif, Anda juga bisa memilih lauk sesuai selera. Rasa pedas Kupat Glabed berpadu serasi saat disantap. Ketupat Glabed biasanya dijual mulai dari Rp 8.000 per porsi.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui arti dari Tegal ini. Glotak adalah masakan yang terbuat dari gembus, sejenis oncom yang dimasak dengan berbagai bumbu untuk menciptakan cita rasa yang nikmat. Kata glotak sendiri berasal dari bunyi “glotak-glotak” saat proses memasak. Glotak biasanya ditambahkan dengan kaldu yang diperoleh dari tulang ayam atau sapi yang dipanggang agar lebih enak.

Glotak juga bisa ditambahkan dengan potongan lada untuk menambah cita rasa. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menikmati Glotak ini dengan kerupuk antor atau kerupuk mie. Kombinasi rasa yang sempurna pasti akan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi. Anda hanya bisa mendapatkan Glotak di sekitar Alun-Alun Kota Tegal dengan harga sekitar Rp 4.000 per layanan.

Tak Hanya Warteg, Tegal Punya Banyak Makanan Khas

Hidangan khas Tegal ini sangat populer dan sering dijadikan sebagai menu sarapan yang disebut Nasi Ponggol. Padahal, nasi ponggol umumnya seperti nasi bungkus. Bedanya, kalau nasi lain dibungkus kertas nasi, nasi ponggol dibungkus daun pisang.

Sebagai bagian dari Nasi Ponggol, Anda mendapatkan nasi putih yang disajikan dengan tempe, tahu orek, mi goreng, dan saus ikan teri. Selain itu, ada lauk lainnya seperti telur dadar atau udang yang bisa Anda pilih sendiri saat membeli makanan spesial ini. Perpaduan rasa yang sempurna tentunya akan membuat Anda ketagihan dengan nasi ini.

Hidangan khas Tegal lainnya adalah Nasi Lengko. Kami memasak hidangan ini dengan mudah tapi enak. Nasi Lengko adalah nasi panas yang sudah ditata di atas piring lalu ditambahkan

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Seperti potongan tahu, buncis, tempe atau timun. Selanjutnya, tutupi dengan saus kacang dan tambahkan kue kuning sebagai tambahan.

Resep Nasi Bogana Khas Tegal Yang Lezat

Sup kacang yang digunakan dalam Nasi Lengko sangat berbeda karena lebih kental dan memiliki rasa yang lebih pedas saat dicicipi. Selain itu, porsinya juga pas sebagai menu sarapan sebelum menikmati wisata kota tegal lho.

Barang perwakilan Tegal yang terkenal lainnya terbuat dari jagung dan disebut Blendung. Blendung juga menjadi salah satu makanan khas Tegal yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional. Tegal spesial ini terbuat dari jagung yang disangrai hingga empuk, kemudian ditaburi garam dan bumbu halus serta disajikan dengan parutan kelapa.

Perpaduan ini dipadukan dengan manisnya jagung untuk menciptakan rasa manis dan gurih. Itu sebabnya ketika Anda mengunjungi Tegal, Anda harus mencoba hidangan ini.

Bagi penggemar makanan kambing, makanan khas Tegal ini wajib menjadi destinasi di Kota Tegal. Kemronyos atau sate kambing khas Tegal, berbeda dengan sate kambing pada umumnya.

Kuliner Tegal Laka Laka

Sate ini dipanggang dan disajikan tanpa saus kacang atau kecap sehingga renyah di luar

Daging akan lebih dominan saat Anda makan. Perpaduan rasa pedas dari kemronyos membuatnya semakin menggoda untuk dinikmati lebih dari sekali. Kemronyos biasanya disajikan dengan nasi panas dan bawang putih cincang agar hidangannya lebih nikmat.

Rujak ini berbeda dengan rujak biasa dari segi penyajian, kerupuk mie lebih berisi. Kerupuk mie rujak merupakan salah satu kuliner favorit anak-anak di Tegal. Piring mie rujak ini dilengkapi dengan kerupuk mie yang diberi bumbu rujak di atasnya, sehingga rasanya pedas, enak dan pedas.

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Hidangan khas Tegal ini disebut soto tauco. Berbeda dengan soto di daerah lain, soto tauco dibuat dengan bumbu tauco. Tauco merupakan makanan pedas yang terbuat dari kacang kedelai yang telah direndam, disangrai dan dicampur dengan tepung terigu.

Kupat Glabed » Budaya Indonesia

Satu porsi soto tauco terdiri dari lontong, tauge dan potongan ayam. Kuah Soto Tauco yang manis, asin, asam, dan asin dipadukan dengan potongan daging dan babat pasti akan menggugah selera Anda. Anda perlu merogoh kocek Rp 15.000 per porsi untuk menikmati sepiring soto tauco.

Hidangan terakhir dalam daftar makanan khas Tegal yang paling terkenal adalah Rujak Teplak, rujak khas ini berbeda dengan rujak lainnya. Rujak Teplak memiliki aneka sayuran sehat seperti kol, ungu muda, daun singkong, bunga pisang, pare, kubis dan buncis. Perbedaan masakan ini ada pada bumbunya. Rujak teplak musim terbuat dari singkong yang dicuci dan direndam dengan air dan bumbu yang banyak hingga menyerupai musim kupas.

Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan kerupuk mie asin sebagai pendamping saat menyantapnya. Perpaduan rasa yang sempurna dijamin membuat Anda ketagihan saat menggunakannya. Rujak Teplak bisa ditemukan di sekitar Jalan HOS Cokroaminoto, Tegal, biasanya dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per porsi.

Itulah daftar 9 makanan khas Tegal terpopuler yang wajib Anda coba saat berlibur di Kota Tegal. Yuk, mulai rencanakan liburanmu ke Tegal dari sekarang juga! Anda dapat memesan tiket kereta api, pesawat, hotel atau apartemen dalam satu aplikasi yang mudah dan nyaman

Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Gerakan Makan Ikan, Buah Dan Kuliner Khas Kota Tegal

Aplikasi untuk perencanaan liburan yang bermanfaat dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi agar Anda tidak ketinggalan acara yang Anda sukai! Tegal merupakan daerah otonom di wilayah Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata menakjubkan yang berhasil menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

Maka dari itu, sebelum merencanakan liburan ke Kota Tegal, Anda perlu merencanakan semuanya dengan matang. Karena bukan hanya wisata alam yang kamu tuju, tapi jangan lupakan juga wisata kuliner.

Oleh karena itu, dibawah ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi makanan khas Tegal. Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam memilih menu khas Tegal.

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Kupat Glabed merupakan tempat Tegal yang paling terkenal dan wajib dicoba bagi para wisatawan. Hidangan ini merupakan hidangan asli Tegal karena hanya bisa ditemukan di Tegal, tidak di tempat lain.

Oleh Oleh Makanan Khas Tegal

Kalau belum paham, kupat adalah sejenis bola nasi yang dibungkus kertas kelapa.

Kupat glabed kupat terbuat dari santan dan tepung maizena yang dibumbui dengan kunyit, sehingga warnanya menguning.

Sajian khas Tegal ini terasa lebih nikmat jika disantap dengan biskuit yang renyah. Untuk lauknya bisa pilih sendiri, bisa makan ayam, telur rebus bahkan sate ayam.

Kupat Glabed terenak bisa kamu dapatkan di Tegal di sekitar Alun-alun Kota Tegal. Banyak toko di daerah ini yang menjual kelezatan ini.

Ponggol Setan, Makanan Khas Tegal

Harga pengoperasian Kupat Glabed adalah Rp 8.000. Ini tidak termasuk biaya lampiran yang Anda tambahkan sendiri.

Nama Tempat: Kupat Glabed Bu Nunung Alamat: Jl. Kapten Sudibyo, Tegal (Seberang Warung Upnormal) Harga: Harganya sekitar Rp 8.000 untuk satu porsi Sate Blengong

Sajian khas Tegal yang wajib dicoba traveler lain adalah Sate Blengong. Sate Blengong selalu disajikan dengan Kupat Glabed.

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Sate Blengong adalah sate yang terbuat dari persilangan antara bebek dan bebek, unik dan sangat istimewa bukan? Jadi sate daging perpaduan bebek dan stik ini nanti kita bumbui dengan olesan yang paten dan pedas.

Makanan Khas Tegal + Harga Dan Rekomendasi Resto

Jadi tidak masalah untuk memakan sate ini dengan nasi karena sangat enak dan akan membuat anda ketagihan.

Sate Blengong terenak bisa ditemukan di Jalan Sawo Barat, Tegal atau lebih tepatnya di Warung Kupat Blengong Mas Nanang.

Nama Tempat: Warung Kupat Blengong Mas Nanang Alamat: Jalan Sawo Barat, Tegal Harga: Dari Rp 14.000 untuk layanan Rujak Teplak

Sajian khas Tegal yang wajib dicoba wisatawan lain adalah Rujak Teplak. Sajian ini sangat terkenal karena keunikannya yang hanya ada di Tegal.

Pilihan Oleh Oleh Khas Tegal Jawa Tengah, Bikin Keluarga Sumringah

Jadi jika Anda mengunjungi kota ini, pastikan untuk membeli seporsi Rujak Teplak yang enak dan memiliki lebih banyak.

Ciri khas dari masakan asli Tegal ini adalah rasa pedasnya yang tidak ada duanya. Intinya kuah rujak ini spesial karena mengandung singkong.

Agar santapan Rujak Teplak semakin lengkap, kerupuk yang renyah dan gurih selalu disajikan. Nah, penasaran dengan kelezatan menu yang tidak biasa ini?

Makanan Khas Tegal Jawa Tengah

Nama tempat: Mak Teplak Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto, Tegal. Harga: Harga untuk 1 kali servis Rujak Teplak sekitar Rp 10-15 ribu. Nasi Tegal Lengko

Order Online Tahu Aci

Menu ini merupakan menu tradisional dari Cirebon, namun masakan ini sangat terkenal dan terkenal di Tegal juga.

Terlepas dari itu, fakta yang lebih penting adalah hidangan ini enak dan lezat, suka atau tidak, Anda harus mencobanya.

Padahal, menu ini merupakan makanan sederhana. Nasi Lengko ini ada nasinya, lalu potongan tahu, tempe, buncis dan timun.

Apa

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

Makanan khas purworejo jawa tengah, gambar makanan khas jawa tengah, nama makanan khas jawa tengah, makanan khas pati jawa tengah, oleh2 khas tegal jawa tengah, makanan khas boyolali jawa tengah, makanan kecil khas jawa tengah, makanan khas semarang jawa tengah, makanan khas kendal jawa tengah, kuliner khas tegal jawa tengah, makanan khas banyumas jawa tengah, makanan khas sragen jawa tengah

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top