Connect with us

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Informasi

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Tempat Wisata Bunaken Di Manado – Pulau Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² yang terletak di Teluk Manado, sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Destinasi ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara Indonesia.

Dasar pulau yang bergelombang ini dapat dicapai dengan speedboat atau kapal sewaan, yang memakan waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Pulau ini dikelilingi oleh Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Taman laut ini memiliki salah satu keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia. Menyelam menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Taman Laut Bunaken adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Pada tahun 2005, Taman Laut Bunaken dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia.

Lima Resor Termahal Dengan Kolam Renang Di Pulau Bunaken Manado

Hal ini karena kekayaan dan keanekaragaman biota laut pulau ini, mulai dari terumbu karang yang luar biasa, rumput laut hingga spesies ikan. Dengan lebih dari 30 spot diving di tempat wisata ini, tak heran jika tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Taman Nasional Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar. Taman nasional ini terdiri dari lima pulau. Pulau-pulau tersebut adalah Nene, Bunaken, Manado Tua, Siladan, Mantehage dan pulau-pulau sekitarnya lainnya. Jumlah penduduk 5 pulau ini sekitar 21.000 jiwa.

Taman Laut Bunaken memiliki 20 lokasi penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda hingga mencapai 1344 meter. 12 dari 20 lokasi penyelaman terletak di sekitar pulau. Dua belas titik penyelaman tersebut paling banyak dikunjungi oleh para penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 lokasi menyelam di pulau ini terletak dari tenggara hingga barat laut pulau. Daerah ini memiliki dinding bawah air besar yang disebut dinding gantung.

Pulau Bunaken, Keindahan Dunia Alam Bawah Laut Yang Mendunia

Dinding ini juga terbuat dari batu besar, berdiri tegak dan melengkung ke atas. Dinding batu juga merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan yang hidup di perairan sekitar pulau.

Berbicara tentang Taman Nasional Bunaken berarti berbicara tentang warisan dan keajaiban internasional Bunaken. Pulau induk Manado ini secara geografis merupakan bagian dari wilayah perairan “Segitiga Emas”.

Taman Laut Bunaken memiliki lebih dari 3.000 spesies ikan. “Segitiga Emas” adalah jalur laut yang menghubungkan Laut Filipina, Laut Papua, dan Laut Indonesia. Karena kekayaan sumber daya alamnya, organisasi nasional dan internasional bekerja sama untuk melindungi terumbu karang dan hutan bakau.

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Pemerintah Kota Manado mengakui konsep Bunaken sebagai wisata bahari dan wisata edukasi, karena pemerintah setempat melihat adanya kegiatan konservasi laut di kawasan tersebut. Kemudian, pada tahun 1991, Menteri Kelautan secara resmi mendeklarasikan Taman Laut Nasional Bunaken sebagai wisata pendidikan dan wisata.

Taman Nasional Pulau Bunaken Tempat Wisata Di Manado Yang Indah Foto Compartilhado Por Letty

Bunaken terletak di perairan laut pulau Sulawesi. Sebagian besar taman laut terletak di bagian utara Teluk Manado. Anda dapat menggunakan perahu motor dari Teluk Manado untuk mengakses Taman Laut Nasional Bunaken.

Biaya masuk ke Taman Laut Nasional Bunaken adalah Rp. 50.000, atau sekitar $5 per orang untuk satu entri. Anda bisa membeli Rp. 150.000 atau $15 per orang dengan validitas tiket satu tahun).

Jika Anda membeli tiket yang berlaku selama 1 tahun, Anda mendapatkan token plastik, bukan tiket. Nah, jauh lebih murah dan hemat daripada beli tiket seharga Rp 150.000, kan?

Tentu saja, jika Anda ingin kembali ke pulau utama di kota Manado, Anda dapat membeli tiket seharga 150.000 rubel. Jika Anda tidak berencana untuk kembali ke pulau sepanjang tahun, lebih baik membeli tiket untuk sekali pakai saja.

Wilayah Utara Kawasan Taman Nasional Bunaken

Banyak penginapan seperti hotel dan resort tersedia di kabupaten Bunaken dengan pilihan yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort.

Kedua hotel tersebut terletak di pulau tersebut. Peralatan menyelam bisa disewa dengan instruktur. Instruktur selam di pulau ini fasih tidak hanya dalam bahasa Inggris tetapi juga dalam bahasa Prancis, Belanda, Inggris dan Jerman.

Bunaken adalah surga bawah laut di bawah Teluk Manado, kaya akan flora dan fauna yang indah. Ada maskapai penerbangan untuk mencapai Manado dari Jakarta, Denpasar, Makassar dan Sorong.

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Anda bisa terbang dari Jakarta dengan Garuda Indonesia yang terbang dua kali sehari. Lion Air yang terbang 3 kali sehari dan Batavia Air yang terbang dua kali sehari. Perjalanan ke Manado hanya sekitar 3 jam perjalanan.

Tempat Wisata Di Kota Manado

Anda dapat dengan mudah mencapai Pulau Bunaken dengan perahu dari Manado. Berangkat dari Pelabuhan Pantai Manado, Molas, Kalasay dan Tasik Rea. Feri dari Manado ke Bunakan berangkat sekitar pukul 14:00.

Anda dapat membeli tiket masuk ke Pulau Manado melalui Operator Wisata Bahari Manado dan Taman Nasional Bunaken. Anda dapat membeli tiket di salah satu dari tiga loket tiket di Bunaken, Desa Liang, Bunaken atau Kepulauan Siladan.

Perlu Anda ketahui bahwa pada musim Juli hingga Agustus, pulau ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung. Banyak resor dan instruktur selam tidak dapat menerima wisatawan yang datang dari bulan Juli hingga Agustus karena banyak wisatawan telah melakukan reservasi selama bulan-bulan liburan ini.

Jika Anda tidak ingin membuang waktu untuk bepergian jauh dan tidak bisa mencapai pulau tersebut, ada baiknya Anda memesan tiket secara online terlebih dahulu. Sayang sekali jika Anda sudah berada di Manado dan mendambakan surga dunia ini bukan?

Tumbak, Tempat Wisata Di Minahasa Tenggara Sulawesi Utara

Untuk sewa kapal dari Manado ke Bunaken, Anda bisa memilih Pasar Bersehat atau Marina. Harga sewa dari Manado ke Bunaken Pasar Bersehat 300 ribu sampai 400 ribu.

Sementara jika tarif Marina berlaku, maka lebih mahal dari Bersehati, yaitu sekitar 600 ribu – 800 ribu rubel. Nah, ada cara yang lebih hemat, yaitu bergabung dengan turis lain dengan biaya tradisional Rp 50.000 per orang. Intinya tunggu sampai perahu penuh.

Untuk pergi ke Bunaken, Anda bisa mencoba menyewa peralatan dari perusahaan besar. Tetapi ingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk mengontrol perangkat, dan tentu saja Anda akan lebih berhati-hati saat menggunakan tempat yang bukan milik Anda. (rhp)

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Blogger, desain web, konsultan IT, copywriter dan jurnalis siber dari Bolang Mongondo Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak tahun 2003 dan pindah ke dunia pengembangan media online. Provinsi Sulawesi Utara memiliki basis pariwisata yang besar, ya itu dekat dengan ibu kota provinsi Manado yaitu Wisata Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara. Beruang di salah satu taman laut terindah di dunia. Pusat wisata ini terletak di segitiga terumbu karang, yang merupakan rumah bagi puluhan terumbu karang dan rumah bagi berbagai ikan dan biota laut. Kawasan ini membentang sepanjang 9 km dan masih berada di bawah wilayah pemerintahan Kabupaten Manado.

Bunaken, Tempat Wisata Yang Merupakan Kebanggaan Kota Manado

Bagi sobat yang hobi menyelam, wisata Manado ini sangat cocok untuk dimasukkan dalam agenda liburan. Karena tidak perlu diragukan lagi keindahan panorama baut laut Bunaken sebagai salah satu keindahan alam terbaik di nusantara. Taman nasional ini meliputi 5 pulau yaitu Pulau Naen, Mantehage, Bunaken, Siladen, Manado Tua dan anak pulau lainnya.

Taman Nasional Bunaken Manado memiliki setidaknya 13 jenis terumbu karang yang menjulang secara vertikal dari kedalaman 25 hingga 50 meter. Tidak hanya bentuk terumbu karang yang aneh, tetapi juga keberadaan ikan-ikan yang indah, ada sekitar 90 spesies di sekitar terumbu karang, tidak heran jika wisata Bunaken menarik wisatawan domestik hingga wisatawan asing. Selain itu, pantai Bunakan memiliki hutan bakau yang indah dengan pasir putih.

Menurut pemandu wisata, tidak ada off-season di wisata laut Bunaken. Artinya wisatawan dapat mengunjunginya kapan saja, tetapi lebih disukai untuk pergi ke sana pada bulan Mei hingga Agustus, karena pada bulan-bulan tersebut air laut terlihat sangat jernih dan hangat, dengan suhu 26-31 derajat Celcius.

Bagi yang ingin menyelam, ada 40 lokasi penyelaman seperti Indent 1, 2, 3, 4, Tanjung Parigi, Fukui, Mandolin, Church Face, Barracuda Peak, Siladan, Tanjung Kopi, Manado Shipwreck dan masih banyak lagi dive site. kedalaman. Namun ada 20 titik potensial yang bisa dijadikan spot diving terbaik di Bunaken, dimana setiap titik menawarkan panorama eksotis dan biota laut yang beragam.

Taman Laut Nasional Bunaken, Wisata Pulau Di Manado

Setelah mengalami keindahan taman nasional, mari sedikit bercerita tentang sejarah berdirinya Kawasan Wisata Bunaken. Padahal, tempat wisata ini sudah lama dibuka pada tahun 1975. Dapat dikatakan bahwa taman wisata bahari ini terletak di lokasi yang terpencil. Maklum, saat itu masih formasi baru, jadi belum tahu nama turnya.

Informasi Akomodasi Malang: Foto, Lokasi, Harga Sewa Pagupon Camp Batu Malang. Informasi Wisata Jogja: Foto dan Lokasi Water Bamboo Park di Waduk Sermo Kulon Progo Jogja

Selama waktu itu, banyak penyelam mencoba menjelajahi atraksi bawah laut Bunakan. Namun operasi penyelaman tersebut tidak berjalan lancar karena para nelayan diinstruksikan untuk tidak masuk ke laut karena banyak roh jahat yang hidup di dasar laut.

Tempat Wisata Bunaken Di Manado

Saat itu, di tahun 1970-an, unsur magis dan mitos cerita hantu masih ada. Apalagi, beberapa saat sebelum penyelam menyelam, nelayan tersebut meninggal dunia. Nah, apa yang terjadi terkait dengan cerita dengan cara yang memperluas semua kalangan.

Liburan Ke Manado? Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Hits Ini

Informasi Wisata Bogor: Panduan Lengkap Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Tempat wisata di bunaken, wisata bunaken manado, tempat wisata di manado tomohon, tempat wisata di manado yang lagi trend, tempat wisata bunaken manado, resort di bunaken manado, hotel di bunaken manado, tempat wisata di kota manado, tempat wisata di manado, pantai bunaken di manado, paket wisata ke bunaken dari manado, tempat wisata baru di manado

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top