Connect with us

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Informasi

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal – Ada satu tradisi hari raya yang sebagian besar tidak ada hingga saat ini, yaitu mencari oleh-oleh. Selain sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang, cinderamata sebenarnya merupakan pengingat akan tradisi suatu daerah. Namun, setiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri, tidak terkecuali Lampung.

Di Kota Pisang, ada banyak sekali oleh-oleh sederhana yang bisa Anda beli, mulai dari makanan hingga produk fashion. Jika Anda ragu ingin memilih yang mana, kami telah merangkum 15 oleh-oleh khas Lampung yang wajib Anda bawa pulang. Mari kita tinjau!

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Bagi pecinta pedas, oleh-oleh khas ini wajib dimiliki saat berkunjung ke Kota Lampung. Sambal ini memiliki banyak pilihan menarik seperti sambal goreng udang, sambal cuka, sambal.

Makanan Khas Lampung Terpopuler, Cocok Untuk Oleh Oleh

Lampung, kuah bawang lampung, kuah ikan peda dan kuah tempoak dan harpun tak kalah nikmat. Setiap sambal bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 25.000 per botol.

Untuk jenis sambal tempoac dan harpoon sebaiknya langsung dimakan karena kedua jenis sambal ini tidak menggunakan bahan pengawet. Sambal tempoak merupakan hasil fermentasi durian yang dicampur dengan cabai, sedangkan sambal harut menggunakan bahan utama dari berbagai jenis ikan sungai seperti cumi-cumi.

Mirip dengan kerupuk ikan Palembang yang disebut amplang, makanan khas lampung ini juga terbuat dari ikan kembung. Bedanya, penduduk setempat menyebutnya camilan kemplong yang renyah.

Khusus proses pembuatan kemplong tidak digoreng dengan minyak, melainkan menggunakan pasir. Untuk menikmati kemplong kemasan plastik besar, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 25.000. Sangat lezat, bukan?

Makanan Khas Lampung Wajib Dicoba & Dijamin Super Nikmat

Lampung dikenal sebagai salah satu daerah penghasil pisang terbesar di Indonesia. Tak heran, kota ketiga terbesar dan terpadat di Pulau Sumatera ini mengolah kripik pisangnya yang paling terkenal.

Meski lebih tersebar luas di daerah lain, keripik pisang Lampung memiliki ciri rasa dan tekstur yang unik. Alasannya, pisang amban digunakan sebagai bahan baku, bukan sebagai buah pisang

. Keripik pisang ini bisa kamu pilih dengan berbagai rasa mulai dari coklat, keju, durian, strawberry hingga ballad. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mendapatkannya di banyak toko oleh-oleh di Lampung.

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Renyah di luar dan lembut di dalam dengan berbagai isian. Biasanya satu kotak banana pie berisi lima pie dengan tiga varian rasa seperti coklat, almond, keju dan oreo yang bisa kamu pilih sesuai selera. Harganya hanya Rp 5000

Makanan Khas Lampung Yang Paling Populer Dan Unik

Oleh-oleh khas lampung yang sederhana ini akan bertahan 3-5 hari di suhu ruangan normal. Jika Anda tertarik untuk membeli, datang saja ke penjualnya

Gerai Yussi Akmal yang terletak di Jalan Raya Zainal Abidin Pagar Alam Kota Bandar Lampung ini merupakan pisang paling populer di Lampang.

Kue peninggalan Belanda ini termasuk salah satu kue yang harganya lebih mahal, Rp 300.000 – Rp 800.000 tepatnya untuk loyang ukuran 350 gram.

Jangan khawatir, meski merogoh kocek yang sangat besar, Anda pasti akan terpuaskan dengan kelezatan kue ini sejak suapan pertama. Pasalnya Lapis Legit menggunakan 21 butir telur dalam satu adonan dalam proses produksinya. Jadi jangan heran kalau spekuk teksturnya halus. Lebih menggoda untuk mencobanya, bukan?

Makanan Khas Lampung Yang Menggugah Selera

Manisan merupakan salah satu oleh-oleh khas Lampung yang sayang untuk dilewatkan. Kota ini memiliki banyak manisan buah-buahan yang diawetkan dengan cara direndam dalam air gula beberapa saat.

Beberapa manisan buah yang bisa dipilih adalah pepaya, salak, mangga, kedondong dan lainnya. Soal harga tak perlu khawatir, manisan khas Lampung ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp 35.000 untuk 500 gram dan tahan selama dua minggu.

Ada banyak penjual bakso yang bisa Anda temukan di kota Lampung, namun Bakso Soni yang paling terkenal. Cita rasa bakso ini begitu kental sehingga dapat dirasakan di lidah para pecinta kuliner, karena hanya daging yang dipilih dari urat sapi bertanda Halal MUI yang digunakan.

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Selain makan di tempat, Anda juga bisa membeli Sonny Meatballs per kilo sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir, resep ini masih dalam keadaan beku sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. Umumnya bakso beku dengan berat sekitar 50 potong atau 1 kg harganya Rp. 85.000. Dengan begitu Anda tetap bisa makan di kampung halaman!

Makanan Khas Lampung Yang Wajib Kamu Coba

Di Jawa, lempuk disebut juga dodol atau zenang karena proses pembuatan keduanya sama persis. Di Lampung, lempuk merupakan salah satu oleh-oleh populer yang bisa Anda bawa pulang. Selama proses produksi, daging buah durian dibuang dan bijinya dibuang. Daging durian kemudian dicampur dengan gula dalam kuali dan dimasak.

Rasa lempu durian ini sangat unik. Selain aroma durian yang kuat, lempuh durian memiliki rasa yang manis dan legit. Teksturnya yang sedikit kenyal memberikan rasa yang berbeda saat digigit. Dari segi harga, stik durian biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 35.000 – Rp 40.000 untuk ukuran 200 gram. Namun, harga tersebut pasti akan berbeda-beda tergantung dari masing-masing penjual yang Anda temui di sana.

Produksi pisang sangat kaya di kota Lampung. Masyarakat Lampung mampu mengolah pisang menjadi berbagai makanan, termasuk kulitnya. Di sini, kulit pisang diolah kembali menjadi bahan campuran

Umumnya. Makanan unik ini bisa Anda temukan di Broukis House yang terletak di Jalan M. Yunus, Gang Sukrawijaya No 83, Kota Bandar Lampung.

Jual Call 0821 8074 0338 Sambal Terkenal Di Lampung, Makanan & Minuman, Makanan Instan Di Carousell

Enzak sangat tinggi serat dan karbohidrat karena menggunakan bahan dasar campuran gula, pisang dan ketan putih yang dibungkus daun pisang.

Bejak enjak sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki tanggal kedaluwarsa yang aman dan sangat stabil. Sebagian masyarakat Lampung yang tinggal di kawasan pesisir selatan menyebut makanan ini dengan namanya

. Jajanan sederhana ini mudah ditemukan, Anda hanya perlu mengunjungi salah satu toko oleh-oleh yang bisa ditemukan di mana-mana di Lampung.

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Setelah makanan tradisional, Anda juga bisa membawa oleh-oleh makanan kekinian dari Lampung yaitu Kue Bona Lampung. Makanan ini mirip

Kuliner Dan Makanan Khas Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Sangat lembut dan lezat. Anda berada di Pusat Kota Lampung tepatnya di Jalan Raden Intan No. 99. Kue Bona Lampung sekotak harganya sekitar Rp65.000 – Rp68.000.

Jangan salah, Pempek khas Lampung ini berbeda dengan Pempek Palembang yang biasa Anda temukan di pasaran. Pasalnya, Pempek Lampung menggunakan ikan kembung, sedangkan di Palembang bahan utamanya adalah ikan berperut buncit. Selain itu, kuah cuka Pempek Lampung lebih pekat karena terbuat dari sumber cuka yang berbeda. Tak heran jika cita rasa kuah pempek lampung tajam dan nikmat.

Menariknya, Pempek Lampung juga cocok sebagai tugu peringatan. Makanan klasik ini tidak mudah rusak dan hadir dalam kemasan yang nyaman dan aman dibawa bepergian. Untuk membawanya pulang, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 100.000 untuk sebungkus pempek campur isi 20 buah.

Pulau Sumatera memiliki banyak perkebunan kopi yang menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik, mulai dari kopi Aceh, kopi Medan hingga kopi Lampung yang memiliki rasa pahit dan warna hitam pekat. Selain itu kopi Lampung memiliki rasa yang sedikit asam sehingga aman untuk lambung.

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Paling Enak Dan Digemari

Bagi yang membutuhkan tenaga ekstra untuk melawan insomnia, meminum kopi ini adalah pilihan yang tepat. Karena kopi lampung mengandung kafein yang sangat tinggi. Anda bisa membawa 500 gram kopi Lampung hanya dengan Rp 50.000. Suvenir yang sempurna untuk teman terdekat Anda, bukan?

Penambahan ekstrak durian ke dalam bubuk biji kopi masih sangat baru, pembuatannya juga memerlukan teknologi terkini dan inovatif. Tak heran jika kopi durian menjadi oleh-oleh khas Lampang yang banyak dicari wisatawan. Kopi durian ini biasanya mengkombinasikan kopi robusta dengan buah durian yang sangat manis.

Aroma kopi beraroma durian yang menyengat pasti memberikan pengalaman berbeda bagi penikmat kopi. Kopi Durian khas Lampung ini dijual dalam tiga kemasan berbeda yakni Rp 100 gram. 15.000, 250 gram seharga Rp. 30.000 dan tas kecil 15 gram seharga Rp. 3.000.

Makanan Khas Lampung Yang Terkenal

Tak hanya makanannya, Anda juga bisa membawa pulang kain tapis sebagai oleh-oleh sepulang dari Lampung. Kain Tapis merupakan kain tenun yang didominasi warna emas dan perak dengan motif alam seperti flora dan fauna. Namun, Anda bisa menemukan motif lain pada permadani Anda, seperti motif rumah.

Oleh Oleh Khas Lampung Yang Patut Kamu Bawa Pulang

Namun kain tapis ini hanya bisa dipakai oleh keluarga bangsawan yang tinggal di Lampung. Kain ini juga digunakan dalam upacara adat untuk penganugerahan gelar adat, penyambutan tamu penting, pernikahan dan mengasuh saudara. Namun seiring berkembangnya zaman, kini siapa saja bisa memakai dan membeli kain Tapis yang dijual dengan harga mulai dari Rp 7 juta hingga ratusan juta.

Harganya tergantung dari umur kain, penggunaan benang emas dan perak serta lama pengerjaan. Untuk pakaian buatan tangan, harga ini sangat masuk akal, bukan?

Itulah 15 oleh-oleh khas Lampung yang bisa Anda bawa pulang. Agar lebih puas berbelanja, pastikan Anda menyiapkan budget yang memadai sebelum berlibur ke sana. Selamat melihat keindahan dan mencari oleh-oleh khas Lampung! Pulau Sumatera memang terkenal dengan makanan khasnya yang lezat seperti makanan khas Minang yang sudah melanglang buana. Namun di ujung selatan pulau Anda juga bisa menemukan hidangan yang kurang seru. Benar sekali, Lampung menawarkan berbagai macam makanan khas dengan cita rasa yang menggugah selera. Nah, jika Anda sedang merencanakan jalan-jalan ke sini, pastikan untuk mencoba resep-resep berikut ini ya.

Makanan khas Lampung yang wajib dicoba adalah cerut yang terbuat dari ikan. Alih-alih ikan laut, Cerut menggunakan ikan sungai dan dipanggang atau dibakar dengan menambahkan berbagai bumbu khusus. Meski biasanya mirip dengan ikan bakar atau goreng, cerut justru lebih istimewa jika disantap dengan saus terasi. Agar lebih nikmat, Anda bisa menikmati Harpoon dengan nasi hangat dan lalapan seperti terong bakar dan daun kemangi. Lebih terjamin

Daftar Makanan Khas Lampung, Manjakan Perut Dan Lidah

Kuliner khas bogor yang terkenal, makanan khas solo yang terkenal, makanan khas bali yang terkenal adalah, makanan khas bali yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, makanan khas bogor yang terkenal, makanan khas cirebon yang terkenal, makanan khas manado yang terkenal adalah, makanan khas manado yang terkenal, makanan khas turki yang terkenal, kue khas lampung yang terkenal, kue khas surabaya yang terkenal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top