Connect with us

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Informasi

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung – Anda disini Beranda Informasi Tempat Wisata di Jawa Barat Gunung Tangkuban Perahu, legenda wisata indah di Jawa Barat

Berwisata di pegunungan dengan udara segar dan panorama yang indah memang sesuatu yang sangat indah dan menyegarkan pikiran. Wisata alam yang bisa menjadi alternatif adalah Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan gunung berapi aktif di Bandung Utara tepatnya di Cikole, Lembang, Jawa Barat atau sekitar 20 km dari pusat kota Bandung.

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan tujuan wisata populer di wilayah Bandung dan sekitarnya memiliki banyak peminat, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain namanya terkenal karena legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memang merupakan tempat wisata yang sangat indah. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 dpl atau sekitar 6.873 kaki. Suhu di gunung ini 17 derajat Celcius pada siang hari dan bisa mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari. Karena suhunya yang dingin, saat berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk membawa sweater dan jaket.

Wisata Lembang Hits, Terbaru, & Sudah Buka Di Tahun 2021

Gunung Tangkuban Perahu masih termasuk dalam kategori gunung api aktif yang statusnya masih dipantau oleh Badan Vulkanologi Indonesia. Beberapa tanda gunung ini aktif adalah adanya gas belerang dan sumber air panas yang mengalir dari kaki gunung, misalnya di Ciater. Jika Anda mengunjungi gunung ini, Anda sangat disarankan untuk membawa masker mulut untuk menghindari bau gas belerang yang menyengat. Tempat wisata ini juga merupakan kawasan hutan lindung yang terus terjaga kelestariannya, keindahannya dan udaranya yang segar.

Berbeda dengan gunung api lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu panjang dan terlihat seperti kapal terbalik. Di lereng gunung juga terdapat sepetak perkebunan teh yang ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Tangkuban Perahu menawarkan keindahan panorama pegunungan dan udara segar serta terdapat objek wisata lainnya berupa 3 kawah dengan kandungan belerang yang tinggi yaitu kawah Upas, kawah Ratu dan kawah Domas. Tempat wisata ini sering dijadikan lokasi syuting untuk foto prewedding, iklan dan juga syuting film.

Kawah Ratu adalah yang terbesar dari tiga kawah paling terkenal di Gunung Tangkuban Perahu. Untuk menuju ke kawah ini, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan di tempat yang akan mengantarkan Anda ke Kawah Ratu. Jalan menuju kawah tidaklah sulit sehingga banyak wisatawan yang datang. Anda bisa melihat pemandangan yang indah di sini. Tanah di sekitar kawah umumnya berwarna putih dengan bebatuan berwarna kuning karena kandungan belerangnya. Selain itu, Anda bisa melihat asap mengepul dari kawah.

Kawah Upas paling dekat dengan Kawah Ratu. Untuk mencapainya harus melalui jalan yang terjal dan berpasir. Mungkin inilah yang mengurangi jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini dibandingkan dengan Kawah Ratu. Selain itu, Kawah Upas juga lebih kecil dan lebih dalam. Kawah Domas berada di dataran yang lebih rendah dari Kawah Ratu. Berbeda dengan di Kawah Ratu yang hanya diperbolehkan melihat dari kejauhan dan dibatasi pagar kayu, di Kawah Domas Anda bisa melihat lebih dekat. Anda bahkan bisa menguji panas kawah dengan merebus telur di sini.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Seperti kebanyakan gunung di Indonesia yang memiliki cerita rakyat turun temurun, Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki cerita yang diyakini sebagai asal mula terbentuknya gunung ini. Kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi tentu sudah diketahui banyak orang. Alkisah ada seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Keindahan Dayang Sumbi belum banyak diketahui orang. Dayang Sumbi tinggal berdua dengan anaknya yang bernama Sangkuriang di sebuah padang pasir. Dayang Sumbi sangat menyayangi Sangkuriang dan mereka hidup bahagia bersama anjing kesayangannya, Tumang, yang sebenarnya adalah ayah Sangkuriang.

Singkat cerita, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang yang ingin menikah dengan Dayang Sumbi. Pemuda itu pasti sudah bisa membuat telaga dan perahu pada malam hari, pagi harinya telaga dan perahu yang Sangkuriang buat hampir selesai, Dayang Sumbi khawatir dan berdoa agar matahari segera terbit. Doanya terkabul, matahari terbit dan Sangkuriang belum juga menyelesaikan kapalnya. Marah, Sangkuriang kemudian menendang perahu yang setengah jadi itu ke tengah danau. Kapal mendarat terbalik. Saat itu, kapal ini bernama Gunung Tangkuban Perahu. Dilihat dari kejauhan, Gunung Tangkuban Perahu berbentuk perahu terbalik.

Selain tiga kawahnya, ada hal menarik lainnya di Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Pohon Manarasa. Pepohonan yang banyak tumbuh di sekitar tempat wisata ini memiliki daun berwarna merah dan jika dimakan rasanya seperti daun jambu biji. Menurut warga sekitar, daun pohon ini bisa mengobati diare. Uniknya, mereka juga percaya bahwa daun ini bisa membuat awet muda juga. Dayang Sumbi diharapkan selalu memakan daun ini agar tetap cantik dan awet muda. Jam buka Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah setiap hari, Senin hingga Minggu, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Tiket masuk wisata ini pada hari kerja Senin – Jumat adalah Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara Rp 200.000, sedangkan untuk parkir mobil biaya parkir mobil Rp 25.000, bus Rp 110.000 dan sepeda motor Rp 12.000. Untuk tiket akhir pekan, harga tiket dinaikkan menjadi Rp30.000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara menjadi Rp300.000, parkir mobil Rp35.000, bus Rp150.000 dan sepeda motor Rp17.000. Anda disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat musim kemarau.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Di Lembang

Jika menggunakan mobil pribadi, ada dua jalur yang bisa dipilih: Keluar dari pintu tol Pasteur menuju Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu. Keluar pintu tol dari Padalarang Cimahi – belok kiri ke Jalan Kolonel Masturi – sampai pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, berikut rute yang bisa Anda pilih: Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan Gunung Tangkuban Perahu. Dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah gunung. Tangkuban Perahu

PT KSM Wisata Internasional. Kami izinkan mereka menyebarkan artikel ini karena menyebarkan informasi tentang pariwisata Indonesia JAUH LEBIH PENTING daripada hak cipta wisata menarik, khususnya wisata alam, seperti gunung Tangkuban Perahu yang merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bandung. Tangkuban Perahu merupakan salah satu wisata alam dengan pemandangan alam yang indah.

Tempat ini terletak di Cikole, Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat, dimana tempat ini tidak hanya populer di masyarakat setempat, tetapi juga populer di seluruh pelosok Indonesia. Gunung Tangkuban Perahu memang merupakan salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat dan menjadi tujuan wisata yang sangat populer dan dikunjungi banyak orang hingga saat ini. Salah satu faktor yang membuat gunung ini dikenal masyarakat adalah legenda yang disebut sangkuriang, legenda ini menceritakan tentang seorang pemuda yang memiliki keinginan untuk menikahi ibunya sendiri.

Di balik legenda terkenal yang melekat pada masyarakat sekitar gunung Tangkuban Perahu, gunung ini menyimpan banyak pemandangan alam yang indah. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda jadikan tujuan berlibur bersama teman dan keluarga. Harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu juga cukup terjangkau, jadi meskipun membawa banyak anggota keluarga tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

Ini Alasan Gunung Tangkuban Perahu Wajib Masuk Daftar Eksplore Saat Liburan Di Bandung

Sebagai tempat wisata alam yang menjadi tujuan wisata paling populer di Bandung, memiliki banyak fitur jalur alam atau objek wisata alam yang menarik dan unik untuk dikunjungi, dan salah satunya adalah kawah. Sebenarnya ada beberapa kawah di Gunung Tangkuban Perahu sebagai berikut:

Kawah pertama di Tangkuban Oerahu adalah Kawah Upas. Untuk mencapai tempat kawah membutuhkan pengorbanan. Jalan yang harus Anda lewati untuk mencapai kawah ini cukup terjal dan banyak terdapat pasir. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda karena jalanan yang terjal dan berpasir sangat berbahaya dan sering membuat banyak wisatawan terjatuh.

Kawah Upas juga menyuguhkan pemandangan kawah yang dangkal dan kecil. Meski bisa dibilang perjalanannya cukup sulit, pemandangan yang disajikan memang sangat bagus dan indah, dan bisa kamu jadikan tempat untuk selfie.

Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Kawah Ratu merupakan kawah yang paling terkenal diantara kawah lainnya yang ada di Tangkuban Perahu, kawah ini berada tidak jauh dari kawah Upas. Kawah Ratu akan terlihat jelas saat berada di dataran yang memang sengaja dibuat untuk para wisatawan untuk melihat pemandangan ini. Di sekeliling dataran juga terdapat pagar yang berfungsi untuk menjaga keamanan semua pengunjung.

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Tiket & Daya Tarik Maret 2023

Untuk menuju mobil kedua anda bisa menggunakan mobil sewaan atau bahkan mobil pribadi untuk menuju tempat tersebut. Sepanjang jalan, Anda akan diperkenalkan dengan beberapa kios yang menjual oleh-oleh atau kerajinan tangan dari daerah Jawa Barat.

Selain keberadaan beberapa kawah di atas, Anda juga bisa menikmati keindahan kawah Domas di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah inilah yang paling disukai atau digemari oleh para wisatawan. Keberadaannya memang tidak jauh dari Kawah Ratu, bahkan akses jalan menuju Kawah Domas juga relatif mudah dijangkau dan dilalui.

Saat berada di Kawah Domas, Anda bisa melihat pemandangan alam dari jarak dekat. Juga, pengunjung

Hotel di tangkuban perahu bandung, wisata ke tangkuban perahu, hotel di bandung dekat tangkuban perahu, wisata sekitar tangkuban perahu, tempat wisata tangkuban perahu bandung, objek wisata gunung tangkuban perahu, wisata dekat tangkuban perahu, paket wisata tangkuban perahu, wisata tangkuban perahu bandung, wisata tangkuban perahu, objek wisata tangkuban perahu, hotel dekat tangkuban perahu bandung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top