Connect with us

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Informasi

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung – , Jakarta Bangka Belitung Tourism adalah tujuan liburan paling populer saat ini. Sebagai provinsi kepulauan, Bangka Belitung memiliki keindahan alam laut yang menakjubkan. Wisata Laut Bangka Belitung pasti akan mengejutkan Anda.

Wisata Bangka Belitung terkenal dengan banyak pantainya yang indah. Selain pantai, danau, bukit, dan hutan bakau juga indah. Anda dapat memilih tempat wisata sesuai dengan preferensi Anda.

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Kawasan yang dikenal dengan sebutan Laskar Pelangi ini dipenuhi dengan pulau-pulau kecil yang menawan. Beberapa pulau ini bisa Anda kunjungi untuk kegiatan wisata air yang menyenangkan.

Geopark Pulau Bangka Siap Jadi Unggulan Bangka Belitung

Jika ingin liburan yang lengkap dan murah, Pantai Suuk di kawasan Puding Kabupaten Kebumen Jawa Tengah menjadi pilihan liburan tahun baru Anda. Bangka Belitung, sebaliknya, memiliki keindahan alam yang tersebar di berbagai…

Perjalanan pertama ke Bangka Belitung adalah Pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas terletak di utara Pulau Belitung. Dibutuhkan sekitar 30 menit dari Pulau Bangka. Perjalanan ke Bangka Belitung ini identik dengan mercusuar tinggi yang berada di tengah pulau.

Saat air pasang, bebatuan pulau ini tampak mengapung di tengah laut, oleh karena itu dinamakan Batu Berlaya. Batuan granit putih dengan berbagai bentuk menjulang saat Anda mendekati pulau. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Bangka Belitung adalah menikmati sunset di sore hari. Anda juga bisa melihat ikan dan ubur-ubur.

Wisata Pulau Kepayang Bangka Belitung atau dikenal juga dengan Pulau Babi. Ia juga memiliki pantai berpasir putih yang indah dengan bebatuan granit besar untuk keindahannya. Saat anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menemukan pemandangan laut biru jernih yang sangat indah. Anda juga bisa menjajal kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan bawah laut pantai ini.

Tempat Wisata Di Bangka Belitung Terbaik Dan Wajib Kamu Kunjungi

Pulau Luton terkenal dengan semenanjung pasir putihnya yang indah. Dengan keindahan air laut dan batu granitnya yang hijau, Pulau Luton menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Bangka Belitung. Ada banyak Ketapang dan pohon kelapa yang menghiasi pantai.

Seperti namanya, Pulau Pasir terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Lebih lembut dari pantai lainnya. Anehnya, ditengah perjalanan ke Bangka Belitung, ada fenomena yang sangat mengejutkan yaitu adanya sebuah pulau kecil di tengah laut. Pasalnya, pulau kecil ini hanya muncul saat air pasang dan menghilang saat air surut.

Trip ke Bangka Belitung ini dinamakan Pulau Burung karena terdapat batu karang berbentuk kepala burung di tengah pantainya. Pantai di sini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang, sehingga ideal untuk berenang dan aktivitas air lainnya.

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Di antara pulau-pulau lain di Belitung, Leebong merupakan tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. Pulau ini penuh dengan fasilitas rekreasi seperti fasilitas olahraga, ice skating, hang glider, banana boat dan stand-up paddle boat.

Tempat Wisata Bangka Belitung: 4 Hal Menarik Untuk Dinikmati

Wisata Bangka Belitung berupa pantai yang pertama yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terkenal dengan film Lascar Pelangi dan San Peminpi. Pantai Tanjung Tinggi berbatasan dengan dua semenanjung, Tanjung Kelayan dan Tanjung Pendam. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayan dan sekitar 31 km dari Tanjung Pandan.

Pantai pasir putih ini dicirikan oleh ratusan batu granit besar yang menghiasi semenanjung dan bagian depan laut. Ukuran granit berkisar dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik dan lebih besar dari sebuah rumah.

Seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayan juga memiliki bebatuan granit yang sangat besar. Bentuknya sangat mirip dengan kepala elang. Pada tahun 2016, pemerintah menetapkan Pantai Tanjung Kelayan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan industri pariwisata sebagai bisnis utamanya. Hal ini menjadikan Pantai Tanjung Kelayan sebagai salah satu tujuan wisata andalan di Bangka Belitung.

Pantai Kasur adalah salah satu tempat wisata paling populer di Bangka Belitung. Karena akses dan aksesibilitasnya yang mudah, pantai ini sering disebut sebagai pantai rakyat. Pantai Matras merupakan pantai terpanjang di Pulau Bangka. Pantai ini menawarkan pemandangan tebing granit khas Bangka Belitung, pohon kelapa, air jernih, dan sungai air tawar alami.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tengiri merupakan salah satu pantai utama di Pulau Bangka. Pantai ini memiliki profil yang relatif landai dengan ombak yang kecil. Jangan lupa untuk memanjakan semua mata dengan pasir pantainya yang putih dan bebatuan granit yang alami. Anda juga dapat menikmati wisata bahari seperti pemancingan, diving terumbu karang dan banana boat.

Pantai Punai di Desa Tanjung Kelumpang, menghadap tenggara Belitung. Seperti objek wisata lain di Bangka Belitung, pantai ini memiliki bebatuan granit. Hanya bebatuan granit kecil di pantai Punai. Dari pantai ini, Anda juga bisa melintasi perairan dangkal di pulau kecil tersebut. Disebut Pulau Punai karena pulau itu sendiri pernah menjadi rumah bagi Burung Punai.

Wisata Bangka Belitung juga menawarkan wisata sejarah yang menarik seperti Bukit Menumbing. Wilayah ini merupakan surga para pahlawan kemerdekaan. Bukit Menumbing adalah sebuah bukit dengan ketinggian 355 meter di atas permukaan laut di Muntok, provinsi Bangka Barat. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Hotel Menumbing, tempat pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta dan lain-lain.

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Bukit Beraf memiliki beragam fasilitas, mulai dari restoran dan vila hingga fasilitas rekreasi seperti kolam renang. Wisata Bangka Belitung ini lebih menarik karena berada di ketinggian yang lebih tinggi, sehingga anda bisa menikmati indahnya pantai dan lautan Laut Belitung dari kejauhan.

Tempat Wisata Di Belitung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Tak Melulu Pantai

Bukit Pellamun adalah tujuan wisata yang terkenal karena spesies dan hewannya yang unik. Hewan di sini lebih sempit. Dengan ketinggian sekitar 129 meter, bukit ini dapat didaki dalam waktu 30 menit.

Bukit Pangkuan merupakan destinasi agrowisata yang bagus untuk keluarga karena banyak hal menarik untuk dijelajahi. Sebagai tempat agrowisata, semua pengunjung dipersilakan memetik buah apa saja yang tersedia. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu hingga sop, semuanya akan Anda temukan saat mengunjungi Bukit Pangkuan. Saya akan melakukannya.

Danau Kaolin adalah sebuah danau besar yang dikelilingi oleh bukit pasir. Keistimewaan Danau Kaolin adalah airnya yang biru dibatasi oleh pegunungan tanah putih. Danau yang terbentuk dari bekas tambang kaolin ini merupakan pemandangan yang patut dilihat. Resor Bangka Belitung ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung. Telaga ini juga menjadi salah satu daya tarik pariwisata Bangka Belitung.

Batu Mentas di Belitung merupakan bagian dari Kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam. Terletak di daerah pegunungan, cuaca di tempat wisata Belitung ini tidak hanya sejuk tapi juga menarik. Karena alam kawasan ini masih sangat terjaga dan asri. Kawasan hutan lindung ini merupakan rumah bagi berbagai satwa seperti Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang lebih dikenal penduduk setempat sebagai peririan.

Tempat Wisata Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Pemandian burung merupakan salah satu daya tarik Bangka Belitung dan populer di kalangan wisatawan. Daya tariknya adalah kedekatan gunung yang indah.

Museum Kata Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama di Indonesia. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai karya Andrea Hirata, termasuk koleksi film Rascar Pelanghi. Keistimewaan lain dari museum ini adalah pengunjung dapat menikmati alunan musik dari seniman Belitung. Kata museum sudah ada sejak tahun 2010.

Gurun Perawan Naman, Bangka Belitung merupakan gunung atau gurun bekas tambang. Titik bertemunya perbukitan dengan gurun tak jauh dari Pelawan. Gurun Perawan-Naman dianggap sangat mirip dengan Gurun Atacama Chile.

Tempat Wisata Pulau Bangka Belitung

Wisata Bangka Belitung memiliki destinasi yang menawarkan nuansa hijau alami dari mangrove – Mangrove Munjan Krau Barat. Bangka merupakan salah satu pulau yang paling abrasif, sehingga kawasan mangrove ini sangat aman untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Yang bisa Anda lakukan adalah menaiki jembatan gantung saat melintasi salah satu sungai di kawasan mangrove ini. Jika ingin melihat hutan mangrove dari dekat, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling kawasan hutan. Dalam perjalanan perahu ini, Anda bisa menjumpai hewan langka dan eksotis seperti ular, burung, dan ikan air tawar.

Objek Wisata Pantai Matras Dan Parai Bangka ( Babel )

Kunjungan berikutnya ke Bangka Belitung adalah bekas tambang timah Aek Ketok. Sedangkan Danau Kaolin berdinding putih, berbeda dengan Ek Ketok yang berdinding agak merah. Berada di Kecamatan Muntok, tempat indah ini memiliki kolam air berwarna biru. Tambak ini berasal dari air hujan yang terkumpul di antara bekas endapan tambang.

Kunjungan ke Bangka Belitung belum lengkap tanpa kunjungan ke Museum Kalaya, museum kastil terbesar di Asia. Museum Kastil Muntok merupakan salah satu dari dua museum kastil yang ada di Indonesia. Bangunan museum ini merupakan markas Bangka Tin Winning, sebuah perusahaan timah milik negara pada masa penjajahan Belanda. Dibangun pada tahun 1915, museum ini terdiri dari dua lantai dan mencakup galeri, perpustakaan, kantor, dan aula.

Di lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan jejak penambangan timah, tentu telah merusak lingkungan alam sekitarnya. Antara keberadaan Kebun Raya Bangka (Bangka Raya) dan perusakan lingkungan akibat penambangan timah, sepertinya keren.

BBC yang berlokasi di Kecamatan Ketapang, Kecamatan Hwa Itam, Pangkal Pinang memiliki luas lahan yang cukup.

Destinasi Istimewa Di Pulau Belitung

Bangka belitung tempat wisata, wisata di pulau bangka belitung, wisata di bangka belitung, tempat wisata di pulau bangka belitung, wisata bangka belitung, paket wisata bangka belitung, tempat wisata di pulau belitung, wisata pulau bangka belitung, wisata pantai bangka belitung, tempat wisata pulau belitung, tempat wisata di bangka belitung, pulau lengkuas bangka belitung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top