Connect with us

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Informasi

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah – , Jakarta Berburu oleh-oleh unik merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke suatu daerah. Sudah menjadi kebiasaan atau tradisi, dimana hampir setiap wisatawan setelah liburan selalu menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, sahabat, tetangga atau sekedar untuk membuat kenangan. .

Setiap daerah di Indonesia memiliki dan menawarkan berbagai produk olahan khas sebagai oleh-oleh yang wajib dimiliki pengunjung. Tak heran jika di setiap kota wisata terdapat toko dan pusat oleh-oleh khas daerah yang berbeda-beda. Ada tradisi yang sampai saat ini tidak pernah diabaikan saat akan berlibur atau pulang dari liburan, yaitu berburu oleh-oleh.

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh, tidak hanya oleh-oleh untuk orang-orang terdekat saja, ternyata oleh-oleh juga sebagai pengingat akan tradisi suatu daerah. Berbicara tentang oleh-oleh tentunya di Indonesia banyak sekali makanan dan oleh-oleh yang bisa dijadikan oleh-oleh khas.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Harus Dibawa Pulang!

Setiap daerah tentunya memiliki ciri khas tersendiri dan tidak terkecuali Kota Semarang. Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia dimana banyak budaya Jawa dan Tionghoa dapat hidup berdampingan secara harmonis.

Berawal dari tinggal di Pecinan Semarang, Ny. Sri Harsini (Tjia Sien Nio) selama lebih dari 35 tahun memperkenalkan jajanan khas Semarang bernama ‘Kueh Moaci Gemini’ yang terkenal dengan budaya Peranakan Tionghoa sebagai oleh-oleh legenda kota Semarang yang terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan cincangan isian. kacang tanah dan gula dengan rasa yang khas, enak, kenyal dan harga terjangkau.

Lebih dekat, untuk pertama kalinya Kueh Moaci Gemini diantarkan di toko roti kecil di Chinatown. Nama Kueh Moaci Gemini semakin terkenal sejak didirikan pada tahun 1985 oleh Ibu Sri Harsini, dilanjutkan hingga sekarang oleh Dr. Hantanto sebagai oleh-oleh khas Semarang, mulai dari Tetangga mulai memesan makanan untuk dirinya sendiri atau luar kota ke berikan kepada keluarga mereka.

Kueh Moaci Gemini hingga saat ini terus berinovasi untuk mempertahankan reputasinya dengan memunculkan ide membuat aneka kue moaci dengan rasa yang berbeda, salah satunya membuat moaci berbentuk bulat dan diberi wijen di atasnya. Dahulu kue moaci bentuknya tidak bulat seperti sekarang ini melainkan lonjong, dipotong-potong banyak hanya ditutup dengan lapisan tepung dan isian di dalamnya. Adonan dari kueh moaci lengket saat dimakan dan membuat sebagian pengunjung tidak nyaman saat menikmatinya.

Brilliant Cake Kue Legit Khas Semarang

Dari situlah muncul ide dari Ibu Sri Harsini untuk membuat mochi berbalut wijen. Pertumbuhannya tidak membuat bibir terpampang. Mochi atau kue Gemini moaci khas Semarang ini unik dengan kulitnya yang kenyal, manis, kenyal dan kaya gigitan dengan campuran kacang cincang dan gula, hingga saat ini Moaci Gemini dikenal sebagai kudapan yang melegenda khas kota Semarang.

Dr. Hantanto selaku pemilik Kueh Moaci Gemini menjelaskan bahwa Kueh Moaci Gemini merupakan jajanan oleh-oleh legendaris khas Semarang yang terus berinovasi dalam kualitas dan varian rasa. Mengikuti resep turun-temurun dan menjaga keasliannya, Moaci Gemini memiliki tekstur yang khas, kenyal dan padat, yang berbeda dengan moaci pada umumnya yaitu dari Jepang/Taiwan/Sukabumi.

Rasa yang kami buat terinspirasi dari bahan-bahan Indonesia. Dengan kualitas bahan yang terbaik untuk menjaga keaslian keasliannya, kami terus menjaga dan mengontrol rasa, tekstur dan bahan yang digunakan dengan standar yang telah kami tetapkan selama ini, agar konsumen setia tetap menikmati makan, ujar Dr. Hantanto Moaci Gemini .

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Ia menambahkan, “Kueh Moaci Gemini terus mengembangkan varian rasa dan menjaga kualitas produk demi kepuasan konsumen. Kueh Moaci Gemini juga mengikuti perkembangan zaman di era milenium dengan mengikuti perkembangan zaman. amati perubahannya Berlangsung di Pasar Untuk itu, kini Kueh Moaci Gemini sudah mulai melakukan penjualan online melalui media sosial seperti Instagram dan e-commerce.

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Awet Dan Tak Mudah Basi

Dengan begitu, konsumen yang belum pernah ke Semarang atau ketinggalan Moaci Gemini bisa dengan mudah mendapatkannya. Moaci Gemini Semarang menjadi salah satu jajanan khas yang bisa dinikmati saat hari keluarga.” berperan sebagai Dr. Hantanto.

Sebagai informasi, Kueh Moaci Gemini merupakan jajanan dengan rasa yang nikmat dan tekstur yang kenyal dengan isian yang berbeda dibalut tepung dan pasta wijen. Kueh Moaci Gemini telah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak tahun 2018, sehingga aman untuk manusia.

Terletak di Kartini Central Store, Jl. Kartini Raya No.19 Semarang dan Toko Cabang Madukoro di Ruko Bizpark Blok A5 Semarang. Kue Moaci Gemini tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bisa disimpan hingga 1 minggu saja. Harga mulai dari 20 – 60 ribu rupiah dengan isi antara 10, 16 dan 25 buah per bungkus untuk beberapa rasa. Kueh Moachi Gemini juga dapat ditemukan di media sosial dan dipesan secara online.

* Kebenaran atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan cek fakta WhatsApp nomor 0811 9787 670 cukup dengan memasukan kata kunci yang diinginkan.

Lumpia Gang Lombok Lezatnya Pelopor Lumpia Di Semarang

Happy Asmara hadir dalam welcome dinner KTT ASEAN 2023 disaksikan Presiden Jokowi dan para pemimpin lainnya, Happy Asmara: Kemarin saya? Apakah Anda sedang merencanakan perjalanan dan liburan di Semarang? Jika iya, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Semarang untuk kerabat atau teman di rumah!

Semarang sendiri telah menjadi titik temu berbagai budaya selama ratusan tahun. Banyak monumen bersejarah berupa bangunan, pemukiman dan juga makanan. Lumpia Semarang misalnya, masakan asal China dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Semarang.

Bagi Anda yang sedang atau akan berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Tengah ini, ada banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Simak beberapa oleh-oleh khas Semarang berikut ini.

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Datang ke Semarang tanpa menikmati lumpia dianggap belum pernah ke Semarang. Lumpia Semarang memang istimewa, dibuat menurut resep turun temurun dan memiliki cita rasa yang nikmat. Di kota ini Anda bisa menjumpai beberapa penjual gabah terkenal seperti Lumpia Mbak Lien, Lumpia Cik Me Me, Lumpia Gang Lombok dan lain-lain.

Oleh Oleh Terkenal Khas Kota Semarang

Lumpia tradisional di Semarang memiliki rebung (bambu muda). Memiliki rasa yang nikmat, dengan tekstur yang renyah di bagian luar dan relatif lebih lembut di bagian dalam. Selain lumpia kering, Anda juga bisa membeli lumpia basah. Perbedaan yang paling jelas adalah warnanya. Lumpia kering berwarna kuning kecokelatan, sedangkan lumpia basah berwarna putih.

Selain lumpia, sajian khas Semarang lainnya adalah Bandeng Presto. Ikan bandeng dimasak dengan suhu tinggi di dalam panci presto. Alhasil, tak hanya bandengnya saja yang empuk, tapi durinya juga empuk. Dengan duri yang lunak, ikan bandeng ini bisa dimakan dengan aman tanpa takut ditusuk.

Untuk oleh-oleh, ikan bandeng biasanya dikemas dalam wadah plastik kedap udara sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. Ada beberapa merk bandeng presto terkenal dari Semarang. Bandeng Juwana, Bandeng Bonafide, Bandeng Presto, Rumah Bandeng Hj. Djum, dan masih banyak lagi. Ada yang suka makan bandeng langsung, tapi biasanya bandeng ini digoreng ringan sebelum dimakan.

Wingko adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan, gula, dan parutan kelapa. Wingko memiliki tekstur yang lembut, berserat dan manis. Bisa dibilang, jeroan wingko berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur, namun popularitasnya justru meningkat setelah dijual di Semarang.

Roti Ganjel Rel Kelezatan Kue Langka Di Semarang

Karena bahannya, wingko bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. Makanan ini juga cukup tahan lama. Ada banyak produsen jeroan sayap enak di Semarang dengan merek yang berbeda, beberapa di antaranya adalah jeroan Wingko cap Kereta Api, Wingko Tripe Dyriana dan jeroan Wingko cap Tiga Kelapa Muda.

Tumpi adalah makanan ringan yang sangat mirip dengan kacang yang renyah. Rasanya enak, teksturnya juga renyah. Anda bisa makan tumpi sebagai camilan seperti kentang goreng atau sebagai lauk makan dengan nasi. Tak heran jika banyak orang yang menyebut Tumpi sebagai kacang garing khas Semarang.

Yang membedakan tumpi dengan keripik kacang lainnya adalah toppingnya. Di sebagian besar tempat lain, kacang garing sering ditambahkan dengan udang, ikan asin, atau kacang kedelai. Tumpi menggunakan buncis sebagai suplemen. Jajanan kering ini bisa bertahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Oleh Oleh Khas Semarang Jawa Tengah

Dalam bahasa Indonesia, nama roti ini bisa dipahami sebagai ‘Roti Rel Blok’. Ada cerita tersendiri yang melekat pada nama ini, yaitu karena tekstur rotinya yang kenyal dan kental, dengan warna agak coklat membuat orang mengumpamakan roti ini seperti balok rel kereta api. Namanya melegenda sampai sekarang!

Oleh Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan

Roti gulung ganj sering dibumbui dengan kayu manis. Roti ini termasuk langka, bahkan di Semarang. Dulu banyak orang yang menjual roti jenis ini di Pasar Johar namun setelah pasar terbakar, para pedagang memilih untuk menukar produknya. Anda dapat dengan mudah menemukan roti ganjel rel baru sebelum dugderan. Roti ini dibagikan kepada warga selama bulan Ramadan.

Setiap daerah memiliki batik dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk Semarang. Batik Semarangan memiliki motif khusus yang disebut Lawang Sewu, Warak Ngendog, Tugu Muda, Blekok dan Asam.

Semarang juga punya kampung bertema batik di Desa Rejomulyo, Semarang Timur. Dikenal juga dengan nama Kampoeng Djadhoel, desa ini diresmikan pada Oktober 2017. Jadi jika ingin membawa pulang kain batik yang cantik, datanglah ke desa ini. Selain bisa membeli kain batik, Anda juga bisa melihat bagaimana pembuatan kain batik di Semarang.

Tahu Bakso sebenarnya bukanlah masakan khas kota Semarang. Namun, tahu pangsit ala Semarang memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya terkenal, antara lain rasanya yang enak, harga yang murah, dan pilihan yang banyak. Satu lagi, bakso tahu di Semarang ditulis dengan “X” untuk menggantikan “KS” di bakso, menjadi “Baxo Tahu”.

Wingko O, Oleh Oleh Khas Semarang Yang Sangat Lezat

Pelopor Tahu Baxo adalah Ibu Pudji. Produk Bu Pudji dijual di banyak tempat di kota Semarang. Selain itu, masih banyak tempat sejenis lainnya yang juga berusaha mengimbangi kepopuleran Baxo Tahu Bu Pudji. Sungguh menakjubkan, Anda memiliki begitu banyak

Makanan khas semarang jawa tengah, oleh oleh khas lombok tengah, oleh oleh khas lampung tengah, oleh oleh khas kalimantan tengah, oleh oleh khas solo jawa tengah, oleh khas jawa tengah, oleh oleh khas salatiga semarang jawa tengah, oleh oleh khas timur tengah, oleh oleh khas semarang, oleh oleh khas demak jawa tengah, oleh oleh khas jepara jawa tengah, oleh oleh makanan khas kalimantan tengah

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top