Connect with us

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Informasi

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon – Menjadi salah satu kota yang terkenal dengan wisata religinya, Cirebon selalu menjadi tempat yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Identik dengan nama Kota Vali, kota ini juga memiliki mahakarya kuliner khas Cirebon yang patut dicoba dan dibeli di pusat oleh-oleh di Kabupaten Cirebon.

Anda tidak perlu khawatir bingung dengan tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Cirebon. Karena Anda akan menemukan berbagai toko oleh-oleh seperti toko terdekat atau grosir yang menjual segala oleh-oleh khas Cirebon. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pusat oleh-oleh di Cirebon yang wajib untuk dikunjungi.

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Rekomendasi pertama adalah Pasar Kanoman, tempat terbaik untuk mencari oleh-oleh khas Cirebon dengan harga terjangkau. Pasar Kanoman terletak di sekitar kota tua, lebih tepatnya di kawasan yang disebut Lemahwungkuk. Anda bisa mengunjungi kawasan ini mulai pukul 02:00 hingga 18:00.

Mengenal Sosok Pemilik Cemilan Rengginang Kidal Khas Cirebon

Di belakang Pasar Kanoman terdapat tempat wisata sejarah yang juga bisa dikunjungi yaitu Benteng Kanoman. Selain untuk membeli oleh-oleh, Anda juga bisa singgah untuk sekadar jalan-jalan atau belajar sedikit tentang sejarah Cirebon. Banyak oleh-oleh yang ditawarkan, mulai dari batik, produk kuliner hingga peralatan rumah tangga.

Pusat oleh-oleh lain yang tak kalah menarik dari Pasar Kanoman adalah Pasar Pagi Cirebon. Meski bernama Pasar Pagi, pasar ini tetap buka dan bisa dikunjungi hingga malam hari. Pasar Pagi Cirebon terletak di Jalan Siliwangi Nomor 11 Kejaksaan Kota Cirebon. Anda bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore hari yaitu pukul 08.00-20.00 WIB.

Pasar ini cukup besar karena terdiri dari beberapa lantai tempat para pedagang menjajakan dagangannya. Jika ingin membeli oleh-oleh, Anda bisa menutup area lantai dasar. Ada banyak pilihan oleh-oleh seperti kerupuk orang miskin, sirup tiamplai, kerupuk rambak, terasi dan masih banyak lagi.

Toko Daud merupakan salah satu toko oleh-oleh terlengkap di Cirebon yang bisa Anda datangi untuk berbelanja oleh-oleh. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh mulai dari kuliner tradisional, batik, terasi, sandal dengan motif batik cirebon, karpet dan berbagai oleh-oleh lainnya. Terletak di Jl. Sukalila Utara langsung dengan nomor 12-14.

Oleh Oleh Khas Cirebon Menarik Dan Murah

Toko ini buka pukul 08.00 dan tutup pukul 21.00. Dengan jumlah suvenir yang banyak, Anda bisa mendapatkan diskon. Toko David juga terkenal karena Sultan Cirebon sering mengunjungi toko ini hanya untuk membeli oleh-oleh khas kotanya.

Pusat oleh-oleh Cirebon yang paling dekat dengan Pasar Kanoman bernama Toko Pangestu. Lebih tepatnya berlokasi di Jl. Sukalila Selatan nomor 49. Seperti halnya Toko Daud, toko ini juga menawarkan berbagai oleh-oleh yang bisa disebut lengkap, namun hanya menjual produk khas Cirebon. Semuanya ada di toko yang satu ini.

Mulai dari Nasi Ketan Kuningan, Dendeng Law, Abon Ebi, Terasi dan berbagai jajanan lainnya. Jadi jika ingin mencari produk yang benar-benar khas Cirebon, Anda bisa berkunjung ke sini mulai pukul 08:00 hingga 20:00. Untuk menghindari keramaian, Anda bisa berkunjung pada waktu-waktu tertentu, seperti pukul satu atau dua siang.

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Salah satu kota yang bercirikan batik dengan ciri khasnya adalah Cirebon. Batik dengan motif mega awan yang menjadi ciri khas perpaduan dua budaya ini, batik pesisir dan Tionghoa. Semua produk batik tersebut bisa Anda temukan di Trusmi Batik yang berlokasi di Jl Trusmi no.148 dan buka mulai pukul 08.30 hingga 20.00.

Limakaki: Aneka Oleh

Tak hanya batik dengan motif mega mendung yang ditawarkan, Anda juga bisa menemukan berbagai motif batik dari seluruh Indonesia. Produk souvenir yang tersedia untuk dibeli juga beragam: mulai dari snack, aksesoris, kemeja, rok, outerwear hingga gamis. Selain membeli oleh-oleh, jika beruntung, Anda bisa menyaksikan proses pembuatannya dengan mata kepala sendiri.

Jalan yang berada di dekat jalur Pantura bernama Jalan Raya Plered ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan berbagai oleh-oleh khas Cirebon. Jalan ini sering dikunjungi wisatawan untuk membeli berbagai oleh-oleh dan kuliner atau sekedar singgah untuk beristirahat.

Saat Anda berkunjung ke sana, Anda akan menemukan berbagai oleh-oleh untuk diri sendiri. Namun, oleh-oleh yang banyak dijumpai adalah kerupuk Cirebon warna-warni yang disebut Kerupuk Melarat. Keunikan dari kerupuk ini adalah dipanggang dengan pasir. Ada juga sirup asli Cirebon sejak tahun 1936 yaitu sirup Tjampolay dengan rasa yang berbeda.

Selain Toko Daud dan Toko Pangestu, ada lagi toko bernama Toko Manisan Sinta yang merupakan salah satu toko oleh-oleh terkenal di Cirebon. Bahkan, toko ini bisa disebut sebagai salah satu toko oleh-oleh tertua yang menjual aneka manisan khas Cirebon. Banyak juga wisatawan yang datang untuk membeli berbagai oleh-oleh untuk kerabatnya.

Waktunya Belanja! Lalu Lintas Pusat Kota Cirebon Padat Merayap

Toko Manisan Sinta ini terletak di Jl Winaon, Kota Cirebon. Seperti namanya, toko oleh-oleh ini menjual berbagai macam manisan khas Cirebon. Selain itu, toko ini juga menjual berbagai oleh-oleh mulai dari kerupuk, olahan ikan asin, sirup hingga makanan ringan. Jika Anda berada di Cirebon, pasti pergi ke sana.

Selain oleh-oleh produk khas Cirebon, ada juga produk oleh-oleh berupa kue dan kue kering yang disebut Kelana Cirebon. Ini adalah merek kue suvenir yang dipimpin oleh seniman Indonesia Ussi Sulistiawati. Disebut Kelana Cirebon karena diambil dari seni tari khas Cirebon yaitu tari Kelana.

Gerai Kelana Cirebon sendiri berada di kawasan yang sama dengan Pasar Pagi yang beralamat di Jl Siliwangi Nr. 169 Kota Cirebon. Kue yang bisa Anda beli di sini berbentuk seperti kue bolu dengan rasa yang berbeda. Varian rasa tersebut antara lain Double Choco Crunchy, Red Velvet, Cheesy Lover, Hazelnut Oreo dan berbagai pilihan lainnya.

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Tak hanya Cirebon, Kelana merupakan brand milik artis Indonesia yang menjual kue di Cirebon. Ada pula Indra Bekti dan istrinya yang juga menjual kue puff pastry yang kokoh. Anda bisa membuat kue ini dengan memilih oleh-oleh khas Cirebon. Isian kue, sama halnya dengan isian Cirebon Sultana, juga berbeda rasanya.

Apa Yang Terkenal Dari Produk Gerabah Khas Cirebon Hingga Mendunia? 2.sebutkan Hal Hal Yang Dibutuhkan

Anda bisa mengunjungi Cirebon Sultana di Jl Kartini Nomor 5 Kota Cirebon. Sebagai oleh-oleh, kue ini bisa dibawa pulang dan disimpan di lemari es hingga lima hari. Jika tidak, kue seperti itu bisa bertahan hingga tiga hari. Tersedia berbagai macam rasa, mulai dari coklat hingga mangga.

Pusat oleh-oleh atau belanja yang terakhir adalah Kota Sirebon, Jawa Barat. Cirebon Super Block Mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Cirebon, seluas kurang lebih 7,2 hektar. Superblok ini memiliki pusat perbelanjaan, hotel, pertokoan serta perkantoran dalam satu kawasan. Gayanya adalah gaya arsitektur modern dan kontemporer.

Mal ini memiliki 4 lantai, setiap lantai menjual barang-barang berbeda yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga setelah berkunjung ke Cirebon. Ada juga berbagai aktivitas yang bisa ditemukan untuk bermain dan bersantai bersama keluarga. Cirebon Super Block Mall ini bisa menjadi alternatif pusat kota Cirebon.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai 10 toko oleh-oleh di Cirebon yang bisa Anda jadikan sebagai panduan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang untuk keluarga. Pusat oleh-oleh Cirebon yang sudah disebutkan tidak hanya memiliki makanan, tetapi juga kaos batik. Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Saat berkunjung ke kota, untuk bekerja atau berwisata, orang mencari oleh-oleh. Selain itu, saat ke Cirebon, selain mencoba beberapa kuliner khas Cirebon, saya juga mencari oleh-oleh khas Cirebon untuk dibawa pulang.

Toko Manisan Sinta (cirebon, Indonesia)

Ada banyak makanan dan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang setelah mengunjungi Cirebon. Berada dekat dengan pantai utara, Cirebon memiliki beragam olahan seafood. Di bawah ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon.

Dikenal sebagai kota udang, Cirebon merupakan penghasil udang. Terdapat banyak tambak udang di beberapa daerah di Cirebon. Udang yang diperoleh diolah menjadi kerupuk.

Kerupuk udang berbentuk roti tawar, namun lebih kecil dan tipis. Cocok sebagai camilan atau lauk, terutama bagi mereka yang menganut prinsip “makanan tidak lengkap tanpa roti panggang”.

Pusat Oleh Oleh Khas Cirebon

Anda dapat membeli udang mentah atau dimasak. Kalau untuk oleh-oleh, lebih baik beli mentah. Kerupuk udang mentah ini ada yang tersedia dalam kemasan kiloan, ada juga yang kemasan 250 gram.

Toko Oleh Oleh Khas Cirebon

Selain kerupuk udang, ada juga kerupuk ikan. Jika kerupuk udang berwarna kuning kemerahan, misalnya warna udang rebus, maka kerupuk ikan berwarna putih.

Jika Anda tidak suka kerupuk, mungkin Anda bisa mencoba membeli lakban. Keunikan nasi ketan Cirebon terletak pada penggunaan daun jambu biji sebagai pembungkusnya. Sehingga ketan memiliki rasa dan aroma yang khas dan nikmat.

Rasa pita ini dalam bentuk jadinya sangat manis, seperti madu, dengan sedikit rasa asam yang merangsang nafsu makan. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa Anda beli yaitu kantong plastik atau ember.

Saat membeli tape, sebaiknya tanyakan kepada penjual kapan graded tape akan matang. Sehingga saat pulang dan saat pulang kaset sudah siap. Jangan mengambilnya mentah atau bahkan terlalu matang. Biasanya di kemasannya, tapi sudah ada keterangan kapan rekaman itu dibuat, kapan matangnya. Namun tidak ada salahnya untuk bernegosiasi dengan penjual.

Oleh Oleh Khas Cirebon Paling Laris Dan Wajib Kamu Beli

Cirebon memiliki batik dengan corak yang berbeda yaitu mega awan. Selain motif megamendung masih banyak motif lain seperti motif batik Kasepuhan dan Kanoman. Semuanya bercirikan warna cerah, seperti batik di daerah pesisir.

Anda bisa membeli batik di kawasan Mega Mendung Trusmi yang merupakan sentra batik tulis di Cirebon. Harga bervariasi dari

Pusat oleh oleh khas bali, pusat oleh oleh khas bogor, pusat oleh oleh khas lombok, pusat oleh oleh khas jogja, pusat oleh oleh khas medan, pusat oleh-oleh khas cirebon, pusat oleh oleh khas lampung, pusat oleh oleh khas malang, pusat oleh oleh khas surabaya, oleh oleh khas cirebon, pusat oleh-oleh khas solo, pusat oleh-oleh khas bandung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top