Connect with us

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Informasi

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara – Danau Toba yang terletak di Sumatera bagian utara merupakan salah satu danau vulkanik terindah di Indonesia. Mencakup sekitar 1.145 kilometer persegi, Danau Toba seperti lautan 900 meter di atas permukaan laut. Selain disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau dengan kedalaman 450 meter ini juga merupakan danau terdalam di dunia.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan Singapura ini bukanlah pulau kosong, pulau ini merupakan tempat tinggal suku Batak Samosir. Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir masih mengikuti kepercayaan nenek moyang mereka. Mereka juga melakukan berbagai ritual yang sering dilakukan oleh nenek moyang mereka.

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Di Pulau Samosir terdapat dua desa yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok adalah sebuah desa dengan banyak tempat wisata menarik seperti makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan Teater Boneka Gila Sigale yang terkenal. Berbeda dengan Tomok yang memiliki banyak tempat wisata sejarah, Tuktuk merupakan desa yang banyak terdapat penginapan bagi wisatawan.

Top 15 Daftar Tempat Wisata Medan 2023, Air Terjun Dan Taman

Tidak hanya Pulau Samosir yang menjadi daya tarik kawasan wisata ini, Danau Toba juga dikelilingi hutan pinus dan banyak air terjun serta hutan pemandian air panas. Pemandangan di sekitar danau ini sangat indah dan udaranya cukup sejuk sehingga Anda betah berada di sini.

Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar lokasi danau ini, Danau Toba tidak hanya menjadi tempat wisata alam yang luar biasa keindahannya. Mereka percaya bahwa Danau Toba merupakan tempat tinggal tujuh dewi suku Batak atau biasa disebut Namborru. Setiap melakukan kegiatan di sekitar danau, masyarakat berdoa dan meminta izin terlebih dahulu agar kegiatan mendapat berkah dan lancar.

Seperti kebanyakan tempat wisata alam di Indonesia, selain memiliki sejarah ilmiah, Danau Toba juga memiliki cerita rakyat yang diyakini sebagai asal mula terbentuknya danau ini.

Menurut legenda yang beredar luas, Danau Toba terbentuk dari kisah keluarga siluman ikan. Pada zaman dahulu, ada seorang pemuda yang sedang mencari ikan di sungai kemudian menangkap ikan. Berbeda dengan ikan lain, ikan yang ditangkapnya bisa berbicara dan memohon tanpa dimasak. Kemudian ikan itu berubah menjadi wanita yang sangat cantik bernama Toba.

Tempat Wisata Di Danau Toba

Singkatnya, mereka berdua menikah, namun ada satu permintaan dari Toba yang tidak bisa dilakukan oleh bujangan itu. Seharusnya tidak ada yang tahu siapa sebenarnya wanita cantik yang dinikahinya. Pernikahan mereka berjalan lancar hingga mereka memiliki seorang putra bernama Samosir yang nakal dan selalu lapar.

Suatu hari, Samosir ditugaskan untuk mengirimkan makanan kepada ayahnya di ladang, namun makanan yang dibawanya habis dimakan dalam perjalanan. Sang ayah lapar dan memutuskan untuk pulang, dalam perjalanan pulang ia melihat Samosir sedang makan bekal yang seharusnya untuk ayahnya. Karena sangat marah, tanpa sengaja dia menunjuk Samosir dan mengatakan bahwa dia adalah anak ikan.

Tiba-tiba langit menjadi gelap dan hujan deras turun. Air juga keluar dari bawah tanah yang terendam di pemukiman. Toba dan Samosir tiba-tiba menghilang saat desa itu berubah menjadi lautan air. Saat itu terbentuklah Danau Toba dan Pulau Samosir yang dipercaya sebagai gambaran ikan setan dan keturunannya.

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Secara lebih ilmiah, Danau Toba merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba ribuan tahun yang lalu. Letusan gunung berapi tersebut membentuk kaldera atau kawah besar yang kemudian terisi air hingga menjadi danau seperti sekarang ini.

Tempat Wisata Di Indonesia Yang Populer Di Mata Dunia

Letusan gunung ini sangat spektakuler sehingga abu vulkanik yang dihasilkannya menyebar ke hampir seluruh belahan dunia dan menyebabkan banyak kematian, mengurangi 60% populasi saat itu. Selain itu, menurut para ilmuwan, letusan tersebut juga mempengaruhi iklim dan cuaca sehingga bumi memasuki zaman es.

Sulit untuk menjelajahi Danau Toba hanya dalam satu hari. Kawasan wisata ini memiliki banyak hal menarik untuk dilakukan dan banyak tempat yang tidak boleh dilewatkan selama kunjungan Anda.

Berlayar ke Pulau Samosir dengan kapal sewaan tentu menjadi pengalaman yang menarik. Dengan menyewa perahu untuk rombongan 20-25 orang selama sehari, Anda bebas request singgah di tempat wisata mana saja yang ingin Anda dan rombongan Anda kunjungi.

Selama naik perahu ini, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba dan sekitarnya. Anda akan takjub dengan kekayaan alam yang akan Anda lihat. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap keindahan Danau Toba. Selain itu, Anda juga bisa melihat turis lain bermain banana boat dan jet ski di danau.

Wisata Baru The Glamping Kaldera Danau Toba Yang Memesona

Saat berada di Pulau Samosir, jangan hanya menginap di penginapan saja. Di sini Anda bisa belajar sejarah Batak dengan mengunjungi tempat wisata sejarah. Jangan lewatkan Desa Tomok tempat makam Raja Sidabutar berada, Museum Huta Bolon di Simanindo dan Batu Sidang di Ambarita.

Makam Raja Butar sangat unik karena terbuat dari batu besar tanpa sambungan dan terdapat ukiran wajah raja di batu makamnya. Raja Sidabutar adalah orang pertama yang tinggal di Tomok. Di makam ini juga terdapat makam dua raja berturut-turut dan makam banyak anggota keluarga. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda harus mengenakan ulos yang telah disediakan oleh petugas di pintu masuk.

Museum Huta Bolon tidak begitu menarik. Di sini Anda bisa melihat rumah adat Batak Simanindo peninggalan Raja Sidauruk yang kini menjadi museum kebudayaan Batak. Di dalam museum terdapat banyak koleksi barang-barang yang erat kaitannya dengan budaya Batak, seperti pakaian adat, kain ulos dan juga peti dengan boneka Sigale-gale.

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Jangan lupa mengunjungi Desa Ambarita yang terdapat kumpulan batu. Batu berbentuk meja ini digunakan untuk membunuh tahanan. Orang yang terbukti melakukan kejahatan seperti pembunuhan, pencurian dan pemerkosaan akan dikeluarkan dari meja ini.

Sudah Tahu Danau Toba Terletak Di Provinsi Apa?

Liburan tidak lengkap tanpa berbelanja. Di dalam dan sekitar Danau Toba banyak terdapat toko souvenir yang menjual kain ulos, gitar batak, kaos, gantungan kunci dan berbagai souvenir. Oleh-oleh ini banyak bisa Anda temukan di pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain di sekitar Danau Toba. Siapkan dompet Anda dan tingkatkan keterampilan negosiasi Anda, oke?

Boneka Sigale-gale adalah salah satu landmark tempat wisata di Sumatera ini. Boneka kayu setinggi 1,5 meter lengkap dengan pakaian adat Batak ini bisa menari bersama wisatawan. Pertunjukan tari Sigale-gale dapat Anda lihat di banyak tempat wisata di Danau Toba, seperti Museum Huta Bolon dan museum lainnya.

Sigale-gale harus diletakkan di dada. Boneka ini sangat dikeramatkan karena sejarahnya yang panjang. Berawal dari anak kesayangan raja Batak pada zaman dahulu yang meninggal saat perang. Raja sedih dan sakit.

Sampai saat itu, para tabib dan orang bijak memutuskan untuk membuat boneka kayu berukuran manusia, dan wajahnya dibuat menyerupai anak raja. Menurut warga, arwah anak raja masuk ke dalam boneka tersebut sehingga Sigale-gale bisa bergerak dan menari tanpa bantuan boneka.

Jokowi Tinjau Kesiapan Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Dunia

Festival Danau Toba merupakan acara rutin tahunan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini diadakan antara Agustus dan September.

Dalam festival ini digelar berbagai macam pertunjukan seni budaya serta perlombaan bagi masyarakat, mulai dari pertunjukan tari hingga lomba perahu hias. Anda juga bisa menemukan berbagai kuliner lezat dan menemukan kain ulos yang cantik selama acara berlangsung.

Jika ingin melihat festival tahunan di kawasan wisata ini, Anda perlu memesan penerbangan dan kamar hotel jauh-jauh hari.

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Dari Terminal Pinang Baris di Medan, naik bus ke Parapat. Perjalanan ke Parapat dari Medan memakan waktu sekitar 6 jam. Dari Parapat Anda bisa melihat keindahan danau itu. Jika ingin ke Pulau Samosir, Anda bisa menyeberang dengan kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Tuktuk, Samosir.

Tempat Wisata Di Medan Kota

Selain terkenal sebagai kota fashion, Bandung juga dikenal sebagai bodega kuliner yang unik dan modern. Omong-omong, kali ini ATW akan membahas…

Banana Room – Situs Resmi Apa yang terlintas di benak Anda ketika memikirkan permainan golf? Pastinya kesan exclusive dan mahal kan…

San Terra Malang kini menjadi salah satu permata baru di jajaran objek wisata Apple City. Destinasi Florawisata yang satu ini bisa dibilang mendadak…

Pancar Garden Sentul (el_ferdinand) Pancar Garden Sentul, tempat nongkrong dan kafe paling asyik dengan menu makanan super lengkap. Bahkan untuk…

Pulau Samosir Indahnya Wisata Di Tengah Danau Toba Sumatera Utara

Bagi yang belum familiar, Larantuka merupakan salah satu tempat yang tergolong destinasi wisata underrated ketika di… Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena keindahan danau di Provinsi Sumatera Utara ini memang unik. Destinasi wisata Danau Toba juga beragam berkat alam dan kreatifitasnya, menjadikan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi.

Namun tak sedikit yang ikut mengeksplorasi keindahan Danau Toba. Padahal, banyak tempat wisata baru di Danau Toba yang tidak terlalu menarik dan juga mengundang decak kagum setiap orang yang pergi ke sana.

Untuk menikmati Danau Toba sepenuhnya, tidak ada salahnya mencari tempat wisata baru dan modern di sekitar danau yang terbentuk di kaldera dari supervolcano di Indonesia. ada banyak daftar destinasi wisata di danau toba yang akan membuat kunjungan anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan. Simak di bawah ini, ya!

Tempat Wisata Di Danau Toba Sumatera Utara

Ada gunung berapi di dalam supervolcano dan Gunung Pusuk Buhit adalah fenomena alam yang magis. Berada di Pulau Samosir yang berada di kaldera supervolcano Toba, Gunung Pusuk Buhit menawarkan keindahan tersendiri.

Paket Wisata Medan Danau Toba 4 Hari 3 Malam: Paket Tour Danau Toba, Berastagi, Samosir & Parapat, Sumatera Utara

Anda dapat melihat Toba dari

Paket wisata danau toba, gambar danau toba sumatera utara, danau toba di sumatera utara, tempat wisata di danau toba, hotel di danau toba parapat sumatera utara, keindahan danau toba sumatera utara, wisata danau toba sumatera utara, danau di sumatera utara, sejarah danau toba sumatera utara, danau toba sumatera utara, wisata danau toba, cerita rakyat sumatera utara danau toba

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top