Connect with us

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Informasi

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya – Makassar yang terkenal dengan kuliner khas Pisang Epe dan Koto ini memiliki beberapa tempat wisata yang indah di Makassar. Berada di pesisir pantai Sulawesi, kota ini terkenal dengan Pantai Losari. Namun ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata andalan, mulai dari pantai hingga dataran tinggi. Jangan sampai terjadi ketika Anda berada di Makassar, Anda tidak tahu harus ke mana.

Agar tidak menyesal melewatkan hal-hal seru saat berkunjung ke Makassar nanti, berikut tempat wisata di Makassar yang patut masuk dalam jadwal liburan Anda:

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Singgah di pantai yang terletak di Jalan Pengibur ini sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengunjung Makassar. Obyek wisata utama ini memiliki keistimewaan tersendiri. Jika pantai pada umumnya dikenal dengan pasirnya, pantai Losari tidak ada pasirnya. Jika Anda datang, Anda akan menemukan beton di pinggirnya. Minimnya pasir bukan berarti pantai ini tidak layak untuk dikunjungi, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di kota resor ini.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Di Makassar

Di sini Anda dapat menikmati memancing, jet ski atau banana boat, berperahu, dan banyak aktivitas menyenangkan lainnya. Apa saja hal menarik lainnya tentang tujuan wisata? Kuliner tentunya. Makassar memiliki banyak sajian kuliner khas yang bisa Anda nikmati mulai dari pisang epe, koto, sop konro hingga es krim kaki palu. Pantai Losari tidak hanya menjadi simbol kota Makassar, tetapi juga menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga di Makassar dan sekitarnya.

Tempat wisata di Makassar ini ramai dikunjungi setiap hari, terutama di akhir pekan. Pagi hari banyak yang menjadikannya jogging track, dan sore harinya menunggu sunset dengan berwisata kuliner disini.

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam berada tidak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Awalnya benteng ini dibangun dengan tanah liat dan putih telur, kemudian bangunan tersebut diperbaiki oleh raja ke-14. Baca pembahasan selengkapnya tentang Fort Rotterdam: Fort Rotterdam merupakan tempat wisata sejarah di Makassar

Dari atas, bentuk benteng ini menyerupai penyu yang merayap menuju laut. Kura-kura dipilih karena hewan ini bisa hidup di air dan di darat, menurut kerajaan Gowa-Tallo yang berjaya di darat dan laut.

Pantai Losari, Objek Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Makassar

Nama asli benteng ini adalah “Benteng Ujungpandang” hingga diambil alih Belanda dan diganti namanya menjadi Fort Rotterdam. Nama ini masih populer. Pada zaman Belanda, benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah yang dicuri dari Indonesia Timur.

Di dalam kompleks benteng terdapat 13 bangunan dan lima menara dengan satu menara di pintu masuk, dan empat menara lainnya di setiap sudut kawasan benteng. Ada juga museum bernama Museo La Galigo yang menyimpan koleksi artefak dari bekas keagungan kerajaan. Selain itu, ada ruangan tempat Pangeran Diponegoro diyakini diasingkan.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 dan tidak dipungut biaya. Sedangkan untuk museum, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar INR 7.500 per orang Museum La Galigo buka setiap hari Selasa – Minggu, pukul 08:00 – 12:30.

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Trans Studio Makassar telah menjadi simbol tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada 20 Mei 2009, Trans Studio menempati area seluas 2,7 hektar. Di dalamnya terdapat 21 atraksi dan empat zona permainan, yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner.

Wisata Makassar Paling Baru Dan Paling Hits

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur, Trans Studio Makassar buka hingga pukul 21.00. Anda akan dikenakan biaya 100.000 rupee pada hari kerja, 175.000 rupee pada akhir pekan, dan 200.000 rupee ketika ada aktivitas tertentu di sini.

Taman Nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros, sekitar 45 km dari pusat Kota Makassar. Kota resor ini meliputi area seluas 43.750 hektar dan wilayahnya meliputi perbukitan kapur, air terjun, dan gua.

Taman nasional ini pertama kali ditemukan oleh ahli botani Inggris Alfred Russell Wallace. Saat itu, Wallace menyebut tempat ini kerajaan kupu-kupu, karena terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu. Kupu-kupu dijadikan maskot tempat wisata ini. Di pintu masuk Taman Nasional Bantimurung, terdapat patung kupu-kupu raksasa yang siap menyambut pengunjung.

Di sini Anda bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu, mulai dari ulat dan kepompong hingga kupu-kupu yang cantik. Koleksi kupu-kupu juga disimpan. Kegiatan seru lainnya adalah bermain flying fox, berenang di kolam yang disediakan, bermain di bawah air terjun, atau menjelajahi gua-gua di area tersebut.

Tempat Wisata Di Makassar Sulawesi Selatan

Taman laut ini terletak di Benteng, Kepulauan Selayar. Kota resor ini adalah surga bagi para penyelam dan perenang snorkel. Anda bisa berenang dengan ratusan ikan, kura-kura dan kura-kura selama menyelam. Keindahan terumbu karang juga membuat nyaman menyelam di sini.

Waktu terbaik untuk berenang di taman laut ini adalah antara bulan April hingga Mei. Saat itu, arus dan suhu air, serta berbagai faktor pendukung lainnya berada dalam kondisi yang baik untuk jarak pandang yang sempurna selama penyelaman.

Diperlukan izin dari Dinas Taman Nasional untuk menyelam di lokasi wisata ini dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku. Tarifnya adalah Rs 25.000 untuk turis domestik dan Rs 60.000 untuk turis asing. Jika ingin menyewa peralatan diving, Anda perlu menyiapkan 250.000 rupiah.

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Malino adalah kota resor di Makassar yang terletak tinggi di pegunungan dan menawarkan panorama pegunungan. Kawasan ini berjarak kurang lebih 90 km dari pusat Kota Makassar. Dalam perjalanan menuju Malino, Anda akan melewati pemandangan indah hutan pinus dan tebing kapur.

Tempat Wisata Di Makassar Terpopuler 2022 & Harga Tiketnya

Malino terletak di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut. Suhu di sini bervariasi dari 10 derajat hingga 26 derajat, jadi jangan lupa membawa jaket dan baju hangat. Kawasan ini sudah dikenal sejak zaman Belanda dan menjadi tujuan wisata favorit mereka.

Ada banyak air terjun yang indah di sini, seperti Air Terjun Seribu Langkah dan Air Terjun Takapala. Selain itu, terdapat perkebunan teh, lembah biru, dan bunker peninggalan Jepang. Sebelum pulang, luangkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh khas kota resor ini, seperti kue ketan, buah markisa, dan apel.

Pantai ini sangat jauh, sekitar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini bukan berarti berjalan di atas pasir. Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang lembut berwarna putih halus dan airnya yang jernih.

Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun mengetahui keindahan kota wisata ini. Mereka sering berenang, berjemur, berenang, atau sekedar duduk-duduk sambil menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Jika lupa membawa snorkel, Anda bisa menyewanya seharga 30.000 rupiah. Tersedia pula sepeda motor yang disewakan dengan harga 65.000 rupiah per hari untuk berkeliling kawasan pantai ini.

Tempat Wisata Di Sulawesi Selatan

Fasilitas di sini lengkap, lengkap dengan penginapan, restoran bahkan kamar mandi untuk bersih-bersih setelah mandi. Biaya masuk ke Tanjung Bira adalah 5000 rupiah per orang.

Berada di bagian barat Kabupaten Wajo, danau ini disebut-sebut sebagai penghasil seafood segar terbesar di dunia. Di danau terdapat banyak rumah perahu milik nelayan setempat dengan jaring yang digunakan untuk mencari ikan.

Anda bisa memancing di kota resor ini atau berkeliling dengan menyewa perahu nelayan. Selain itu, Anda juga bisa membeli ikan dan sayuran segar yang ditanam di sekitar danau.

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Setiap tahun pada tanggal 23 Agustus diadakan ritual tahunan untuk membersihkan danau yang disebut Maccera Tappareng. Kepala nelayan akan menyembelih sapi, kemudian akan diadakan berbagai hiburan seni dan budaya serta berbagai perlombaan.

Wisata Anak Di Makassar, Destinasi Dan Aktivitas Menarik Untuk Si Kecil

Pemandian air panas ini berada di kawasan hutan lindung di Kecamatan Marioriwa, Kabupaten Soppeng. Area kolam sangat indah dengan banyak pohon rindang dan udara segar. Ada juga gazebo yang bisa disewa seharga Rp 50.000 per dua jam.

Kota resor ini memiliki lima kolam dengan kedalaman dan suhu berbeda. Suhu terpanas dari sumber air ini adalah 60 derajat Celcius. Air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik karena adanya kandungan belerang. Anda akan dikenakan biaya INR 5000 untuk dewasa dan INR 3500 untuk anak-anak yang berendam di kolam ini.

Yang menarik dari kota resor ini adalah banyaknya botol dan plastik yang berkeliaran di sekitar resor pantai. Artinya, jika Anda menggantungkan botol atau plastik, keinginan Anda akan segera terkabul.

Berlibur belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pusat oleh-oleh khas kota yang Anda kunjungi. Tak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam terdapat Jalan Somba Opu yang biasa menjual dan menelusuri oleh-oleh khas Makassar, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan khas hingga mentega lebah.

Selain Losari, 12 Tempat Wisata Air Di Makassar Dan Sekitar, Ramai Dikunjungi Cocok Liburan Bersama Keluarga

Minyak anjing laut adalah oleh-oleh populer yang dicari oleh banyak wisatawan. Sekedar tips, jika membeli olesan ini, minyak dengan tutup botol berwarna putih akan terasa lebih hangat di kulit. Hal ini disebabkan kandungan minyaknya, sedangkan minyak yang digosok dengan tutup botol merah memiliki efek menghangatkan di bawah tutup putih. Namun tentunya harga yang ditawarkan berbeda. Oli dengan tutup putih lebih mahal daripada oli dengan tutup merah.

Selain olesan minyak, pilihan populer lainnya adalah miniatur pot finisie dalam botol. Harga yang disarankan untuk miniatur kecil adalah 75.000 – 100.000 rupiah. Pasar Jalan Somba Opu buka dari pagi hingga malam hari.

Seperti di atas dari daftar tempat wisata di Makassar

Objek Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya

Objek wisata bromo dan sekitarnya, objek wisata di solo dan sekitarnya, objek wisata di purwokerto dan sekitarnya, objek wisata di malang dan sekitarnya, objek wisata ubud dan sekitarnya, objek wisata semarang dan sekitarnya, objek wisata di salatiga dan sekitarnya, objek wisata di jogja dan sekitarnya, objek wisata solo dan sekitarnya, objek wisata medan dan sekitarnya, objek wisata di surabaya dan sekitarnya, objek wisata di semarang dan sekitarnya

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top