Connect with us

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Informasi

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas – Laptop merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kebanyakan orang saat ini. Dulunya laptop hanya digunakan oleh karyawan, namun kini hampir semua orang menggunakannya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kreatif, pengusaha UMKM rumahan misalnya.

Itu sebabnya ada laptop yang sekarang sangat murah. Namun, biasanya laptop murah memiliki spesifikasi yang terbatas atau bahkan kurang dan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Itu sebabnya banyak orang melirik pasar laptop bekas. Tapi apa yang harus Anda cari sebelum membeli laptop bekas? Agar tidak salah beli, berikut beberapa tipsnya!

Mau Beli Laptop Bekas? Cek Dulu Beberapa Kondisi Ini

Sebelum membahas masalah apa saja yang harus Anda cek di laptop bekas, hal pertama yang harus diingat adalah selalu membeli laptop bekas dari toko yang terpercaya. Karena saat ini sangat mudah bagi orang untuk membuat toko online.

Oleh karena itu, banyak oknum yang membuat toko palsu untuk menipu pelanggan yang tidak menaruh curiga. Jadi hindari toko palsu ini.

Hal penting berikutnya adalah mencari laptop bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya orang membeli laptop bekas hanya dari kata ‘teman’ atau review singkat di YouTube, padahal penting untuk mengecek spesifikasinya.

RAM adalah faktor yang sering diabaikan, tetapi Anda dapat menentukan secara kasar kebutuhan Anda berdasarkan petunjuk kami di bawah ini:

Tips Memilih Laptop, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Biasanya penjual laptop keandalan rendah menipu pembeli mereka. Terutama mereka yang tidak terbiasa dengan laptop.

Untuk ini penjelasan di sini mungkin terlalu panjang. Tapi prinsipnya selalu seri yang lebih tinggi berpotensi lebih cepat dari seri yang lebih rendah.

Misalnya, Core i7 generasi ke-9 jelas kurang bertenaga dibandingkan Core i5 generasi ke-11. Pembeli yang tidak berpengalaman sering menjadi sasaran penjual yang tidak bermoral.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah Graphics Card alias GPU. Jika Anda akan menggunakan laptop untuk pemrosesan multimedia dan desain gambar maka GPU bisa dibilang sangat penting.

Cara Cek Laptop Bekas, Periksa Hal Ini Terlebih Dahulu

Selain itu, GPU juga harus diperhatikan jika Anda ingin laptop bekerja, tetapi dapat digunakan untuk bermain game secara bersamaan. Sama seperti prosesor untuk membahas zona ini, Anda bisa melakukannya sendiri!

Namun selalu ingat bahwa laptop bekas bukanlah pilihan terbaik jika memang menginginkan laptop bekas untuk gaming. Terutama game AAA, jadi jangan berharap terlalu banyak dari yang satu ini.

Selain memeriksa perangkat internal laptop, hal terpenting yang perlu Anda periksa adalah memeriksa bagian luar laptop dengan cermat. Tentunya cara ini bisa dilakukan jika Anda sudah memegang unit laptop.

Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki unit laptop, misalnya karena membeli laptop dari toko online, cukup sulit untuk membuat ulasannya di bawah ini. Beberapa hal yang harus Anda periksa adalah:

Laptop Harga Rp 3 Jutaan, Murah Dan Terbaik 2021

Hal penting berikutnya adalah memeriksa baterai laptop. Bagi Anda yang memutuskan untuk membeli laptop bekas, bersiaplah untuk mendapatkan laptop dengan daya tahan baterai yang buruk.

Jadi, sayangnya kebanyakan laptop modern memiliki baterai built-in yang tidak bisa dibuka. Itu sebabnya tidak mungkin memeriksa baterai kecuali Anda menggunakannya selama beberapa hari.

Jangan lupa untuk memeriksa keakuratan ekstra dari laptop yang akan Anda beli. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda periksa dalam hal ini:

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Poin keenam menurut kami sangat penting untuk didengar, apalagi kita tinggal di Indonesia. Banyak orang masih menggunakannya

Lenovo Thinkpad Core I7 Gen 7th Ram 20gb

Jangan pernah tergiur untuk membeli laptop bekas dengan harga mahal. Misalnya, Anda ingin membeli Apple MacBook Pro 2019 di tahun 2022, yang tentunya agak mundur.

Bahkan, Anda akan tampil keren dan lebih bergengsi dengan laptop berlogo Apple ini. Namun dengan harga tersebut, Anda bisa membeli laptop dari Asus, Lenovo, HP misalnya dengan spesifikasi yang lebih baik.

Pastikan Anda tidak tergoda oleh hal-hal seperti itu. Ingat, saat membeli laptop bekas, tentunya harus memilih berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan.

Nah untuk poin kedelapan, ini bisa jadi pertimbangan yang penting tapi agak sulit. Terkadang membeli barang dari perorangan (mis. di OLX, Kaskus, dan platform serupa) lebih baik daripada membeli dari penjual besar (mis. di Tokopedia).

Tips Dan Cara Membeli Laptop Bekas Yang Aman

Saat mencari laptop bekas dan membelinya dari perorangan, biasanya Anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang sangat murah. Namun sayangnya kualitas dari barang-barang tersebut cukup sulit untuk diukur.

Ditambah lagi jika ada masalah setelah menggunakannya beberapa saat, menjadi sulit untuk diklaim. Apalagi pengembalian barang tentu saja tidak mungkin dilakukan hal semacam ini.

Bagi Anda yang membelinya di toko laptop bekas, biasanya mendapatkan unit yang lebih bagus, dan terkadang ada jaminan uang kembali. Namun sayangnya harganya bisa berbeda, lebih tinggi dari penjual individu.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Terakhir kami ingatkan untuk selalu bersabar dan tidak terpengaruh dengan penawaran yang terlalu menggiurkan. Terkadang tawaran yang terlihat sangat menarik ternyata bisa menipu.

Tip Memilih Laptop Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Nah, ketika mencari laptop bekas. Diantara hal menarik yang akan Anda temukan ketika berhasil mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang cukup banyak, kualitas yang baik, namun dengan harga yang relatif murah.

Anda bisa mendapatkan ini jika Anda cukup sabar untuk mencari laptop di berbagai platform. Jadi, tetap tenang dan jangan tergiur dengan penawaran yang sangat menggiurkan!

7 App Hiders Android Terbaik Cara Mudah Hard Reset Xiaomi (Semua Type) 9 Juta Laptop Gaming Bisa Dibeli di Tahun 2023 14 Rekomendasi Kasir Aplikasi Android

Ia telah menjadi pengguna berbagai jenis laptop sejak tahun 2009, mulai dari laptop gaming, hybrid, hingga MacBook. Produk terkait game pertama adalah Nokia N-Gage QD yang dirilis pada tahun 2004, yang menjadi. Tertarik mencoba berbagai jenis gadget dan laptop untuk kebutuhan pribadi, akademik maupun profesional. Acer Nitro, MacBook Pro, Lenovo Thinkpad, Asus TUF adalah berbagai jenis laptop yang dimilikinya. Di luar dunia digital sebagai content creator dan entrepreneur, Fakhri adalah seorang doktor lulusan Universitas Indonesia yang sedang menempuh studi kardiologi. Wajib tahu tips membeli laptop bekas. Laptop merupakan komponen elektronik yang dapat menurunkan kinerja. Meski begitu, banyak laptop yang kondisinya masih bagus. Maka untuk menunjang aktivitas, sebenarnya memilih laptop bekas tetap bisa menjadi pertimbangan.

Apa Saran Anda, Membeli Laptop Bekas Murah High End Atau Laptop Baru Mid End?

Namun hati-hati saat memilih laptop bekas. Karena kondisi bekas, mungkin ada minusnya. Sangat mudah untuk memeriksa bagian luar apakah ada penyok atau goresan, tentunya. Sedangkan untuk mengecek performa, tips membeli laptop bekas adalah dengan mencoba menjalankan beberapa aplikasi.

Untuk mendapatkan komponen yang bagus, Anda harus lebih sabar memilih laptop bekas, memilah komponen yang masih bagus kondisinya. Pengetahuan tentang spesifikasi yang digunakan untuk mendapatkan performa yang diinginkan juga penting.

Sebelum membeli laptop bekas, Anda perlu melakukan survey harga terlebih dahulu. Pastikan untuk menentukan merek dan seri laptop yang Anda cari, jadi Anda hanya perlu mencari harga pasar. Harga tergantung kondisi barang, namun Anda memiliki harga minimum saat ingin bernegosiasi dengan penjual.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Sebagai panduan, harga laptop bekas berkualitas biasanya 20-40% lebih murah dari harga laptop baru. Namun tentunya tergantung kondisi dan sudah berapa lama barang tersebut digunakan.

Bagian Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Laptop Second

Setelah menemukan harga yang pas dan yakin ingin membeli laptop, ada baiknya jika Anda melakukan pembelian langsung menemui penjualnya untuk membuat review. Meski namanya barang bekas, tentu ada sisi negatifnya.

Kondisi body laptop adalah yang terpenting dan mudah dilihat. Apakah ada goresan atau retakan pada bodi laptop? Jika masih lembek, berarti pemilik sebelumnya mungkin sudah paham dengan baik teknik merawat laptop. Ini merupakan indikasi positif bahwa laptop tersebut tidak pernah digunakan di lokasi ekstrim.

Namun, jika bodinya mengalami goresan atau retakan, tentunya laptop bekas sudah ditinggalkan begitu saja. Dan, jangan didiskon, komponennya mengalami beberapa kerusakan akibat benturan laptop tersebut.

Secara umum teknik pengecekan laptop bekas hampir sama dengan pengecekan handphone bekas. Anda perlu lebih berhati-hati karena laptop memiliki komponen yang besar.

Tips Memilih Laptop Second

Periksa dengan seksama semua bagian LCD, apakah hidup atau mati. Saat laptop dimatikan, pastikan tidak ada bercak atau warna yang berbeda di setiap sudut layar. Cara termudah adalah spot atau are

Pada layar laptop digunakan dengan mengubah wallpaper menjadi hitam polos. Setelah itu, lihat layar untuk melihat apakah ada warna selain hitam. Coba dengan warna putih polos dan pastikan hasilnya sama.

Berikut beberapa tips membeli laptop bekas sambil mengecek LCD dengan membuka dan menutupnya secara perlahan. Layar laptop yang bermasalah saat diguncang menjadi kendur dan mengeluarkan warna hitam atau putih.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Layar bergelombang juga bisa menjadi indikasi bahwa layar mulai rusak. Periksa apakah ada goresan atau retakan pada layar LCD. Pastikan tidak ada warna di setiap sudut layar.

Tips Membeli Laptop Bekas Online, Jangan Asal Beli Lho

Saat mengecek laptop bekas, pastikan lubang atau soket pada laptop masih berfungsi. Jadi Anda harus membawanya

Cek juga slot DVD nya, masih bisa muter film gak? Rom, jangan lupa cek fungsi semua tombolnya

Anda juga harus memeriksa kondisi hard drive. Pertama, pastikan hard drive yang digunakan sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Jika hard drive standar 500 GB digunakan, laptop yang akan Anda beli juga harus memiliki kapasitas yang sama.

Kemudian periksa kondisi hard disk. Butuh waktu lama untuk memeriksa semuanya. Namun ada trik cepat untuk mengecek status harddisk dengan cara copy paste file menggunakan File Explorer.

Tips Saat Membeli Komputer Atau Laptop

Cobalah mengajukan dalam kapasitas yang lebih besar. Jika proses transfer file memakan waktu lama atau tidak normal, ini mungkin merupakan indikasi bahwa hard drive terkena bad sector.

Yang harus diperhatikan saat beli mobil bekas, yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop, yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas, apa yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop, yang harus diperhatikan saat membeli laptop, apa yang harus diperhatikan dalam membeli laptop, spek yang harus diperhatikan saat membeli laptop, yang harus diperhatikan saat membeli laptop second, apa yang harus diperhatikan saat membeli laptop, yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas, apa yang harus diperhatikan ketika membeli laptop

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top