Connect with us

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

Informasi

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur – Pacitan sudah lama dikenal memiliki banyak pantai yang indah. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh para traveler adalah Pantai Pidakan. Panorama yang disajikan mungkin cukup unik, yang membuatnya terlihat sedikit berbeda dibandingkan dengan destinasi serupa di Kota Seribu Gua. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Secara administratif terletak di Pantai Pidakan, Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Mendapatkan di sini sangat mudah. Sepanjang jalan menuju pantai merupakan bagian dari celah selatan. Teman Traveler tidak hanya akan menemukan tebing yang mulus tapi juga banyak tebing yang indah selama perjalanan.

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

Mobil dan motor bisa mengakses pantai ini tanpa kendala berarti. Namun, mereka tidak bisa mencapai pantai, apalagi untuk kendaraan besar seperti bus yang kebanyakan berada di pinggir jalan raya. Setelah itu, penumpang harus melanjutkan berjalan kaki menuju garis pantai.

Tak Berpasir, Pesona Pantai Pidakan Pacitan

Bagi pengendara sepeda motor dan pengendara motor, pintu masuk ke Pantai Pidakan sedikit berbeda. Sementara penumpang sepeda motor bisa masuk ke gerbang khusus, kendaraan roda empat dialihkan ke jalur lain sekitar 50 meter dari jalur sepeda motor.

Pidakan memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lain di Pacitan. Jika di sekitar pantai kebanyakan terdapat pasir putih, di sini Teman Traveler akan menjumpai pemandangan dengan keunikan bebatuan di permukaannya. Sekilas kawasan ini mirip dengan Pantai Kolbano di Nusa Tenggara Timur, Timor Tengah Selatan.

Tidak ada yang tahu pasti dari mana batu-batuan yang memenuhi tanah Pidakan itu berasal. Ukurannya bervariasi dari yang terkecil hingga terbesar. Jenisnya mirip dengan yang biasa ditemukan di tepi sungai. Inilah daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan penasaran dan tertarik untuk berkunjung.

Setiap kali musim libur panjang tiba, kawasan ini pasti akan dipadati pengunjung. Ada yang datang bersama keluarga, teman, dan pasangan. Tersedia juga banyak

Eloknya Pantai Pindakan Yang Memikat Wisatawan

Suasana di sekitar pantai terasa sangat sejuk karena adanya pepohonan yang rimbun di sekitar pantai. Traveler juga akan melihat banyak bebatuan dan ombak besar di sini. Sayangnya, pengunjung dilarang berenang karena alasan keamanan.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Sementara akomodasi belum tersedia, Teman Traveler akan menemukan banyak kamar mandi umum dan warung.

Kebanyakan pengunjung Pidakan hanya datang untuk bersenang-senang dan langsung pulang. Meski pemandangannya cukup bagus, jarang ada yang mau menginap di sini.

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

. Jadi kalau Teman Traveler mampir kesini, jangan lupa buang sampahnya ya. Apakah ada di antara kalian yang ingin menjelajahi wisata Pacitan dan singgah disini?| Pacitan – Biasanya di sepanjang pantai terdapat hamparan pasir yang menjadi ciri khas keberadaan pantai tersebut. Namun berbeda dengan Pantai Pidakan, salah satu pantai di Pacitan, karena hanya diisi batu-batu besar dan kecil saja.

Pantai Pidakan Pacitan, Tempat Liburan Natal Tahun Baru

Pantai berpasir ini terletak di RT 04, RW 05, Dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan, dan mudah diakses oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal ini juga didukung dengan adanya Jalur Selatan (JLS) yang juga mudah diakses. Padahal, jaraknya hanya 150-200 meter dari jalur JLS dan hanya 23 kilometer arah timur dari pusat kota.

Seperti yang Anda lihat, bebatuan putih bersih di sepanjang pantai cukup menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke Pantai Pidakan. Serangkaian kerikil juga tampak ditumpuk atau dijejerkan dari besar ke kecil seperti kerucut, nampaknya pengunjung meninggalkan jejaknya dengan tujuan.

Banyak pengunjung Pantai Pidakan yang merupakan tempat wisata mengaku terkesan dengan apa yang terjadi di pantai tersebut. Firmansyah (30) salah satunya, pengunjung asal Kabupaten Trenggalek.

Deretan Destinasi Wisata Di Kabupaten Pacitan Terpopuler

Selain batu kerikil yang menjadi daya tarik utama, fasilitas seperti warung, mushola, toilet, berbagai spot selfie, tempat duduk di tepi pantai dan lain-lain di kawasan wisata juga disediakan oleh pemerintah setempat. Sehingga pengunjung akan lebih betah berada di Pantai Pidakan.

Sutarni, 35 tahun, salah satu pemilik warung di kawasan wisata itu mengatakan daya tarik utama Pantai Pidakan adalah kerikilnya.

Menurutnya, pantai ini hanya ramai pada Sabtu-Minggu dan hari libur lainnya. Sebenarnya banyak pengunjung dari berbagai daerah yang mengunjungi pantai berpasir ini.

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

“Biasanya Sabtu-Minggu ramai, pengunjung luar banyak yang datang dari Ponorogo, Trenggalek dan daerah lainnya. Sutarni sapaan akrab Pak Sut, biasanya hari Minggu untuk pengunjung lokal,” ujarnya.

Pantai Di Pacitan Keren Dan Terpopuler 2021

Sebagai informasi, tarif masuk kawasan wisata ini memang terbilang murah, dengan pengunjung hanya dikenai biaya Rp 5.000 per orang. ​​​​​​​Namun, jika membawa kendaraan roda empat, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000. Dan bagi pengunjung yang menggunakan roda dua, parkir gratis atau hanya membayar tiket masuk. Pantai Pidakan merupakan salah satu pantai yang ada di kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pantai ini terletak di Desa Jetak Pacitan, Kecamatan Tulakan, tidak jauh dari Jalan Selatan (JLS), sehingga akses jalan menuju pantai ini cukup mudah. Saya bahkan pernah mampir ke pantai ini saat liburan di Pacitan minggu lalu. Saya mengetahui pantai ini dari seorang teman yang menyarankan untuk mengunjungi pantai ini sekitar setahun yang lalu. Baru berhenti tahun ini. Dari kota Pacitan, pantai ini dapat ditempuh sekitar 30 menit melalui JLS menuju Trenggalek, kemudian akan ada gapura selamat datang ke pantai Pidakan Pacitan di sisi kanan jalan. Jaraknya sekitar dua kilometer untuk mencapai pantai Pidakan dari gerbang ini.

Menuju kawasan pantai kita akan memasuki kawasan perkampungan penduduk setempat, kemudian kita akan tiba di entry point untuk membayar tiket masuk yang cukup murah dan sudah termasuk asuransi. Titik masuk ini juga memiliki informasi tentang peraturan pantai ini. Misalnya dilarang berenang di pantai pidakan, dilarang membawa batu ke pantai pidakan, dilarang bermalam dan beraktivitas tanpa seizin masyarakat pengelola pantai, dilarang ikut-ikutan melakukan perbuatan asusila . Dari larangan ini, saya berasumsi bahwa beberapa di antaranya, jadi saya akhirnya menulis sesuatu seperti ini.

Setelah membayar tiket masuk, kita memasuki jalan yang mulai menurun dan suara ombak yang semakin lama semakin kencang, barulah kita sampai di pantai Pidakan. Ketika kami sampai di pantai, cuaca masih cukup tenang dan sangat cerah, tetapi angin bertiup sepoi-sepoi. Mungkin karena ini baru jam 9 pagi. Kawasan pantai terlihat rapi dan bersih. Pantai ini sangat luas dan tidak terlalu panjang, namun fasilitas seperti mushola, kamar mandi, tempat sampah, gazebo, tempat parkir, bangku sudah cukup. Terdapat area parkir terpisah untuk kendaraan roda dua dan empat. Hanya bus besar akan sangat sulit parkir di pantai ini karena jalan masuk ke pantai cukup sempit dan naik turun. Bus berukuran sedang sepertinya bisa melakukan itu, namun Anda tetap harus ekstra hati-hati.

Pantainya didominasi oleh bebatuan karang kecil, kerikil dan pasir pantai yang menjadi ciri khas pantai ini. Batu kecil seperti batu kecil di sungai, sering digunakan untuk dekorasi taman. Namun, jumlah bebatuan kecil di pantai ini cukup besar dan sangat padat. Tidak ada penjelasan yang jelas tentang di mana dan bagaimana batu seperti ini ditemukan di jalan setapak ini. Yang jelas dilarang mengambil batu di pantai Pidan. Ombaknya cukup kuat, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai ini. Anda cukup berjalan menyusuri pantai atau duduk menikmati suasana di pantai. Nah, benarkah? Duduk dan ngobrol sebentar sambil ngemil dan menikmati udara sejuk sambil berfoto.

Hotel Dekat Pantai Pidakan, Pacitan

Pantai Pidakan juga memiliki mercusuar kecil yang menambah daya tarik pemandangan di pantai ini. Secara umum, pantai ini memiliki dua bagian. Bagian pertama berada di pinggir pantai yang merupakan kawasan berkerikil, dan bagian kedua berada di pinggir pantai yang tidak terlalu tinggi, namun memiliki bebatuan besar dan tebing di bawah deretan pepohonan, sehingga cukup sejuk. Kami berada di pantai ini sekitar satu jam kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Tawang. Disarankan agar pengguna mobil menggunakan jalur masuk dan keluar yang berbeda agar tidak terganggu saat berhadapan dengan kendaraan yang lebih besar. Karena ada dua cara untuk masuk ke pantai ini. Bagi yang berkendara di sekitar Jalan Lintas Selatan, tidak ada salahnya mampir ke pantai ini untuk bersantai menikmati suasana pantai Pidakan. Semoga bermanfaat.

Tags: note, explore pacitan, jalan menuju pantai pidakan, pantai di pacitan, pantai di pacitan, pantai di pacitan, Tavel, tempat wisata pacitan di pacitan, – Ada banyak objek wisata di Kabupaten Pacitan dan sayang jika dilewatkan begitu saja. adalah mungkin. Salah satunya adalah Pantai Pidakan. Pantai Pidakan terletak di Desa Jetak, Kabupaten Pacitan, Kecamatan Tulakan. Meski pantai ini berada di timur, selatan, di Kota Pacitan dan jauh dari perkotaan, namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk datang ke pantai ini.

Pantai ini setiap hari dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengagumi keindahan pantai ini. Mereka meluangkan waktu untuk bepergian dan istirahat untuk mengurangi kelelahan kerja. Karena daya tarik laut yang masih alami, bebatuan yang terlihat dari kanan dan kiri menjulang dari dasar laut.

Pantai Pidakan Pacitan Jawa Timur

Tim bertemu dengan Suci, salah satu pengunjung Kabupaten Trenggalek. “Saya baru dua kali ke Pantai Pidakan karena pantai ini berbeda dengan yang lain, di sini banyak batu karang, sedangkan pantai lain banyak pasirnya. Tempat ini juga nyaman dan bersih. “

Mengeksplorasi Sejumlah Wisata Pantai Di Pacitan

Terpisah, awak kapal menemui Endah yang datang dari Jakarta. “Pantai ini indah, tidak terlalu panas meski di siang hari.”

Meski Pantai Pidakan memiliki ombak yang relatif besar, namun aman karena jarak antara garis pantai dan tebing tempat pengunjung duduk cukup jauh.

Hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke pantai ini adalah kita mematuhi rambu-rambu peringatan yang ada. Karena meski sudah ada rambu-rambu larangan mandi, banyak wisatawan yang tidak mengikuti peringatan tersebut.

Pantai di pacitan jawa timur, pantai pacitan jawa timur, lokasi pantai klayar pacitan jawa timur, penginapan pantai klayar pacitan jawa timur, pantai soge pacitan jawa timur, pantai pidakan pacitan, hotel di pantai klayar pacitan jawa timur, pantai watu karung pacitan jawa timur, wisata pantai pacitan jawa timur, pantai srau pacitan jawa timur, hotel dekat pantai klayar pacitan jawa timur, penginapan dekat pantai klayar pacitan jawa timur

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top