Connect with us

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Informasi

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia – Seekor Harimau Sumatera (Phantera tigris sumatra) di kandang Kebun Binatang Taman Rimba, Jambi, Minggu (18/4/2021). Satu-satunya kebun binatang di Jambi ini sedang dalam proses alih kelola dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (TPHP) Provinsi Jambi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah (Disbudpar) untuk meningkatkan pelayanan dan jumlah kunjungan.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati. Salah satu ciri keanekaragaman hayati negeri ini dapat dilihat pada keragaman faunanya.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Bisa dipastikan beberapa fauna tersebut lahir di Indonesia dan bahkan hingga saat ini masih hidup di Indonesia. Fauna ini disebut juga hewan atau hewan endemik.

Hewan Khas Pulau Sulawesi, Ada Yang Langka Dan Hampir Punah

Hewan endemik adalah hewan yang memiliki ciri unik dan spesifik karena adaptasinya terhadap habitatnya. Hewan endemik juga sering berarti hewan asli di daerah tertentu.

Burung cendrawasih memang unik dan cantik. Burung ini berasal dari Papua. Diketahui ada sekitar 30 spesies burung ini di Indonesia. Cenderawasih memiliki banyak spesies yaitu cenderawasih botak, cenderawasih kuning kecil dan cenderawasih merah.

Monyet hitam merupakan hewan endemik Sulawesi yang unik. Tubuhnya sebagian besar ditutupi oleh burung hitam dengan jambul merah muda di kepala dan punggungnya. Hewan ini hidup di hutan tropis di kawasan Cagar Alam Tangkoko.

Tarsius kerdil juga merupakan hewan kecil endemik Sulawesi Tengah. Bobotnya hanya sekitar 50 kilogram. Hewan ini memiliki bulu berwarna abu-abu atau coklat yang lembut.

Spesies Satwa Primata Endemik Milik Indonesia, Terbanyak Ada Di Sulawesi

Hewan nokturnal ini dinyatakan punah pada tahun 2000-an. Namun pada 2008, empat tarsius ditemukan di Gunung Rorekatimbu, Sulawesi Tengah. Sejak saat itu, status punah hewan ini dihilangkan.

Contoh hewan endemik lainnya adalah burung mala Sulawesi Tengah. Burung ini memiliki paruh hitam dengan bagian bawah berwarna merah muda.

Kulit di sekitar mata berwarna kuning dengan paruh oranye keabu-abuan dan tinggi sekitar 55 cm. Burung ini langka karena hanya bertelur satu per satu. Oleh karena itu, jika tidak ditempatkan, hewan tersebut bisa punah.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Komodo adalah hewan asli Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Hewan ini tidak hanya ditempatkan dalam kategori hewan endemik, tetapi juga hewan yang terancam punah.

Babi Rusa, Hewan Endemik Sulawesi Yang Kian Sulit Dijumpai

Hanya 5.700 dari spesies ini yang tersisa. Adanya aktivitas manusia seperti berburu, perluasan koloni dan berkembangnya pariwisata telah mengurangi habitat komodo.

Selain itu, hewan endemik Bali juga tak kalah cantik. Jalak Bali merupakan hewan asli daerah tersebut. Ciri-ciri hewan ini adalah memiliki tubuh berwarna putih dengan ujung ekor dan sayap berwarna hitam.

Burung ini memiliki watak yang ceria dan suka berkicau. Jalak Bali bisa Anda lihat di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Mungkin kita sudah mengenal hewan yang berbadan besar, bertelinga lebar dan berbelalai panjang ini. Gajah merupakan salah satu hewan endemik Indonesia, khususnya di Kalimantan.

Wow! Hewan Endemik Ini Hanya Ada Di Indonesia

Tubuh gajah ini lebih kecil dari gajah India, sehingga telinganya terlihat lebih besar dari gajah lainnya. Gajah kalimantan lebih pendek dan tegak dari gading.

Orangutan merupakan hewan endemik yang spesiesnya cukup beragam. Ada orangutan sumatera, orangutan kalimantan, dan orangutan tapanuli. Beberapa jenis ini memiliki ciri khasnya masing-masing.

Populasi orangutan sumatera memiliki ciri bulu berwarna merah kecokelatan dan terancam punah. Sedangkan orangutan kalimantan memiliki wajah besar dengan pelipis berbentuk bantal.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Orangutan Tapanuli merupakan spesies baru dan ditemukan di ekosistem Batang Toru. Spesies ini terancam punah dan kondisinya sangat tidak menentu.

Tak Hanya Kanguru, Ini 7 Hewan Endemik Asli Australia, Salah Satunya Wombat

Badak Sumatera dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Kambas Way. Populasi hewan ini juga terancam punah. Banyak badak hidup di hutan tropis yang terisolasi.

Hewan ini juga termasuk hewan langka, karena hanya bisa melahirkan satu anak selama tiga sampai empat tahun. Badak Sumatera dikenal memiliki tubuh paling kecil dibandingkan dengan jenis badak lainnya.

Harimau Sumatera merupakan hewan yang terkenal dengan keeksotisannya. Hewan ini memiliki tubuh yang lebih kecil dari spesiesnya dengan bulu hitam lebat dan jika diperhatikan lebih dekat bentuknya seperti jari.

Hewan asli Indonesia lainnya adalah kekah natuna. Primata ini hidup di Pulau Natuna. Hewan ini terancam punah karena habitatnya telah rusak. Kekah memiliki fitur film yang unik dengan wajah yang terlihat seperti memakai kacamata.

Mengenal 10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Sebagian besar hewan endemik di atas termasuk dalam kategori hewan langka bahkan terancam punah. Oleh karena itu perlu adanya dukungan terhadap hewan-hewan tersebut.

Pendidikan publik dan penjangkauan tentang melindungi spesies yang terancam punah adalah penting. Sebab selama ini banyak kasus penjualan satwa yang diawetkan yang jelas-jelas merugikan kepentingan umum.

Langkah penting berikutnya adalah melindungi lingkungan. Hal ini penting karena banyak kawasan satwa liar endemik yang rusak akibat ulah manusia atau dampak bencana alam.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Penangkaran dapat menjadi upaya konservasi, karena spesies yang terancam punah dapat menghasilkan pembiakan. Jika hewan ini dapat bereproduksi dengan baik, maka manusia akan terjaga kelestariannya.

Selain Kanguru Dan Koala, Ini Sejumlah Hewan Endemik Dari Australia

Rambu larangan diperlukan untuk memperingatkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan berburu. Papan larangan juga dilengkapi dengan sanksi jika kedapatan melanggar peraturan tersebut. Biasanya lempeng ini ditemukan di habitat hewan endemik.

Sebagai perusahaan, kita juga dapat berpartisipasi dalam mencegah kelangkaan hewan endemik. Misalnya, melaporkan kepada pihak berwajib para pelaku spesies yang terancam punah. Metode ini memiliki efek penting dalam mencegah penjahat.

Langkah lain yang bisa diambil masyarakat adalah menghindari berurusan dengan hewan langka. Jangan membeli hewan yang aman berisiko. Jika Anda tidak sengaja menemukan hewan langka di dealer, segera laporkan ke pihak berwajib.

Ini adalah pembahasan tentang hewan endemik dan upaya pelestariannya. Menjaga kelestarian satwa ini membutuhkan kerjasama banyak pihak. Pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu merawat dan melindungi habitat dan satwa yang hidup di dalamnya.

Hewan Endemik Indonesia

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda dapat mendaftar dari bank kapan saja, dengan menghubungi laman kami Satwa Khas Indonesia – Indonesia memiliki banyak keistimewaan: mulai dari budaya, kekayaan alam, serta kekayaan flora dan fauna yang tersebar di seluruh nusantara. Beberapa hewan unik di Indonesia sangat ikonik hingga terkenal di tingkat Internasional.

Ingin tahu lebih banyak tentang hewan ikonik Indonesia? Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa hewan khas Indonesia yang harus Anda ketahui;

Seperti namanya, Jalak Bali merupakan hewan endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan di pulau Bali lebih tepatnya di bagian barat pulau Bali. Kucing hitam-putih khas dengan sedikit hitam di ujung ekor dan sayap serta warna biru di sekitar mata adalah salah satu hewan langka dan dilindungi di Indonesia.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Sampai saat ini jumlah jalak bali di alam sangat langka dan terancam punah. Salah satu tempat jalak bali ini masih bisa ditemukan adalah di Taman Nasional Bali Barat.

Hewan Endemik Dari Sumatera

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan wisma di dekat Taman Nasional Bali Barat dengan penawaran harga terbaik

Elang bunga merupakan jenis burung pemangsa endemik yang menjadi ciri khas Indonesia. Burung ini milik keluarga

Hewan endemik Indonesia ini digambarkan sebagai burung besar dengan panjang tubuh sekitar 60 cm hingga 79 cm. Ciri-cirinya adalah kepala putih dengan garis-garis hitam-cokelat, tidak ada perbedaan yang signifikan antara jantan atau betina dan dewasa atau remaja.

Hewan khas Indonesia ini terkenal dengan bulunya yang indah, dan itu yang membuat burung ini jadi buruan. Sayangnya, spesies burung pemangsa ini terancam punah dan diperkirakan populasinya saat ini tidak melebihi 250 individu, yang menempatkannya dalam daftar merah IUCN (

Hutan Dengan Hewan Endemik Di Indonesia

Sebaran populasi hewan endemik asli Indonesia ini tidak hanya ada di Flores saja, melainkan meliputi pulau Lombok, Sumbawa, Satonda, Rinca dan Flores. Jika Anda ingin bertemu dengan hewan ikonik Indonesia ini, Taman Nasional Gunung Rinjani harus menjadi tujuan Anda.

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan wisma di dekat Taman Nasional Gunung Rinjani dengan penawaran harga terbaik

Badak bercula atau dikenal juga dengan badak jawa merupakan hewan endemik asal Indonesia yang menjadi citra Taman Nasional Ujung Kulon, habitat hewan ini yang populasinya semakin terancam. Dahulu hewan Indonesia ini tidak hanya tersebar di Pulau Jawa saja, melainkan tersebar di seluruh Nusantara dan beberapa wilayah benua Asia Selatan. Namun, kini di alam liar, hewan ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon dan juga di Taman Nasional Cat Tien di Vietnam.

Hewan Endemik Yang Ada Di Indonesia

Temukan lebih banyak opsi untuk hotel dan wisma di dekat Taman Nasional Ujung Kulon dengan penawaran harga terbaik

Jenis Fauna Di Malaysia Yang Perlu Diketahui Beserta Gambarnya

Hewan khas Indonesia berikutnya adalah Maleo yang hidup di hutan dataran dan perbukitan pulau Sulawesi. Hewan endemik Indonesia ini merupakan megapoda besar yang menjadi satwa yang dilindungi di Indonesia.

Burung yang memiliki bulu dominan hitam putih ini merupakan burung unik dari satu spesies.

. Keunikan lain dari hewan khas Indonesia ini adalah Maleo bisa langsung terbang begitu menetas, lho!

Mentawai Beruk atau biasa disebut Bokkoi adalah spesies monyet endemik Kepulauan Mentawai. Nama Mentawai Beruk diberikan oleh penduduk Kepulauan Mentawai. Secara umum bokoi mirip dengan kera pada umumnya, perbedaannya terdapat pada rambut, lutut dan ubun-ubun. Pipi bokkoi lebih hitam dari monyet lainnya, mahkota bokkoi berwarna coklat, dan bulu di dahinya lebih panjang.

Satwa Endemik Asli Indonesia Yang Harus Kita Lindungi

Atau hewan yang aktif di siang hari. Mereka hidup dalam dua puluh lima orang. Selain di Kepulauan Mentawai, habitat hewan ini juga tersebar di hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan lain di sekitar Kepulauan Mentawai.

Hewan endemik di dekat Indonesia ini merupakan jenis burung cendrawasih berukuran sedang berukuran sekitar 28cm. Ini seekor burung

Hewan endemik di indonesia, contoh hewan endemik indonesia, hewan endemik di sulawesi, hewan endemik di pulau jawa, hewan endemik indonesia, gambar hewan endemik indonesia, contoh hewan endemik di indonesia, berikut ini hewan endemik yang ada di indonesia adalah, hewan yang ada di kasur, apa yang dimaksud hewan endemik, jenis hewan endemik indonesia, cara menghilangkan hewan yang ada di kasur

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top