Connect with us

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Informasi

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia – Foto tak bertanggal ini memperlihatkan anak Harimu Sumatera berpose bersama induknya di Kebun Binatang Wroclaw, Polandia. Pada usia dua bulan, Harimu Sumatra mulai belajar tentang dunia di sekitarnya dan belajar berburu dari ibunya, Nura. (Kebun Binatang Wrocław melalui AP)

, Jakarta – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, baik flora maupun fauna. Namun, Indonesia memiliki berbagai jenis hewan dan tumbuhan langka.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Sebagian besar hewan langka Indonesia sudah terancam punah. Jumlahnya kecil, sehingga satwa langka ini berada di bawah perlindungan negara.

Macam Macam Fauna Endemik Di Indonesia Beserta Habitatnya

BACA JUGA: Hasil Lengkap & Klasemen Liga 1 BRI 2022/2023 Lengkap: Persia dan Persebaia Akhiri Musim dengan Kemenangan Besar, Persib Kalah Telak

Hal ini sebagai upaya melestarikan kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan langka yang ada. Juga, bahwa hewan langka ini tidak diperdagangkan secara bebas.

Undang-undang juga melarang perdagangan hewan yang dilindungi dan memelihara atau memiliki spesies yang terancam punah ini.

Dengan demikian, dalam UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, bab V Konservasi Jenis Tumbuhan dan Satwa, pasal 21 ayat (2) menyatakan bahwa setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, memelihara, memiliki, menyimpan, mengangkut dan perdagangan satwa hidup yang dilindungi.

Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Kini Terancam Punah

Indonesia memiliki banyak hewan dan tumbuhan langka. Keberadaan hewan dan tumbuhan langka tersebut tentu saja dilindungi oleh pemerintah. Hewan dan tumbuhan langka apa saja yang ada di Indonesia?

Seorang pemandu taman nasional berinteraksi dengan seekor komodo di Pulau Rinka, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Pulau Rinko yang merupakan inti dari Taman Nasional Komodo. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sorotan Berita Video Raphael Varane dan 4 pesepakbola ini memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Foto: Hat-trick Krmenchik antar Persia peringkat dua BRI League 1 2022/2023, tiket play-off Piala AFC tersedia

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Persia Akhiri BRI League 1 2022/2023 dengan Pesta Gol, Netizen: Alhamdulillah Dapat THR Penuh Senyum

Hasil Lengkap dan Klasemen Lengkap Liga 1 BRI 2022/2023: Persia dan Persebaia Akhiri Musim dengan Kemenangan Besar, Persib Kalah Banyak

Foto: Berbeda dengan Shin Tae Jong, inilah gaya santai Indra Syafra U-22 Indonesia.

Foto: Daftar nominasi pemain liga terbaik BRI 1 2022/2023, Willem Jan Pluim bertanding dengan 3 pemain Klasifikasi Ilmiah Kingdom: Animalia Filum: Chordates Kelas: Aves Ordo: Passeriformes Famili: Sturnidae Genus: Leucopsar Stresemann, 1912 rothschildi Jalak Bali ( Lencopsar rothcshildi ) Ciri-ciri : bulu putih pada badan dan ujung ekor serta sayap hitam Habitat : Bali (di hutan bagian barat pulau Bali)

Kliping Hewan Langka & Tumbuhan

Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Jenis Hewan : Chorda Kelas : Mamalia Ordo : Cetacea Famili : Delphinidae Genus : Tursiops Spesies : T. truncatus Ciri : Tubuhnya berwarna abu-abu. Ada warna keabu-abuan dan keputihan di dekat sirip dan di punggung. Berat badan: Dewasa: 150 hingga 650 cm Panjang tubuh: 2 hingga 4 meter Habitat: Perairan hangat di seluruh dunia

Ciri-ciri: badan besar dan gemuk, leher besar, lengan panjang dan kuat, kaki pendek dan melengkung, tidak berekor. Tubuh orangutan diselimuti rambut berwarna merah kecokelatan. Habitat: Kawasan hutan hujan tropis di tenggara Ayia. (Borneo/Kalimantan dan Sumatera) Klasifikasi Ilmiah Kingdom: Animalia Filum: Chordata Kelas: Mamalia Ordo: Primata Famili: Hominidae Famili: Ponginae Elliot, 1912 Genus: Pongo Lacépède, 1799

Ciri-ciri: Memiliki ukuran mata yang sangat besar (ukuran mata lebih besar dari otak) Dapat melihat pada malam hari Penyebaran (Habitat): Sumatera Selatan dan Tenggara, Kepulauan Riau dan Kalimantan

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Ciri-ciri: Kepala merah-coklat (Kadru), dengan jambul tinggi menonjol (tinggi 2 sampai 4 bulu: 12 cm), punggung dan sayap gelap, tenggorokan putih bergaris-garis Habitat: hutan hujan Klasifikasi ilmiah Kingdom: Jenis Hewan: Chordate Kelas: Aves Ordo : Falconidae Famili : Penyu Sisik Marga : Nisaete Spesies : N. bartelsi

Hewan Langka Indonesia Yang Dilindungi Di Tingkat Internasional

Ciri-ciri: Corak hitamnya lebar, jaraknya kadang menyempit, garis-garisnya tipis, Habitat: daerah dataran rendah dan hutan pegunungan, hidup di daerah/tempat yang tidak terlindungi Klasifikasi Ilmiah Kingdom: Hewan Filum: Chordata Kelas: Mamalia Ordo: Carnivora Famili: Felidae Marga: Panthera Spesies: P. tigris Upa Spesies: P. t. Sumatra

Ciri-ciri: Warna head to chest berwarna biru. Paruhnya tajam dan tipis, ekornya sangat indah, di kepalanya ada bubungan vertikal biru yang membentuk kipas, burung betina lebih kecil dari burung jantan. Bulunya kusam, coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tidak ada bulu ekor. Burung muda menyukai betina. Habitat: hutan terbuka dengan padang rumput yang luas. Makanan : biji-bijian, pucuk dan daun rumput, aneka serangga dan berbagai jenis binatang kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.

Ciri-ciri: Memiliki 1 tanduk Kulit punggung, bahu dan bokong berwarna abu-abu/kelabu-coklat. Habitat : Ujung Kulon Makanan : Tumbuhan, pucuk tumbuhan (makanan yang paling disukainya), ranting, daun, dll.

Ciri-ciri : Panjang tubuh sekitar 2 sampai 3 meter Berat badan sekitar 70 kg Memiliki lidah yang panjang Habitat : Hanya dapat ditemukan di daerah Tengara Kecil (Pulau Komodo)

Docx) Fauna Dan Flora Langka Di Indonesia

Ciri-ciri: Ukuran tubuh jantan lebih kecil dari betina, kepala bulat dan lebih besar dari badan, mata besar dan melotot, punggung (dorsal) berwarna abu-abu kecoklatan, kebiruan atau ungu (fase gelap), keemasan ( fase terang). Habitat: terutama di pegunungan, terutama di tempat yang tidak jauh dari sungai

Ciri-ciri: Tidak berdaun, ukuran tumbuhan ini sangat besar, tidak dapat berfotosintesis, Habitat: hutan hujan

Ciri-ciri : Kulit batang tebal Batang agak kasar Jenis daun bahkan runcing Keunggulan : Digunakan sebagai pestisida tanaman karena tanaman (buah) ini mengandung senyawa yang dapat melawan hama tanaman

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Ciri-ciri: batang utama tahan lama. Ada ijuk hitam di bagian atas. Keunggulan: Gula aren/merah dapat diproduksi. Bisa buat sapu gula aren.

Hewan Langka Dan Tempat Perlindungannya Di Ind

Asal tanaman: Papua. Ciri-ciri : 1. Memiliki tinggi 60 meter, diameter batang 2 meter 2. Daun berbentuk lonjong, 6–8 × 2–3 cm, ujung runcing meruncing Keunggulan : Batang damar dapat digunakan sebagai perabot rumah tangga

Ciri-ciri : Memiliki bunga berwarna merah Memiliki kayu yang dapat digunakan sebagai bumbu Manfaat : Pohonnya dapat digunakan untuk/sebagai bumbu masak, bahan dupa, aromaterapi, dll. Anda bisa membuat minyak cendana yang baik untuk

1. Tinggi pohonnya bisa mencapai 75 meter, diameter 159 cm 2. Daunnya runcing Keunggulan: getahnya bisa dibuat permen karet, kayunya bisa dibuat furnitur.

Keunggulan : Memiliki keawetan kayu kelas IV Memiliki kekuatan kayu kelas II Ciri : Keunggulan : kayu/batangnya dapat diolah menjadi mebel yang memiliki harga yang sangat tinggi.

Jenis Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Nyaris Punah

Klasifikasi Ilmiah Kingdom: Plantae (unranked): Angiosperma Eudicots Ordo Asterid: Asterales Famili: Asteraceae Famili: Heliantheae Genus: Kosmos Spesies: C. atrosanguineus Ciri-ciri: 1. Bunga berwarna merah tua, warnanya hampir coklat 2. Bunga memiliki aroma vanilla, yang baunya enak di musim panas, yang membuatnya menjadi tanaman yang indah

Ciri-ciri: Ditemukan pada permukaan datar, tidak berlumpur, berpasir. Tinggi tanaman bisa mencapai 40 meter, diameter batang 80 cm, batang lurus, hitam/gelap.

Ciri-ciri: Batang berwarna putih dan lengket. Tumbuh di ketinggian 1700 meter, hidup di cekungan dan di lereng gunung. Khasiat: Biji, akar, daun dan minyak bijinya dapat digunakan untuk manfaat kesehatan. Biji jarak, dikupas dan ditumbuk menjadi bubuk, dapat digunakan dalam tubuh sebagai obat bisul, dan minyak yang diekstrak dari bijinya dapat diminum untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak-anak dan orang dewasa. Daunnya baik untuk batuk dan sesak napas. Akarnya bisa digunakan untuk menjaga stamina tubuh. Tumbuhan ini merupakan sumber minyak jarak dan mengandung zat risin, sejenis racun. Jarak pagar merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan asam lemak hidroksil, yaitu asam risinoleat. Adanya asam lemak tersebut memungkinkan minyak jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi, sehingga digunakan minyak jarak sebagai pelumas.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Dengan bantuan : Pembimbing : Khuswatun Hasana Muh. Fadil Abdillah Cindy Monica Agatha Barus Terimakasih Microsoft PowerPoint Editor : Aulja Sri Utami I. Alia Farsyah

Nama Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Agar situs web ini berfungsi, kami mendaftarkan data pengguna dan mentransfernya ke prosesor. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna. Namun selain itu, Indonesia memiliki berbagai jenis hewan dan tumbuhan langka yang saat ini terancam punah.

Di Indonesia banyak terdapat hewan yang sudah langka dan hampir punah. Ada berbagai faktor yang menyebabkan fauna punah.

Mulai dari faktor seleksi alam hingga faktor kesengajaan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Melihat fenomena tersebut, pemerintah tidak tinggal diam.

Ada berbagai macam upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kepunahan flora dan fauna di Indonesia. Upaya tersebut meliputi pelestarian dan pelestarian satwa dan tumbuhan langka di taman nasional, suaka atau cagar alam.

Daftar Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Selain itu, tren jual beli online menjadi salah satu faktor di balik meningkatnya perdagangan satwa langka di Indonesia.

Satwa liar yang sering diperdagangkan antara lain biawak, hiu, harimau, badak bercula satu, dan kura-kura.

Hewan ini diperdagangkan secara ilegal untuk diambil kulit/bulunya, dagingnya dan bagian tubuh lainnya yang digunakan sebagai obat tradisional, suplemen atau makanan.

Nama Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Cara mereka melakukannya adalah melalui iklan

Tanaman Langka Yang Hanya Ada Di Indonesia Tidak Ada Di Negara Lain

Contoh poster hewan dan tumbuhan langka, daftar hewan dan tumbuhan langka di indonesia, nama hewan dan tumbuhan langka, poster hewan dan tumbuhan langka, nama hewan langka di indonesia, poster pelestarian hewan dan tumbuhan langka, hewan dan tumbuhan langka di indonesia, hewan langka di indonesia, tumbuhan langka di indonesia, gambar poster hewan dan tumbuhan langka, gambar hewan dan tumbuhan langka di indonesia, tumbuhan dan hewan langka

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top