Connect with us

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Informasi

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran – Wisata di Jawa Barat identik dengan shopping mall, adventure park dan mall. Siapa sangka Jawa Barat juga memiliki wisata alam yang menakjubkan yaitu Green Canyon.

Green Canyon atau lebih dikenal dengan Cukang Taneuh oleh penduduk setempat, terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Sekitar 31 km dari Kota Pangandaran. Asal usul nama Green Canyon sendiri adalah dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993 silam. Hal ini karena air sungai yang berwarna hijau muda dan lumut hijau yang melimpah di tepi tebing membuatnya populer disebut Green Canyon.

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Bagi warga sekitar, Cukang Taneuh berarti jembatan darat. Pasalnya, di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan darat yang digunakan petani setempat untuk mengakses kebun mereka.

Liburan Petualangan Seru Di Green Canyon Cukang Taneuh Pangandaran

Jika Anda berada di luar Jawa Barat, Anda bisa menggunakan transportasi udara atau darat menuju kota Bandung. Dari Bandung, naik bus ke Pangandaran. Setelah sampai di Terminal Pangandaran, Anda bisa menggunakan jasa mini bus menuju Terminal Cijulang kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau menyewa mobil.

Untuk mencapai Green Canyon sendiri dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 hingga 45 menit dengan menggunakan perahu kayu modern yang sering juga disebut “Ketinting”. Tarif per orang untuk catering ini adalah Rp 75.000 dengan kapasitas maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Ketinting ini akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang jalan, Anda akan melihat pepohonan hijau menjulang di sepanjang tepian sungai. Jika beruntung, Anda mungkin melihat beberapa hewan di sekitar sungai. Anda juga bisa menikmati air terjun yang jatuh dari tebing.

Dengan keindahan yang ditawarkan Green Canyon, Anda akan terkagum-kagum. Jadi jangan lupa siapkan kamera anda untuk perjalanan menyusuri sungai. Gambarlah hal-hal indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan casing kamera anti air karena di sini Anda akan banyak bersentuhan dengan air.

Wisata Pangandaran Yang Keren Dan Eksotis, Pencinta Alam Wajib Berkunjung

Dalam perjalanan menuju ketinting yang agak jauh, nantinya Anda akan menjumpai beberapa arus yang memungkinkan Anda untuk berenang. Anda bisa berenang di air sungai yang sangat jernih sambil melihat ikan-ikan berenang.

Anda dapat melewati gua dengan stalaktit dan stalagmit yang menetes. Selama naik perahu, Anda juga bisa menikmati gemuruh air yang jatuh di bebatuan.

Jika Anda menyukai tantangan yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba terjun ke sungai dari bebatuan setinggi 5 meter atau mencoba panjat tebing. Sedangkan bagi Anda yang menyukai ketenangan, berperahu sambil memancing menjadi pilihan yang menyenangkan.

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Salah satu kegiatan favorit wisatawan adalah Body Rafting. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Paket arung jeram ini tidak hanya arung jeram, tetapi Anda juga dapat menikmati berenang di air jernih Green Canyon, melompat dari tebing setinggi 9 meter, dan juga hiking.

Paket Wisata Green Canyon Pangandaran

Jika Anda tidak memiliki cukup makanan, satu-satunya tempat di mana makanan dijual adalah di sekitar tempat parkir di pintu masuk. Ada sejumlah restoran yang menyajikan makanan Sunda dan seafood. Banyak juga gerobak makanan yang menjual bakso, bubur ayam dan lainnya.

C. Kenakan alas kaki anti selip karena Anda akan sering berjalan di bebatuan yang licin. Cobalah memakai sandal gunung agar lebih nyaman.

E. Yang terpenting jangan membuang sampah sembarangan! Bawalah kantong plastik khusus untuk membuang sampah agar keindahan objek wisata Green Canyon tetap terjaga. Bukankah sayang jika Green Canyon yang terkenal dengan airnya yang jernih itu tercemar oleh tangan kita?

Jam buka objek wisata ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Khusus pada hari Jumat, Green Canyon dibuka pada pukul 13.00, setelah shalat Jumat.

Pesona Wisata Green Canyon Pangandaran

Harga tiket masuk Green Canyon mulai dari 150.000 – 250.000 rupiah tergantung paket wisata yang anda ambil.

Wisata Murah dan Viral di Jakarta – Kita semua tahu bahwa Jakarta resmi berubah menjadi kota metropolis yang ramai selama 24 jam…

Review Makanan Murah Grand Indonesia – Grand Indonesia adalah mall yang terletak tepat di pusat kota Jakarta. Mal dengan konsep keluarga…

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Review Taman Kalijodo – Kehadiran RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo telah memberikan wajah baru…

Green Canyon Pangandaran Tiket & Aktivitas April 2023

Review Lembang Wonderland – Pencarian Anda akan tempat wisata di Bandung tidak lengkap tanpa membicarakan Lembang. Farmhouse, Tangkuban Perahu, atau…

Selain terkenal sebagai kota fashion, Bandung juga dikenal sebagai rumah kuliner yang unik dan modern. Ngomong-ngomong soal kekinian, kali ini ATW akan membahas.. Saat mendengar kata green canyon, pikiran kita akan langsung tertuju ke Amerika Serikat (USA). Ada objek wisata bernama Grand Canyon yang terletak di Sungai Colorado di Arizona utara. Grand Canyon hampir mirip dengan Green Canyon yang merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia.

Green Canyon yang terletak di Indonesia tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat ini tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Green Canyon Pangandaran sendiri sebenarnya memiliki nama asli Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah, hal ini dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan darat yang digunakan para petani di sekitarnya untuk mengakses kebunnya. Nama green canyon digunakan setelah dipopulerkan oleh seorang turis asal Perancis saat mengunjunginya pada tahun 1993. Disebut Green Canyon karena tempatnya mirip dengan Grand Canyon di Arizona.

Untuk menuju tempat ini dari Jakarta dan Bandung, pengunjung dapat mengikuti jalur menuju Jawa Tengah dengan melewati kota Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Pagandaran-Parigi-Cijulang dengan waktu tempuh sekitar 11 jam. Jalan dari Kota Tasikmalaya menuju tempat wisata ini sendiri berjarak sekitar 170 km. Cara lain dari kota Tasikmalaya untuk mencapai tempat wisata Green Canyon adalah melalui jalur selatan dari kota Tasikmalaya-Cipatujah-Cikalong-Cimanuk-Cijulang, dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Bagi pengunjung yang berasal dari wilayah Jawa Timur dapat menuju ke Jawa Tengah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan mengambil jalur ke Jawa Barat dengan mengikuti jalur Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar-Pangandaran-Ciamis.

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Jarak Pangandaran sendiri ke Green Canyon sekitar 31 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum, termasuk angkutan umum dari Terminal Pangandaran ke Terminal Cijulang dalam waktu satu jam. jarak tempuh dengan kendaraan umum, namun dari terminal cijulang anda perlu menggunakan kendaraan seperti ojek untuk mencapai green canyon dengan jarak tempuh sekitar 3 km, atau anda bisa memesan angkot dari terminal pangandaran menuju green canyon.

Pertama kali saya menginjakkan kaki di area parkir Obyek Wisata Green Canyon, banyak sekali penjual pakaian dan kaos Pangandaran serta penjual makanan di sekitar.

Jika sudah membeli tiket, para tamu akan diarahkan menuju dermaga pemberangkatan kemudian akan disuguhkan pemandangan sungai hijau jernih yang merupakan aliran Sungai Cijulang yang melewati sebuah goa yang penuh keindahan.

Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berangkat dari pantai Ciseureuh dengan perahu tempel atau perahu dayung yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dan Græna gljúfurstaðir sekitar 3 km yang dapat ditempuh dalam waktu 30 – 45 menit. Jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wisata ini tidak akan bertahan lama, karena keindahan alam yang terlihat akan memanjakan mata semua pengunjung yang datang. Pengunjung dibawa menyusuri sungai ditemani semilir angin sepoi-sepoi, dua bukit yang membatasi sungai, banyak bebatuan dan rerimbunan pepohonan yang menghijau. Semuanya membentuk lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dipandang.

Musim Liburan Tiba, Green Canyon Cijulang, Pangandaran, Tempat Wisata Direkomendasikan Untuk Dikunjungi

Begitu perahu berhenti dan melihat terusan sempit yang sulit diseberangi, itu tandanya para pengunjung sudah sampai di muara Green Canyon yang airnya sangat jernih berwarna biru.

Setelah turun dari perahu, mulailah petualangan menjelajahi keindahan destinasi wisata ini. Dari sini pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berenang atau menyusuri bebatuan. Bagi tamu yang tidak bisa berenang, jangan khawatir karena pelampung dan ban juga sudah disiapkan bagi tamu yang ingin berenang di sungai. Bahkan tamu yang bisa berenang pun disarankan untuk tetap menggunakan jaket pelampung atau ban dan helm sebagai salah satu standar keselamatan. Jadi meski harus menempuh jalan terjal ke sana, perjalanan dijamin benar-benar aman bagi tamu yang ingin berenang sepuasnya, dengan biaya tambahan. Biaya tambahan ini berlaku untuk semua tamu yang datang, baik turis lokal maupun mancanegara.

Pengunjung akan terus berada di mangkuk dinding curam di kedua sisi air terjun sungai. Anda disuguhi dengan dinding-dinding yang menampilkan keindahan tersendiri, yang uniknya ada juga dinding-dinding berbentuk goa yang atapnya sudah runtuh. Selain itu, di bagian atas pengunjung beberapa kali melewati stalaktit yang masih meneteskan air bawah tanah, terkadang menetes langsung ke pengunjung yang memberikan sensasi tersendiri. Setelah beberapa ratus meter berenang Anda akan melihat beberapa air terjun kecil di kiri dan kanan yang begitu mempesona. Jika terus berenang, pengunjung akan sampai di ujung jalan yang terdapat gua yang dihuni banyak kelelawar.

Aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung bisa berenang sepuasnya sambil menyaksikan aliran air terjun. Selain pemandangan indah di permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi mereka yang senang menyelam. Anda cukup membawa perlengkapan selam, pemandangan laguna yang menakjubkan siap dilihat dan dinikmati, lengkap dengan berbagai ikan yang berenang kesana kemari di dasarnya. Bagi yang ingin menantang adrenalin, mereka bisa melompat dari batu besar dengan ketinggian 5 m ke dasar lubang yang dalam.

Tempat Wisata Alam Di Pangandaran Selain Green Canyon

Selain itu, para tamu juga dapat menikmati paket Body Rafting. Ada banyak organisasi yang menawarkan jasa paket arung jeram di sini, diantaranya

Wisata di pangandaran green canyon, harga wisata green canyon pangandaran, tiket wisata green canyon pangandaran, wisata green canyon pangandaran, hotel dekat green canyon pangandaran, green canyon pangandaran, rafting green canyon pangandaran, tempat wisata pangandaran green canyon, biaya wisata green canyon pangandaran, objek wisata green canyon pangandaran, body rafting green canyon pangandaran, paket wisata green canyon pangandaran

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top