Connect with us

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Informasi

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging – , Jakarta Cara jogging yang benar tentunya harus diterapkan agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu, pelaksanaan jogging yang benar juga bisa menyelamatkan Anda dari segala risiko cedera. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang dan penerapan teknik yang tepat.

Jogging diketahui dapat mengurangi berat badan dan obesitas. Bahkan, olahraga ini disebut-sebut lebih efektif membakar lemak perut ketimbang angkat beban. Untuk itu tentunya Anda perlu menerapkan jogging secara rutin agar tercapai keseimbangan yang diinginkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Cara joging yang benar membutuhkan perhatian pada persiapan dan teknik. Selain itu, sebelum melakukan olahraga lari ini perlu dilakukan persiapan yang matang. Sepatu, pakaian, tempat dan waktu makan harus diperhatikan sebelum jogging.

Joging Dapat Perpanjang Umur Anda. Ini 6 Tips Untuk Memulai

Sebelum mengetahui cara jogging yang benar, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persiapan sebelum berlari. Hal yang perlu dipersiapkan adalah sepatu dan pakaian yang nyaman agar tidak terganggu saat jogging nanti.

Pilih sepatu lari yang pas dengan kaki Anda dan nyaman saat Anda berjalan di dalamnya. Selain faktor kenyamanan, pemilihan sepatu yang tepat juga bisa mengurangi risiko cedera. Jika sepatu sudah tidak nyaman, tidak pas, atau sobek, saatnya menggantinya dengan sepatu lari yang baru.

Selain sepatu, pemilihan pakaian yang tepat juga sangat penting. Pilih pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spandeks, katun, atau poliester. Anda bisa mengenakan t-shirt, celana olahraga atau celana pendek. Bagi wanita, legging khusus dan bra olahraga yang nyaman dipakai saat joging juga bisa menjadi pilihan.

Asupan nutrisi merupakan salah satu persiapan terpenting sebelum jogging. Makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein dapat memberikan energi untuk aktivitas olahraga Anda. Anda bisa mengkonsumsinya 3 jam sebelum jogging.

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Jogging, Jangan Sampai Salah

Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan serat sebelum jogging. Selain makan, pastikan untuk minum air yang cukup sebelum dan selama jogging agar tidak mengalami dehidrasi.

Selain itu, memperhatikan lokasi juga penting sebagai persiapan sebelum jogging. Anda bisa memilih rute yang datar, tidak licin dan aman untuk dikendarai.

Cara joging pertama yang benar adalah melakukan pemanasan. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko cedera, keseleo, dan kram otot. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum berlari. Anda bisa melakukan pemanasan dengan berjalan santai, lalu setiap 10 langkah, melompat di tempat dari kaki ke kaki hingga lutut setinggi pinggang. Lakukan lompatan ini selama 5 hingga 10 detik, lalu lanjutkan berjalan perlahan. Ulangi gerakan ini hingga 4 kali. Alternatif pemanasan lainnya adalah berjalan dengan lutut diangkat setinggi pinggang. Lakukan hingga 10 kali pada setiap kaki.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Pertama, Anda bisa menggabungkan berlari dan berjalan terlebih dahulu. Dengan cara joging yang benar, Anda akan mudah beradaptasi, tidak cepat kehabisan energi, serta terhindar dari cedera otot dan persendian.

Waktu Makan Yang Tepat Inilah Yang Perlu Anda Tahu Agar Tubuh Tetap Sehat!

Mulailah dengan berjalan kaki selama beberapa menit, lalu mulailah berlari dengan jarak dan durasi yang pendek. Misalnya rasio durasi 1:7, yaitu 1 menit lari dan 7 menit jalan kaki.

Cara jogging yang benar juga harus memperhatikan postur tubuh dan teknik pernapasan. Condongkan tubuh sedikit ke depan, kepalan tangan terkepal. Posisi kepala harus selalu lurus saat berlari, tanpa melihat ke bawah atau ke atas.

Selain itu, saat berlari, tarik napas melalui hidung, lalu buang napas melalui mulut. Hal ini bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan oksigen tubuh saat jogging dan mengurangi risiko kram pada otot perut.

Cara joging yang baik selanjutnya adalah melakukan pendinginan. Jadi bukan hanya pemanasan yang penting. Anda perlu menenangkan diri setelah jogging dengan berjalan kaki dengan tenang selama 5-10 menit. Setelah itu, regangkan bagian tubuh tertentu, seperti kaki, lengan, dan leher.

Kapan Waktu Terbaik Jogging Di Jakarta?

Setelah pendinginan, tubuh akan terasa lebih nyaman, detak jantung dan pernapasan juga akan kembali normal. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat joging, minumlah banyak air setelah Anda melakukan pendinginan.

Cuaca ideal juga harus diterapkan sebagai cara jogging yang benar. Olahraga ini bisa Anda lakukan 2 hingga 3 kali seminggu dengan total waktu joging sekitar 1 hingga 2,5 jam per minggu.

Jadi Anda tidak perlu jogging setiap hari untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menuai manfaat jogging asalkan jogging dilakukan secara teratur. Akan lebih baik lagi jika jogging dipadukan dengan olahraga lain, seperti berenang, bersepeda, yoga, pilates, atau angkat besi.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

* Fakta atau Hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp di nomor cek fakta 0811 9787 670 dengan cukup mengetikkan istilah yang diinginkan.

Pakar Kardiologi Ungkap Waktu Terbaik Pasien Covid 19 Untuk Bisa Kembali Berolahraga

David De Gea adalah penyebab kekalahan Manchester United dari Manchester City di Piala FA, menurut Erik Ten Hag

Venue Plan dan Harga Tiket Indonesia v Argentina 19 Juni 2023 Sudah Diumumkan, Netizen: Lebih Baik Beli Rp 4,25 Juta atau Rp 2,5 Juta? Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga termudah yang bisa dilakukan kapan saja dan tidak membutuhkan peralatan adalah lari. Ada yang suka lari pagi atau sore. Tapi kapan waktu yang tepat untuk jogging?

Jadi, begitulah, Anda telah merangkum ulasan tentang a. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Jam berapa kita harus jogging? Padahal, waktu yang baik untuk lari adalah sore hari. Waktu ini dianggap ideal karena suhu tubuh paling tinggi di sore hari.

Tips Olahraga Saat Puasa

Untuk hampir semua orang, suhu puncak terjadi antara pukul 4 dan 5 sore. Fakta ini diperoleh dari sebuah penelitian tentang

Riset menemukan bahwa ritme sirkadian atau jam biologis sore menaikkan suhu inti tubuh sehingga hasil jogging yang Anda lakukan bisa maksimal. Saat suhu inti naik, pembakaran energi atau metabolisme dan kapasitas otot meningkat.

Metabolisme sendiri memiliki fungsi maksimal yang dapat membantu tubuh Anda membakar kalori. Kemudian, adaptasi otot yang baik dapat mempersiapkan tubuh terhadap perubahan di bidang lari dan juga membuat performa lari menjadi lebih optimal. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera saat berlari.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Ini berarti bahwa penyerapan oksigen oleh paru-paru dimaksimalkan. Ini dapat membantu Anda berlari lebih mudah dan lebih fokus pada kondisi di sekitar Anda.

Apakah Lari Di Pagi Hari Lebih Baik Dari Lari Di Waktu Sore? Ini Penjelasannya

Selain itu, lari di sore atau malam hari membuat Anda bisa tidur lebih cepat. Pasar yang beroperasi pada sore hari dapat mendorong produksi hormon pemicu tidur atau hormon melatonin sehingga tidur bisa lebih cepat.

Tak hanya itu, jogging saat ini juga bisa meningkatkan ritme sirkadian Anda sehingga bisa tidur di malam hari. Lari yang Anda lakukan di sore hari juga bisa mendorong tubuh untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh Anda lebih rileks.

Tidak hanya memilih waktu jogging sore, pagi juga bagus untuk jogging. Makanan ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Memang waktu yang baik untuk jogging menurut pendapat di atas adalah sore hari. Namun, lari pagi tepat setelah bangun tidur membantu tubuh membakar lebih banyak kalori untuk hari itu.

Tak hanya itu, lari pagi juga membantu menjaga mood untuk berolahraga. Akibatnya, program balap menjadi lebih kohesif. Meluangkan waktu untuk jogging di pagi hari bisa jadi lebih mudah karena Anda tidak bisa menghentikan diri dari aktivitas lain.

Manfaat Jogging Setiap Hari Bagi Kesehatan

Saat Anda bangun pagi untuk jogging, lebih mudah bagi Anda untuk mengatur aktivitas yang ingin Anda lakukan di siang hari. Jadi, ketika ada kendala di salah satu kegiatan, kamu jadi punya waktu lebih untuk menyelesaikannya.

Terkadang sore hari menjadi waktu yang sangat sibuk bagi sebagian orang, sehingga tidak sempat untuk berlari. Namun, perlu Anda ketahui jika suhu tubuh di pagi hari berada pada titik terendah. Untuk alasan ini, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukan pemanasan guna mempersiapkan tubuh Anda untuk berolahraga.

Jadi bagaimana dengan berolahraga di malam hari? Jika Anda bisa bangun pagi, cuaca berdampak buruk pada Anda. Berlari di malam hari sebelum tidur dapat mengurangi tidur nyenyak dan menghambat pemulihan dari tidur. Sehingga Anda juga mudah lelah saat bangun pagi.

Waktu Yang Tepat Untuk Jogging

Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan kepekaan terhadap rangsangan. Reaksi tubuh ini dapat membuat Anda tetap terjaga setelah berolahraga. Jika Anda ingin berolahraga di malam hari, pastikan untuk menyelesaikannya 90 menit sebelum waktu tidur.

Jalan Kaki Vs Lari, Manakah Yang Lebih Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

Selain semua waktu terbaik untuk joging, olahraga kardio juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh Anda. Perlu disebutkan bahwa saran di atas bukanlah aturan wajib. Masukkan aktivitas ini ke dalam jadwal sibuk Anda dan pertahankan nomor satu kebugaran Anda.

Memang, waktu yang tepat untuk jogging untuk mendapatkan hasil maksimal dari lari sudah diketahui sebelumnya. Meski begitu, tidak ada standar lama waktu jogging yang baik. Hal yang perlu Anda ingat adalah jogging dalam waktu lama pasti bisa membakar lebih banyak kalori.

Setidaknya Anda perlu jogging selama 30 menit dengan intensitas rendah agar tubuh mulai membakar kalori. Anda juga dapat meningkatkan intensitas joging hingga 70/80% dari detak jantung maksimal. Hal ini dapat membuat pembakaran lemak menjadi sangat optimal.

Anda bisa jogging dengan intensitas tinggi selama kurang lebih 30 menit. Pastikan olahraga dilakukan 5 kali dalam seminggu. Jika Anda joging secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat olahraga jangka panjang dan meminimalkan risiko terkena penyakit kronis. Agar tidak tahan berjam-jam tidur, sebaiknya jangan joging mendekati waktu tidur.

Olah Raga Yang Tepat

Nah itulah tadi ulasan waktu jogging yang tepat yang bisa Anda lakukan mulai sekarang untuk mendapatkan hasil pembakaran lemak yang maksimal. Namun, kamu harus selalu memperhatikan kondisi tubuhmu sebelum jogging, ya! Di pagi hari, jogging bisa menambah semangat harian, sedangkan di sore hari

Waktu yang tepat untuk aqiqah, waktu yang cocok untuk jogging, waktu jogging yang tepat untuk menambah berat badan, waktu yang tepat untuk trading, kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan, waktu yang tepat untuk, waktu yang tepat untuk jogging menurunkan berat badan, waktu yang bagus untuk jogging, waktu yang tepat untuk melakukan jogging, waktu yang pas untuk jogging, jam yang tepat untuk jogging pagi, waktu jogging yang tepat

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top