Connect with us

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Informasi

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi – Liputan6.com, tempat wisata di Jakarta Padang bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan yang menyenangkan. Seperti diketahui, Sumatera Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga budaya.

Kota Padang sendiri memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga banyak pantai yang bisa Anda singgahi. Selain itu, ada banyak pulau indah yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu.

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Padang terdiri dari pantai yang indah, pemandangan dan bangunan dengan nilai budaya yang kuat. Berkunjung ke Sumatera Barat tentunya belum lengkap sebelum Anda menikmati wisata pantai di Padang.

Tempat Wisata Di Pariaman Terbaru Yang Lagi Hits 2022

Pantai Padang adalah objek wisata paling populer di Padang. Apalagi setelah Pemkot Padang memoles tempat itu dengan berbagai fasilitas. Saat cuaca cerah, Pantai Padang merupakan tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan rona merahnya yang indah.

Pantai Air Manis adalah tempat wisata ikonik di Padang. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang terlihat seperti orang yang sedang berbaring. Batu ini dipercaya sebagai wujud Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya.

Satu hal yang tak kalah menarik, karena ada juga batu berbentuk tali kapal dan kayu yang menyerupai bentuk lambung kapal yang patah. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batu itu bukan hanya kebetulan, tetapi bukti bahwa legenda Malin Kundang benar-benar terjadi.

Pantai Karoline atau Pantai Bangus merupakan pantai dengan pasir putih yang bersih dan halus. Nama Bangus berasal dari lokasi pantai di Bangus selatan, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Padang. Tempat wisata di Padang ini juga memiliki pepohonan rindang yang membuat suasana rindang dan menyegarkan.

Tempat Wisata Di Solo Yang Selalu Jadi Favorit

Pantai Pasir Jambak terletak 17 kilometer dari pusat kota Padang. Pantai ini memiliki kontur yang lebar dan datar, sehingga cocok untuk jalur bersepeda. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Pasir Jambak, mulai dari berenang, berjemur, bermain, hingga menyewa perahu.

Pantai Nirvana tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana, pengunjung bisa melihat kapal-kapal berlabuh di Pelabuhan Teluk Bayur. Saat air surut, karang-karang kecil dan bebatuan dapat terlihat bertebaran di sepanjang pantai. Pepohonan kelapa di tepi pantai juga menambah nuansa tropis yang semakin eksotis.

Pantai Sako terletak di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pantai ini mungkin tidak sepopuler wisata padang lainnya. Namun, keindahan Pantai Saco tidak perlu diragukan lagi. Pantai Saco hanya seluas 6000 meter persegi dengan topografi pantai yang landai, pasir berwarna coklat muda dan ombak yang tenang.

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Jembatan Siti Nurbaya adalah tempat wisata yang sangat terkenal di Padang. Jembatan ini membentang sepanjang 156 meter melintasi Sungai Batang Aru. Siti Nurbaya mendapat namanya karena berfungsi sebagai pendekatan penghubung ke Gunung Padang, latar novel klasik Siti Nurbaya.

Tempat Anti Mainstreem Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini sering dijadikan tempat untuk menikmati panorama sunset yang menghadap ke kota tua Padang.

Museum Adityawarman sering disebut sebagai Taman Miniatur Sumatera Barat. Wisata Padang terletak di atas lahan seluas sekitar 2,6 hektar, dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Museum Adityawarman menyimpan koleksi benda-benda bersejarah Minangkabau dan warisan budaya nasional.

Di antara berbagai koleksi di sini, yang paling terkenal adalah Rumah Bagonjong atau Rumah Banjuang yang berarsitektur khas Minang.

Masjid Agung Sumatera Barat terkenal dengan arsitekturnya yang unik. Masjid ini tidak memiliki kubah, namun menggunakan arsitektur Rumah Gadang dengan empat sudut tajam khas budaya Minangkabau. Bangunan Masjid Agung Sumatera Barat berbentuk lonjong dengan luas 18.000 m2.

Kabar Gembira! Pemko Padang Putuskan Semua Objek Wisata Tetap Buka Selama Liburan Tahun Baru

Juga dikenal sebagai Taman Sitti Nurbaya atau Taman Gunung Padang, merupakan taman yang terletak di atas bukit dengan pepohonan rindang yang hijau. Taman ini terletak di sebelah barat kota Padang yang dihubungkan oleh jembatan kota Nurbaya. Di taman ini Anda bisa menemukan tumpukan batu yang diyakini sebagai makam Sitti Nurbaya.

Miniatur ini terletak di Masjid Noor Zikrillah di Mekah Madinah. Masjid ini terletak di Lubuk Minturan, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Seperti namanya, miniatur Mekkah di sini merupakan kompleks masjid yang didesain menyerupai kota Mekkah di Arab Saudi, tempat ziarah bagi umat Islam.

Beragam koleksi hewan seperti unta, ular sanca dan ikan besar juga dipelihara di tempat ini. Di tempat yang sama terdapat sentuhan wisata spiritual, wisata alam dan wisata edukasi.

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Kota Tua Padang merupakan rangkaian bangunan tua yang usianya hampir ratusan tahun. Wisata padang ini terbentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gdang, Batang Arau, Tanah Kongsi hingga kawasan Pondok. Kota Tua Padang sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

Objek Wisata Menarik Di Timur Kota Padang, Nomor 8 Viral Di Tiktok

Pulau Pasumpahan terletak di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berjajar dengan air laut biru jernih sejauh mata memandang. Daya tarik lain dari tempat wisata di Padang ini adalah permukaan lautnya yang tampak terbagi menjadi tiga warna dengan angka yang jelas, hijau dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

Pulau Sikuai adalah salah satu pulau di sisi barat Pulau Sumatera. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah kecamatan Bungas Teluk Kabung, Kota Padang.

Pulau ini memiliki iklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis alami. Sekitar 2,4 hektar pulau telah digunakan sebagai area piknik, sedangkan sisanya masih berupa hutan dan pantai.

Pulau Sirandah adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungas Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah. Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih, dengan banyak jenis pohon tinggi seperti kelapa, semak dan bakau.

Rekomendasi Wisata Hits Di Pulau Jawa Yang Bikin Jatuh Hati

Air Terjun Sarasah adalah tujuan wisata populer di Padang. Dulu air terjun ini disebut Sarasah Banyak Gariang karena banyak ikan gariannya. Air terjun ini memiliki 2 tingkat. Di tingkat pertama, air meluncur di atas batu-batu yang tersusun rapi seperti piramida dan tingginya sekitar 15 meter, kemudian di tingkat kedua, air meluncur melalui saluran sungai yang sempit. Tingginya sekitar 25 meter.

Air Terjun Lubuk Hitam secara administratif berada di Desa Teluk Kabung Uttara, Kecamatan Bungas Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah. Ketinggian masing-masing air terjun berkisar sekitar 2 meter, 10 meter dan 20 meter.

Air Terjun Lubuak Tampuruang terletak di Gunung Sarik, Kuranji, Padang. Lubuak memiliki air terjun kecil dari Sungai Tempuruang yang alirannya tidak terlalu deras. Kata lubuak tempuruang berasal dari kata lubuak yang berarti kolam alami dan tempuruang yang berarti tempurung kelapa. Nama ini diambil dari bentuk air terjun kecil dan sungai yang berbentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa.

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Lubuak Rantiang adalah tempat wisata di Padang yang berupa air terjun dengan danau di sungainya. Situs ini terletak di kawasan Sungai Bangek. Meski tingginya hanya 6 meter, air terjun yang dikenal dengan nama Lubuk Ngalauan atau Sarasah Lubuk Rantiang ini menawarkan panorama yang indah. Belum lagi dilengkapi dengan air jernih berwarna kehijauan yang sangat menyegarkan untuk mandi.

Tempat Wisata Padang Padang

Wisata Padang Lubuk Parku terletak di Desa Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Tempat wisata Sungai Lubuak Parku ini terletak di sepanjang jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Air sungai Taman Lubuk masih jernih sehingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil dapat terlihat dengan sangat jelas.

Seperti namanya, Pemandian Lubuk Minturan berupa Lubuk yang terletak di Lubuk Minturan yang merupakan bagian dari Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pemandian ini dibuat secara alami dan sudah sangat tua. Konon menurut cerita, dulunya tempat ini merupakan tempat pemandian wanita Belanda. Daerah sekitar tempat ini sejuk karena suasana rindang yang masih asri.

Danau Simpago terletak di Desa Purus, Kecamatan Padang Barat, Purus, Padang. Danau seluas dua hektar ini awalnya dibangun sebagai drainase pengendali banjir di Kota Padang, yang kemudian difungsikan sebagai lokasi ekowisata bagi masyarakat sekitar. Tempat wisata ini dipadati oleh wisatawan lokal dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan.

Tempat wisata di Padang selanjutnya adalah Air Terjun Koto Pulai Dam. Seperti namanya, bendungan ini berbentuk seperti Air Terjun Niagara. Lokasinya adalah Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Destinasi Wisata Malaysia Anti Mainstream 2019!

Awalnya, Bendungan Koto Pulai bukanlah tujuan wisata, namun karena pemandangannya yang indah dan bentuknya yang menyerupai Air Terjun, pengunjung mulai mengunjungi tempat itu untuk jalan-jalan. Dikenal sebagai pusat perdagangan sejak abad ke-16, Padang berkembang pesat. Kota terbesar di pantai barat Sumatera dan berfungsi sebagai ibu kota provinsi Indonesia Sumatera Barat. Berlokasi strategis di jantung Sumatera Barat dan terhubung dengan pelabuhan, menjadikannya titik transit yang sangat baik bagi mereka yang ingin mengunjungi pulau dan wilayah sekitarnya. Banyak backpacker yang melewati kota ini, sehingga jumlah akomodasi yang terjangkau pun banyak.

Padang juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, makanan khas lokal di sini terkenal di seluruh Indonesia karena kepedasannya yang unik dengan saus dan sup yang luar biasa. Padahal, hampir setiap kota besar lainnya di Indonesia memiliki restoran Padang. Padang juga terkenal dengan gaya arsitekturnya yang menjadi ciri khas rumah adat Minangkabau, Rumah Gadang. Ada 3 suku utama yang berasal dari daerah ini, yaitu Minangkabau, Mentawai dan Nias. Selama abad ke-20, banyak pemukim dari Jawa, Batak, Madura dan daerah lain juga datang untuk menetap dan tinggal bersama penduduk setempat.

Padang memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan yang indah, jika anda ingin berlibur di tempat yang memiliki lokasi yang tepat maka anda pasti tidak akan kecewa, tapi anda akan mengalami kesenangan,

10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di kintamani yang wajib dikunjungi, tempat wisata bali yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapore yang wajib dikunjungi, tempat wisata yogyakarta yang wajib dikunjungi, tempat wisata di medan yang wajib dikunjungi, tempat wisata di thailand yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bangkok yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapura yang wajib dikunjungi, tempat wisata di semarang yang wajib dikunjungi, tempat wisata yang wajib dikunjungi di padang, tempat wisata di belitung yang wajib dikunjungi, 10 tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungi

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top