Connect with us

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Informasi

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen – Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, meski sempat menjadi perbincangan karena hutan di sana terbakar, namun peminatnya tak pernah sepi di destinasi wisata ini. kenapa begitu? Demikian sekilas tentang Kawah Ijen.

Tahukah Anda bahwa kawah IJen adalah kawah gunung yang berada di bawah laut pada zaman dahulu. Pergerakan tektonik membuat kawah ini dikelilingi oleh daratan. Hal inilah yang membuat kawah ini begitu menarik baik dari segi bentang alam untuk pariwisata maupun dari segi sejarah dan formasinya. Selain itu kawah ini mengandung belerang yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik nasional maupun mancanegara. Tentu Anda juga tertarik bukan?

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Kawah Ijen memamerkan jenis letusan gunung berapi khusus yang umum di Indonesia, dengan diameter sekitar 1 kilometer dan kedalaman 175 meter. Lantainya tertutup sepenuhnya oleh danau pirus hangat yang ditahan oleh bendungan yang dibangun oleh Belanda bertahun-tahun yang lalu untuk menjaga agar air panas yang kaya mineral tidak tumpah ke tanah tanaman di bawahnya.

Kawah Ijen, Wisata Menantang Di Jawa Timur Mengisi Libur Lebaran

Kawah Ijen Banyuwangi di Jawa Timur dapat dicapai dari timur atau barat dengan kendaraan apa pun, tetapi perjalanan bagian kedua menempuh jarak 3 km dengan berjalan kaki (jalur hutan). Namun, yang terakhir adalah rute yang paling populer, karena hanya membutuhkan waktu satu setengah jam berjalan kaki dari ujung jalan setapak ke tepi danau. Dan berjalan-jalan di sekitar danau membutuhkan waktu seharian. Anda juga bisa mencari akomodasi atau hotel di Banyuwangi jika tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu di jalan.

Ya, selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga menjadi tempat aktif para penambang lokal. Jadi hampir setiap hari Anda akan melihat penambang mengumpulkan belerang sebagai komoditas utama di desa.

Pada malam hari, suhu turun, di dekat tepi kawah bisa turun 5 ° Celcius. Jalan berakhir di Jumpita, tempat perlindungan yang sangat mendasar. Anda juga bisa tidur di stasiun vulkanik tua di atas bukit, yang sekarang digunakan oleh pengumpul belerang, tetapi Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu.

Sulfur diangkut seluruhnya dengan berjalan kaki. Kuda digunakan di masa lalu, tetapi terbukti kurang praktis di medan berbahaya. Saat ini, tambang tersebut menghasilkan sembilan hingga dua belas ton belerang per hari di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen merupakan destinasi wisata alam di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada hari biasa, jumlah pengunjung Kawah Ijen rata-rata hanya beberapa ratus orang, namun pada akhir pekan bisa mencapai lebih dari 2.000 orang. Apalagi di momen-momen tertentu, misalnya akhir tahun bisa lebih dari 4 ribu pengunjung.

Pesona Kawah Ijen Dan Blue Fire Yang Menakjubkan

Panorama yang indah dan udara yang sejuk menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke kawasan ini. Apalagi dengan fenomena blue fire yang hanya ada 2 di dunia yaitu di Islandia dan di kawah Ijen Banyuwangi.

Fenomena api biru ini membuat perjalanan ini begitu terkenal di luar negeri. Berikut beberapa tempat wisata Kawah Ijen Banyuwangi.

Kawah yang luasnya 20 km² ini dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300-500 meter. Selain itu, kandungan asam di kawah mendekati nol dan suhu mencapai 200 derajat Celcius, yang berarti air di kawah cukup untuk melelehkan pakaian tubuh manusia dalam waktu singkat. Tapi jangan khawatir, kawah ini tidak berbahaya selama Anda menjaga jarak aman. Hanya karena kandungan belerangnya sangat tinggi, Anda perlu memakai masker untuk bernapas dengan nyaman. Untuk menikmati keindahannya, Anda bisa pergi dari Banyuwangi ke Paltuding, titik akhir tujuan wisata Kawah Ijen Banyuwangi. Dari Paltuding, Anda harus mendaki sekitar dua jam untuk mencapai puncak kaldera yang merupakan tempat terdekat untuk melihat keindahannya. Dari sini Anda bisa melihat lautan kawah Tuscan yang hijau dengan kepulan asap. Ini adalah pesona alam yang sangat menakjubkan.

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Anda dapat memulai perjalanan ini dari dua tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi atau dari Bondavos.

Catat 5 Tempat Wisata New Normal Di Jawa Timur

Perjalanan dimulai dari gerbang utama menuju cagar alam yang terletak di Paltuding, yang juga merupakan pos PHPA (Perlindungan dan Konservasi Hutan). Awalnya para pendaki mendaki hingga 2 km, jalur awal ini cukup sulit karena menanjak. Sebagian besar trek ini memiliki kemiringan 25-35 derajat.

Paltuding merupakan kawasan yang luas dan memiliki fasilitas yang memadai. Tersedia tempat parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan roda dua dan empat. Terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan mushola. Beberapa tempat makan juga sudah berjejer di Paltuding.

BACA JUGA!!!  10 Rekomendasi Hotel Bintang 3 Di Bandung Yang Terbaik

Biasanya, pendaki di kawah ini adalah pemula yang bahkan mungkin belum pernah mendaki sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan jasa pemandu lokal yang merupakan penambang belerang dan sudah familiar dengan area pendakian.

Sebelum mencapai puncak, ada jembatan timbang yang lebih dikenal dengan Bunder Cottage. Situs yang berada di ketinggian 2.226 m ini merupakan tempat penimbangan belerang yang digali oleh para penambang di sekitar kawah. Dan di dekat gubuk Bandera adalah pos terakhir sebelum dia mencapai puncak kawah,

Wisata Kawah Ijen

Setelah beristirahat di Pondok Bunder, pendakian selanjutnya agak terjal dan licin. Namun, trek selanjutnya hingga 1 km relatif landai. Jangan khawatir, pendaki akan mendapatkan pemandangan pegunungan yang sangat indah.

Untuk turun ke kawah, seseorang juga harus melintasi medan berbatu setinggi 800 meter dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Fenomena api biru menjadi daya tarik wisata utama di Kawah Ijen Banyuwangi. Api biru disebabkan oleh penguapan belerang, yang tampak biru cerah dan tampak seperti api di malam hari. Dari atas tebing di Ienfjall Anda bisa melihat keajaiban api biru. Pemandangan menakjubkan ini menarik banyak wisatawan, banyak wisatawan mengabadikan api biru ini dengan kamera profesional.

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Anda tidak dapat melihat api biru sepanjang waktu. Ada waktu tertentu untuk melihat kecantikannya. Biasanya blue fire muncul dari pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Api biru hanya terlihat oleh mata manusia tanpa adanya cahaya dan kegelapan, jadi waktu yang ideal untuk melihatnya adalah antara pukul 2 dan 4 pagi. Bisa dibilang beruntung jika berhasil melihat fenomena langka dan unik ini.

Paket Wisata Open Trip Kawah Ijen, De Djawatan, Pulau Merah Dan Baluran

Anda tidak hanya bisa menikmati panorama alam perjalanan, tapi juga menyaksikan aktivitas para penambang. Penambang turun ke dasar kawah setiap hari untuk mengumpulkan belerang.

Setelah mengumpulkan belerang, mereka membawanya dan menyimpannya di atas gunung. Penambang memiliki keberanian seperti itu dan melakukannya hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh mereka. Namun, jalannya cukup curam dan licin.

Jadi Anda tidak perlu heran jika melihat penambang belerang turun gunung dengan bongkahan besar belerang ini.

Kawah Ijen Banyuwangi juga menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang indah. Begitu sampai di sana, ada proses indahnya matahari terbit di Gunung Ijen. Dari atas Yenfjall Anda juga bisa melihat pesona indah pegunungan di daerah lain seperti Suketfjall, Raungfjall dan Ranthefjall.

Kawah Ijen Kembali Dibuka Untuk Wisatawan Domestik

Saat matahari mulai terbit dan menyinari kawasan kawah, sinar matahari keemasan memantul di kawah biru-hijau, membuat wisatawan betah berada di atas Kawah Ijen untuk waktu yang lama.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Kawah Ijen Banyuwangi yang bisa anda kunjungi. Anda tidak hanya bisa menikmati Kawah Tosca yang berwarna-warni, tetapi juga banyak tempat wisata lainnya. Yuk ajak teman dan keluargamu jalan-jalan ke Kawah Ijen!

Kamil, S. (2017, 2 Januari). Pengaruh daya tarik wisata dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung g. Diakses pada 10 Juni 2021, dari https://www.bing.com/search?q=kawah+ijen+jurnal&cvid=bcf720edd73743a184e96188089708b5&aqs=edge..69i57.50&822j1&p3FORM Agen Perjalanan Online Agen Perjalanan AsN&P3TAJ201, Penetapan Harga dan Rute Tinggalkan komentar Tips Kawah Ijen Banyuwangi”. Gunung Ijen atau Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur dan juga wisata alam yang terkenal dalam kategori tempat wisata populer di Banyuwangi, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ijen juga salah satu dari pegunungan di Surabaya, Jawa Timur yang dapat didaki (berjalan) dan masih aktif hingga saat ini.

Wisata Jawa Timur Kawah Ijen

Saat ini Jawa Timur menjadi andalan pariwisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Setelah Batu, Malang, Prabaling dan Surabaya, Banyuwangi juga memiliki beberapa pilihan wisata yang sangat menarik untuk dilewatkan. Dari pantai hingga pegunungan, Banyuwangi layak menjadi prioritas yang menarik bagi wisatawan dan menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dataran Tinggi Ijen: Cagar Alam Dan Taman Wisata Alam

Setelah wisata Gunung Bromo dan Gunung Semeru, wisata Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu rangkaian gunung berapi di Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Gunung Merapi (Jawa Timur juga memiliki gunung dengan nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi).

Kawah Ijen Banyuwangi merupakan danau belerang dengan luas sekitar 54 ha, dengan ketinggian permukaan kawah sekitar 2.148 m di bawah permukaan laut, tepi kawah 238 m di atas permukaan laut dengan kedalaman 200 m. sekitar 36.000.000 m air asam yang sangat panas.

Sedangkan untuk iklim, suhu udara minimum mencapai 2 derajat Celcius, suhu maksimum 18 derajat Celcius. Kondisi geografis dan bentang alam di sekitar Kawah Ijen memungkinkan tumbuhnya beberapa jenis tanaman seperti rerumputan, anggrek, pinus gunung, jamuju, eidelweiss dan beberapa tanaman lainnya. Keindahan alam di sekitarnya tidak akan lengkap tanpa didukung oleh keindahan pegunungan

Info wisata kawah ijen, wisata kawah ijen, paket wisata kawah ijen, wisata kawah ijen bondowoso, wisata kawah ijen dibuka, wisata dekat kawah ijen, taman wisata kawah ijen, wisata di kawah ijen, wisata banyuwangi kawah ijen, tempat wisata kawah ijen, wisata ke kawah ijen, wisata sekitar kawah ijen

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top