Connect with us

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Informasi

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi – Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Kota ini juga merupakan kota terpadat di Kalimantan. Selama ini Samarinda dikenal dengan motif kain tenun kotak-kotak berbagai warna. Padahal, kota ini memiliki banyak potensi wisata selain kain tenun khasnya.

Dibandingkan dengan banyak kota lain di Indonesia, pariwisata di Samarinda belum banyak dikenal. Namun sebenarnya ada banyak tempat wisata di kota ini yang layak untuk dikunjungi. Berikut 10 tempat wisata di Samarinda yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia:

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Air terjun Tanah Merah terletak di desa Purvosari kecamatan Samaritan Utara atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum, Anda hanya perlu naik angkot untuk menuju Pasar Segiri – Sungai Siring.

Wisata Samarinda, 10 Tempat Keren Untuk Menjadi Destinasi Liburanmu

Air terjun setinggi 15 meter ini cukup unik. Air yang mengalir akan terlihat bersih dan jernih, namun saat turun air akan berubah menjadi keruh dan kemerahan. Karena tanah di sini adalah jenis gambut. Meski begitu, tempat wisata di Samarinda ini masih banyak dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Jika tidak ingin bermain air dan basah kuyup, Anda bisa duduk-duduk di gazebo sambil menikmati keindahan air terjun ini. Selain bersantai di gazebo, Anda juga bisa mengenyangkan perut di stan makanan terdekat. Di area air terjun ini juga terdapat taman bermain anak jika Anda membawa anak-anak.

Wisata budaya banyak diminati karena selain melihat budaya lokal, Anda juga bisa belajar tentang budaya lain. Di Samarinda, ada destinasi wisata budaya yang populer yaitu Kampung Budaya Pampang.

Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenya. Banyak wisatawan luar kota maupun mancanegara mengunjungi tempat wisata ini di akhir pekan. Setiap hari Minggu, dari pukul 13:00 hingga 15:00, ada pertunjukan seni di lamina atau paduan suara desa. Struktur ini unik karena merupakan rumah tradisional Dayak dengan ukiran suku.

Kawasan Betapus Jadi Objek Wisata Baru

Sangat menarik bahwa semua penduduk desa akan mengenakan pakaian tradisional mereka selama pertunjukan seni. Anda juga bisa menyewa pakaian adat untuk berfoto dengan latar belakang rumah adat Dayak. Selain itu, desa ini memiliki toko suvenir yang menjual berbagai kerajinan lokal.

Kebun Raya Unmul Samarinda berjarak 10 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini merupakan hutan pendidikan milik Universitas Mulawaman, namun terbuka untuk umum. Wisatawan hanya perlu membayar Rs 5.000 per orang untuk mengunjungi kebun raya ini.

Ada sebuah danau besar di sekitar kebun raya di mana Anda dapat menyewa sepeda air dan berkeliling. Jika ingin berkeliling kawasan, Anda bisa menggunakan mobil. Selain itu, tempat wisata di Samarinda ini juga memiliki kebun binatang mini dan museum kayu dengan informasi tentang jenis-jenis kayu di Kalimantan.

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Samarinda ini merupakan kawasan hijau yang sering dijadikan sebagai tempat perkemahan. Meski tidak berkemah di sini, Anda tetap bisa menikmati keindahan Danau Batu Besaung Permai ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Populer Di Bontang, Kalimantan Timur

Ketinggian tanah di daerah ini berbeda sehingga sungai yang melewatinya terlihat seperti air terjun kecil. Anda bisa bermain dengan berendam di tangki air dangkal. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di kawasan ini untuk melihat keindahannya.

Pulau Kumla adalah tempat wisata di Samarinda yang terletak di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini telah terbentuk oleh akumulasi lumpur di sungai. Jika dilihat, bentuknya yang memanjang menyerupai perahu yang terbalik.

Objek wisata ini konon mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Hal ini karena Pulau Kumla melambangkan budaya Kalimantan, mulai dari bangunan tradisional, candi dan patung banteng.

Selain bangunan bernilai budaya lokal, ada juga wahana permainan modern seperti menara setinggi 75 meter, kereta mini, kereta gantung, dan korsel. Jika ingin bermalam, ada DJS Resort yang menawarkan cottage dan kolam renang.

Rekomendasi Destinasi Wisata Di Kaltim, Calon Ibu Kota Baru Indonesia

Tempat wisata ini terletak di sebelah barat kota Tengarong kabupaten Kutai Kartanegara atau 44 km dari kota Samarinda. Untuk menuju Pulau Kumala, Anda dapat menyeberang dari Tenggarong dengan menggunakan perahu motor atau kereta gantung.

Tempat wisata ini tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda, lebih tepatnya di jalur Samarinda – Bontang KM 15. Taman Hiburan Lembah Hijau memiliki camp, flying fox, hutan replika, kolam renang, taman bermain anak, gazebo, kolam pemancingan. dan kafetaria.

Selain sebagai tempat wisata di Samarinda yang banyak dikunjungi keluarga, taman ini juga dijadikan sebagai tempat liburan anak sekolah dan karyawan banyak perusahaan.

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Biaya masuk ke Taman Rekreasi Lembah Hijau adalah INR 5.000 per orang. Untuk tiket keluar Anda akan dikenakan biaya sebesar INR 180.000 per orang.

Yang Hijau Hijau Di Wisata Mangrove Muara Badak

Masjid ini terletak di desa Teluk Lerong Ulu di Samarinda. Dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008, Masjid Islamic Center telah menjadi salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi di kota ini.

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubahnya yang sangat besar. Masjid ini memiliki menara utama setinggi 99 meter yang merupakan Asmaul Husna dan enam menara kecil yang melambangkan rukun iman. Selain itu, ada 33 anak tangga menuju lantai utama masjid, banyak dengan tasbih.

Tak hanya sebagai tempat sholat, masjid ini juga menjadi tempat wisata. Banyak wisatawan yang datang dari kota lain untuk melihat kemegahan masjid ini. Pada malam hari, Masjid Islamic Center Samarinda dengan latar belakang Sungai Mahakam terlihat sangat indah dari kejauhan.

Salah satu ciri khas kota Samarinda adalah kain tenunnya. Kain khas Samarinda menampilkan motif kotak-kotak yang indah. Jika ingin membeli kain ini sebagai oleh-oleh, datanglah ke Kecamatan Samarinda Seberang. Dua desa, Kampung Baka dan Kampung Masjid, menjadi sentra kerajinan ini.

Wisata Pantai Duta Pemedas Di Samboja, Destinasi Yang Jadi Rekomendasi

Kedua desa ini menarik wisatawan dari luar kota. Di sini, selain membeli kain, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih sangat sederhana karena alat tenun masih digunakan sebagai pengganti mesin yang disebut ‘Gedokan’.

Dibutuhkan 3 hingga 7 hari untuk membuat kanvas tenun, tergantung pada tingkat kerumitan tampilan yang diinginkan. Tak heran, harga per potongnya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Jika menginginkan motif yang berbeda dari yang lain, Anda bisa memesannya terlebih dahulu.

Air terjun ini terletak di Severna Sempaja, desa Severna Samarinda. Air Terjun Penang Seribu memiliki bentuk yang unik karena memiliki anak tangga seperti tangga dan dapat dinaiki. Aliran airnya tidak terlalu deras, sehingga relatif aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Selain bermain air, Anda bisa menyewa perahu pedal seharga Rs 15.000 untuk berkeliling danau buatan. Anda juga dapat membayar Rs 10.000 untuk memancing tanpa batas di danau. Ada juga banyak gazebo untuk bersantai sambil menikmati makan siang Anda. Jika Anda masih ingin tinggal lebih lama di destinasi wisata ini, Anda bisa menginap di vila-vila yang ada di kawasan ini.

Berwisata Di Pantai Panrita Lopi Muara Badak Pada Masa Pandemi

Pulau Padi Basah terletak di Bontang, Kalimantan Timur, di Selat Makassar. Dibutuhkan sekitar 3 jam untuk mencapai tempat wisata ini dari Samarinda. Panjangnya perjalanan akan terbayarkan saat melihat keindahan Pulau Beras Bassa.

Pemandangan pasir putih dan airnya yang biru jernih akan membuat Anda lupa akan perjalanan panjang menuju ke sini. Mercusuar yang tinggi dan tidak digunakan juga akan menyambut Anda. Keindahan pulau ini tidak hanya sebatas pasir putih dan panorama pantai, alam bawah laut Pulau Beras Basa juga sayang untuk dilewatkan.

Jangan lupa untuk membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tidak berpenghuni. Untuk akomodasi bermalam, Anda akan menemukannya di kota Bontang.

Bagi Anda yang berada di kawasan Thamrin dan ingin berkunjung ke mall, jangan lupa untuk mengunjungi Sarina. Setelah bertahun-tahun tidak aktif…

Tempat Wisata Di Samarinda Yang Bikin Traveler Ketagihan

Bagi Anda pecinta ramen, kini hadir restoran ramen baru di Jakarta. Restorannya adalah Aathman Sudirman. Ini menawarkan berbagai varietas ramen…

The Glass House Bogor (theglasshouseresto) Banyak yang mengatakan bahwa The Glass House Bogor Restaurant adalah restoran lama dengan wajah baru. Ya…

Bagi warga Bandung dan sekitarnya yang mencari tempat hang out yang nyaman, menyenangkan dan terbuka, Armor Authentic Bandung adalah tempat yang wajib…

10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

Eksterior Utara Cafe (utaracafe) Menikmati sejuknya suasana kota Bandung tidak lengkap tanpa kopi, teh atau barbeque. Nah, buat kamu… ketika mendengar tentang pariwisata di Kalimantan Timur, kamu langsung teringat dengan keindahan Pulau Derawan. Namun tidak hanya itu, ternyata Samarinda yang merupakan ibu kota Kalimantan Timur ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Wisata Samarinda

Tempat Wisata Unggulan Di Sumatera Barat Yang Wajib Di Kunjungi

Samarinda menawarkan wisata alam dan budaya. Anda juga bisa melihat sisi lain dari panorama Kalimantan Timur yang menarik, serta pajangan budaya yang memperkaya wawasan Anda. Jadi jangan lewatkan berbagai tempat rekomendasi Indonesia di bawah ini ya!

Seperti namanya, Mahakam Lantern Garden menampilkan berbagai lampion sebagai daya tarik utamanya. Apalagi lokasinya yang berada di tepi Sungai Mahakam pasti akan membuat acara santai Anda semakin menyenangkan.

Kandil Udyan, yang buka hari ini mulai siang, akan menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan hari. Lampion saat ini memiliki berbagai tema seperti binatang, simbol terkenal dari berbagai negara hingga nuansa horor. Ada juga wahana akuarium digital yang asyik, apalagi jika Anda berkunjung bersama si kecil.

Taman Teluk Lerong menawarkan pengalaman yang berbeda jika dikunjungi pada siang dan malam hari. Berada di tepian Sungai Mahakam, Anda pasti bisa bersantai sambil memandangi permukaan sungai yang tenang dan tenteram. Pada siang hari, taman ini menyuguhkan keindahan pepohonan yang rindang dan terawat. Saat matahari terbenam di sore hari, Anda dapat menemukan sudut yang sempurna untuk melihat langit matahari terbenam yang indah. Pengalaman yang tak terlupakan dijamin!

Tempat Wisata Kuliner 2021 Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Sawah ini menjadi objek wisata yang terkenal di Samarinda. Jika Anda warga Jakarta yang belum pernah mengunjungi persawahan, Sawah Betapas bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu

Tempat wisata di kintamani yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapore yang wajib dikunjungi, tempat wisata di medan yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bangkok yang wajib dikunjungi, tempat wisata di semarang yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapura yang wajib dikunjungi, tempat wisata bali yang wajib dikunjungi, tempat wisata di thailand yang wajib dikunjungi, tempat wisata di belitung yang wajib dikunjungi, 10 tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungi, tempat wisata yogyakarta yang wajib dikunjungi, tempat wisata jepang yang wajib dikunjungi

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top