Connect with us

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Informasi

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Tempat Wisata Di Lombok Tengah – Kawasan dengan ibu kota Praia ini memiliki pantai-pantai keren yang lebih banyak dikembangkan sebagai destinasi wisata dibandingkan kawasan lain di pulau yang sama. Selain itu, ada pilihan wisata petualangan ke Gunung Ranjani dan wisata budaya ke desa adat. Berikut adalah 10 tempat wisata terindah di kawasan Lombok Tengah.

Pantai Kuta dikenal sebagai pusat berkumpulnya bule di Bali, ternyata ada juga pantai bernama Kuta di kawasan Lombok Tengah. Pantai ini terletak di desa Kota yang berjarak 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Memang benar pantai Kota Mandalika di Lombok tidak seluas di Bali, namun pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan menarik.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Penduduk setempat menyebut Pantai Kuta sebagai Scenic Beach. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai ini terus meningkat, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai ini termasuk pantai selatan sehingga memiliki ombak yang cukup bagus untuk aktivitas selancar. Namun, alam bawah laut pantai ini tidak bisa diremehkan, cobalah snorkeling di sana untuk menyaksikan keindahan biota lautnya.

Liburan Ke Lombok? Jangan Lupa Untuk Mengunjungi 10 Tempat Menawan Ini!

Selain Pantai Kuta, nama Pantai Selung Belanak tidak bisa diabaikan sebagai salah satu spot paling populer di daerah tersebut. Pantai ini memiliki pantai yang panjang dengan perbukitan di kanan dan kirinya. Menariknya, traveler bisa dengan nyaman berselancar dan snorkeling di pantai ini.

Meski terletak di selatan menuju Samudera Hindia, Pantai Selung Belank masih menjadi sudut yang aman untuk berenang dan snorkeling. Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini bisa langsung tancap gas ke desa Mackerasari, kecamatan Praia Barat yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat kota Mataram.

Pantai Maven menjadi alternatif pilihan wisata bagi para pelancong yang tidak menyukai keramaian. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Selung Belank, hanya 10 menit saja. Secara administratif, Pantai Maon terletak di Kecamatan Desa Tampak, Kecamatan Pujot, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Maun memiliki pantai pasir putih dan air laut biru jernih. Hanya saja pantai ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga wisatawan yang ingin berenang harus selalu mewaspadai keberadaan ombak besar. Dibandingkan dengan Pantai Selung Belank, Pantai Mawun lebih sepi sehingga cocok untuk traveler yang lebih suka menyendiri.

Wisata Ke Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah

Kembali ke Desa Kuta, Kecamatan Pujot, wisatawan dapat mengunjungi Pantai Tanjung On. Pantai ini sangat unik karena memiliki dua jenis pasir yang berbeda. Di satu sisi pantai ini terdapat pasir berupa butiran putih halus dan di sisi lain butirannya kasar dan seperti merica, oleh karena itu disebut juga Pantai Lada.

Pantai Tanjung On memiliki pantai terpanjang di Lombok. Penduduk setempat begitu panjang sehingga mereka membaginya menjadi tiga bagian dengan nama yang berbeda, antara lain Pantai Semara, Pantai Batu Kotak, Pantai Orong Pandan. Sebagian besar pengunjung menghabiskan waktunya dengan berjemur dan berenang di pantai ini.

Ada satu pantai yang akhir-akhir ini menjadi hits karena dijadikan lokasi syuting iklan produk, yaitu Pantai Batu Pyeong. Ini adalah lempengan karang di pantai yang berdiri di tengah laut dengan bebatuan tinggi yang konon menyerupai payung.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Menikmati pantai ini tergantung pada air pasang. Saat air surut pantai ini dapat dicapai dengan trekking melewati perbukitan di ujung Pantai Tanjung On atau pilihan lainnya adalah dengan menyeberang menggunakan perahu. Pantai Batu Pyeong dikenal sebagai tempat yang indah untuk mengabadikan keindahan matahari terbenam.

Lokasi Wisata Yang Baru Dan Tersembunyi Di Lombok Timur

Pantai Gerupuk adalah tujuan selancar bagi para peselancar dari seluruh dunia. Terletak di Desa Gerupuk Lombok Tengah, pantai ini memiliki 5 spot surfing untuk tingkat pemula hingga mahir. Ketinggian ombak di pantai ini juga lebih dari 3 meter dari cahaya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Giropuk adalah pada bulan Oktober hingga April saat ombak sedang tinggi. Namun bagi pengunjung yang tidak bisa berselancar, mereka bisa bersantai di pantai sambil bermain air dan pasir.

Selain menikmati keindahan alam wisatawan di Lombok Tengah, jangan lewatkan wisata budayanya. Salah satu pilihan adalah mengunjungi Desa Sukarara, desa kecil yang menjadi salah satu sentra tenun tradisional di Lombok alias Songkat.

Desa Sukarara berjarak sekitar 25 km dari kota Mataram yang dapat ditempuh dengan mobil dan memakan waktu sekitar 30 menit dengan mobil. Sebagian besar perempuan yang tinggal di desa ini bekerja sebagai penenun, keterampilan yang mereka warisi dari nenek moyang. Wisatawan yang berkunjung dapat mempelajari cara menenun ‘songket’ untuk berbelanja pakaian dan barang-barang lainnya di desa ini.

Tempat Wisata Lombok Paling Oke Yang Harus Kamu Datangi

Destinasi liburan terakhir di Lombok Tengah yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Wisata Sade, sebuah dusun yang terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut. Kampung Suku Sasak ini terletak di sepanjang jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan wilayah Lombok bagian selatan.

Desa wisata Sade dihuni oleh suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyangnya. Hal yang menarik dari desa ini adalah rumah adat suku Sasak yang terbuat dari kotoran sapi akan terlihat mengkilat. Pengunjung bisa membeli banyak oleh-oleh dan baju songket buatan orang Sasak.

Bukit Maria merupakan ikon wisata Lombok yang sangat menarik. Hamparan perbukitan hijau di sepanjang pantai akan membuat Anda langsung jatuh cinta. Karena itulah tempat ini disebut juga Bukit Cinta. Sebelum sampai di tujuan Anda bisa mampir ke beberapa pantai lain seperti Pantai Kota dan Pantai Seger. Jika berangkat dari Mataram, cukup menempuh perjalanan selama dua jam.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Lombok Tengah memiliki air terjun yang unik dan indah bernama Air Terjun Benang Kelambu. Dinamakan demikian karena turun dari ketinggian 40 meter, menyerupai kelambu putih panjang. Air terjunnya juga sangat halus sehingga pengunjung tidak merasa tidak nyaman saat bermain di bawahnya.

Tempat Camping Terbaik Di Lombok Tengah Yang Lagi Hits (2022)

Anda bisa menemukan Air Terjun Bunning Kalambu di sebuah desa barak. Anda harus memiliki akses ke sana jika Anda trekking di medan yang curam. Air terjun ini terdiri dari 2-3 tingkat dengan dinding batu yang rimbun diselimuti tanaman hijau. Kondisi seperti itu membuat lingkungan di sekitar Air Terjun Benang Kalambu terasa lebih sejuk dan asri.

Sekitar 30 menit berkendara dari Air Terjun Benang Kalambu, traveler akan menemukan air terjun lain yang dikenal dengan nama Benang Stokal yang tak kalah indahnya. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Ranjani pada ketinggian 552 meter di atas permukaan laut. Nikmati alam sekitar untuk mengisi kembali energi yang hilang selama perjalanan menuju venue.

Dalam bahasa Sasak, benang stokal berarti seikat benang yang mengacu pada bentuk air terjun yang terbentuk dari seutas benang yang diikat menjadi satu. Air Terjun Benang Stokal juga memiliki 3 jalur paralel. Adanya tanaman hijau yang menempel di dinding batu membuat pemandangan di sekitar air terjun ini terlihat lebih fotogenik.

Padahal, masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Lombok Tengah, khususnya pantai. Jadi, buruan rencanakan liburan di Lombok Tengah.Umumnya tempat wisata di Pulau Lombok menjadi salah satu favorit yang sering dikunjungi wisatawan.

Twa Gunung Tunak, Persembahan Kecantikan Alam Di Lombok Tengah

Pariwisata di Lombok terkenal secara internasional. Wisata alam menjadi favorit para wisatawan.

Selain pantai dan pegunungan, wisatawan tertarik dengan kearifan lokal di Lombok. Semua tempat wisata di Lombok memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing.

Seperti dilansir .com pada 2 Februari 2021 melalui Youtube Lembayin, berikut 7 wisata Lombok yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Pantai Kuta tidak hanya di Bali, ada juga Pantai Kuta di Lombok yang tidak kalah eksotisnya dengan Pantai Kuta di Bali. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu pantai yang terletak di dekat Bandara Internasional Lombok.

Tempat Wisata Alam Tersembunyi Di Lombok Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pantai Senggigi kini telah menjelma menjadi destinasi wisata yang paling digandrungi para wisatawan. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan pasir putih yang membuat pantai ini terlihat semakin indah.

Selain Pantai Senggigi, Gili Trawangan juga menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu hanya untuk bersenang-senang.

Pulau Gili Trawangan terletak di selatan Lombok. Pantai ini memiliki air yang jernih, biota laut yang indah dan pantai putih yang menambah daya tarik pantai ini.

Sebuah pulau di sebelah barat Pulau Lombok adalah Gili Cades. Pulau kecil ini memiliki keindahan pantai yang sangat eksotis.

Situasi Pengunjung Wisata Di Kabupaten Lombok Tengah Kondusif, Aparat Tetap Disiagakan

Wisatawan harus menempuh perjalanan 1,5 jam dari kota Mataram untuk menikmati pulau ini. Gili Kedis memang tidak setenar Gili Trawangan, namun keindahan alamnya tidak kalah dengan Gili Trawangan.

Bagi Anda yang suka hiking, Pulau Lombok menawarkan tempat wisata yang memacu adrenalin. Gunung Ranjani merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang terkenal di berbagai negara akan keindahan alamnya, keunikan budayanya dan makanannya yang lezat. Perpaduan ketiga kategori tersebut menjadi faktor yang membuat wisatawan asing tidak ragu untuk berkunjung ke Indonesia. Sebelumnya, Indonesia dikenal dengan eksotisme pulau Bali atau masakan rendang khas Padang yang menjadi makanan terenak di dunia. Saat ini masyarakat Indonesia boleh berbangga, karena banyak destinasi wisata di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan mancanegara.

Kemunculan destinasi wisata alam baru dari Indonesia tidak terjadi begitu saja. Adalah peran pemerintah dan warganya untuk mengembangkan kapasitas alam yang memungkinkan segalanya. Sebagai Kabupaten Lombok Tengah yang aktif mengembangkan pariwisata dan bersaing dengan kota/instansi lain di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sejumlah tempat wisata di Lombok Tengah sudah cukup dikenal masyarakat.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya sekitar 32 kilometer dari Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Berikut 15 wisata di Lombok Tengah yang meliputi wisata pantai, wisata air terjun, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Lokasi Wisata Baru Dan Tersembunyi Di Lombok

Pantai Mawun adalah pantai yang wajib dikunjungi saat Anda berada di kota.

Penginapan di lombok tengah, hotel di lombok tengah, hotel di praya lombok tengah, objek wisata di lombok tengah, wisata di lombok tengah, destinasi wisata di lombok tengah, tempat wisata lombok tengah, hotel di kuta lombok tengah, destinasi wisata lombok tengah, tempat wisata di lombok, tempat wisata di praya lombok tengah, wisata pantai di lombok tengah

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top